Guru Penggerak Angkatan IV Dikukuhkan, Ini Pesan Bupati Sintang

Guru Penggerak Angkatan IV Dikukuhkan, Ini Pesan Bupati Sintang

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M, Med.PH, bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, menghadiri Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan 4 (empat) Kabupaten Sintang dan Pelantikan Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Sintang, dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang pada Selasa, 31 Januari 2023.

Bupati Sintang mengingatkan agar setiap warga Sintang selalu ingat asal usulnya dalam rangka menghadapi kurikulum merdeka belajar.

“salam khas Sintang seperti betungkat ke adat basa, bepegai ke pengatur pekara, merupakan salam yang berasal dari Sintang” terang Bupati Sintang

“kurikulum merdeka belajar sangat baik. Karena akan mendorong murid untuk berinovasi sesuai dengan potensinya masing-masing” terang Bupati Sintang

“saya tahu, guru penggerak Kabupaten Sintang ini bertugas di beberapa sekolah di pedalaman Sintang. Semuanya dari kampung. Dorong inovasi murid kalian sesuai potensi yang ada  di sekitar sekolah. Misalnya soal alam dan lingkungan. Merdeka belajar luar biasa” terang Bupati Sintang

“saya juga sudah melihat guru penggerak sudah berani saat Sintang Ekspo dan di Gedung Pancasila. Semuanya bagus dan luar biasa. Dorong anak murid kalian berinovasi, merekalah penerus masa depan Sintang. Saya menganggap kurikulum merdeka belajar bagus, menanamkan keberagaman, bhineka tunggal ika, dan memahami lokalitas Sintang. Tonjolkan lokalitas Sintang seperti salam khas Sintang. Lagu-lagu yang diajarkan juga, saya dorong untuk lagu daerah Sintang. Jangan malu-malu, tonjolkan lokalitas Sintang” pesan Bupati Sintang

“kalian adalah guru pembimbing kurikulum merdeka belajar di Kabupaten Sintang. Ada juga guru penggerak yang mampu mendirikan kampung literasi di Merah Arai Kayan Hulu. Saya minta agar segera siapkan lokasi pembangunan SMK di Kelam Permai. Siapkan lokasi di Belimbing. Supaya tahun depan bisa langsung dibangun” terang Bupati Sintang

(RILIS PROKOPIM)

Berbaur Bersama Anak Muda GPSK Gloria, Wabup Sintang Rayakan Natal Bersama

Berbaur Bersama Anak Muda GPSK Gloria, Wabup Sintang Rayakan Natal Bersama

 


Wakil Bupati Sintang, Melkianus menghadiri acara perayaan Natal student service ministry Sintang di Gereja GPSK Gloria Sintang, Senin (30/1/2023).

Ratusan anak muda belasan tahun hadir memenuhi gedung gereja GPSK Gloria Sintang, Senin (30/1) sore. Mereka anak muda yang berasal dari berbagai gereja Kristen dan sekolah menengah yang ada di Sintang. Lagu-lagu natal terdengar lebih riang melantun dari gereja yang terletak di Jalan Teluk Menyurai itu.

"Anak muda harus cekatan itulah hakikat anak muda untuk membangun gereja, karna pemuda adalah harapan gereja," begitu pesan pembuka yang diberikan oleh Melki dalam sambutannya.

Melki mengingatkan secara khusus kepada anak-anak yang datang dari kampung dan sedang menempuh pendidikan di Kota Sintang agar mereka dapat menjaga kepercayaan yang diberikan oleh orang tuanya.

"Percaya dirilah, kalian semua punya potensi besar. Saya berharap semua anak-anak disini mampu untuk menjadi versi terbaik diri kita semua" kata Melki lagi.

Untuk lebih memberikan motivasi kepada anak-anak muda tersebut, Melki juga menceritakan kisah panjang perjalanan hidupnya, pernah kerja sebagai supir truk bahkan pernah masuk penjara karna kerja emas (PETI-Penambangan emas tanpa ijin/ilegal).

"Bekerja keraslah Tuhan akan beri hasil pada waktunya. Semua yang terjadi dalam hidup ada hikmahnya," tuturnya.

Pria asal Ketungau itu juga menyampaikan pesan agar anak-anak muda Sintang dapat bijak dalam menggunakan media sosial.

"Hati-hati men-share informasi di medsos, jaga data pribadi dan gunakan medsos dengan bijak dan kreatif serta bertanggung jawab, ya" pesannya lagi.

Kegiatan ini mengusung tema 'Fokus dengan Yesus masa depan pasti'. Pada perayaan Natal ini diperlihatkan rekaman ucapan selamat Natal dan pesan petuah dari sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh gereja bagi anak-anak muda. Ditampilkan juga dokumentasi sejumlah kegiatan pelayanan uang dilakukan anak muda dari student service ministry Sintang serta beberapa penampilan seni yang dilakukan oleh perwakilan anak-anak muda tersebut sebagai bentuk pelayanan mereka.

(RILIS PROKOPIM)

Bupati dan Sekda Sintang Melakukan Kunjungan Kerja Ke Desa Tuguk Kecamatan Kayan Hilr

Bupati dan Sekda Sintang Melakukan Kunjungan Kerja Ke Desa Tuguk Kecamatan Kayan Hilr

 


Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH didampingi  Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M.Si  dan Ketua DPRD Kabupaten Sintang Florensius Roni serta bersama pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang pada Senin 30 Januari 2023 melakukan kunjungan kerja  serta menghadiri undangan syukuran atas pelantikan Kepala Desa Tuguk terpilih  Periode  2022-2028  di Balai Segempong desa Tuguk Kecamatan Kayan Hilir.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH  menyampaikan apresiasi terhadap forkopimcam, para tenaga kesehatan  serta aparat desa  atas penurunan angka stanting  kita di Kabupaten Sintang turun secara drastis tinggal 18,6 persen, angka ini tidak terlepas dari kesadaran peningkatan gizi  masyarakat, terutama para ibu-ibu  hamil  dalam menjaga gizi terhadap bayinya  pada saat masih dalam kandungan dan menyusui bayinya hingga usia bayi 2 tahun, ini sangat membanggakan  Kabupaten Sintang merupakan  terbaik di Kalimantan Barat.

