Anastasia, Ajarkan Anak - Anak Menabung Sejak Dini

Anastasia, Ajarkan Anak - Anak Menabung Sejak Dini

 


Menabung adalah kegiatan menyisihkan atau mempersiapkan sesuatu. Menabung biasanya lebih identik kepada uang, yakni menabung uang untuk masa depan. Menabung uang untuk membeli sesuatu yang kita inginkan.


Hari ini senin tanggal 31 Oktober 2022 diperingati sebagai Hari Tabungan Sedunia (HTS) atau dikenal juga sebagai Hari Hemat Sedunia (HHS) . Peringatan Hari Tabung Sedunia ini di laksanakan setiap tahun.


"Selamat memperingati Hari Tabung Sedunia, tetaplah rajin menabung untuk mempersiapkan masa depan mu dengan baik," kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Anastasia saat di wawancarai, senin (31/10/2022).


Peringatan Hari Tabung Sedunia (HTS) pada hari ini menekankan kepada kita betapa pentingnya menabung untuk masa depan.


Menurut wakil rakyat politisi partai Nsaional Demokrat (NasDem), Anastasia mengunkapkan ada banyak alasan mengapa seseorang perlu menabung. Di antaranya untuk persiapan hari tua, pendidikan, pernikahan, dan lain-lain. Termasuk untuk persiapan menghadapi keadaan yang tidak terduga. Seperti kecelakan, sakit, kena dampak bencana alam dan yang lainnya.


"Mari ajarkan kepada anak kita betapa pentingnya menabung sejak usia dini, ajarian mereka menyisihkan uang jajan sekolah. Agar kelak mereka menjadi terbiasa menabung. Siapkan celengan kecil untuk mereka menabung. Anak - anak harus di ajarkan menabung agar mereka tidak boros. Mengajarkan anak menabung pastinya akan memberikan manfaat positif bagi mereka," ujar Anastasia.


Hari Tabungan Sedunia dimulai pada tahun1924 pada International Thrift Congress pertama di Milan, Italia. Hari ini secara resmi diluncurkan oleh seorang profesor Italia, Filippo Ravizza.


Ide tersebut dengan cepat didukung oleh berbagai asosiasi yang juga melihat pentingnya menabung.


Hari Tabungan Sedunia juga membuat gagasan lebih banyak orang di dalamnya. Pentingnya menyimpan mendukung bank untuk membuka pintu bagi lebih banyak orang, terutama di negara berkembang. Organisasi non-pemerintah juga sangat penting dalam pentingnya tabungan.


Selain itu tujuan lain dari peringatan hari ini yaitu mempengaruhi anak-anak untuk menabung. Celengan adalah ide yang cemerlang karena menciptakan rasa kaya ketika anak menyadari berapa banyak yang telah mereka tabung.

Romeo Mari Kita Jaga, Tata, Dan Rawat Kota Sintang

Romeo Mari Kita Jaga, Tata, Dan Rawat Kota Sintang

 


Hari Kota Sedunia diperingati pada tanggal 31 Oktober setiap tahunnya. Hari ini dideklarasikan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 2013 dan telah diperingati setiap tahun sejak saat itu.


"Selamat memperingati Hari Kota Sedunia (HKS). Dimana tujuan dari dibuatnya peringatan Hari Kota Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang urbanisasi dan mendorong kerja sama global dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan," kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Romeo, senin (31/10/2022).


Hari ini menyoroti ketidaksetaraan di kota-kota terbesar di dunia dan mendorong inklusi sosial yang lebih besar, termasuk adanya kesetaraan dan akses ke layanan dan peluang.


Wakil rakyat dari politisi partai NasDem, Romeo mengungkapkan bahwa peringatan Hari Kota Sedunia menjadi penting karena pada perayaan seperti ini dapat menjadi suatu kesempatan dalam mendidik masyarakat terkait isu-isu yang menjadi perhatian dunia. Tidak hanya itu, peringatan ini juga dimaksudkan untuk memobilisasi kemauan politik dan sumber daya untuk mengatasi masalah global. Selain itu, hal ini juga dimaksudkan untuk merayakan dan memperkuat pencapaian kemanusiaan.


Hari Kota Sedunia lahir karena cita-cita Majelis Umum PBB yang mengarapkan naiknya minat masyarakat internasinal terhadap urbanisasi global. Lebih lanjur, Hari Kota Sedunia juga diinisiasi keinginan agar peringatan ini dapat mendorong kerja sama antar negara dalam memenuhi peluang mengatasi tantangan urbanisasi dan berkontribusi pada pembangunan perkotaan berkelanjutan di seluruh dunia.


"Mari bersama kita rawat, jaga, dan tata kota Sintang kita ini agar bisa menjadi jauh lebih baik, bersih, dan nyaman. Karna kota Sintqng ini adalah rumah besar bagi kita bersama," ujar Romeo.


Sejarah Hari Kota Sedunia ;

Urban October diluncurkan oleh UN-Habitat di tahun 2014 untuk menekankan tantangan perkotaan dunia dan melibatkan komunitas internasional menuju ‘Agenda Baru Perkotaan’.


Dilansir dari situs PBB, tujuan Urban October ini adalah untuk merumuskan cita-cita dalam menciptakan kota dan pemukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. Hal inilah yang mendasari relevansi misi UN-Habitat.


Melalui situs resmi PBB, disebutkan bahwa ketimpangan di kota-kota telah ada sejak 1980. Hal ini dilihat dari kota-kota besar dunia yang sering menjadi kota yang paling timpang. Oleh karena itu, tema tahun ini diusung sebagai bagian dari implementasi New Urban Agenda yang menempatkan topik kota-kota inklusif sebagai salah satu pilar utama untuk urbanisasi kota.


