PPDI Sintang Terbentuk, Bupati Sintang Harap Desa Gerakan Program Pangan

PPDI Sintang Terbentuk, Bupati Sintang Harap Desa Gerakan Program Pangan

 


Bupati Sintang, dr Jarot Winarno menghadiri acara musyawarah Daerah (Musda) Kabupaten pembentukan Pengurus Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Sintang Periode 2023 - 2028 di Gedung Pancasila, Selasa (21/3/2023).

"Pesan saya desa-desa yang punya hutan, gupung, rimba harus jadi desa mandiri. Selain lingkungan hidup perhatikan juga soal ketahanan pangan, semua desa anggota PPDI galakkan gerakan dan program ketahanan pangan," kata Bupati Sintang

Ratusan pengurus desa di Kabupaten Sintang hadir pada acara musyawarah ini. Tingginya minat berorganisasi para pengurus desa menunjukkan besarnya potensi peningkatan kompetensi dan kapasitas aparatur desa di Sintang.

"PPDI sebagai wajah persatuan desa kalau kumpul-kumpul berbagi pengalaman, jagalah kekompakan. Setelah ini segera bentuk pengurus. Semoga PPDI Sintang Jaya!" lanjut Bupati Sintang

Herkolanus Roni selaku kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa PPDI merupakan salah satu wadah perangkat desa yang ada di Sintang.

"Kami selaku pembina langsung dari organisasi ini mendukung apa yang menjadi tujuan lembaganya yang diinisiasi oleh rekan-rekan perangkat desa untuk bertukar informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan di desa masing-masing," kata Ronny.

"Diharapkan PPDI ini akan menjadi wadah bagi rekan-rekan semua dalam meningkatkan hubungan kerjasama sesama perangkat desa," katanya lagi.

Sementara itu ketua panitia kegiatan, Nyamin mengatakan Sintang merupakan Kabupaten ke-4 yang membentuk kepengurusan PPDI di Kalimantan Barat.

Kegiatan hari ini, kita melakukan Musda sebagai langkah awal untuk bersama-sama melalui lembaga PPDI guna meningkatkan kapasitas kita dalam membangun dan mengembangkan desa," kata Nyamin. "Kita berusaha meningkatkan diri lewat belajar bersama dalam organisasi ini sehingga potensi desa dan masyarakat kita bisa terbangun secara optimal," tambahnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut perwakilan pejabat Forkopimda di lingkungan pemerintahan Kabupaten Sintang.

(RILIS PROKOPIM)

Ini Kata Bupati Sintang Saat Lepas Pawai Obor Sambut Ramadhan 2023

Ini Kata Bupati Sintang Saat Lepas Pawai Obor Sambut Ramadhan 2023

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH., melepas kegiatan pawai obor umat Islam Kabupaten Sintang dalam rangka menyambut Ramadhan 1444 Hijriah, yang diselenggarakan di halaman depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Selasa malam, 21 Maret 2023.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., Komandan Kodim 1205 Sintang, Letkol. Inf. Kukuh Suharwiyono, Kapolres Sintang, AKBP. Tommy Ferdian, S.I.K., M.Sc (Eng), sejumlah jajaran Forkopimda Sintang, para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang

Pelaksanaan pawai obor menyambut Ramadhan 1444 Hijriah tersebut diinisiasi oleh Organisasi Masyarakat Islam Kabupaten Sintang yang membentuk sebuah panitia pelaksana pawai obor dengan diikuti sebanyak 4000 peserta dari seluruh elemen masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa, organisasi kemasyarakatan Umat Islam, Yayasan, Masjid, dan masyarakat yang turut mengikuti pelaksanaan pawai obor ini, dengan rute dimulai dari depan Pendopo Bupati Sintang - Jalan Taruna - Jalan Imam Bonjol - Jalan PKP. Mujahidin - Jalan Pangeran Diponegoro - Jalan Dr. Wahidinsudirohusodo - Jalan Ksatria dan berakhir dilapangan depan Kodim 1205 Sintang.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH., menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan pawai obor dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1444 Hijriah, "ini luar biasa kerja panitia, bisa melaksanakan kegiatan pawai obor ini, besok lusa kita sudah masuk bulan Ramadhan 1444 Hijriah, dimana kita berpuasa menahan haus dan lapar, menahan hawa nafsu dan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan magfirah tentu hal ini patut kita syukuri", ucap Bupati Sintang.

"oleh karena itu, mari kita sambut bulan Ramadhan 1444 Hijriah dengan gembira, meriah, kita gaungkan nama Allah dijalan-jalan dengan pawai obor ini, dan saya berharap semoga pelaksanaan pawai obor ini berjalan dengan tertib, lancar, aman dan kita sama-sama menjaga itu semua", tambah Bupati Sintang.

"Sintang mendapatkan predikat kota Akhlak, yang dimana kota yang hidup rukun dan damai, inilah Sintang, jadi kita Sintang ini mampu hidup rukun damai berdampingan semuanya", ujar Bupati Sintang

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Irfan Wahyudi melaporkan bahwa kegiatan ini bertajuk Pawai 1000 Obor menyambut Ramadhan 1444 Hijriah, "awalnya persiapkan dan kita rencanakan hanya 1000 obor, namun seiring berjalan waktu malam ini melonjak menjadi 4000 an, dan alhamdulillah semangat seluruh peserta mengikuti kegiatan Pawai Obor menyambut Ramadhan 1444 Hijriah ini sangat tinggi", ucap Irfan.

"harapan kami semoga kedepannya pawai obor ini bisa menjadi agenda tetap di Kabupaten Sintang", harap Ketua Panitia.