Masalah infrastruktur jalan dan jembatan  masih menjadi perhatian pemerintah kabupaten Sintang seperti jembatan rangka baja  sungai Inggar di desa Tuguk Hilir yang menghubungkan desa Semampai  pada tahun  2023 ini akan segera dilanjutkan pembangunannya,  termasuk jembatan gantung juga akan segera  dilakukan  perbaikan sesuai kemampuan pemerintah, yang  terkendala akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah,M.Si. menyinggung saat ini Pemerintah Kabupaten Sintang juga memprioritaskan bidang pendidikan  baik pembangunan  secara fisik maupun non fisik  terhadap  Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama  yang menjadi kewenangan pemerintah daerah akan direalisasikan dalam beberapa bulan kedepan pada tahun 2023 ini,

Dalam kesempatan kunjugan kerja yang dilakukan Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH juga melakukan pemantauan secara langsung dilokasi jembatan rangka baja  sungai Inggar di desa Tuguk Hilir serta silaturahmi dengan masyarakat  di desaTuguk Kecamatan  Kayan Hilir.

(RILIS PROKOPIM)

Kunjungi Desa Sinar Pekayau, Wabup Sintang Buka Turnamen Sinar Pekayau Cup 2023

Kunjungi Desa Sinar Pekayau, Wabup Sintang Buka Turnamen Sinar Pekayau Cup 2023

 


Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., membuka kegiatan open turnamen Sinar Pekayau Cup tahun 2023 yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi Desa Sinar Pekayau ke-34 tahun 2023 yang ditandai dengan penyerahan bola serta melakukan tendangan bola pertama, dan juga dikesempatan tersebut Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., juga melakukan peresmian lapangan sepakbola Desa Sinar Pekayau ditandai dengan pengguntingan pita, sert diberi nama lapangan Sepakbola Batu Mprogam, pelaksanaan turnamen tersebut dilaksanakan di Dusun Natai Gandis, Desa Sinar Pekayau, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, pada Minggu, 29 Januari 2023.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Sintang yakni Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Ny. Rita Cendanawangi Melkianus, A.Md.Keb., Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkolanus Roni, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Kusnadi, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam arahannya Wakil Bupati Sintang menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada seluruh tim yang mengikuti turnamen-turnamen Sinar Pekayau Cup tahun 2023, "atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh peserta yang mengikuti open turnamen Sinar Pekayau Cup tahun 2023 baik itu sepakbola pria, sepakbola wanita, voli putra dan voli putri, bertandinglah dengan baik dan menjunjung tinggi sportifitas", kata Wakil Bupati Sintang.

Lanjut Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., menyampaikan dengan diselenggarakan open turnamen ini tujuannya untuk menjalin silaturahmi dan mencari bakat minat serta melihat potensi anak muda dibidang olahraga, "tujuannya kita bisa melihat langsung potensi-potensi anak muda yang mengikuti turnamen ini, sekaligus juga sebagai ajang penyaringan pemain-pemain atlet yang berbakat dibidang olahraga baik itu sepakbola maupun voli yang kedepannya bisa membawa nama Kecamatan Sepauk untuk bertanding di tingkat Kabupaten Sintang, mengingat di tingkat Kabupaten Sintang tahun 2023 rencananya akan ada Bupati Cup", ucap Wakil Bupati Sintang.

(RILIS PROKOPIM)

Kartiyus Kepala Bappeda Jelaskan Tujuan Lokakarya Penyusunan Perbup RKPD

Kartiyus Kepala Bappeda Jelaskan Tujuan Lokakarya Penyusunan Perbup RKPD

 


Bappeda Sintang Gelar Lokakarya Penyusunan Perbup RKPD dan Rencana Aksi Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2023

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang melaksanakan Kegiatan Lokakarya Penyusunan Peraturan Bupati Tentang Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) Dan Rencana Aksi Tahunan (RAT) Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Sintang pada Senin,  30 Januari 2023 di Serantung Waterpark.

Kepala Bappeda Kabupaten Sintang Kartiyus menyampaikan bahwa lokakarya dilaksanakan sesuai amanat      Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2020 tentang tata kerja dan penyelarasan kerja serta pembinaan kelembagaan dan sumber daya manusia tim koordinasi penanggulangan kemiskinan provinsi dan kabupaten/kota.

“lokakarya dilaksanakan dengan maksud sebagai rangkaian tahapan keberlanjutan dari proses penyusunan RPKD Kabupaten Sintang tahun 2023-2026. Lokakarya ini kita laksanakan sebagai wadah untuk mendiskusikan draft peraturan bupati tentang RPKD Kabupaten Sintang 2023-2026. Kita juga akan  mendiskusikan draft rencana aksi tahunan program penanggulangan kemiskinan Kabupaten Sintang tahun 2023 dan menyusun rencana kerja tindaklanjut” terang Kartiyus

“lokakarya diikuti peserta sebanyak 35 orang yang terdiri dari unsur tim koordinasi dan sekretariat TKPK Kabupaten Sintang, perwakilan dari unsur akademisi/perguruan tinggi, mitra pemerintah dan forum masyarakat sipil. Kami juga menghadirkan narasumber Ditjen Bina Bangda Kemendagri, tenaga ahli dari Bappenas, tim USAID Erat” terang Kartiyus

“kegiatan lokakarya akan dilaksanakan selama 3 hari. Akan ada pemaparan rancangan RPKD Kabupaten Sintang, fasilitasi penyusunan perbup RPKD, fasilitasi penyusunan RAT, diskusi dan pembahasan” terang Kartiyus

 

Jajaran Pemkab Sintang Bertemu Bahas Draft Perbup RPKD Hingga 2026, Dibuka Wabup Sintang

Jajaran Pemkab Sintang Bertemu Bahas Draft Perbup RPKD Hingga 2026, Dibuka Wabup Sintang

 


Wakil Bupati Sintang Melkianus Membuka Kegiatan Lokakarya Penyusunan Peraturan Bupati Tentang Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) Dan Rencana Aksi Tahunan (RAT) Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Sintang pada Senin,  30 Januari 2023 di Serantung Waterpark.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bappeda Kartiyus, Perwakilan Dirjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri RI yang hadir secara daring, Provincial Coordinator Program USAID Erat Provinsi Kalbar, Urai B Asnol Ketua STIKARA Sintang, Tenaga Ahli dari BAPPENAS Bapak Muhammad Chehafudin, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Wakil Bupati Sintang Melkianus menyampaikan rencana penanggulangan kemiskinan daerah adalah rencana kebijakan pembangunan daerah di bidang penanggulangan kemiskinan untuk periode 5 tahun.