Pada Oktober 2016, Konferensi HABITAT III diadakan di Quito. Melalui konferensi ini didapatkan hasil terkait adopsi kerangka kerja baru yaitu mengarahkan dunia ke arah pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dengan mempertimbangkan kembali perencanaan kota, pengelolaan, dan perencanaan kota untuk nantinya layak huni.


Agenda Baru Perkotaan ini direncanakan untuk menentukan langkah menghadapi tantangan urbanisasi dalam dua dekade mendatang. Pada masa ini tantangan urbanisasi dipandang sebagai perpanjangan dari Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan, yang disepakati oleh 193 Negara Anggota PBB pada September 2015 .


Kota-kota harus didorong untuk berinovasi dan bereksperimen, dan juga belajar dari satu sama lain untuk mempercepat transisi ini, misalnya melalui inisiatif “kota kembar” atau jaringan kota. Selain itu, laporan tersebut menyebutkan kedepannya akan diperlukan pengganti pendekatan tata kelola "kota kompetitif" untuk ekonomi perkotaan dengan pendekatan "kota yang beralasan" yang melayani kepentingan semua warga negara.


Ditengah Pandemi Covid - 19 Yang Belum Berakhir Pendidikan Harus Tetap Di Tingkatkan

Ditengah Pandemi Covid - 19 Yang Belum Berakhir Pendidikan Harus Tetap Di Tingkatkan

 



Meski Covid -19 sudah mulai reda, namun pandemi covid - 19 belum berakhir. Maka dari itu untuk meningkatkan diri ditengah Pandemi Covid 19 yang tengah melanda negara kita, khususnya dunia pendidikan di Sintang. Anggota DPRD Kabupaten Sintang Maria Magdalena terus mengajak elemen Dinas Pendidikan kabupaten Sintang untuk mengembangkan diri. “Hal ini dilakukan untuk menuju Sintang kearah yang lebih baik lagi. Mendorong percepatan pembangunan disektor pendidikan ”, kata Maria Magdalena saat dimintai keterangan minggu (30/10/2022).


Lanjutnya, Yang memang kita ketahui Pemerintah Pusat atau Pemerintah Provinsi terus memberikan dukungannya agar semua Kabupaten terus mengembangkan diri untuk menciptakan masyarakat yang cerdas demi kemajuan bangsa kita.


Politisi Partai Demokrat ini berharap agar Pemerintah Pusat terus menambah jumlah Guru di kabupaten Sintang. “Khususnya yang memang minim tenaga Guru, dengan jumlah penduduk dan luasnya Kabupaten Sintang yang sangat-sangat luas kita melihat tenaga Guru masih minim," ucapnya.


Ia berharap dengan cukupnya tenaga guru di Sintang dapat membantu proses peningkatan sumber daya manusia yang berdaya saing di Sintang. Dengan berjalan maksimalnya Pendidikan di setiap jenjang, termasuk sumber daya manusia yang terlibat, baik itu siswa, guru, Kepala Sekolah, dan sebagainya.


 Sarana dan prasarana menunjang aktivitas pembelajaran juga harus terus ditingkatkan termasuk infrastruktur yang menunjang kemampuan para tenaga didik. Karna masih banyak jalan yang kurang layak di lewati untuk menuju ke sekolah. Dimana ini juga menjadi suatu penghalang dan rintangan untuk para guru dan murid dalam perjalanan menuju sekolah.


"Saya yakin jika kita semua kompak bersatu dan saling mendukung dalam pembangunan, pendidikan dan yang lainnya, Sintang akan maju menjadi semakin lebih baik lagi. Maju bersama - sama dengan daerah lainnya di Kalimantan Barat, ”ujarnya.


Iung seorang Guru Honor di Kabupaten Sintang, meminta kepada Pemerintah untuk terus meningkatkan segala sesuatu yang berhubungan dengan peningkatan pembelajaran.


Apalagi saat ini pandemi Covid 19 belum berakhir, meskipun sudah mulai mereda. Maka dari itu harus ada solusi dari Pemerintah, agar dunia pendidikan kita tidak tertinggal. Dan kita bisa bangkit serta maju," tutupnya.






Pandemi Covid - 19 Belum Berakhir 100% Protokol Kesehatan Harus Tetap Di Patuhi

Pandemi Covid - 19 Belum Berakhir 100% Protokol Kesehatan Harus Tetap Di Patuhi

 



Kita tahu saat ini keadaan sudah mulai membaik namun pandemi covid - 19 belum berakhir seratus persen (100%). Protokol kesehatan harus tetap di patuhi. Apalagi di perkotaan banyak dan berbagai macam aktivitas yang dilaksanakan Masyarakat.


Maka dari itu, untuk mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran covid - 19 maka kita harus taat dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dibuat pemerintah. Demi kebaikan kita bersama.


Sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny tentunya sangat peduli dan prihatin dengan keadaan saat ini. Selaku wakil rakyat, dirinya mengajak seluruh masyarakat, terutama masyarakat Kabupaten Sintang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghentikan penyebaran covid 19.


“Mari secara bersama kita lawan covid - 19 dengan cara mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Seperti mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, dan menghindari kerumunan. Ini kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid - 19 ", kata Ronny saat di wawancarai, minggu ( 30/10/2022)


Masih kata Ronny, ia berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang agar saling peduli, saling menjaga, saling mengingatkan sesama untuk mematuhi protokol kesehatan. 


Apalagi saat berada diluar bersantai di warung kopi, dan saat berada di pusat-pusat perbelanjaan. Hal ini tidak boleh kita sepelekan, karna menyangkut keselamatan kita bersama.


“ Saat kita bersantai diluar dan melihat ada orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak memakai masker, maka kita boleh mengingatkan orang tersebut agar ia memakai masker. Saya sendiri sangat berharap masyarakat kita di Kabupaten Sintang ini semuanya peduli dan bisa mematuhi protokol kesehatan," ucapnya.