(RILIS PROKOPIM)

DWP Setda Sintang Diketuai Ny.Junainah Ulidal, Ini Pesan Sekda Sintang

DWP Setda Sintang Diketuai Ny.Junainah Ulidal, Ini Pesan Sekda Sintang

 


Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah,M.Si., menghadiri serah terima jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, dari Ny.Hj.Siti Masitah Nugroho, SH, kepada Ny.Junainah Ulidal, sekaligus perpisahan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Sekda, Selasa, 21 Maret 2023

"Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Hj.Siti Masitah Nugroho, SH yang selama ini sudah memimpin Dharma Wanita Persatuan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang. Semoga Tuhan memberikan kesehatan dan kesejahteraan kepada ibu dan keluarga," ucap Sekda Sintang

“kepada Ibu Junainah Ulidal, selamat dan sukses karena akan memimpin DWP Setda Sintang. Tetap jaga kekompakan ibu-ibu anggota DWP Setda Sintang” harap Sekda Sintang

kepada para pengurus dan anggota DWP Setda Sintang untuk benar-benar bisa membina keluarganya  di rumah. Para istri ASN jangan mencampuri urusan suami di pekerjaan, tidak usah ikut-ikutan. Yang penting siapkan suami agar tetap berpenampilan rapi dan segar. Sekali lagi, saya harapkan pengurus DWP Setda Sintang dapat membina dan berperilaku yang baik," ungkap Sekda Sintang.

"Saya ingin Dharma Wanita Persatuan dapat mensejahterakan anggotanya, selalu mampu mendukung suami agar dapat berprestasi dan menjalankan tugas sehari-hari dengan baik," harap Sekda Sintang

Sebagai informasi, Dharma Wanita merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan istri Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dikukuhkan tanggal 7 Desember 1999 dalam sebuah rapat nasional. Tujuan utama pembentukan Dharma Wanita yaitu meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional.

(RILIS PROKOPIM)

Sebanyak 78 Peserta Tersisa, Ini Harapan Wabup Sintang Usai Tinjau Seleksi Paskibraka

Sebanyak 78 Peserta Tersisa, Ini Harapan Wabup Sintang Usai Tinjau Seleksi Paskibraka

 


Wakil Bupati Sintang, Melkianus,S.Sos., meninjau pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi Pembentukan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2023 di kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESABANGPOL) Kabupaten Sintang pada hari terakhir yakni hari ke-6, Senin, 20 Maret 2023.

Jadwal tes Seleksi pada hari terkahir yakni tes Kepribadian Wawancara Bidang Pengetahuan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Bidang Bakat Olah Raga, Bidang Penguasaan Bahasa Asing, Bidang Bakat Seni dan Budaya, Psikotes, Bidang Penelusuran Rekam Jejak Media Sosial, dan Bidang Kepaskibrakaan.

Usai meninjau proses seleksi kepribadian di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Melkianus Wakil Bupati Sintang menyampaikan apresiasi atas kinerja tim seleksi yang sudah bekerja keras dalam melakukan seleksi bagi calon Paskibraka Kabupaten Sintang tahun 2023 ini.

“seleksi sudah berjalan dengan baik beberapa hari ini. Panitia sudah bekerja sesuai petunjuk teknis yang ada. Saya yakin tim seleksi sudah bekerja professional. Apalagi seleksi mulai tahun ini, yang menentukan lolos atau tidaknya adalah pemerintah pusat melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila” terang Melkianus Wabup Sintang.

“saya yakin yang akan terpilih adalah para pelajar kelas X yang sesuai standar yang sudah ditentukan BPIP. Dan nantinya kualitas Paskibraka juga akan baik. Saya sudah melihat langsung proses seleksi kepribadian tadi. Dan semua bisa berjalan baik” tutup Wakil Bupati Sintang

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang Kusnidar menjelaskan bahwa proses seleksi sudah sangat ketat dan mengikuti petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di Jakarta.

“proses seleksi sudah diikuti oleh 145 peserta. Hari keenam tersisa 78 peserta lagi. 78 orang ini sudah dinyatakan oleh BPIP lolos di seleksi baris berbaris, kesamaptaan, kesehatan, parade, inteligensia umum, Pancasila dan wawasan kebangsaan” terang Kusnidar.

hasil penilaian untuk seleksi kepribadian hari ini, akan kita upload melalui aplikasi Transparansi Paskibraka. Dan yang menentukan peringkat dan kelulusan adalah BPIP Jakart. Seleksi ini sengaja kita selesaikan sebelum memasuki bulan suci ramadhan. Dan nanti bulan Mei 2023, BPIP akan mengumumkan 44 orang anggota Paskibraka Kabupaten Sintang tahun 2023 yang dinyatakan lulus” tutup Kusnidar

(RILIS PROKOPIM)

Ini Isa Sambutan Wakil Bupati Sintang Saat Buka Raker Camat dan Kades Se Kabupaten Sintang

Ini Isa Sambutan Wakil Bupati Sintang Saat Buka Raker Camat dan Kades Se Kabupaten Sintang

 


Wakil Bupati Sintang Melkianus, S.Sos., bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah,M.Si., menghadiri sekaligus membuka membuka kegiatan Rapat Kerja Bupati Sintang dengan Camat, Kepala Desa dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Sintang yang diselenggarakan di Gedung Pancasila Sintang, Senin, 20 Maret 2023.

Hadir pada kegiatan tersebut 14 camat, 16 lurah, 391 kepala desa dan 391 ketua BPD se Kabupaten Sintang.

Wakil Bupati Sintang Melkianus menyampaikan bahwa Undang-Undang Desa muncul dari adanya integrasi geografis yang menyatu dengan jalinan harmonisasi pengakuan kewilayahan yang tercantum dalam substansi berlakunya undang-undang desa.