RPKD merupakan dokumen yang sangat penting dan strategis dalam upaya memetakan permasalahan kemiskinan di Kabupaten Sintang, merumuskan kebijakan penanggulangan kemiskinan, serta mengoptimalkan peran TKPK kabupaten sintang untuk mengintegrasikan program kemiskinan lintas sektor di Kabupaten Sintang” terang Melkianus Wabup Sintang

“ada beberapa strategi penanggulangan kemiskinan tahun 2023-2026 yakni strategi peningkatan kondisi ekonomi untuk percepatan penurunan kemiskinan dan ketimpangan, strategi peningkatan dan perluasan pelayanan dasar bagi masyarakat miskin dan rentan,   strategi penyelenggaraan perlindungan sosial yang komprehensif, strategi pengembangan penghidupan berkelanjutan,     dan strategi sistem pendukung kebijakan penanggulangan kemiskinan daerah” terang Wabup Sintang

sebagaimana kita ketahui bersama bahwa TKPK Kabupaten Sintang yang difasilitasi oleh USAID Erat telah menyelenggarakan  lokakarya pemetaan kemiskinan Kabupaten Sintang dan beberapa tahapan mini lokakarya dalam rangka penyusunan RPKD Sintang pada akhir tahun 2022, dan telah menghasilkan draft akhir dokumen RPKD Kabupaten Sintang tahun 2023-2026. Draft akhir tersebut juga telah dilaksanakan forum konsultasi publik pada tanggal 5 Desember 2022 yang dihadiri oleh seluruh stakeholder di Kabupaten Sintang” terang Wabup Sintang

untuk menjamin pelaksanaan percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sintang dapat dijalankan dan bersifat mengatur dalam menjalankan perintah peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi atau dalam rangka menyelenggarakan kewenangan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sintang, maka perlu disusun Peraturan Bupati dan rencana aksi tahunan tahun 2023 sebagai penjabaran tahunan Rpkd Kabupaten Sintang” terang Wabup Sintang

rencana aksi tahunan adalah rencana kerja pembangunan daerah di bidang penanggulangan kemiskinan untuk periode 1 tahun, yang merupakan penjabaran dari RPKD. Adapun rencana aksi tahunan tersebut paling sedikit memuat antara lain hasil evaluasi kinerja tahun sebelumnya, kebijakan dan strategi tahun berjalan, matriks target keberhasilan dan lokasi prioritas” terang Wabup Sintang

sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan lokakarya pada hari ini, saya mengharapkan agar seluruh peserta dapat mengikuti  kegiatan ini dengan baik, memberikan sumbangan pemikiran, sehingga upaya kita dalam percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sintang dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, sekali lagi kami sampaikan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada tim USAID Erat yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan lokakarya pada hari ini” tutup Wakil Bupati Sintang

(RILIS PROKOPIM)

MUI Sintang Gelar Musda, Dibuka Bupati Sintang

MUI Sintang Gelar Musda, Dibuka Bupati Sintang

 


Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri sekaligus membuka   Musyawarah Daerah (MUSDA)  VIII Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sintang  di  Gedung Universitaw Muhammadiyah Pontianak Kampus Sintang  Sintang pada hari Minggu, 29 Januari 2023.

Hadir dalam kegiatan  ini  Ketua Umum MUI Kalimantan Barat  Drs,H. Jipridin.M.Si, Ketua MUI Kabupaten Sintang Drs. H. Ulwan ,M.Pd.I, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten H. Senin Maryono, Forkopimda, para pengurus MUI Kabupaten Sintang,  rokoh agama , tokoh masyarakat ,  serta para undangan.

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno menyampaikan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sintang sudah bagus selama ini.

“pengajian sudah beberapa kali diadakan yang dihadiri ulama, umat dan umaroh. Komunikasi antara pemerintah, ulama dan MUI sudah bagus. BKPUI juga sudah bagus dalam membangun kebun, melayani kesehatan, semua bagus. Kantor sebentar lagi jadi. Kalau sudah jadi, kantornya akan megah” terang Bupati Sintang

“kalau bisa lanjutkan saja kepemimpinan yang sudah ada, kalau dilakukan pemilihan, nanti malah menimbulkan persoalan. Ke depan juga ada banyak masalah, seperti menghadapi tahun politik, banyak yang harus dibantu. Masalah laten ahmadiyah, naiknya ongkos haji juga naik dan mahal” terang Bupati Sintang

“semua ormas Islam kita dukung untuk berkembang. Kita harus yakin bahwa kondisi politik juga akan baik-baik saja ke depan” terang Bupati Sintang.

Ketua MUI Provinsi Kalimantan Barat H. Jipridin menyampaikan bahwa tema Musda ini adalah sinergisitas hendaknya tuntas pada tahap disukis sampai pada pelaksanaanya.

“bagi kami siapa saja nanti yang dipilih menjadi Ketua MUI Kabupaten Sintang kami siap menerima. Tetapi wajib bisa bersinergi dengan pemerintah, ulama dan masyarakat. Syarat yang tidak boleh dilanggar adalah tidak dari kalangan politisi” terang H. Jipridin

“kapasitas pribadi juga penting, fondasinya kemampuan dan sinergisitas. MUI Provinsi Kalbar juga akan segera melaksaanakan Musda Ke IX. Terima kasih kepada pengurus MUI Kabupaten Sintanag sudah bekerja selama 5 tahun. Silakan dievaluasi, apa yang sudah dan belum dikerjakan” terang H. Jipridin

(RILIS PROKOPIM)

Kunjungi Solam Raya, Wabup Sintang Tutup Turnamen Bola Voli Venom Cup

Kunjungi Solam Raya, Wabup Sintang Tutup Turnamen Bola Voli Venom Cup

 


Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., menutup rangkaian kegiatan Turnamen Bola Voli Venom Cup tahun 2023, yang dilaksanakan di Lapangan Voli, Dusun Beganuk, Desa Solam Raya, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Jumat, 27 Januari 2023.

Sebelum dilakukan penutupan, Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos, bersama Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sintang, Heri Jambri, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Ny. Rita Cendanawangi Melkianus, A.Md.Keb., beserta rombongan lainnya menyaksikan pertandingan laga final voli putra yang mempertemukan Surya Muda dari Kabupaten Melawi melawan Lebak Ubah dari Kabupaten Sintang, dan pada pertandingan tersebut Lebak Ubah berhasil memenangkan pertandingan mengalahkan Surya Muda dengan skor 5-4.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., menyampaikan ucapan terimakasih kepada para panitia dan club-club yang telah bertanding pada Turnamen Voli Venom Cup tahun 2023 di Desa Solam Raya, Kecamatan Sungai Tebelian, "pertama-tama saya ucapkan terimakasih kepada panitia, dan club yang telah berpartisipasi, bertanding pada turnamen voli Venom Cup tahun 2023, tadi saya melihat pertandingan berjalan dengan baik, sportivitas selalu dijunjung tinggi, sehingga pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan aman", ucap Wakil Bupati Sintang.

"tadi saya menonton pertandingan final bola voli putra antara Lebak Ubah dari Sintang dan Surya Muda dari Melawi, kemudian yang final putri juga dari Tekaban Melawi, tentu saya sampaikan ucapan selamat kepada yang menang, untuk yang kalah, tetaplah berjuang", ujar Wakil Bupati Sintang.