Sampai saat ini ia menilai kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan di Kabupaten Sintang sudah baik. Banyak juga masyarakat yang sudah sadar akan pentingnya melakukan vaksin untuk menjaga imun tubuh agar kebal dari serangan virus berbahaya. Semoga kita semua selalu di berikan kesehatan, dan di berikan kesembuhan bagi yang sedang sakit.

Turunkan Stunting, Kadis Kesehatan Sintang Sampaikan Perlunya Melakukan Edukasi

Turunkan Stunting, Kadis Kesehatan Sintang Sampaikan Perlunya Melakukan Edukasi

 


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harisinto Linoh, M. Si turut menghadiri Diseminasi Audit Kasus Stunting Kabupaten Sintang di Aula Bappeda Kabupaten Sintang pada Jumat, 28 Oktober 2022.

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang tersebut, Kadis Kesehatan Sintang turut menanggapi paparan Tim Puskesmas Sepauk terhadap hasil temuan di Desa Kemantan Kecamatan Sepauk.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harisinto Linoh, wawasan dan pengetahuan masyarakat akan stunting dan gizi sangat menentukan dalam upaya menurunkan stunting di Kabupaten Sintang.

“masyarakat bisa saja sudah memiliki WC, dan air bersih. Tetapi potensi untuk ditemukan stunting tetap ada. Maka yang sangat penting juga adalah memberikan pemahaman, wawasan dan kesadaran kepada masyarakat cara mengasuh anak, cara mengatasi stunting dan memberikan gizi yang cukup saat hamil dan kepada balita” terang Harisinto Linoh

“kalau pengetahuan sudah baik, maka perbuatan mereka akan sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki. Kalau masyarakat sudah mengerti pentingnya punya air bersih dan adanya WC, pemerintah tidak perlu lagi melakukan intervensi, mereka akan membuat sendiri WC di rumah mereka dan membuat sumur” tambah Harisinto Linoh

“contohnya begini, masyarakat tahu bahwa kalau handphone tidak diisikan pulsa atau kuota, maka tidak akan ada gunanya. Maka mereka akan berusaha untuk mengisi pulsa dan kuotanya. Maka ketika mereka paham akan gizi, paham akan stunting, maka mereka akan dengan sendirinya berusaha akan memenuhi kebutuhan anak-anak mereka akan gizi” terang Harisinto Linoh

 

Maryadi Kadis KBP3A Sintang Beberkan Maksud Pelaksanaan Diseminasi Audit Kasus Stunting

Maryadi Kadis KBP3A Sintang Beberkan Maksud Pelaksanaan Diseminasi Audit Kasus Stunting

 


Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang melaksanakan Diseminasi Audit Kasus Stunting Kabupaten Sintang di Aula Bappeda Kabupaten Sintang pada Jumat, 28 Oktober 2022.

Maryadi Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang menyebutkan ada lima strategi nasional dalam menuntaskan masalah stunting sehingga daerah hanya mengikuti dan menjalankan lima strategi tersebut.

“salah satunya adalah melakukan audit kasus stunting. Kita sudah melakukan audit kasus stunting di 2 desa yakni Desa Bancong Kecamatan Sungai Tebelian dan Desa Kemantan Sepauk. Hasil audit akan dianalisa oleh tim pakar untuk mendapatkan masalah dan rekomendasi kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sintang, dan selanjutnya akan dilakukan intervensi oleh semua pihak seperti OPD di Lingkungan Pemkab Sintang, Kementerian Agama, dan tokoh agama” terang Maryadi

“Tim Puskesmas Sepauk sudah melakukan verifikasi terhadap 3 kasus ibu hamil dan 2 bayi di Desa Kemantan. Hasilnya adalah sanitasi belum ada, tidak memiliki WC, menikah di usia remaja, ada closed tapi tidak ada septic tank” terang Maryadi

“Tujuan kegiatan adalah memberikan informasi kepada seluruh instansi terkait untuk mengintervensi. Makanya dijelaskan tadi, kasus ini seperti ini, yang mengintervensi ini, contoh, tidak punya jamban yang layak, tidak mampu mengakses air bersih, instansi mana yang mengintervensi, misalnya dari Instansi Perkim. Melalui kegiatan ini kita bisa lebih fokus lagi bagaimana langkah-langkah untuk menangani kasus stunting dan gizi buruk ini” terang Maryadi

Tim Pakar Audit Stunting Kabupaten Sintang Adi Sulistiyanto menjelaskan bahwa menikah diusia remaja sangat erat kaitannya dengan pola asuh dan pemenuhan akan gizi anak karena ibunya belum memahami pola asuh yang baik sehingga anak tidak diberikan gizi yang cukup.

“sehingga akan melahirkan anak-anak yang kurang gizi. Kami di Pusat Penatalaksana Gizi Buruk Kabupaten siap membantu melakukan intervensi terhadap kasus di Bancoh dan Kemantan” terang Adi Sulistiyanto

Noverita Siboro seorang Psikolog anggota Tim Pakar yang lainyya menyoroti hasil verifikasi yang menunjukan adanya pernikahan di usia remaja dan pendidikan orangtua. “dari paparan tadi terlihat mereka menikah diusia muda dan hanya tamat SD dan SMP. Hal ini pasti akan mempengaruhi cara mereka menjaga kandungan dan mengasuh anak-anak mereka. Wawasan mereka masih minim, mereka kan masih remaja dan punya anak, emosi juga akan mempengaruhi” terang Noverita Siboro

Hadir pada kegiatan tersebut dr. Harisinto Linoh, M. Si Kepala Dinas Kesehatan, Rita Cendanawangi Melkianus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Sintang, Kepala Desa Bancoh, Kepala Desa Kemantan, Tim Puskesmas Pandan,  Tim Puskesmas Sepauk,  Anggota TPPS Kabupaten Sintang serta Tim Pakar Audit Stunting Kabupaten Sintang Adi Sulistiyanto seorang ahli gizi dan Noverita Siboro seorang Psikolog.

