Asisten Pemerintahan Sintang Hadiri Apel Gelar Pasukan Bina Karuna Kapuas 2023

Asisten Pemerintahan Sintang Hadiri Apel Gelar Pasukan Bina Karuna Kapuas 2023

 




 

Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Syarif Yasser Arafat, S. Sos, M. Si menghadiri apel gelar pasukan operasi kepolisian kewilayahan "Bina Karuna Kapuas 2023 tahap I" di halaman Mapolres Sintang pada Kamis, 2 Maret 2023. Gelar pasukan ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla di wilayah.

Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Syarif Yasser Arafat usai pelaksanaan apel gelar pasukan menyampaikan bahwa jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang siap mendukung dan bersinergi dengan semua pihak dalam menanggulangi potensi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sintang.

“kita siap bersinergi dengan Polri, TNI, Basarnas, pemadam kebakaran dan siapa saja yang ingin bersama-sama menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Mari kita bergandengan tangan dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sintang ini” ajak Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Syarif Yasser Arafat.

“dan hari ini, jajaran Polres Sintang sudah mulai melakukan langkah untuk menanggulangi potensi karhutla, dengan menggelar apel pasukan. Dan memang berdasarkan informasi dari BMKG, tahun 2023 ini ada potensi terjadinya kemarau yang cukup panjang, sehingga memang semua stakeholder sudah selayaknya melakukan langkah-langkah antisipasi terjadinya karhutla” terang Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Syarif Yasser Arafat

Sementara Kabag Ops Polres Sintang Kompol Eko Budi Darmawan,S.IK,M.H dalam amanatnya saat memimpin apel gelar pasukan menjelaskan penanganan Karhutla sendiri menjadi prioritas dan perhatian serius mengingat bencana kabut asap seperti tahun-tahun sebelumnya sangat berdampak terhadap masyarakat.

Ia menuturkan berdasarkan laporan BMKG sendiri cuaca di Kalimantan Barat saat ini termasuk dalam kategori ekstrem dan sulit ditebak tetapi adanya Operasi Bina Karuna Kapuas ini juga penting dilaksanakan dalam menyikapi perkembangan situasi.

“Sekalipun cuaca ekstrem, operasi Bina Karuna Kapuas ini tetap merupakan hal yang penting kita gelar, sehingga kita tidak underestimate dengan perubahan cuaca yang dapat terjadi kapan saja” Tutur Kompol Budi.

Dikatakan juga operasi tersebut akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dengan didukung upaya deteksi wilayah yang rawan Karhutla.

“Operasi Bina Karuna Kapuas ini sebagai upaya pencegahan namun jika ditemukan adanya pelanggaran ataupun tindak pidana Karhutla maka penegakan hukum juga akan kita lakukan” Ungkapnya.

Dengan melibatkan stakeholder terkait, diharapkan Operasi Bina Karuna Kapuas tersebut dapat memiliki dampak terhadap masyarakat dimana pentingnya sinergitas seluruh pihak mulai dari Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam mendukung upaya pencegahan.

“Kepada yang terlibat laksanakan sosialisasi, himbauan dan sebagainya secara masif, galang tokoh-tokoh di setiap wilayah dam pahami Pergub dan Perbup terkait pembukaan lahan” Tutupnya.

(RILIS PROKOPIM)

Thanks for reading Asisten Pemerintahan Sintang Hadiri Apel Gelar Pasukan Bina Karuna Kapuas 2023 | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Asisten Pemerintahan Sintang Hadiri Apel Gelar Pasukan Bina Karuna Kapuas 2023"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.