Wakil Bupati Sintang berharap kedepannya dengan diselenggarakan turnamen-turnamen di tiap desa di Kabupaten Sintang bisa menyaring mencari bakat minat para anak muda untuk meningkatkan minat bakat olahraga kedepannya, "dengan event turnamen seperti ini, harapannya bisa mengikuti event yang lebih besar di Kota Sintang, apalagi ada beberapa agenda besar ditahun 2023 ini, yang bertujuan untuk mencari atlet-atlet terbaik dari Sintang yang akan kita kirim kedepannya untuk berpartisipasi pada event yang lebih besar lagi", terang Wakil Bupati Sintang.

Sementara itu Ketua Panitia Turnamen Bola Voli Venom Cup tahun 2023, Jonatan Rusman mengatakan bahwa pelaksanaan turnamen bola voli ini diselenggarakan kurang lebih 22 hari, "turnamen Venom Cup tahun 2023 ini dimulai dari tanggal 5 Januari 2023 dan berakhir pada hari ini Jumat, 27 Januari 2023 dengan diikuti oleh sejumlah club yang berasal dari desa-desa yang ada di wilayah Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sintang", ucap Ketua Panitia

"turnamen ini diselenggarakan bertujuan untuk menjalin serta mempererat tali silaturahmi antar anak-anak muda pecinta bola voli, agar saling mengenal satu sama lain, selain itu juga, selain menjalin silaturahmi, juga kita mencari anak anak muda yang memiliki bakat minat dibidang olahraga khususnya bola voli ini", ujar Ketua Panitia.

Adapun sejumlah club yang menjadi juara, yakni sebagai berikut :

Kategori Voli Putri :

Juara 1 Adila Putri dari Kabupaten Melawi

Juara 2 Macan Tekaban dari Kabupaten Melawi

Juara 3  VBM dari Kabupaten Sintang

Juara Harapan 1 DJ dari Kabupaten Sintang

Kategori Voli Putra :

Juara 1 Lebak Ubah dari Kabupaten Sintang

Juara 2 Surya Muda dari Kabupaten Melawi

Juara 3 Nuska dari Kabupaten Melawi

Juara Harapan 1 Nuan Tenang dari Kabupaten Melawi

(RILIS PROKOPIM)

Baznas Sintang Lakukan Bedah Rumah Tak Layak Huni di Sintang, Ini Kata Melkianus Wabup Sintang

Baznas Sintang Lakukan Bedah Rumah Tak Layak Huni di Sintang, Ini Kata Melkianus Wabup Sintang

 


Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., melaunching Bedah Rumah Tidak Layak Huni yang merupakan program dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sintang bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Barat yang digelar di halaman depan Kantor Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Jumat, 27 Januari 2023.

Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasih atas program bedah rumah yang diinisiasi oleh BAZNAS Provinsi Kalbar dan BAZNAS Kabupaten Sintang, "tentu yang pertama saya sampaikan ucapan terimakasih atas program yang diberikan semoga dengan bedah rumah ini kedepannya dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan", ucap Wakil Bupati Sintang.

Wakil Bupati Sintang berharap kedepannya program-program serupa untuk tetap ada di Kabupaten Sintang, "program bedah rumah ini diharapkan kedepannya tetap ada, tidak hanya 3 rumah saja, akan tetapi bisa ada terus tiap tahunnya", harap Wakil Bupati Sintang.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sintang, Totok Agus Sudono menyampaikan bahwa kegiatan launching program bedah rumah tidak layak huni ini dilaksanakan di Kabupaten Sintang, "ditahun 2023 ini BAZNAS Provinsi Kalbar bersama BAZNAS Kabupaten Sintang dibantu dengan para donatur kita lakukan bedah rumah sebanyak 3 unit, 2 unit rumah dibangun di Kecamatan Sintang, dan 1 unit rumah dibangun di Kecamatan Sepauk", ujarnya.

Totok Agus Sudono menceritakan kronologi program bedah rumah khususnya diwilayah Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Sintang, "pada awalnya ada kegiatan Badan Kontak Majelis Taklim diwilayah Kelurahan Mekar Jaya, kemudian salahsatu anggota keluarga rumah yang berada di Kelurahan Mekar Jaya tersebut mengalami sakit, dan kemudian ada yang kerumah untuk menyerahkan bantuan untuk berobat, dan melihat kondisi rumah tak layak huni, mendapat informasi tersebut, kami dari BAZNAS Sintang melihat langsung kondisi rumah tidak layak huni sehingga kami mengambil kesimpulan untuk dilakukan bedah rumah pada rumah tidak layak huni  tersebut", cerita Ketua BAZNAS Sintang.

(RILIS PROKOPIM)

Terima Penghargaan Dari Pemprov Kalbar, Pemkab Sintang Juga Serahkan Penghargaan

Terima Penghargaan Dari Pemprov Kalbar, Pemkab Sintang Juga Serahkan Penghargaan

 


Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar upacara untuk memperingati Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang ke 66 Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Sintang pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Menggunakan pakaian adat Dayak, Wakil Bupati Sintang Melkianus menjadi Inspektur Upcara. Sementara hadir sebagai peserta upacara Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno yang menggunakan pakaian kombinasi batik tenun ikat Dayak dan Tanjak Melayu, Anggota Forkopimda, Pejabat Eeslon II dan III dan Staf Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang semuanya menggunakan pakaian adat daerah.

Usai upacara, diumumkan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang yang sudah melindungi 5.000 petani dan RT RW di Kabupaten Sintang, penetapan ekspresi lisan dan ekspresi bedudu sebagai warisan budaya tak benda tahun 2022, penyerahan bantuan 10 unit sepeda motor untuk 10 desa mandiri di Kabupaten Sintang yakni Desa Binjai Hulu Kecamatan Binjai Hulu, Desa Emparu Baru Kecamatan Dedai, Desa Mekar Mandiri Kecamatan Kayan Hilir, Desa Baning Panjang Kecamatan Kelam Permai, Desa Sepiluk Kecamatan Ketungau Hulu, Desa Wirayuda Kecamatan Ketungau Tengah, Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk, Desa Baning Kota Kecamatan Sintang, Desa Manter Kecamatan Sungai Tebelian dan Desa Tempunak Kapuas Kecamatan Tempunak.

Kemudian dilakukan penandatanganan berita acara dan penyerahan 13 SK dan SHP Penetapan Rimba / Gupung seluas 903.88 ha dari Pemerintah Kabupaten Sintang kepada Kepala ATR/BPN Sintang. Berita acara tersebut ditandatangani oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno dan Kepala ATR/BPN Sintang Junaidi.