Turunkan Stunting di Sintang, Ketua PKK Kabupaten Sintang Nyatakan Siap Membantu

Turunkan Stunting di Sintang, Ketua PKK Kabupaten Sintang Nyatakan Siap Membantu

 


Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Sintang Ny. Rita Cendanawangi Melkianus turut menghadiri Diseminasi Audit Kasus Stunting Kabupaten Sintang yang diselenggarakan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang melaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Sintang pada Jumat, 28 Oktober 2022.

Ny. Rita Cendanawangi Melkianus menjelaskan bahwa PKK merupakan mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilisator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK.

“kami PKK Kabupaten Sintang siap membantu Pemerintah Kabupaten Sintang dalam mempercepat menurunkan angka stunting. Di PKK itu ada Kelompok Kerja atau Pokja IV. PKK bisa bekerjasama dengan tenaga kesehatan di tingkat desa. Di desa, ada Ketua TP PKK Desa, bisa bekerjasama untuk menggairahkan kembali kegiatan posyandu, memberikan penyuluhan mengenai pemeriksaan kehamilan dan anak bayi” terang Ny. Rita Cendanawangi Melkianus

“PKK Desa bisa berkolaborasi dengan tenaga kesehatan di desa dalam mengaktifkan Posyandu, supaya kegiatan posyandu menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan akhirnya ibu hamil dan orangtua balita akan senang hati untuk datang ke posyandu” tambah Ny. Rita Cendanawangi Melkianus

Ny. Rita Cendanawangi Melkianus menambahkan bahwa Pokja IV memiliki tugas mengelola meningkatkan derajat kesehatan keluarga dan lingkungan dengan menerapkan hidup bersih sehat, mencegah dan menanggulangi penyakit menular dan tidak menular, berperanserta  dalam upaya  penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi  (AKB)  dan Angka Kematian Balita (AKBa), berpartisipasi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), melestarikan lingkungan hidup, Keluarga Berencana, dan perencanaan sehat. Kegiatan ini merupakan penjabaran dari 10 Program Pokok PKK, yaitu Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat.

MPP Sintang Ditargetkan Diresmikan Juli 2023, Ini Penjelasan Kadis PMPTSP Sintang

MPP Sintang Ditargetkan Diresmikan Juli 2023, Ini Penjelasan Kadis PMPTSP Sintang

 


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang Ir. Erwin Simanjuntak, M. Si menyampaikan target peresmian dimulainya operasional Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sintang pada Juli 2023 mendatang.

“Bapak Bupati Sintang sudah menyetujui bahwa keberadaan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sintang akan memanfaatkan eks Gedung RSUD AM Djoen Sintang” terang Erwin Simanjuntak

“gedung yang akan digunakan untuk Mall Pelayanan Publik juga ternyata memerlukan surat rekomendasi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Dan surat rekomendasi terhadap pembangunan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sintang di Eks Gedung RSUD AM Djoen Sintang sudah kita pegang sehingga tahun depan kita langsung bekerja menyiapkan fasilitas yang diperlukan” terang Erwin Simanjuntak

“kami yakin Juli 2023 sudah bisa diresmikan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang juga akan pindah bersamaan dengan OPD, instansi vertikal, dan perbankan yang akan memberikan pelayanan di Mall Pelayanan Publik” tambah Erwin Simanjuntak

“mall nya bagus, perencanaannya bagus, anggaran juga sudah siap sekitar 3 milyar. Nanti disana akan ada Samsat, Disdukcapil, DPMPTSP, perbankan, Kemenag, ATR/BPN, toko modern, dan warung kopi. Seluruh anggaran untuk menyiapkan  Mall Pelayanan Publik ada di tahun 2023” terang Erwin Simanjuntak

 

 

 

Tingkatkan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Sintang

Tingkatkan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Sintang

 


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Liyus dari politisi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mengatakan bahwa kita ingin meningkatakan mutu pendidikan Di Kabupaten Sintang. Namun masih banyak fasilitas sekolah yang belum memadai, dan hal ini tentu menjadi sorotan kita bersama.“Bagaimana tidak disatu sisi kita ingin meningkatakan mutu pendidikan kita. Namun di sisi lain kondisi fasilitas dunia pendidikan kita masih banyak yang tertinggal. Hal ini tidak lepas dari wilayah Kabupaten Sintang yang begitu luas ini," kata Liyus, sabtu (29/10/2022). 


Menurut penilaian Liyus, kondisi fasilitas Pendidikan di Kabupaten Sintang tersebut perlu ditingkatkan, guna menunjang pembelajaran siswa. Agar Kabupaten Sintang ini bisa lebih maju dan berkembang, khasusnya pada dunia pendidikan. 


Masih kata Liyus, pihaknya menaruh perhatian besar dalam bidang Pendidikan yang ada di Sintang, pasalnya hal tersebut di lakukanya agar bisa mewujudkan masyarakat yang mandiri dan Sintang yang hebat. 


Lanjutnya lagi, supaya bisa menciptakan generasi muda sebagai penerus bangsa yang cerdas, pintar, dan terlatih. Sehingga bisa bersaing dan berkecimpung dengan baik di dunia kerja.


“Maka dari itu kita berharap dengan adanya fasilitas yang cukup, Kabupaten Sintang bisa menciptakan generasi baru yang mampu bersaing dengan orang luar," harap Liyus.


Menurut dia, bahwa kondisi fasilitas pendidikan yang ada di Kabupaten Sintang masih belum memadai. Mulai dari infrastruktur fisiknya maupun tenaga pendidiknya masih perlu di tingkatkan lagi agar menciptakan generasi muda sebagai penerus bangsa yang berkualitas.