“harapan optimis dari lahirnya undang-undang tersebut adalah desa bertransformasi menjadi pemerintahan yang memiliki otoritas politik yang tinggi karena diberikan kewenangan untuk mengatur dan mengurus desa” terang Wakil Bupati Sintang

di samping itu, desa juga diharapkan untuk mengembangkan demokrasi desa yang semakin inklusif dengan partisipasi politik warga desa yang makin tinggi.

namun perlu disadari juga bahwa titik "paling kritis" tentang undang-undang desa tersebut bukan terletak pada substansi materi undang-undangnya, tetapi justru pada tantangan yang dihadapi sebagai implikasi dari pasal-pasal di dalam undang-undang desa tersebut” tambah Wakil Bupati Sintang

ketersediaan sumber daya aparatur desa yang memiliki kompetensi, persoalan tata kelola keuangan desa, kecendrungan politisasi desa, dan sebagainya merupakan sekelumit tantangan yang harus dihadapi” terang Wakil Bupati Sintang

kata kunci untuk mengatasi persoalan dan tantangan tersebut adalah “tata kelola desa". Untuk itu, pemerintah kabupaten sintang yang setiap tahun melaksanakan rapat kerja camat, kepala desa dan ketua BPD adalah dalam rangka memperkuat tata kelola desa di Kabupaten Sintang” tambah Wakil Bupati Sintang

tata kelola desa adalah suatu kebutuhan mendesak dan amat penting bagi kemajuan suatu desa. Melalui tata kelola desa, kita semua harus memastikan bahwa pemerintah desa itu bekerja. Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat harus bisa mengurai tentang krisis tata kelola. kita semua, perlu mengevaluasi bagaimana capaian-capaian tata kelola pemerintahan desa yang ada” tambah Wakil Bupati Sintang

hal ini dilakukan agar pemerintah desa tidak bisa main-main dalam mengelola desa, karena eksistensi desa hari ini bagi pembangunan negara sangatlah vital. melalui tata kelola yang baik dan benar sesuai prinsip transparansi dan akuntabilitas, maka kinerja desa dapat dikawal bersama demi kemajuan kita semua dan masa depan yang lebih baik” tambah Wakil Bupati Sintang

apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini, desa telah menjadi locus alokasi anggaran yang sangat signifikan, melalui dana desa maupun alokasi dana desa, yang secara rata-rata setiap desa sekitar  700.000.000 hingga diatas 1 milyar rupiah lebih” tambah Wakil Bupati Sintang

tahun 2023 ini, adalah tahap penguatan pelaksanaan RPJMD Kabupaten Sintang tahun 2021-2026. Rapat kerja ini harus kita dorong untuk menambah energi penguatan tata kelola desa guna mendukung targettarget pembangunan daerah di Kabupaten Sintang. Kita harus terus menyatukan gerak langkah dan sinergisitas antara pemerintah kabupaten, kecamatan dengan desa, sekaligus meneguhkan komitmen kita semua, bahwa pembangunan desa merupakan pondasi bagi keberhasilan pembangunan Kabupaten Sintang” tambah Wakil Bupati Sintang

(RILIS PROKOPIM)

Ini Kata Sekda Sintang Saat Hadiri Pisah Sambut Pejabat Yang Mutasi

Ini Kata Sekda Sintang Saat Hadiri Pisah Sambut Pejabat Yang Mutasi

 


Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah memimpin acara pisah sambut pejabat struktural lingkungan Sekda Sintang di pendopo rumah dinas Bupati Sintang, Senin (20/3/2023).

"Terimakasih atas kerjasama selama ini kepada asisten yang lama. Bagi yang baru semoga bisa cepat menyesuaikan diri karna pengalaman yang sudah sangat banyak," kata Yosepha. "Saya sangat yakin para pejabat yang baru dapat memberikan nuansa baru bagi kami di sekretariat daerah.Kepada pejabat yang sekarang menempati jabatan kepala dinas semoga menuai sukses di lingkungan yang baru.Untuk ibu-ibu Dharma wanita terima kasih atas dukungannya kepada para suami dalam menjalankan tugas. Sehingga mereka bisa optimal dalam bekerja," katanya lagi.

Pejabat eselon yang berganti ada 2 (dua) jabatan. Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, dari Yustinus J kepada Florensius Kaha. Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, dari Igor Nugroho kepada dr. Harysinto Linoh.

"Terimakasih atas dukungannya selama kami selama beberapa tahun ini. Terimakasih atas diskusi bersama yang sering kali dilakukan bersama di kantor," Yustinus. "Terimakasih atas kepercayaan pimpinan untuk jabatan yang baru. Semoga kami bisa mengembannya dengan baik. Kepada para staf, berikan dukungan sebaiknya kepada asisten yang baru. Kami mohon maaf juga bila ada salah-salah kata selama kita bekerja sama," ujarnya lagi.

Yustinus berpindah menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang sedangkan Igor Nugroho menjabat sebagai  Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Florensius Kaha sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan sedangkan dr. Harysinto Linoh sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Sintang.

"Selamat menempati posisi yang baru baru rekan-rekan mantan asisten. Untuk rekan-rekan di kantor baru mohon kami dimaklumi bila masih ada kekeliruan dalam menjalankan tugas. Semoga ke depan kita bisa bekerja sama dengan lebih baik lagi," kata dr. Sinto.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sintang, Melkianus serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

(RILIS PROKOPIM)

Ini Kata Maryadi Kadis KBP3A Saat Lokakarya Penyusunan Instumen Monev TPPS Sintang

Ini Kata Maryadi Kadis KBP3A Saat Lokakarya Penyusunan Instumen Monev TPPS Sintang

 

 


Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sintang bersama dengan USAID ERAT menggelar lokakarya terakhir untuk penyusunan mekanisme dan instrumen monitoring evaluasi kinerja TPPS Kabupaten Sintang di Aula Serantung Waterpark pada Senin-Selasa, 20-21 Maret 2023.

Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Sintang, Maryadi menekankan bahwa pada lokakarya tahap kedua ini, arah diskusi harus lebih spesifik dan dipertajam demi mencapai instrument monev kinerja TPPS yang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sebelumnya, lokakrya monev kinerja TPPS Kabupaten Sintang tahap pertama sudah dilakukan pada tanggal 8-9 Maret 2023.

“Setelah sebelumnya di tahap satu kita sudah membuat draft monev, semoga setelah ini kita bisa selesaikan. Bisa mempertajam arah diskusi seperti apa nanti output yang kita dapatkan,” jelas Maryadi.

Dalam kesempatannya saat membuka acara lokakarya tersebut, Maryadi juga berharap kepada Tim USAID ERAT untuk terus mendampingi TPPS Kabupaten Sintang dalam penyusunan mekanisme dan instrument monev kinerja TPPS hingga pada proses pengimplementasian instrument monev tersebut agar hasilnya lebih maksimal.

“Kita perlu ujicoba melakukan monev kinerja TPPS. Seperti apa cara pengujiannya, saya serahkan ke tim USAID ERAT bagaimana kita mengimplementasikan. Tentunya kegiatan ini nanti akan membantu kami,” tegas Maryadi.

Nanang Kusriyanto dari USAID ERAT juga memaparkan bahwa lokakarya tahap kedua ini dilakukan sebagai upaya lanjutan untuk menyelesaikan draft monev kinerja TPPS di lokakarya pertama hingga pada proses pengujian instrument monev tersebut.

Selain itu, Nanang juga menegaskan bahwa lokakarya penyusunan isntrumen monev TPPS Kabupaten Sintang ini adalah upaya dalam mendukung rencana penurunan angka stunting di Kabupaten Sintang.

“Apa rencana kita semoga optimal demi mendukung rencana kita, rencana psenurunan angka stunting di Kabupaten Sintang,” tegasnya.

Bupati dan Wabup Sintang Sama-Sama Ikuti Kunjungan Puan Maharani Ketua DPR RI Ke Betang Ensaid Panjang

Bupati dan Wabup Sintang Sama-Sama Ikuti Kunjungan Puan Maharani Ketua DPR RI Ke Betang Ensaid Panjang

 


Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno dan Wakil Bupati Sintang Melkianus turut mendampingi dan menghadiri acara kunjunganaa kerja Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani pada Minggu, 19 Maret 2023 ke Betang Ensaid Panjang Desa Baning Panjang Kecamatan Kelam Permai

Bahkan Wakil Bupati Sintang turut menjelaskan soal tenun ikat Dayak kepada Puan Maharani saat meninjau aktivitas para penenun yang sedang bekerja.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani mengunjungi Betang Ensaid Panjang di Desa Baning Panjang Kecamataan Kelam Permai pada Minggu, 20 Maret 2023.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani menyatakan senang bisa berkunjung ke Betang Ensaid Panjang. “tadi saya sudah melakukan perjalanan jauh sekali. Saya sampai tanya Pak Lasarus, ini kapan nyampainya. Saya sampai melamun karena jauhnya perjalanan ke sini. Namun setelah tiba, hati saya bahagia dan gembira sekali. Karena banyaknya warga yang menunggu saya di sini. Ini sudah sore, tapi masyarakat disini masih mau menunggu, saya sungguh merasa terhormat. Saya diperkenankan untuk bisa datang ke sini dan melihat aktivitas ibu-ibu yang sedang menenun” terang Puan Maharani.

“saya bahagia dan bangga bisa melihat langsung rumah Betang Ensaid Panjang dan kehadiran saya yang pertama ini, akan membantu pembangunan rumah betang baru yang seperti ini, paling lambat awal tahun 2024 nanti” janji Puan Maharani disambut tepuk tangan warga yang hadir di Betang Ensaid Panjang.

“saya melihat, kalau ini diperbaiki, sepertinya bagian bawah dan atasnya. Namun berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sintang, Betang Ensaid Panjang ini merupakan cagar budaya, maka kita akan melakukan renovasi supaya tetap ada. Sambil kita membangun Rumah Betang yang baru. Setuju atau tidak” terang Puan Maharani.

Masyarakat yang hadir pun menjawab setuju.

“Mau ya” tanya Puan Maharani

“mau” jawab warga Ensaid Panjang

“kalau rumah Betang Ensaid Panjang yang baru sudah terbangun, saya minta ibu-ibu tetap melakukan aktivitas menenun kain tenun seperti yang saya pakai ini” pinta Puan Maharani.

“kainnya cantik. Sehingga saya minta terus dilakukan. Hasilkan tenun yang bagus lagi. Inilah salah satu warisan budaya yang ada di Kabupaten Sintang dan Kalimantan Barat. Ini pertemuan kita yang pertama kali. Tetapi saya janji, Insya Allah ke depan, saya akan datang lagi kesini ke rumah Betang Ensaid Panjang yang baru”terang Puan Maharani.

“saya sudah bicara dengan tim dari Kementerian, namun semuanya perlu waktu, tidak bisa tiba-tiba dikerjajan. Namun, Insya Allah, awal tahun depan, rumah betang yang baru akan mulai dibangun. Nanti bangunan barunya, mirip seperti ini, panjangnya 106 meter, juga saya minta sama dan bentuk yang sama, namun dengan suasana yang diperbaharui” terang Puan Maharani

(RILIS PROKOPIM)

Bupati dan Sekda Sintang Hadiri Peresmian Waterfront Sungai Durian oleh Ketua DPR RI Puan Maharani

Bupati dan Sekda Sintang Hadiri Peresmian Waterfront Sungai Durian oleh Ketua DPR RI Puan Maharani

 


 

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah turut menghadiri acara peresmian Waterfront Sintang oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani pada Minggu, 19 Maret 2023 di Kawasan Pasar Sungai Durian.