Pemerintah Kabupaten Sintang juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada wajib pajak yang sudah taat membayar dan menyetorkan pajak selama Tahun 2022 dengan menyerahkan piagam penghargaan kepada wajib pajak daerah tahun 2022 diantara Camat Serawai dan Camat Kelam Permai yang sudah cepat dalam membayar dan melunaskan PBB-P2 di wilayahnya masing-masing, Manajemen Hotel My Home dan Hotel Bless yang sudah taat membayar pajak hotel, Aming Coffee, Point Coffee, Lokale Jalan MT Haryono, Lokale Lintas Melawi, SS Fried Chicken yang sudah taat membayar pajak restoran, Bapak Mislan yang sudah taat membayar pajak sarang burung walet.

Pemerintah Kabupaten Sintang juga memberikan penghargaan kepada bank penerima pendapatan asli daerah yaitu Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat / Bank Kalbar Cabang Sintang, sebagai bank penerima pendapatan asli daerah Kabupaten Sintang.

Pemkab Sintang juga memberikan penghargaan kepada siswa siswi utusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sintang dalam kegiatan kemah bela negara tingkat nasional yang dilaksanakan pada tanggal 16-22 Desember Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Rafflesia Provinsi Bengkulu.

Ada pun nama-nama siswa siswi utusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sintang tersebut adalah Syarfa Aledya Permata penegak putri dari gudep MAN Sintang, Adiaz Daffa Biloisti penegak putra dari gudep SMAN 1 Sintang, Patrick Andrew Pongayouw penegak putra dari sudep SMAN 1 Sintang, Kania Almayra Azzahra penegak putri dari gudep SMAN 1 Sintang dan Alma Kayia Akyesti penegak putri dari gudep SMAN 1 Sintang

(RILIS PROKOPIM)

Pemkab Sintang Turut Peringati HUT Pemprov Kalbar ke 66, Wabup Sintang Jadi Irup

Pemkab Sintang Turut Peringati HUT Pemprov Kalbar ke 66, Wabup Sintang Jadi Irup

 


Wakil Bupati Sintang Melkianus menjadi Inspektur Upcara memperingati Hari Ulang Tahun ke 66 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Tingkat Kabupaten Sintang di Halaman Kantor Bupati Sintang pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Hadir sebagai peserta upacara Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno yang menggunakan pakaian kombinasi batik tenun ikat Dayak dan Tanjak Melayu, Anggota Forkopimda, Pejabat Eeslon II dan III dan Staf Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang semuanya menggunakan pakaian adat daerah.

Wakil Bupati Sintang Melkianus yang membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH. M. Hum tersebut menyampaikan harapanya di usia Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang ke 66 ini menjadi momentum bagi kita untuk lebih maju di masa yang akan datang.

“memasuki usia Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke-66 tahun ini, pelaksanaan pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Kemajuan tersebut dapat dilihat dari capaian desa mandiri dimana pada tahun 2018 silam hanya terdapat 1  desa mandiri di provinsi kalimantan barat yang selanjutnya meningkat signifikan menjadi 586 desa mandiri pada tahun 2022. Keberhasilan tersebut juga diikuti dengan keberhasilan provinsi kalimantan barat dalam mengentaskan status desa sangat tertinggal. pada tahun 2018 yang lalu provinsi kalimantan barat tercatat memiliki 677 desa sangat tertinggal dan pada saat ini sudah tidak ada lagi yang berstatus desa sangat tertinggal di Provinsi Kalimantan Barat” terang Wabup Sintang

“Provinsi     Kalimantan Barat juga mencatatkan keberhasilan di bidang ekonomi dimana pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat pada triwulan ketiga tahun 2022 mencatatkan pertumbuhan yang tinggi yaitu sebesar 6,48%). Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat tersebut merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi di regional kalimantan dan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional. Sejalan dengan hal tersebut, persentase penduduk miskin Kalimantan Barat terus mengalami penurunan menjadi 6,81% meskipun ditengah kondisi pandemi covid-19” terang Wabup Sintang

“selanjutnya Provinsi Kalimantan Barat terus bergerak maju dalam mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas, hal ini dapat    diliha pada capaian        indeks pembangunan manusia yang kembali meningkat menjadi 68,63% dengan laju pertumbuhan sebesar 1,08%. Laju pertumbuhan IPM Kalimantan Barat tersebut merupakan laju pertumbuhan IPM tertinggi ke empat secara nasional dan lebih tinggi dari laju pertumbuhan IPM nasional” tambah Wabup Sintang

“keberhasilan yang telah diraih oleh Provinsi Kalimantan Barat membuktikan bahwa program-program prioritas pembangunan Kalimantan Barat yang sudah direncanakan dan dilaksanakan telah tepat sasaran dan membawa perbaikan yang signifikan dalam mengakselerasi keberhasilan pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat. Keberhasilan pembangunan  tersebut tidak hanya diraih oleh pemerintah provinsi semata, akan tetapi juga diikuti oleh capaian keberhasilan pembangunan kabupaten/kota di provinsi Kalimantan Barat” tambah Wabup Sintang

“keberhasilan pelaksanaan  pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat tersebut tidaklah diraih dengan mudah. Semua keberhasilan tersebut tentunya merupakan upaya keras kita bersama dari setiap elemen yang ada di provinsi kalimantan barat untuk bersama-sama membangun provinsi kalimantan barat yang kita cintai ini. Kolaborasi dan sinergitas pembangunan yang telah dibangun serta dimotori oleh semangat kerja dan program-program pembangunan yang tepat sasaran, merupakan modal dasar yang harus dipelihara dan tingkatkan dalam menjawab tantangan pelaksanaan pembangunan di masa-masa yang akan datang. Selanjutnya melalui peringatan hari ulang tahun ini mari kita jadikan media untuk melihat kembali kontribusi dan karya nyata kita dalam pelaksanaan pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat” tambah Wabup Sintang

“kemajuan  pelaksanaan  pembangunan serta mordernisasi tentunya membawa konsekuensi bersamanya  salah  satunya adalah kelestarian lingkungan hidup. tidak dipungkiri lagi bahwa provinsi kalimantan barat memiliki kekayaan flora  dan  fauna serta kawasan hutan yang sangat luas yang berperan penting bagi kehidupan dunia sebagai paru-paru dunia. kekayaan alam tersebut harus tetap dipelihara dan dilestarikan” tambah Wabup Sintang

“oleh sebab itu pelaksanaan pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat harus seimbang dan          selaras        antara         meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup. hal ini sejalan dengan tema peringatan hari ulang tahun ini yaitu “kalbar maju  lingkungan hidup lestari dalam keberagaman”tambah Wabup Sintang