Masih banyak yang menjadi PR kita bersama, misalnya masih ada kita temui sekolah yang tidak memiliki fasilitas ruang belajar yang memadai, masih ada ruang belajar yang seharusnya sudah waktunya direhap.


“Hal tersebut tentunya memiliki alasan tersendiri yakni seperti karena adanya keterbatasan anggaran. Inilah yang membuat masih ada sekolah belum direhap. Belum lagi ada juga sekolah yang tenaga pendidiknya hanya Honorer yang basicnya bukan guru. Hal tersebut dilakukan demi mengisi kekosongan guru disekolah tersebut," Jelas Liyus 


Sambungnya lagi, memang masih banyak PR yang harus kita kerjakan secara bersama - sama. Kita harus bergandeng tangan bergotong -royong demi memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Sintang ini. "Kita minta kepada pihak Pemerintah dan melalui dinas terkait agar lebih memperhatikan dunia pendidikan di Kabupaten Sintang ini," ucapnya. 

Selamat Memperingati Hari Stroke Sedunia

Selamat Memperingati Hari Stroke Sedunia

 



Tidak ada satu orangpun manusia yang mau sakit. Tidak ada juga manusia yang ingin kena penyakit stroke. Hari ini Sabtu tepat pada tanggal 29 Oktober 2022 diperingati sebagai hari Stroke Sedunia. Hari stroke sedunia di peringati setiap tahun olah masyarakat di seluruh negara yang ada di dunia. 


 "Selamat memperingati hari Stroke Sedunia. Tujuan dari memperingati hari storke sedunia adalah supaya seluruh masyarakat di dunia selalu ingat untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar terhindar dari penyakit stroke maupun serangan berulang dari stroke yang pernah diderita," kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono, sabtu (29/10/2022).


Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Senen menjelaskan bahwa Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak mengalami gangguan atau berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Gejala stroke bisa bervariasi pada tiap pengidap, bergantung pada bagian otak yang terserang dan tingkat kerusakannya. 


Lanjutnya lagi, serangan stroke dapat terjadi secara tiba-tiba untuk itu kenali gejalanya dengan segeraa ke Rumah Sakit (RS) sebagai pengingat 6 gejala utama. Semakin cepat serangan stroke teratasi maka akan semakin banyak sel otak yang terselamatkan, sehingga meminimalisir terjadinya kecacatan.


"Sebagai seorang wakil rakyat yang peduli terhadap masyarakat, Senen Maryono mengajak untuk selalu peduli dengan kesehatan khususnya terhadap penyakit Stroke dengan menghindari apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya stroke ataupun serangan berulang stroke. Selain itu, kenali deteksi dini stroke dan segera rujuk ke rumah sakit apabila terjadi tanda gejala stroke," ujarnya.


Berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami stroke ringan:

1. Gaya hidup tidak sehat.

Seseorang yang gaya hidupnya tidak sehat lebih berisiko untuk mengalami stroke ringan. Kebiasaan atau gaya hidup tidak sehat yang dimaksud adalah merokok, jarang berolahraga, sering mengonsumsi makanan berlemak dan asin, sering mengonsumsi alkohol, dan menggunakan narkoba.


2. Penyakit tertentu.

Stroke ringan juga lebih berisiko terjadi pada orang yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti: 

Hipertensi atau darah tinggi

Diabetes

Kolesterol tinggi

Kadar asam urat tinggi

Obesitas

Masalah pada jantung, seperti gagal jantung, penyakit jantung, dan aritmia

Memiliki riwayat serangan TIA atau stroke sebelumnya

Kelainan darah, seperti penyakit sel sabit dan darah mudah membeku.


3. Usia

Menurut beberapa penelitian, orang berusia lanjut atau yang usianya lebih dari 55 tahun lebih berisiko terkena serangan stroke ringan dibandingkan dengan orang yang lebih muda. Namun, tidak semua kasus stroke ringan terjadi pada kelompok usia tua. Orang berusia muda pun bisa terkena kondisi ini.


4. Keturunan

Faktor genetik atau keturunan juga bisa menjadi penyebab stroke ringan. Artinya, jika ada anggota keluarga sedarah Anda yang pernah mengalami stroke ringan, Anda juga berisiko terkena stroke ringan.


Gejala stroke ringan yang tidak berlangsung lama dan tidak mengakibatkan kerusakan permanen pada otak membuat kebanyakan orang menganggap remeh kondisi ini. Padahal jika dibiarkan, stroke ringan dapat berkembang menjadi penyakit stroke yang berbahaya.


 

Di Dalam Animasi Tersimpan Pelajaran Positif

Di Dalam Animasi Tersimpan Pelajaran Positif

 



28 Oktober juga merupakan peringatan Hari Animasi Internasional atau International Animation Day (IAD). Hari Animasi Internasional kembali diperingati pada Jumat (28/10/2022). Peringatan tersebut berawal dari pertunjukan gambar bergerak pertama di Paris pada 130 tahun silam.


"Selamat memperingati hari Animasi Internasional atau International Animation Day (IAD). Semoga animasi semakin berkembang dan bisa memberikan manfaat positif," kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Agrianus, jumat (28/10/2022).


Anggota DPR politisi partai Golkar, Agrianus menilai dan mengatakan bahwa Animasi tentunya sangat bermanfaat sekali. Selain untuk hiburan animasi juga bisa memberikan kita pelajaran. 


"Contoh animasi inikan seperti film - film kartun, Tom And Jerry, Doraemon, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah selain membuat tertawa dan bahagia di dalamnya juga kan ada tertuang berbagai pelajaran yang positif jika kita pelajari secara baik dan mendalam," terang Agrianus.


Lantas, bagaimana sejarah Hari Animasi Internasional? ASIFA (Association Internationale du Film d'Animation), Asosiasi Film Animasi Internasional mulai menetepkan Hari Animasi Internasional atau IAD pada tahun 2002.