Bahkan Bupati Sintang turut maju ke panggung untuk menyaksikaan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani memukul gong dan menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Waterfront Sintang.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani menyampaikan bahwa saya mendengar informasi bahwa keberadaan waterfront ini masih akan terkena banjir.

“saya lihat waterfront Sintang keren banget dan bagus. Dan tempat masyarakat Sintang bisa berekreasi, melihat-lihat, jalan-jalan, dan olahraga. Ini salah satu yang dikerjakan Kementerian PUPR untuk bisa melakukan penataan kawasan kumuh” terang Puan Maharani.

“maka, karena waterfront ini sudah diserahterimakan kepada Pemkab Sintang, saya berharap kepada Bapak Bupati Sintang dan jajarannya, karena waterfront ini akan menjadi salah satu icon di Kabupaten Sintang, agar dijaga bersama-sama. Ini bukan hanya tanggungjawab dari Pemkab Sintang saja, tetapi menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat yang menjadi pengunjung waterfront ini” pinta Puan Maharani.

“dijaga kebersihanya, jangan membuang sampah sembarangan, baik di pelataran waterfront maupun di sungainya. Penataan ini akan terus berlanjut, karena setiap tempat wisata itu, harus disediakan toilet yang bersih, kalau ndak ada toilet bagaimana, misalnya habis olahraga dan kumpul bersama saudara, mau ke toilet, maka harus ada toilet yang bersih” terang Puan Maharani

“penataan PKL nya juga harus baik. Jangan sampai PKL jualan sembarangan. Penataan penting sekali. Diatur lokasi jualannya, disana boleh disini tidak boleh dan seterusnya. PKL juga agar tidak membuang sampah sembarangan. Juga air sisa membersihkan piring dan sebagainya harus ada, jangan sampai membuat kotor” tambah Puan Maharani.

“saya juga mau mengingatkan agar pengunjung waterfront Sintang membudayakan ramah lingkungan.  Toleransi diantara sesama pengunjung sangat penting. Jangan sampai karena pengunjungnya sangat ramai, lalu membuat kacau. Jaga keamanan dan kedamaian disini. Ini yang saya harapkan dari keberadaan Waterfront Sintang” terang Puan Maharani.

“saya senang pengerjaan waterfront ini bisa dilakukan karena dorongan yang kuat dari Pak Lasarus dan masyarakat disini untuk menjaga lingkungan dan kebutuhan dari masyarakat berupa tempat terbuka hijau dan untuk bertemunya masyarakat di sini. Saya senang bisa bertemu dengan masyarakat disini. Saya melihat antusiasme masyarakat untuk melihat dan menikmati waterfront sangat tinggi” terang Puan Maharani

“saya senang juga karena bertemu masyarakat disini, mungkin ini pertemuan pertama maasyarakat Sintang dengan ketua DPR RI. Katanya, Ketua DPR RI ini sudah 23 orang sejak Indonesia merdeka. Dan baru saya, satu satunya Ketua DPR RI  yang sudah mengunjungi Kabupaten Sintang. Ternyata jauh ya Sintang. Saya biasa ke Pontianak dan Singkawang. Dan Pak Lasarus ajak saya kesini, saya mau dan setuju ke Sintang. Alhamdulilah, ini pertemuan kita yang pertama, tetapi Insya Allah, janji saya, ini bukan pertemuan kita yang terakhir. Saya akan ke Sintang lagi dan membantu masyarakat Sintang” terang Puan Maharani.

(RILIS PROKOPIM)

Dinas Kearsipan Sintang Gelar Sosialisasi Pengawasan Kearsipan Internal, Dibuka Sekda Sintang

Dinas Kearsipan Sintang Gelar Sosialisasi Pengawasan Kearsipan Internal, Dibuka Sekda Sintang

 


Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum dr. Harysinto Linoh, MM., menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi Pengawasan Kearsipan Internal di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun 2023 di Aula Balai Praja, pada hari Selasa, 15 Maret 2023.

Sosialisasi Pengawasan Kearsipan Internal di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun 2023 ini digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, serta di hadiri oleh beberapa OPD terkait yang ada di Kabupaten Sintang.

Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh menyampaikan sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran singkat tentang agenda pengawasan internal yang akan dijalani.

“pengawasan Internal diharapkan menjadi pengingat akan sejauh mana implementasi kaidah dan prinsip kearsipan yang benar di lingkungan Pemkab Sintang. Hasil dari pengawasan internal juga akan bermanfaat untuk tujuan continuous improvement,” terang Harysinto Linoh

“pengawasan Kearsipan merupakan salah satu penilaian dalam Reformasi Birokrasi. Nilai Reformasi Birokrasi akan turun kalau nilai pengawasan kearsipan di Perangkat Daerah masih rendah, sehingga masalah kearsipan harus lebih ditingkatkan oleh semua Perangkat Daerah di Kabupaten Sintang” terang Harysinto Linoh

"Pada tahun 2019 audit kearsipan sudah masuk penilaian Reformasi Birokrasi. Indikator penilaian adalah kualitas pengelolaan arsip, dengan target  Penataan Arsip sesuai Perka ANRI Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan. Yang pada saat audit sekaligus ada unsur pembinaannya," tambah Harysinto Linoh

“maka dari itu, diharapkan sistem pengelolaan kearsipan di Perangkat Daerah Kabupaten Banjar harus terkelola dengan baik dan benar. Pencipta arsip wajib melaksanakan pengelolaan arsip yang diciptakan, pencipta arsip wajib melakukan pemberkasan arsip aktif dan inaktif pada unit. pengolah termasuk pemeliharaan, layanan dan akses arsip. Pencipta arsip wajib melaksanakan penyusutan melalui pemusnahan dan penyerahan arsip statis kepada Lembaga Kearsipan Daerah” tutup Harysinto Linoh

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang Abdul Syufriadi menjelaskan bahwa berdasarkan pada peraturan Arsip Nasional Republik Indonesia nomor 6 Tahun 2019 tentang pengawasan kearsipan, dimana pencipta arsip diharapkan melakukan pengelolaan arsip di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah masing-masing secara prosedural dan sistematik.