“kehidupan masyarakat Provinsi Kalimantan Barat dihiasi oleh beragam latar belakang kondisi sosial, budaya, dan ekonomi. Keberagaman tersebut tidak lantas menjadi penghalang pelaksanaan pembangunan, akan tetapi keberagaman tersebut justru menjadi fondasi kokoh yang menjadi kekuatan tersendiri. kekuatan tersebut muncul karena memiliki pandangan dan visi yang sama yaitu kemajuan Kalimantan Barat” tambah Wabup Sintang

“oleh karena itu dalam mewujudkan visi tersebut saya mengajak kita semua untuk merapatkan barisan dan saling bergandengan tangan dalam membangun serta menghadapi segala tantangan pembangunan di masa yang akan datang. Saya yakin dan percaya bahwa provinsi kalimantan barat yang kita cintai ini akan mampu melalui berbagai tantangan dan tumbuh lebih maju di masa yang akan datang” terang Wabup Sintang

“pemerintah          telah           menetapkan pemindahan ibukota negara ke pulau kalimantan. pemindahan ibukota negara ke pulau kalimantan tersebut  merupakan peluang besar bagi provinsi kalimantan barat. Provinsi  Kalimantan Barat harus bertransformasi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk berpartisipasi secara aktif serta ikut menjadi bagian penting dan menangkap peluang dari pemindahan ibukota negara tersebut” terang Wabup Sintang

“selanjutnya dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan harus ditopang oleh sumberdaya manusia yang berdaya saing dan berkualitas. sumber daya manusia tersebut harus siap berkompetisi secara global, bebas, dan terbuka. oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan menciptakan generasi - generasi yang cerdas, sehat, produktif, dan inovatif. Kita berharap segala upaya yang telah dan akan kita laksanakan, membawa Provinsi Kalimantan Barat yang kita cintai ini semakin maju di masa yang akan datang” tutup Wabup Sintang

(RILIS PROKOPIM)

Ini Kata Wabup Sintang Saat Hadiri Silaturahmi Bersama Ormas di Kodim Sintang

Ini Kata Wabup Sintang Saat Hadiri Silaturahmi Bersama Ormas di Kodim Sintang

 


Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos., menghadiri silaturahmi Dandim 1205/Stg bersama para Ulama dan Tokoh Agama Islam, kegiatan silaturahmi ini diselenggarakan oleh Kodim 1205/Stg, betempat di Aula Makodim 1205/Stg, Kamis, 26 Januari 2023.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kapolres Sintang, Pengadilan Negeri Kabupaten Sintang, Kejaksaan Negeri Sintang, pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, sejumlah tokoh agama Islam, serta Organisasi Masyarakat Islam

Wakil Bupati Sintang Melkianus menyampaikan dukungan Pemkab Sintang atas kegiatan yang diselenggarakan oleh Kodim 1205 Sintang dalam menjaga keharmonisan dengan organisasi masyarakat.

“saya mengajak seluruh organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Sintang ini untuk bersama-sama menjaga kondisi Kabupaten Sintang yang aman, damai dan harmonis. Itu semua menjadi kunci kita dalam membangun daerah. Tidak mungkin kita akan bisa membangun kalau kondisi kita tidak nyaman dan aman” terang Wabup Sintang.

“kami mendukung upaya TNI dan Polri untuk menjaga keamanan di Kabupaten Sintang. Mari kita ciptakan kondisi yang aman dan nyaman. Ingatkan anggota masyarakat yang akan diduga mengganggu kenyamanan wilayah kita. Kalau kondisi kita nyaman dan damai, mau apa-apa enak. Tanpa rasa khawatir” terang Wabup Sintang

Dandim Sintang, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan dalam rangka diskusi mengenai penyelesaian permasalahan dan perkembangan situasi di Kabupaten Sintang ini harapannya dapat menghadirkan keamanan dan ketentraman di wilayah Sintang.

“Kegiatan ini kita laksanakan sebagai upaya dalam membantu mengantisipasi serta menyelesaikan permasalahan yang timbul, dan harapanya untuk menghasilkan pemikiran bersama bagi ketentraman dan keamanan di Kabupaten Sintang,” ucap Dandim saat ditemui.

Dikatakan Dandim Sintang, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono, silaturahmi ini juga merupakan wadah komunikasi yang baik dalam membangun sinergi bersama unsur Forkopimda dan Tokoh Masyarakat dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kita ketahui bersama bahwa saat ini kita memasuki tahapan pelaksanaan pemilihan umum, yang mana ini menjadi perhatian khusus bagi kita untuk dapat mensukseskan Pemilu dengan lancar, aman dan damai, sehingga silaturahmi inilah harapannya menjadi wadah untuk mensosialisasikan itu,” ungkap Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, bahwa ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memberikan perhatian terhadap setiap permasalahan yang ada di Kabupaten Sintang, sehingga dapat dengan cepat diselesaikan.

“Mari kita bergandeng tangan untuk membangun hubungan baik, sehingga setiap pengaruh dan hal yang berpotensi menimbulkan permasalahan dapat kita selesaikan bersama dengan baik,” pungkas Letkol Inf Kukuh.

Kehadiran Kapolres Sintang Polda Kalbar AKBP Tommy Ferdian, S.I.K., M.Sc (Eng) sendiri ditujukan sebagai upaya mendukung kegiatan TNI di tengah masyarakat sekaligus mewujudkan sinergitas guna menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polres Sintang.

Menurut AKBP Tommy Ferdian silaturahmi ini sendiri merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam mendukung kegiatan Kepolisian dan TNI dalam menyongsong agenda-agenda pembangunan di Kabupaten Sintang kedepannya.

Lebih lanjut dalam persiapan menghadapi Pemilu 2024, sinergitas antara TNI-Polri dan masyarakat sangat diperlukan dalam mensukseskan agenda pesta demokrasi yang akan datang serta menekan potensi kerawanan Kamtibmas yang bisa saja terjadi.

“Banyak agenda kedepan yang tentunya akan dihadapi oleh TNI-Polri sehingga perlu sinergitas yang baik untuk kita mendukung berbagai rangkaian ini sehingga kegiatan silaturahmi ini mungkin akan sering kita gelar kedepannya” Ucap Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian

(RILIS PROKOPIM)

Gubernur Kalbar Jadi Keynote Speech Outlook Ekonomi Kalimantan Barat Tahun 2023, Bupati Sintang Hadir

Gubernur Kalbar Jadi Keynote Speech Outlook Ekonomi Kalimantan Barat Tahun 2023, Bupati Sintang Hadir

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH., menghadiri Outlook Ekonomi Kalimantan Barat tahun 2023, yang dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., yang juga sebagai Keynote Speech dalam pelaksanaan Outlook Ekonomi dengan mengangkat tema "Tumbuh, Inklusif, dan Berkelanjutan", yang dilaksanakan di Hotel Mercure, Kota Pontianak, Kamis, 26 Januari 2023.