Adapun tujuan peringatan Hari Animasi Internasional adalah untuk mengingat diakuinya sebagai pertunjukan publik pertama dari gambar bergerak yang diproyeksikan di Teater Optique Emile Reynaud, Paris, pada 28 Oktober 1892.


Untuk diketahui, ASIFA didirikan pada tahun 1960 di Annecy, Prancis, sebagai asosiasi seniman animasi individu. Kini, ASIFA telah berkembang menjadi jaringan internasional dari banyak cabang ASIFA lokal.


ASIFA juga mengembangkan identitas lokal dan berbagai kegiatan khusus mereka sendiri. Cabang-cabang ASIFA 'lokal' itu mengirimkan perwakilan mereka ke Dewan ASIFA, yang bertugas memilih sejumlah posisi kunci dalam asosiasi tersebut.


Selama ini ASIFA menyebut dirinya mengkoordinasi dan membantu mempromosikan perayaan Hari Animasi Internasional di seluruh dunia. Asosiasi ini juga memiliki misi menempatkan seni animasi sebagai pusat perhatian dalam perayaan animasi global.


Dalam beberapa tahun terakhir, peristiwa unik ini telah diperingati di lebih dari 50 negara, di setiap benua di dunia. Hari Peringatan Animasi Internasional ini dibuat untuk merayakan dan mengapresiasi gambar statis yang bergerak sebagai seni kreatif dan industri yang dinamis.


Pada tahun 2002, Asosiasi Film Animasi Internasional (Association Internationale du Film d'Animation) membuat hari ini untuk memperingati hari ketika animasi pertama kali muncul di depan umum.

Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda

 



Setiap tahun, tepatnya pada tanggal 28 Oktober Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 ini, tema yang diangkat adalah “Bersama Bangun Bangsa”.

"Selamat memperingati hari Sumpah Pemuda, semoga para pemuda dan pemudi Indonesia bisa menjadi generasi penerus bangsa yang baik, pintar, cerdas, dan menjaga kemerdekaan negara Republik Indonesia.  Semoga para pemuda dan pemudi Indonesia memajukan negara ini di tengah perkembangan jaman yang semakin cangggih. Serta bisa bersaing dengan baik dan berprestasi dalam dunia kerja," kata Florensius Ronny, jumat (28/10/2022).

Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27—28 Oktober 1928 di Batavia (kini bernama Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini diharapkan menjadi asas bagi setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia dan agar disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan.

Istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Naskah asli diabadikan menggunakan ejaan Van Ophuijsen.

"Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia," ujar Ronny politisi partai Nasdem.

Sambungnya lagi, sejarah Sumpah Pemuda berkaitan erat dengan keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Sumpah Setia ini dituangkan ke dalam naskah yang kini juga dikenal sebagai isi teks Sumpah Pemuda. Berikut isinya.

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Sumpah Setia ini dirumuskan oleh para tokoh Sumpah Pemuda, terdiri dari:
Ketua: Soegondo Djojopoespito (PPPI)
Wakil Ketua: R. M. Joko Marsaid (Jong Java)
Sekretaris: Mohammad Yamin (Jong Sumatranen Bond)
Bendahara: Amir Sjarifoeddin (Jong Bataks Bond)
Pembantu I: Johan Mohammad Cai (Jong Islamieten Bond)
Pembantu II: R. Katja Soengkana (Pemuda Indonesia)
Pembantu III: Rumondor Cornelis Lefrand Senduk (Jong Celebes)
Pembantu IV: Johannes Leimena (Jong Ambon)
Pembantu V: Mohammad Rochjani Su'ud (Pemuda Kaum Betawi)
Pengisi Acara: W. R. Soepratman (Pencipta lagu Indonesia Raya)

Kini, 94 tahun setelah Kongres Pemuda II, Indonesia terus merayakan Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober. Hal ini karena Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 merupakan tonggak persatuan dari para pemuda dari berbagai latar belakang di Indonesia.

Kelapa Sawit Adalah Komoditas Strategis

Kelapa Sawit Adalah Komoditas Strategis

 



Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Santosa mengatakan bahwa Kelapa Sawit adalah sebagai komoditas strategis. Kelapa Sawit memberikan banyak kontribusi terhadap kehidupan masyarakat “Kelapa sawit memberikan banyak kontribusi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan di tengah pandemi covid-19 ini, berdasarkan data pusat statistik (BPS) sektor kelapa sawit masih memberikan andil terhadap pemasukan devisa saat ini," kata Santosa, kamis (27/10/2022).

Menurut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, perkebunan dan industri sawit juga berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja, mulai dari petani, bekerja pabrik,dan tenaga lainnya yang masih dalam rantai produksi kelapa sawit, tenaga kerja tidak langsung yang menggantungkan hidup dari sektor kelapa sawit ini.

Sambungnya lagi, tidak hanya itu, Santosa menilai bahwa kelapa sawit juga berperan sebagai alternatif energi terbarukan, melalui produk biodiesel. Sejak awal tahun ini, mandatori B30 (biodiesel campuran 30 persen FAME) terus digalakkan oleh pemerintah. Bahan bakar nabati ini diklaim lebih ramah lingkungan di bandingkan fossil.

"Pemanfaatan biodiesel merupakan bentuk nyata partisipasi aktif Indonesia dalam aksi penurunan emisi gas rumah kaca global. Pemerintah juga telah menemukan katalis yang efektif dalam proses produksi fraksi (jenis bentukan) minyak bumi dengan bahan bakar minyak sawit yang saat ini cocok dibudidayakan di Indonesia," ujarnya.

Ipan salah seorang warga Sintang juga mengapresiasi positif rencana kerja Pemerintah dalam mengembangkan diri dalam budidaya kelapa sawit yang ramah lingkungan, kita berharap semua bisa berjalan dengan lancar dan kondisi ini kita harapkan bisa segera terwujud.

