Insan Pers PWI Sintang Nyatakan 3 Komitmen

Insan Pers PWI Sintang Nyatakan 3 Komitmen



Upaya mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 aman dan damai, seluruh insan pers yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sintang menyatakan tiga komitmen. 


Pernyataan tiga komitmen tersebut dilakukan usai pelantikan Ketua PWI Kabupaten Sintang yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang pada Sabtu dan dihadiri, 26 Agustus 2023.


Adapun tiga Komitmen tersebut ialah Menyajikan informasi yang akurat, berimbang dan terkonfirmasi. Menolak informasi hoax yang dapat memecah belah persatuan dan perdamaian dan Tidak menggunakan diksi berbau SARA dalam penulisan pemberitaan. 


Menanggapi pernyataan tersebut Wakil Bupati Sintang, Melkianus. menyambut baik komitmen yang dilakukan PWI wilayah Sintang, mengingat Kedepan akan menghadapi pesta demokrasi, yang biasanya terjadi apabila masuk masa Pemilu, maka kerap terjadi pemberitaan yang menyerang kontestan Pemilu lainnya dengan memprovokasi, ujaran kebencian dan menggunakan politik identitas untuk memperoleh simpatik/suara. 


"Peran insan pers sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat dalam menerima informasi khususnya kejadian-kejadian yang berkaitan dengan situasi gangguan keamanan". Kata Wakil Bupati Sintang, Melkianus. 


Dirinya berharapkan PWI Wilayah Kabupaten Sintang dapat menjadi wadah bagi seluruh insan pers khususnya di Kabupaten Sintang untuk dapat memberikan segala informasi dan bentuk berita yang dapat meluruskan segala berita bohong/hoax dan menyajikan informasi sesuai fakta.


"Menyebarkan berita yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat dan berbagai sektor pembangun di Kab. Sintang". Ungkapan Wakil Bupati Sintang, Melkianus. 


Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sintang, Melkianus, Ketua DPRD Kab. Sintang, Florensius Ronny, Ketua Bawaslu Sintang, M. Romadhon, Komisioner KPU Kab. Sintang, Endang, Ketua PWI Wilayah Kalbar, Gusti Yusri, Ketua PWI Kab. Sintang, Triyanto, Kabagops Polres Sintang, Kompol Aang P, Pasiintel Yonif 642/Sintang, Lettu Inf Sagala, Pasi Intel Kodim 1205 Sintang, Lettu Inf Edy S, Kapenrem 121/ABW, Kapten Inf A. Kunto.

Ini Kata Wabup Sintang Usai Saksikan Pelantikan Pengurus PWI Sintang Periode 2023-2026

Ini Kata Wabup Sintang Usai Saksikan Pelantikan Pengurus PWI Sintang Periode 2023-2026

 


Wakil Bupati Sintang Melkianus, S. Sos menghadiri Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sintang periode 2023-2026 di Pendopo Bupati Sintang pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Trianto selaku Ketua PWI Kabupaten Sintang didampingi Taufik Hidayat selaku Sekretaris, Susianti selaku Bendahara beserta pengurus PWI Kabupaten Sintang lainnya, secara resmi dilantik oleh Ketua PWI Provinsi Kalimantan Barat H. Gusti Yusri.

Hadir pada pelantikan tersebut Ketua DPRD Sintang FLorensius Ronny, Anggota Forkopimda Kabupaten Sintang, Staf Ahli Bupati Sintang bidang Perekonomian Pembangunan dan Keuangan Selimin, Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Sintang, dan para undangan lainnya.

Trianto selaku Ketua PWI Kabupaten Sintang didampingi Taufik Hidayat selaku Sekretaris, Susianti selaku Bendahara beserta pengurus PWI Kabupaten Sintang lainnya, secara resmi menggantikan kepengurusan sebelumnya.

Wakil Bupati Sintang Melkianus mengajak Pengurus PWI Kabupaten Sintang untuk menjaga pemberitaan di media massa dari merajalelanya hoaks yang beredar.

“selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus PWI Kabupaten Sintang Periode 2023-2026 yang baru saja dilakukan” ucap Melkianus Wabup Sintang

“selama ini, PWI sudah menjadi sahabat dan mitra Pemkab Sintang. Kami berharap dengan kepengurusan yang baru ini, PWI tetap menjadi sahabat dan mitra kami. Sudah banyak hal yang sudah dibuat oleh PWI dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat, kami memberikan apresiasi atas semuanya” terang Wabup Sintang

“saat ini kecepatan informasi sudah sangat baik. Hitungan detik saja, warga kami di daerah sudah bisa mendapatkan informasi. Harapan saya, anggota PWI tetap kompak dan selalu bersama. Karena yang bergabung di PWI inikan terdiri dari berbagai platform media, maka pesan saya tetap jaga kekompakan” pesan Wabup Sintang

“jaga juga etika jurnalistik yang ada dalam rangka memberikan informasi yang benar dan baik kepada masyarakat Kabupaten Sintang. Masyarakat sangat memerlukan informasi khususnya tentang kegiatan Pemkab Sintang, maka berita yang disampaikan melalui media sosial seperti instagram dan facebook yang kebenaran informasinya belum bisa dipertanggungjawabkan, bisa diluruskan oleh media massa yang ada” pesan Wabup Sintang

“menjelang pemilu ini, PWI dengan media massanya bisa memberikan informari yang akurat dan benar kepada masyarakat. Yang salah katakan salah dan yang benar berikan informasi yang benar” terang Wabup Sintang.

“pesan saya lagi, laksanakan tugas dengan baik. Dan PWI bisa bekerjasama dan terus bermitra dengan Pemkab Sintang. Kami juga akan menjaga komunikasi dengan PWI sehingga bisa memberikan informasi yang benar. Saya yakin PWI Sintang akan membantu Pemkab Sintang, yang selama ini sudah dilakukan, dan terus berlanjut” terang Wabup Sintang

“mari kita jaga kondisi Sintang agar tetap kondusif, apalagi ini menjelang Pemilu. Jaga Sintang ini melalui pemberitaan yang benar dan baik. Jangan sampai ada berita yang hoaks dan bisa memancing suasana yang tidak kondusif. Terima kasih kepada pengurus PWI yang lama karena sudah bekerjasama dengan kami” terang Wabup Sintang.

 

Perkenalkan Program Pencegahan Narkoba, BNN Sintang Ikuti Pameran Sintang Ekspo 2023

Perkenalkan Program Pencegahan Narkoba, BNN Sintang Ikuti Pameran Sintang Ekspo 2023

 


Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sintang mengikuti Sintang Expo 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang mulai 26 Agustus 2023 hingga 2 September 2023 di Eks Bandara Susilo Sintang. Kegiatan ini merupakan salah satu event besar yang diselenggarakan pemerintah Kabupaten Sintang. 

“event ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk memperkenalkan BNN Kabupaten Sintang kepada masyarakat baik secara lembaga maupun program-program” terang AKBP Lamuati, S.H., M.H Kepala BNN Kabupaten Sintang

“Sintang Ekspo 2023 ini merupakan  event besar sehingga  saya melihat sangat baik untuk media promosi kepada masyarakat, dan tahun ini kami berpartisipasi dalam event ini, harapannya supaya masyarakat tahu kalau di Kabupaten Sintang ada BNN. Sekaligus juga untuk mensosialisasikan gerakan anti narkoba kepada masyarakat” tambah Lamuati

“pada pameran ini, ada hal-hal yang kami tonjolkan adalah pelayanan-pelayanan yang ada di BNN, program-program BNN Kabupaten Sintang yaitu program-program prioritas nasional maupun program pendukung baik di bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, bidang pemberantasan dan rehabilitasi,” tambah Lamuati.

“adapun program-program Prioritas Nasional di Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat yaitu Ketahanan Diri Remaja, Ketahanan Keluarga Anti Narkoba, Desa Bersih Narkoba dan Kota Tanggap Ancaman Narkoba serta informasi dan edukasi P4GN. Di bidang Rehabilitasi yaitu IBM (Intervensi berbasis Masyarakat), Rehabilitasi rawat jalan, Penerbitan SKHPN (Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika). Di bidang pemberantasan kami juga menerima informasi dan pengaduan terkait dugaan adanya tindak pidana narkotika,” pungkasnya.