“menindaklanjuti peraturan tersebut, maka kita hari ini melaksanakan kegiatan ini. Saya berharap ada beberapa bukti kerja yang harus dipersiapkan oleh masing-masing OPD sebagai kelengkapan kearsipan. Pertama sub aspek penciptaan arsip berupa sarana pencatatan pembuatan dan penerimaan naskah dinas berupa buku agenda surat masuk dan surat keluar, disposisi pada masing-masing bidang dengan dicopy halaman depan tengah dan terakhir. Kedua mengcopy surat seperti surat perintah pelaksanaan tugas dari masing-masing, surat dinas keluar dari masing-masing bidang dan nota dinas masing-masing bidang. Ketiga sub aspek pemeliharaan arsip, bukti kerja yang harus di siapkan berupa daftar arsip aktif terdiri dari daftar berkas dan daftar isi berkas” terang Abdul Syufriadi

(RILIS PROKOPIM)

 Wabup Sintang Hadiri Business Matching Produk Dalam Negeri Tahap V di Jakarta

Wabup Sintang Hadiri Business Matching Produk Dalam Negeri Tahap V di Jakarta

 




Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., menghadiri pembukaan Business Matching Produk dalam negeri tahap V serta penyerahan penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, hal ini diselenggarakan berdasarkan dalam rangka percepatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi untuk menyukseskan gerakan nasional bangga buatan indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang / jasa pemerintah, yang dilaksanakan di Istora Senayan Jakarta, Rabu, 15 Maret 2023.

Wakil Bupati Sintang usai kegiatan menjelaskan sangat mendukung program Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang mulai mendorong daerah untuk menggunakan produk dalam negeri dalam rangka mendorong perekonomian nasional.

“Pemkab Sintang sangat mendukung program ini. Kita akan mulai mendorong agar belanja-belanja Pemda Sintang bisa menggunakan produk dalam negeri yang dibuat oleh anak bangsa sendiri. Tidak perlu belanja produk impor” terang Melkianus Wabup Sintang.

“Sintang, bisa belanja produk yang dihasilkan oleh UMKM Sintang sendiri. Tidak perlu beli produk luar sintang. Kecuali, produk tersebut belum ada di buat oleh orang atau UMKM Sintang” terang Melkianus Wabup Sintang.

Sementara Presiden RI H. Joko Widodo menyampaikan apresiasi para peraih penghargaan yang telah menggunakan produk dalam negeri untuk pengadaan barang dan jasa. Ia berharap kedepan instansi pemerintah akan terus meningkatkan kedisiplinan implementasi dan realisasi produk dalam negeri.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mengarusutamakan agenda Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) secara nasional. Pelaksanaan kewajiban penggunaan produk dalam negeri ini bertujuan memberdayakan industri dalam negeri dan memperkuat struktur industri nasional dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

Salah satu upaya yang ditempuh Kemenperin adalah dengan kembali menyelenggarakan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di tahun 2023. Pelaksanaan agenda tersebut merujuk pada keberhasilan penyelenggaraan Business Matching di tahun sebelumnya serta melanjutkan progress program P3DN sepanjang tahun 2022.

“Menilik pelaksanaan Business Matching Produk Dalam Negeri tahun 2022, sekaligus memperhatikan tantangan yang masih harus dilalui, Kemenperin menilai pelaksanaan kegiatan koordinatif sejenis untuk implementasi program P3DN secara nasional perlu dilanjutkan,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo di Jakarta, Senin (13/3).

Menurut Dody, peningkatan yang perlu dilakukan terhadap implementasi program P3DN meliputi penegasan pada tahapan perencanaan untuk memastikan kemampuan industri dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pengadaan. Kemudian, perincian pada paket pengadaan yang diajukan dalam pengadaan untuk memastikan bahwa komponen produk pada paket tersebut juga diisi oleh produk dalam negeri. Lebih lanjut, perlu dipastikan bahwa realisasi belanja produk dalam negeri memang telah benar menggunakan produk yang memiliki TKDN sesuai dengan nilai yang telah diterbitkan.

“Selain itu, masih terdapat isu-isu lain yang perlu dikaji dan diselesaikan untuk semakin memperdalam penggunaan produk dalam negeri (PDN) hingga menjadi sebuah kenormalan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah,” paparnya.

(RILIS PROKOPIM)

Koperasi Unit Desa Harapan Jaya Binjai Hulu Gelar RAT, Dibuka Staf Ahli Bupati Sintang

Koperasi Unit Desa Harapan Jaya Binjai Hulu Gelar RAT, Dibuka Staf Ahli Bupati Sintang

 


Staf Ahli Bupati Sintang bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ulidal Muchtar, S.Sos., M.Si, dalam hal ini mewakili Bupati Sintang menghadiri pelaksanaan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Unit Desa (KUD) Harapan Jaya Tahun Buku 2022, bertempat di Gedung Serbaguna KUD Harapan Jaya, Desa Dak Jaya, Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang, Kamis, 16 Maret 2023.

Dihadapan Pengurus dan Anggota KUD Harapan Jaya, Staf Ahli Bupati Sintang bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ulidal Muchtar menyampaikan bahwa Koperasi harus tampil sebagai organisasi yang dapat mengumpulkan dan menentukan kekuatan ekonomi bersama-sama.