"Saya berharap dengan adanya perusahaan kelapa sawit bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Yakni bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, dan secara otomatis akan mengurangi jumlah angka pengangguran. Serta saya berharap bahwa perusahan dapat membantu masyarakat dan pemerintah membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan dan jembatan," kata Ipan.

Dewan Apresiasi Program Bayar Pajak Kendaraan Bebas Denda

Dewan Apresiasi Program Bayar Pajak Kendaraan Bebas Denda

 


Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward dari politisi partai PDI Perjuangan mengapresiasi dan menyambut dengan baik program pemerintah yang telah memberikan kelonggaran pembayaran pada pajak kendaraan dengan di adakannya program bebas sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ke dua (BBNKB Ke II).


Program tersebut dilaksanakan selama satu bulan di bulan Oktober, yakni dimulai dari tanggal 1 Oktober sampai dengan tanggal 31 Oktober tahun 2022.


Politisi partai PDI perjuangan menjelaskan dengan adanya program ini melalui Samsat, masyarakat tentunya tidak perlu khawatir lagi dengan denda keterlambatan tidak membayar pajak, karna masyarakat 100% terbebas dari denda. 


"Khususnya masyarakat Kabupaten Sintang jangan takut untuk membayar pajak kendaraan anda yang tadinya belum di bayar beberapa tahun. Karna di bulan. Oktober ini ada program penghapusan denda pajak. Jadi masyarakat akan terbebas dari sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ke dua (BBNKB Ke II)," kata Jeffray Edward saat di hubungi awak media, kamis (27/10/2022).


Sebagai wakil rakyat, Jeffray berharap masyarakat, khususnya di Kabupaten Sintang agar memanfaatkan program penghapusan denda pajak kendaraan bermotor dan gratis bea balik nama ke - 2 dengan baik.


"Jadi jangan sia - siakan peluang dan kesempatan ini, manfaatkanlah dengan sebaik mungkin. Jika kendaraan bermotor anda belum di bayar kewajiban pajaknya, maka tepat sekali jika anda membayarnya di bulan ini. Mari secara bersama kita mentaati dan mematuhi peraturan yang ada", ucapnya.


Uang yang di setor untuk membayar pajak kendaraan nantinya akan di gunakan kembali untuk membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan dan yang lainnya. Segala pembangunan ini nantinya pun akan di nikmati dan di rasakan oleh masyarakat.


Waspada Bencana Alam Saat Hujan Deras

Waspada Bencana Alam Saat Hujan Deras

 


Mengantisipasi penanganan bencana alam di Kabupaten Sintang pada masa Pandemi covid-19, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Hikman Sudirman, Politisi Partai Demokrat menyampaikan perencanaan penanganan bencana alam haruslah dikerjakan dengan bijak dan baik. “Jangan sampai karena pandemi kita lupa untuk melakukan siaga bencana alam. Apalagi saat ini kondisi alam kita sudah tidak menentu. Selama beberapa hari berturut - turut minggu ini, terutama saat sore dan malam sering turun hujan deras," kata Hikman Sudirman, rabu (26/10/2022)


Berdasarkan analisis BMKG menyampaikan bahwa beberapa hari kedepan akan terjadi curah hujan yang cukup tinggi terjadi hampir di seluruh Kecamatan Di Kabupaten Sintang. Dimana curah hujan yang tinggi bisa berdampak terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, longsor, angin kencang, angin puting beliung, bahkan gempa bumi yang kita ketahui bisa saja melanda Negara kita Indonesia.


Hikman Sudirman Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Politisi partai Demokrat mengatakan bahwa harus ada sosialisasi dari pihak terkait tentang kondisi kita. Sehingga jika terjadi bencana maka masyarakat dapat mengetahui persiapan menghadapi bencana. "Kita berharap kesiapan personil maupun peralatan penanganan dan penanggulangan bencana harus selalu siap," Ucap Hikman Sudirman.


Masih kata, Hikman Sudirman, sehingga pada saat terjadi bencana semua elemen yang bertanggung jawab dalam penanganan bencana dapat langsung bergerak sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan. Pihak - pihak terkait harus selalu waspada dan siap siaga untuk menghadapi bencana yang datang tiba - tiba tanpa adanya aba - aba. 


"Sehingga tidak ada kata terlambat untuk penanganan suatu bencana yang terjadi ditengah masyarakat. Apalagi kita sudah mempersiapkan semuanya dengan baik dan matang. Seperti halnya pepatah yang mengatakan, sedia payung sebelum hujan," ujarnya.


Selaku wakil rakyat dirinya tentu peduli dan ia menghimbau agar seluruh masyarakat Kabupaten Sintang harus selalu waspada, berhati - hati dan bersiap siaga. Apalagi saat sering turun hujan yang cukup tinggi, seperti yang telah terjadi beberapa hari ini.


"Jadi kita harus selalu bersiap siaga ya, karna saat turun hujan dengan curah yang tinggi bisa saja bencana alama seperti banjir dan tanah longsor terjadi. Saya pribadi berharap mudah - mudahan tidak akan terjadi bencana alam. Semoga kita juga selalu di lindungi dan di beri kesehatan oleh sang pencipta," pungkasnya.


Welbertus Apresiasi OZK Yang Telah Dilaksanakan Polres Sintang

Welbertus Apresiasi OZK Yang Telah Dilaksanakan Polres Sintang

 


Welbertus, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang mengapresiasi baik Polres Sintang melalui Satlantas dan pihak terkait karna telah melaksanakan Operasi Zebra Kapuas (OZK), pada 3 Oktober - 16 Oktober 2022, yakni selamat 14 hari atau dua minggu lamanya.