“silakan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang yang akan berkunjung ke Sintang Ekspo untuk datang dan berkunjung ke Stand BNN Kabupaten Sintang. Staf kami akan siap melayani para pengunjung yang datang” ajak Lamuati

Sementara Hendrika Kadis Porapar Sintang menjelaskan bahwa ada tiga event besar yang akan dilaksanakan di Sintang salah satunya Sintang Ekspo ini yang merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pemda Sintang setiap tahunnya. Kita berharap melalui event yang menampilkan keragaman budaya yang ada di Kabupaten Sintang akan menambah kunjungan wisata setiap tahunnya,” terang Hendrika

“dan 3 even ini sudah masuk dalam kalender kegiatan Provinsi Kalimantan Barat, maka kita akan melakukan persiapan-persiapan yang matang dan lebih baik lagi. Kegiatannya kita siapkan dan promosi kegiatan juga akan kita perkuat. Sehingga harapan kami, 3 even itu, sukses penyelenggaraan dan pengunjungnya juga bisa sebanyak-banyaknya, yang harapan kami pengunjungnya tidak hanya warga Kabupaten Sintang saja tetapi kabupaten lain karena even ini sudah masuk sebagai even Provinsi Kalimantan Barat bahkan dilaunching oleh Bapak Menteri Pariwisata,” pungkas  Hendrika

Di Stadion Baning Sintang, 48 Capaska 2023 Dilatih Teknik Pengibaran dan Penurunan Bendera

Di Stadion Baning Sintang, 48 Capaska 2023 Dilatih Teknik Pengibaran dan Penurunan Bendera

 


Sebanyak 48 anggota Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2023 sudah menjalani pemusatan Pendidikan dan Pelatihan selama 12 hari.

Di hari ke 12, Kamis, 10 Agustus 2023, calon anggota Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Sintang mengikuti proses latihan pengibaran Bendera Merah Putih menggunakan bendera latihan di Stadion Baning Sintang.

Proses latihan pengibaran bendera langsung dipimpin oleh Sertu Mujiono selaku Pelatih Paskibra Kabupaten Sintang Tahun 2023.

Tampak latihan berjalan lancar baik proses pengibaran maupun penurunan bendera.

Masih terjadi kesalahan yang dilakukan, namun masih cukup waktu untuk memperbaiki sehingga bisa melaksanakan tugas dengan sempurna pada 17 Agustus 2023 nanti

Sertu Mujiono selaku Pelatih Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2023 didampingi para pelatih dari TNI dan Polri lainnya menjelaskan bahwa proses pendidikan dan pelatihan hingga hari ini bisa berjalan lancar.

"Latihan sesuai dengan  jadwal yang sudah disusun sesuai tahapan yang ada. Kita sudah memberikan pelatihan untuk teknik baris  berbaris, membangun kekompakan dan kebersamaan, fisik dan mental serta memahami tugasnya sebagai anggota Paskibraka" beber Sertu Mujiono

"hari ini kita sudah melakukan latihan pemantapan proses pengibaran dan penurunan bendera. Kita sudah menentukan siapa yang akan bertugas mengibarkan dan siapa yang menurunkan bendera. Kita bimbing mereka secara detail teknik yang benar dalam mengibarkan dan menurunkan bendera"terang Sertu Mujiono

"proses latihan ini, sama dengan tahun sebelumnya. Semuanya sama. Artinya Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2023 ini, akan siap menjalankan tugas dengan baik " terang Sertu Mujiono

Kusnidar Kaban Kesbangpol Kabupaten Sintang menyampaikan  bahwa hingga Kamis, 10 Agustus 2023 proses pemusatan Pendidikan dan Pelatihan 48 calon anggota Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2023 berjalan baik.

"semua berjalan sesuai jadwal yang sudah disusun. Tahapan pemberian materi juga sudah sesuai. Sebanyak 48 calon anggota Paskibraka sudah dan sedang dilatih oleh anggota TNI dan Polri dengan sangat disiplin"terang Kusnidar

" 48 calon Paskibraka ini sepanjang hari diberikan materi baris berbaris, kekompakan, keserasian dan praktek pelaksanaan upacara. Malam harinya mereka menerima materi dari berbagai narasumber "terang Kusnidar.