Staf Ahli Bupati Sintang menjelaskan di Kabupaten Sintang saat ini ada 150 koperasi perkebunan, namun hanya 70 saja yang sehat karena rutin melaksanakan RAT setiap tahunnya. Yang lainnya kata dia, tidak sehat seperti hidup segan mati tak mau, bahkan ada 12 koperasi yang rebut terus.

"Yang tidak sehat kita binasakan saja, lebih bagus koperasi sedikit tapi sehat. Harapan Jaya adalah koperasi yang sehat, "tegas Staf Ahli Bupati Sintang

Staf Ahli Bupati Sintang bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ulidal Muchtar berharap kedepannya setiap koperasi harus memiliki sertifikat nasional ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) dan sertifikat internasional RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil). Karena kalau sudah bersertifikat ISPO dan RSPO maka akan mudah melakukan pembinaan.

“sayaa juga meminta KUD Harapan Jaz juga harus meningkatkan program di bidang usaha. Koperasi unit desa harapan jaya ini termasuk koperai yamg sehat, karena melaksanakan RAT, sehingga bisa menjadi cotoh koperasi yang lain” kata Staf Ahli Bupati Sintang bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ulidal Muchtar

“berkembangnya koperasi merupakan bukti bahwa pendemokrasian ekonomi telah berlangsung di negara kita, karena sebagian terbesar dari seluruh rakyat Indonesia yang ekonominya relatif lemah telah ikut serta menjadi pemilik dan berperan serta dalam mewujudkan cita-cita perekonomian bangsa Indonesia yaitu sejahtera, adil dan makmur” ungkap Staf Ahli Bupati Sintang bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ulidal Muchtar

(RILIS PROKOPIM)

Bupati Sintang Tanda Tangani Nota Kesepakatan Antara Pemkab Sintang Dengan Aparat Penegah Hukum

Bupati Sintang Tanda Tangani Nota Kesepakatan Antara Pemkab Sintang Dengan Aparat Penegah Hukum

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH., menghadiri sekaligus menanda tangani Nota Kesepakatan (NK) antara Kepala Daerah dengan Aparat Penegak Hukum (APH) Tingkat Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, yang dilaksanakan di Hotel Aston Kota Pontianak pada Jumat, 17 Maret 2023.

Adapun Aparat Penegak Hukum (APH) Kabupaten Sintang yang turut menanda tangani Nota Kesepakatan (NK) tersebut, Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian, S.I.K., M,Sc (eng), dan Kepala Kejaksaan Negeri Sintang, Aco Rahmadi Jaya, S.H., M.H.

Acara penandatanganan nota kesepakatan ini turut dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI, Inspektur Jenderal Kemendagri, Bupati dan Walikota se-Kalimantan Barat, Kepala BPK RI Kalimantan Barat, Sekretaris Daerah Kalimantan Barat, Kepala Kejaksaan Negeri se-Kalimantan Barat, Kapolres/Kapolresta se-Kalimantan Barat, Inspektur Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, Kepala Bagian Hukum, dan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara Kemendagri, Kejaksaan RI dan Kepolisian RI yang sebelumnya telah dilaksanakan di Jakarta.

Sebagai tindak lanjut, maka diadakan kegiatan penandatanganan nota kesepakatan untuk tingkat Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

MoU ini sebelumnya sudah ada sejak tahun 2018, kemudian diperbaharui dan ditandatangani kembali untuk perpanjangan 5 tahun kedepan.

Kegiatan ini didasari oleh kegiatan yang telah dilakukan di pemerintah pusat. Dalam UU No. 23 Tahun 2014 khususnya pada pasal 385 dinyatakan bahwa masyarakat dapat menyampaikan pengaduan atau dugaan yang dilakukan oleh ASN instansi daerah dan kemudian APIP dapat melakukan pemeriksaan terkait dengan dugaan tersebut, lebih lanjut APH ketika melakukan pemeriksaan terkait dengan dugaan harus melakukan koordinasi dengan APIP.

Kemudian berdasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintah daerah.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yakni agar nota kesepakatan ini dapat dijadikan sebuah pedoman dalam melakukan kerjasama yang saling mendukung sesuai dengan ruang lingkup nota kesepakatan, kemudian untuk memberikan kepastian dan kejelasan terhadap tata cara koordinasi aparat pengawas internal pemerintah dan aparat penegak hukum tanpa saling mengesampingkan tugas, fungsi dan kewenangan baik APIP maupun APH sebagaimana diatur sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dalam penanganan kemajuan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah.

(RILIS PROKOPIM)

Pastikan Harga dan Stok Sembako Aman Jelang Ramadhan, Wabup Sintang Keliling Pasar

Pastikan Harga dan Stok Sembako Aman Jelang Ramadhan, Wabup Sintang Keliling Pasar


 

Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., memimpin jalannya inspeksi mendadak dalam rangka mengendalikan, mengawasi ketersediaan stok menjelang Ramadhan, dalam inspeksi mendadak tersebut, Wakil Bupati Sintang mengecek ketersediaan stok daging beku yang ada di gudang daging Badan Urusan Logistik (BULOG) Sintang, Jumat, 17 Maret 2023.

Jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional, pasar modern, agen-agen sembako dalam rangka untuk mengecek ketersediaan sembako, serta mengecek harga bahan barang makanan pokok.

Pelaksanaan sidak terbagi didalam dua tim inspeksi, untuk tim 1 inspeksi mendadak (SIDAK) Pemkab Sintang dipimpin langsung oleh Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan dengan lokasi Sidak yakni, Pasar Junjung Buih, Gudang Bulog, CV Arli, Golden Mart, Intan Market.

Untuk tim 2 Inspeksi mendadak (SIDAK) Pemkab Sintang dipimpin oleh Kadis Kominfo dengan lokasi pasar sayur masuka, holiday Mart, agen telur Sumber Ayam, Agen sembako Inti Platinum, agen sembako SMS, SPBU Melawi Timur Pal 4, Alfamart tugu jam, Indomaret Lintas Melawi depan Asrama Haji, SPBU yang berada di jalan Lintas Melawi, dan SPBU di tugu beji Sintang.