Selain Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H, M.Hum pertemuan tersebut juga menghadirkan Kepala Badan Perencanaan Daerah Provinsi Kalbar (BAPPEDA Prov Kalbar), Ir. Sukaliman, MT, sebagai pembicara. Kegiatan Diskusi Outlook Ekonomi Kalimantan Barat 2023 diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Barat.

Kepala BAPPEDA Prov Kalbar menjelaskan bahwa Kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menerapkan Kebijakan Fiskal yang Ekspansif dan mempercepat penyerapan anggaran di semester pertama sesuai arahan Gubernur Kalbar. Hal ini dituangkan pada rencana penyerapan anggaran di triwulan pertama 15 %, triwulan kedua 60 %, triwulan ketiga 80 % dan triwulan keempat 100%. Lebih lanjut dirinya menyampaikan agar tidak terjadi kekhawatiran akibat intervensi dan kebijakan dari Pemerintah Provinsi Kalbar.

"Maka dari itu perlunya mempersiapkan hal-hal yang penting agar tujuan kita yang pertama, menyampaikan bagaimana pihak-pihak produsen bisa menyiapkan diri, jangan sampai seperti di tahun 2022 kemarin ketika permintaan banyak, datang barangnya terlambat. Yang kedua, dari Pihak Moneter mengenai saldo minimum atau tingkat bunga agar menjaga keseimbangan uang yang beredar dengan Intervensi ini bisa kita waspadai. Untuk itu dengan Kebijakan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang menerapkan Kebijakan Fiskal yang Ekspansif diharapkan bisa mendapat dukungan dari semua pihak", ungkap Sukaliman.

Pada kesempatannya Gubernur menyampaikan bahwa Provinsi Kalimantan Barat masuk sepuluh besar Provinsi dengan Penyerapan Anggaran Tertinggi se Indonesia yaitu urutan keempat. Kemudian untuk Pendapatan Asli Daerah Provinsi Kalimantan Barat juga berada di peringkat Keempat terbesar se Indonesia berdasarkan Data dari Depdagri.

"Hal itu menunjukan bahwa bila kita bisa konsisten maka Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Barat pasti bagus, hanya Inflasi Kalimantan Barat yang lebih tinggi dari Nasional yaitu 6,3", jelasnya.

Kemudian melalui analisanya Pertumbuhan Ekonomi Kalbar melalui Pendapatan Asli Daerah dari tahun 2017 sebesar 1,945 triliun rupiah sampai 2019 terus mengalami kenaikan, hanya di tahun 2020 yang turun karena Pandemi Covid 19, dan tahun 2021 sampai sekarang menjadi 3,212 triliun rupiah.

"Hal itu tercapai karena pertumbuhan ekonomi yang bagus. Kemudahan dalam pelayanan dan data yang lengkap merupakan faktor penting dalam meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi", ungkapnya..

Orang nomor satu di Kalbar ini juga menekankan pentingnya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di setiap daerah. Hal ini karena Investor umumnya melihat capaian IPM di daerah yang akan menjadi tujuannya berinvestasi, bila IPM suatu daerah rendah dipastikan Investornya juga rendah, karena menyangkut kepada ketersediaan tenaga kerja dan tingkat pendidikan yang dibutuhkan oleh investor itu sendiri dalam memenuhi tenaga kerja yang dibutuhkannya.

"Kepada Seluruh Kepala Daerah maupun Bappeda, masing-masing daerah harus koordinasi terus dengan Badan Statistik agar lebih memahami Data-Data Survey terutama masalah inflasi agar lebih efektif ketika melakukan kegiatan yang dapat mempengaruhi penurunan inflasi. Kemudian untuk target capaian Pertumbuhan Ekonomi di tahun 2023 mudah - mudahan bisa mencapai angka 5,5 - 6 %", harapnya

(RILIS PROKOPIM)

 

Pengurus Kwaran Pramuka 4 Kecamatan Dilantik, Wabup Sintang Hadir dan Sampaikan Ini

Pengurus Kwaran Pramuka 4 Kecamatan Dilantik, Wabup Sintang Hadir dan Sampaikan Ini

 


Wakil Bupati Sintang, Melkianus menghadiri acara pelantikan pengurus majelis pembimbing dan pengurus kwartir ranting gerakan Pramuka Kecamatan Tempunak, Kecamatan Sungai Tebelian, Kecamatan Ketungau Hilir dan Ketungau Tengah di pendopo rumah dinas Bupati Sintang, Jumat (27/1/2023).

"Atas nama pemerintah Kabupaten Sintang, saya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus kwartir ranting yang dilantik hari ini. Semoga saudara-saudari dapat menjalankan tugas dan amanah ini dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab," kata Melkianus

"Kita harapkan gerakan Pramuka bisa menjadi agen perubahan sebagai salah satu pilar pendidikan yang dapat berkontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tambahnya lagi.

Para pengurus ini dilantik oleh Ketua Kwartir cabang Sintang, Kak Feri Kurniadi.

Ada 98 orang majelis pembimbing, kwartir ranting dan lembaga pengurus keuangan gerakan Pramuka di 4 kecamatan yang dilantik.

"Kita saat ini sedang berjuang untuk mengatasi degradasi moral anak-anak bangsa. Mohon para pengurus bersinergi dalam bekerja dan berkoordinasi dengan berbagai saka yang ada di lingkungan pemerintahan Kabupaten Sintang," ujar Feri.

"Kita percaya masih banyak anak muda Sintang yang akan menorehkan berbagai prestasi  bukan hanya sekedar berbagai berita negatif seperti kita dengar beberapa hari terakhir ini," tambahnya lagi.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 1205 Sintang dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang serta Mabicab (Majelis pembina cabang) dari unsur Forkopimda Sintang lainnya.

(RILIS PROKOPIM)

Tutup Turnamen Sepak Bola di Desa Nanga Sejirak, Ini Kata Melkianus Wabup Sintang

Tutup Turnamen Sepak Bola di Desa Nanga Sejirak, Ini Kata Melkianus Wabup Sintang

 


Wakil Bupati Sintang Melkianus, S.Sos  menutup kegiatan Open Turnamen HUT Nanga Sejirak ke  34 Tahun 2022 di lapangan Sepak Bola  di desa Nanga Sejirak Kecamatan Ketungau Hilir pada hari Kamis, 26 Januari 2023.