" beberapa hari kedepan, para pelatih dari TNI dan Polri akan terus memantapkan teknik dalam melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera, sampai bisa dan sempurna. Lalu latihan gabungan dengan pasukan TNI dan Polri.kemudian, akan mengikuti pengukuhan 48 calon anggota Paskibraka sebagai Anggota Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2023 pada Minggu, 13 Agustus 2023. Selanjutnya akan mengikuti gladi kotor dan gladi bersih" terang Kusnidar

(KOMINFO SINTANG)

Supaya Meriah, Pemkab Sintang Gelar 17 Lomba dan 9 Kegiatan Pada Peringatan HUT RI Ke 78 Tahun 2023

Supaya Meriah, Pemkab Sintang Gelar 17 Lomba dan 9 Kegiatan Pada Peringatan HUT RI Ke 78 Tahun 2023

 


Syarief Yasser Arafat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat menegaskan bahwa jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang didukung TNI, Polri, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Perbankan dan seluruh masyarakat Kabupaten Sintang akan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 Tahun 2023 di Kabupaten Sintang dengan 17 jenis lomba dan 9 kegiatan yang rutin dilaksanakan.

Hal tersebut disampaikan Syarief Yasser Arafat saat memimpin rapat terakhir jajaran Panitia Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Sintang di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Kamis, 10 Agustus 2023 dan dihadiri seluruh seksi-seksi yang ada dalam jajaran kepanitiaan.

“saya melihat persiapan panitia sudah 90 persen. Hampir siap untuk melaksanakan seluruh kegiatan tersebut. Rapat ini sudah terakhir kita lakukan dalam persiapan. Kita masih ada waktu untuk terus melakukan persiapan. Masing-masing seksi agar terus bekerja mempersiapkan kegiatan sehingga nanti berjalan sukses” harap  Syarief Yasser Arafat

“kita akan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus 2023 pukul 07.30 di Stadion Baning Sintang, karena jam 10.00 akan mengikuti upacara di Istana Negara secara virtual. Pakaian tamu undangan saat pengibaran dan penurunan bendera adalah pakaian adat nusantara kecuali TNI dan Polri” terang Syarief Yasser Arafat

Menurut Syarief Yasser Arafat kesembilan kegiatan rutin yang akan dilaksanakan adalah pengukuhan paskibraka, upacara hari pramuka, apel kehormatan dan renungan suci, upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih, resepsi kenegaraan, peresmian proyek, pembukaan dan penutupan Sintang Expo.

IPTU Hadi Sutikno dari Seksi Upacara menjelaskan bahwa  pihaknya sudah menyusun lay out dan penempatan peserta upacara dengan mempertimbangkan lokasi yang ada.

“berdasarkan lay out yang sudah kami susun, maka jumlah peserta upacara baik pengibaran dan penurunan adalah sekitar 1. 300 orang. Yang terbanyak adalah para pelajar” beber IPTU Hadi Sutikno

M. Mardiyanto dari Seksi Pengibaran Bendera menjelaskan bahwa 48 anggota Paskibraka bersama TNI dan Polri akan pada upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih akan membentuk formasi burung garuda.

“latihan sudah mulai dilakukan, dan paskibra sudah berhasil membentuk formasi burung garuda” beber M. Mardiyanto

Iwan Purwanto dari Seksi Perlombaan menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan 17 jenis perlombaan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 Tahun 2023 di Kabupaten Sintang.

“17 jenis lomba ini seperti pawai budaya pelajar, gerak jalan, memindahkan air selang, kecepatan membawa bola beregu, memindahkan bola pakai sendok beregu, memasukan pisang dalam gelas, tebak kata, makan kerupuk, balap kelereng, mewarnai, memasukan pensil ke dalam botol, sepeda hias, balap karung, menggambar tokoh nasional, balap diatas kardus, menjahit bendera merah putih, dan senam massal” beber Iwan Purwanto

“silakan kepada para pelajar dan pihak sekolah untuk mendaftarkan diri ke Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang” ajak Iwan Purwanto

(RILIS PANITIA HUT RI KE 78 TAHUN 2023)

 

 

 

Sebanyak 13 Program Wujudkan Sintang Lestari, Bupati Sintang Dapat Penghargaan

Sebanyak 13 Program Wujudkan Sintang Lestari, Bupati Sintang Dapat Penghargaan

 


Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno memasukan Sintang yang lestari kedalam visi Pemerintah Kabupaten Sintang 2021-2026 dan untuk mewujudkan visi tersebut, Pemkab Sintang sudah melaksanakan 13 program dan kegiatan. Untuk itulah, Harian Tribun Pontianak memberikan penghargaan kepada Bupati Sintang untuk kategori Pengelolaan Sumber Daya Alam Lestari.