Sementara Wabup Sintang langsung menuju Gudang Bulog untuk memastikan ketersediaan beras dan daging beku di Bulog Sintang.

“saya sudah lihat sendiri gudang Bulog Sintang. Hasilnya, beras dan daging beku aman sampai lebaran. Jadi menjelang bulan suci ramadhan ini, umat Islam akan aman dan nyaman menjalankaan ibadah puasa. Bahkan stok beras dan daging beku, aman sampai lebaran” terang Melkianus Wabup Sintang.

“kami Pemkab Sintang akan terus pantau stok dan harga sembako di pasar dan Bulog Sintang, ada masalah, akan langsung kami ambil tindakan dan kebijakan” terang Melkianus Wabup Sintang.

Kepala Bulog Sintang Sabarani menjelaskan bahwa sebanyak 5,5 ton daging beku tiba di Bulog Sintang.

“Stok ini dipastikan cukup untuk mencukupi kebutuhan daging sampai dengan hari raya Idul Fitri. Kami baru menerima daging beku sebanyak 5,5 ton sesuai permintaan. Ini persiapan untuk menyambut ramadhan dan idul fitri," kata Kepala Bulog Cabang Sintang, Sabarani

“bahkan stok daging beku ini bisa untuk hari Raya Idul Adha apabila diatur segi penjualannya. Nanti kita atur segi penjualannya. Kalau kita jual sesuai ketentuan kita misal ke konsumen atau masyarakat, kita jatah minimal nanti sampai idul fitri cukup," jelas Sabarani

“semua masyarakat boleh membeli daging beku di Bulog. Hanya saja, jumlahnya dibatasi hanya untuk keperluan konsumsi. Semua masyarakat boleh membeli. Tapi dengan syarat tidak terlalu banyak. Kalau tujuan bisnis atau dijual lagi kita tidak izinkan. Karena kita ingin masyarakat Sintang yang kita harapkan dapat semua untuk menghadapi hari besar islam," ujar Sabarani.

“peminat daging beku di Sintang setiap menjelang hari besar sangat banyak. Oleh sebab itu, Bulog menyiapkan stok cukup banyak sekaligus untuk menstabilkan harga daging di pasaran. Peminatnya sangat banyak sekali. Karena sangat terbantu sekali, misal kita datangkan 1 ton saja, perbandingannya 12 ekor sapi. Berarti kalau kita datangkan 5,5 ton tingga kita kalikan saja berarti sudah terbantu stok kebutuhan daging di Kabupaten Sintang," jelas Sabarani

(RILIS PROKOPIM)

Wabup Sintang Buka Pelaksanaan RAT Koperasi  Alam Berkah Mandiri Binjai Hulu

Wabup Sintang Buka Pelaksanaan RAT Koperasi Alam Berkah Mandiri Binjai Hulu

 


Wakil Bupati Sintang Melkianus,S.Sos  membuka  kegiatan Rapat Anggota Tahunan(RAT) Koperasi  Produsen Alam Berkah Mandiri  sekaligus meresmikan Kantor  Koperasi Alam Berkah Mandiri Tahun Buku  2022  pada hari Jumat, 17 Maret 2023 di halaman kantor Koperasi Produsen Alam Berkah Mandiri di Desa Sungai Risap Kecamatan Binjai Hulu.

Wakil Bupati Simpang Melkianus,S.Sos  mengatakan, dengan dibangunnya kantor  baru ini, saya yakin koperasi ini  usaha nya  akan semakin maju dan berkembang, dan harus tetap dilakukan pembinaan Diaperindagkop dan UKM Pemerintah Kabupaten Sintang.

Apapun yang namanya organisasi termasuk koperasi ini sangat  diperlukan komitmen dan kebersamaan pengurus  dalam memajukan koperasi, dan saya melihat dengan dilaksanakan secara rutin RAT seperti ini menunjukkan koperasi ini akan semakin maju" jelas Melkianus.

Dengan terjalinnya hubungan baik antara masyarakat, koperasi Produsen Alam Berkah Mandiri dengan perusahaan kelapa sawit selama  ini, saya harap terus terjalin baik guna peningkatan  bagi perekononian  masyarakat yang ada disekitarnya" harap Melkianus.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Simpang Melkianus,S.Sos  juga menyampaikan, bahwa pada Tahun 2023 ini akan ada perbaikan  lanjutan infrastruktur di wilayah kecamatan Binjai Hulu ,  dari anggaran APBD Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat  sekitar 44 milyard rupiah saat ini dalam proses"ungkap Melkianus

Sementara itu, Koperasi Produsen Alam Berkah Mandiri Desa Sungai Risap Kecamatan Binjai Hulu Wasikun menjelaskan,  bahwa usia koperasi yang dipimpin ini sudah  berusia  20 tahun dan sudah beberapa kali dilakukan pergantian kepengurusan namun tetap  komitmen melanjutkan program pengurus terdahulu, sehingga kami semakin maju dan  mampu membangun kantor yang diresmikan hari ini.

Kami selalu secara rutin setiap tahun melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk melakukan evaluasi dan pelaporan pertanggung jawaban administrasi sehingga koperasi kami tetap maju, walaupun dengan kondisi ekonomi saat ini" tambah Wasikun

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan Sekretriat  Daerah Kabupaten Sintang Florensius Kaha, S.Pd, M.SI,  Kadis Perindagkop dan UKM Kabupaten Sintang Arbudin, Forkopimcam,  pimpinan perusahaan kelapa sawit, BPD, para kades,  tokoh masyrakat, tokoh agama, pengurus dan anggota koperasi serta para undangan

(RILIS PROKOPIM)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.