Pada  kesempatan tersebut Wakil Bupati Sintang Melkianus,S.Sos menyampaikan  bahwa kegiatan ini sangat positif,dalam upaya menjalin kebersamaan silaturahmi bagi masyarakat antar desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang.

Kegiatan  ini juga untuk memberikan langkah positif bagi generasi bangsa dalam mencetak para atlet sepak bola didaerah, agar mampu bersaing dengan para atlet dari daerah lain pada ajang seperti Porprop hingga tingkat  nasional" jelas Melkianus.

Pada tahun 2023 ini kita upayakan nanti ada kegiatan Open Turnamen Sepak Bola Tingkat Kabupaten Sintang,  agar kita bisa  mengetahui bakat para atlet-atlet  terbaik dari desa dan kecamatan untuk bisa tampil berlaga di Kabupaten Sintang" tegas Melkianus

Kepala Desa Nanga Sejirak Kecamatan Ketungau Hilir Marjuni menyampaikan kegiatan OpenTurnamen ini dalam rangka menyemarakan HUT Pemerintahan desa Nanga Sejirak yang ke 34 , dan merupakan kegiatan tahunan, yang diikuti sebanyak 32  club kesebelasan  dari desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang.

Sebagai juara pada  kegiatan Open Turnamen HUT Nanga Sejirak ke  34 Tahun 2022 di lapangan Sepak Bola  di desa Nanga Sejirak Kecamatan Ketungau Hilir,  yaitu Juara 1 Jazib FC dari Kecamatan Belitang Hulu mendapatkan hadiah uang  pembinaan  sebesar Rp. 7.500.000,- ,  

Juara 2  Kocar Kacir FC  dari Kecamatan  Binjai Hulu mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 5.000.000,- ,

Juara 3  Sapujagat FC  dari Kecamatan  Kwtungau Hilir mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000,-   

Juara 4  Temanga  FC dari Kecamatan Ketungau Tengah mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp.1.500.000,-

Hadir dalam kegiatan tersebut  unsur Forkopimcam, para kepala desa, kepala dusun, tokoh agama, tokoh adat serta para undangan.

(RILIS PROKOPIM)

Bertemu Kepala PAUD Se Kabupaten Sintang, Wabup Sintang Minta Pengelolaan Dana BOP Terbuka

Bertemu Kepala PAUD Se Kabupaten Sintang, Wabup Sintang Minta Pengelolaan Dana BOP Terbuka

 


Wakil Bupati Sintang Melkianus membuka pelaksanaan  Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD pada Kamis, 26 Januari 2023 di  Langkau Kita Rumah Jabatan Wakil Bupati Sintang.

Hadir pada kesempatan tersebut Bunda PAUD Kabupaten Sintang Ny. Rita Cendanawangi, Pokja PAUD Kabupaten Sintang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Lindra Azmar, Kepala Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, dan Taman Penitipan Anak dan Satuan PAUD Sejenis se Kabupaten Sintang.

Melkianus Wakil Bupati Sintang menyampaikan bahwa hak untuk dapat hidup dan tumbuh berkembang secara layak dan sejahtera adalah satu diantara bentuk hak anak yang dilindungi dengan undang-undang. “penyediaan layanan pendidikan anak usia dini yang dapet diakses oleh seluruh anak tanpa kecuali adalah bentuk dan pemenuhan hak-hak anak terkait dengan penyiapan generasi yang cerdas, tangguh, komperitif, den berkarakter” terang Wakil Bupati Sintang

“Kebijakan pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Diri, Nonformal, dan Informal untuk mempertuas layanan PAUD merupakan salah satu upaya untuk pemenuhan ek anak akan mendapatkan pendidikan sejak dini. Upaya tersebut ndak berhenti pada perluasan dan pemerataan akses layanan PAUD, tetapi juga dukungan agar semua anak tanpa kecuali dapat terlayani di lembaga-lembaga PAUD melalu pemberian dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini” tambah Wakil Bupati Sintang

“Dana BOP PAUD merupakan dana yang digunakan untuk biaya operasional dan non operasional dalam mendukung kegiatan pembelajaran pendidikan anak usia dini, wu adalah wujud dukungan Pemerintah yang sangat serus kepada Pendidikan Anak Usia Dini” terang Wabup Sintang

“dengan adanya Bantuan Operasiona! Penyelenggaraan (BOP PAUD) ini, harapan kita akan lebih baik lagi. Begitu juga dalam hai pelaksanaan mengajar tidak diacuhkan karena urusan membuat SPJ saya. Saya berharap jangan sampai au terjadi. Saya yakin, guru di PAUD mu relatif lebih muda, tentunya untuk berkreasi dan berinovasi lebih mudah. Untuk SPJ disesusikan dengan aturan yang ada di petunjuk teknisnya” tambah Wabup Sintang

“penggunaan Dana BOP haruslah memegang prinstp fleksibel artinya pembelanjaan boleh untuk membeli apa saja selama sesus untuk kepentingan sekolah dan dapat dipertanggungjawabkan. Transparan artinya melibatkan semus komponen yang terlibat dalam pengelolaan dana BOP Bendahara, Guru, Komite Sekolah dan Orang Tua. Serta  Tepat waktu pelaporan atau SPJ” beber Wabup Sintang

“selanjutnya Stunting merupakan permasalahan serius dalam Pembangunan Sumber Daya Manuasia Indonesia saat ini dan kedepannya. Dalam penanganan Stunting ini harus melihat banyak aspek, seperti aspek kesehatan, aspek keluarga, maupun aspek perilaku. Artinya, Pengentasan Stunting harus dilakukan secara terpadu serta butuh komitmen kuat dari semua stakeholder. Tidak hanya menjadi tugas Instansi Leader, tapi butuh keterlibatan semua pihak yang ada di negeri ini” terang Wabup Sintang

“karena tanpa komitmen dan kemauan yang uat untuk menyelamatkan generasi bangsa dari ancaman Stunting, maka gerakan pencegahan Stunting akan menjadi sia-sia dan tentunya pencegahan Stunting ini mulai sejak anak berusia dini dan disinilah peran sentral dari Bapak-Ibu guru PAUD” terang Wabup Sintang

“keinginan Kita untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada anak-anak usia dini di Kabupaten Sintang ini haruslah kita laksanakan dengan sepenuh hati dan tekad yang bulat dari kita semua. Mohon diperhatikan terkait pelaksanaan kegiatan ini, semoga pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Permendikbud No 63 Tahun 2022 dan Pencegahan Stunting ini membawa berkah, bermanfaat, dan pelaksanaan kegiatan bigsselesai dengan baik” tutup Wabup Sintang

(RILIS PROKOPIM)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.