Penghargaan diberikan pada acara puncak Tribun Pontianak Awards 2023 di The Q Hall Convention Center Qubu Resort Kubu Raya pada Selasa malam, 8 Agustus 2023.. Turut mendampingi Bupati Sintang adalah Kartiyus Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kurniawan Kepala Bappeda dan Paulinus Pelaksana Tugas Kadis Kominfo Sintang.

Hadir pada kesempatan tersebut Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, Anggota Forkopimda Provinsi Kalbar, Pimpinan Harian Tribun Pontianak dan para undangan lainnya.

Bupati Sintang usai menerima penghargaan menegaskan komitmennya untuk mewujudkan Kabupaten Sintang yang maju dan lestari hingga 2026 mendatang.

“Sintang yang lestari ini sudah masuk ke dalam visi Kabupaten Sintang 2021-2026. Ada 5 kondisi yang membuat kami kuat mewujudkan Sintang lestari yakni isu kerusakan lingkungan hidup, isu pembangunan berwawasan lingkungan hidup, tuntutan kolaborasi stakeholders, kondisi obyektif Sintang yang rentan banjir dan kebakaran hutan dan lahan, dan komitmen kami yang dituangkan ke dalam RPJMD 2021-2026” terang Bupati Sintang.

“untuk mewujudkan visi Sintang yang lestari ini, Pemkab Sintang sudah melaksanakan 13 program, bekerjasama pemerintah pusat, pemerintah desa, NGO, lembaga keuangan, perguruan tinggi, BUMN/BUMD, dunia usaha dan dukungan masyarakat Kabupaten Sintang” terang Bupati Sintang

Bupati Sintang dr. H Jarot Winarno pun membeberkan 13 program yang sudah dilaksanakan oleh Pemkab Sintang menuju Sintang yang lestari adalah penetapan SK Hutan adat, Perbup tata cara bakar lahan, penetapan tata ruang wilayah, RDTL Kawasan Industri, pembangunan ruang terbuka hijau, masuk menjadi anggota LKTL, melaksanakan CSR Awards, Perbup energi baru terbarukan, Perbup pengelolaan rimba gupung, rencana aksi sawit berkelanjutan, penetapan danau lindung, budidaya ikan gabus, dan penetapan ekowisata danau tuja sentarum.

“semua program itu sudah dan akan terus kita lakukan hingga 2026 mendatang. Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita” terang Bupati Sintang

Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji menyampaikan prestasi memang harus diberikan apresiasi secara khusus yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Pemprov Kalbar juga sudah mampu meraih banyak prestasi yang diapresiasi oleh pemerintah pusat. PAD kita meningkat luar biasa. Desa sangat tertinggal juga sudah tidak ada di Kalbar” terang H. Sutarmidji

“saya itu setiap hari minimal 1 jam membaca koran cetak. Juga saya membaca berita di media online. Saya pagi-pagi selalu cari koran, untuk saya baca. Tribun Pontianak diusianya yang ke 15 tahun sudah mampu mencerdaskan pembacanya. Beritanya bagus dan bahasanya juga baik” terang H. Sutarmidji

“penghargaan ini juga untuk memacu kami penyelenggara negara untuk terus bekerja dengan baik untuk masyarakat. Media yang baik itu selalu ditunggu pembacanya. Saya sehari saja tidak baca koran, rasanya ada yang kurang dalam hidup” terang H. Sutarmidji

Safrudin Pimpinan Redaksi Harian Tribun Pontianak menyampaikan bahwa penghargaan ini diberikan untuk memberikan apresiasi kepada daerah dan lembaga yang sudah menunjukan dedikasi yang tinggi dalam bekerja membangun daerah.

“Tribun Pontianak Awards ini dilaksanakan dalam rangka merayakan 15 tahun berdirinya Harian Tribun Pontianak. Kami terus bertransformasi menuju dunia digital. Ini cara kami untuk memberikan panggung kepada keberhasilan kepada pemda, swasta dan lembaga lainnya” terang Safrudin

“kami sangat mengapresiasi kerja cerdas dan kerja cepat yang sudah dilakukan oleh daerah dan lembaga. Terobosan dan kerja daerah akan menjadi warisan kepada anak cucu kita nanti. Untuk kepala daerah yang sudah 2 periode, kami harapkan ini menjadi kenangan untuk daerah” terang Safrudin

(RILIS PROKOPIM)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.