"Dengan dilaksanakannya Operasi Zebra Kapuas 2022 ini saya memberikan apresiasi yang baik kepada Polres Sintang dan jajaran atau pihak yang terlibat lainnya. Khususnya kepada Sat Lantas Polres Sintang," kata Welbertus, anggota DPRD Kabupaten Sintang dari Fraksi Partai PDI Perjuangan kepada wartawan, rabu (26/10/2022).


Welbertus menilai, dengan adanya Operasi Zebra Kapuas ini atau yang biasa disebut dengan istilah razia, masyarakat akan lebih tertib berlalu lintas dan berhati - hati saat berkendara di jalan. 


"Mereka pasti akan lebih mematuhi peraturan yang ada, apalagi kalau sudah kena tilang," ujarnya. 


Welbertus, mengajak masyarakat Kabupaten Sintang untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Lengkapi surat - surat kendaraan, pakai helm, tentunya dengan kendaraan yang sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).


"Jangan melanggar peraturan lalu lintas yang ada, sebab bisa berakibat fatal. Patuhi dan taatilah peraturan yang ada demi keselamatan kita bersama. Sebab keluarga pasti menunggu kedatangan kita dengan selamat dirumah," ungkapnya.


Diketahui bahwa Oprasi Zebra Kapuas telah dimulai pada tanggal 3 Oktober sampai dengan 16 Oktober, yakni selama kurang lebih 14 hari atau 2 minggu. Oprasi ini di laksanakan di seluruh wilayah Kabupaten/ Kota di Indonesia secara serentak.


Sasaran Operasi Zebra Kapuas 2022 adalah pelanggan terhadap pengendara di bawah umur, melawan arus, memakai knalpot racing, tidak menggunakan helm, memainkan handphone saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman pada kendaraan mobil, balap liar dan yang lainnya.


Dimana, dari pelanggaran tersebut tanpa di sadari bisa menyebabkan kecelakaan yang bisa berakibat fatal. Bahkan bisa merenggut nyawa, jika kita melakukan pelanggaran dalam berlalu lintas di jalan raya.


Patuhi peraturan lalu lintas sayangi diri anda, keluarga, dan orang - orang yang berada di sekitar kita.

DPMPTSP Sintang Gelar FGD Bahas Strategi Promosi Penanaman Modal, Ini Kata Staf Ahli Bupati Sintang

DPMPTSP Sintang Gelar FGD Bahas Strategi Promosi Penanaman Modal, Ini Kata Staf Ahli Bupati Sintang

 


Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang diwakili oleh Selimin, SE, M. Si Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan  membuka pelaksanaan Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Tentang Strategi Promosi Penanaman Modal Kabupaten Sintang Di Aula Hotel Setia Sintang Jalan Kapiten Kwee Jiu Hoi Pada Selasa, 25 Oktober 2022

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Tentang Strategi Promosi Penanaman Modal Kabupaten Sintang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten  Sintang dan diikuti oleh lebih kurang 50 orang yang terdiri dari Asisten, Staf Ahli, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Bagian Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Praktisi Dunia Usaha, Asosiasi Dan Akademisi.

Selimin, SE, M. Si Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan menyampaikan bahwa kita sepakat bahwa perubahan global dalam pergerakan ekonomi, persaingan regional yang semakin terbuka dan dukungan sistem pemerintahan desentralisasi, menuntut kreativitas daerah dalam membangun wilayahnya. pola birokrasi yang terkesan kaku dan top-down atau kebijakan yang dirumuskan dari atas mulai ditinggalkan.

“pemasaran pun menjadi senjata penting dalam upaya menarik para pelanggan untuk membangun daerah. Perusahaan swasta menggelontorkan biaya tak sedikit untuk kegiatan promosi sekalipun produknya sudah memimpin pasar atau market leader. Setelah pengelolaan pemerintah modern menggunakan pendekatan strategic-entrepreneurship, maka organisasi pemerintah dituntut untuk berlaku bak sebuah kewirausahaan yang peka terhadap peluang, responsif terhadap perubahan dan berorientasi pada hasil” beber Selimin

“pemerintah pun kemudian mewajibkan fungsi promosi dalam organisasi-organisasinya, terutama yang melayani di bidang pariwisata, perdagangan dan penanaman modal. Sektor penanaman modal memegang peranan penting sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi daerah, sekaligus mempercepat kesejahteraan masyarakat. oleh karena itu, perluasan penanaman modal baik penanaman modal dalam negeri maupun penanaman modal asing, menjadi program prioritas pemerintah pada saat ini”tambah Selimin

“melalui penanaman modal, terjadi penyerapan tenaga kerja yang akan mengurangi jumlah pengangguran terbuka, alih teknologi, meningkatkan eskpor dan devisa negara, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah” tambah Selimin

“FGD tengang Strategi Promosi Penanaman Modal Kabupaten Sintang ini bertujuan untuk meningkatkan investasi yang ada di Kabupaten Sintang, baik itu PMDN ataupun PMA serta diharapkan dapat menyelaraskan kebutuhan-kebutuhan untuk mencapai target-target di dalam RPJMD demi mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Sintang” terang Selimin

“oleh karena itu saya melihat FGD ini sangat penting karena dalam penyusunan naskah strategi promosi penanaman modal diperlukan pemikiran bersama untuk merumuskan kebijakan, arah dan strategi promosi penanaman modal Kabupaten Sintang ke depan. Dengan demikian dokumen strategi promosi diharapkan dapat menjadi panduan dalam penyelenggaran penanaman modal khususnya promosi investasi Kabupaten Sintang sehingga menjadi dokumen yang dapat mendukung kesuksesan pembangunan daerah ke depan di bidang penanaman modal” terang Selimin

“oleh karena itu saya mengharapkan agar proses penyusunan strategi promosi penanaman modal ini dilakukan dengan serius dan sungguh sungguh. Kepada pimpinan atau pejabat teknis dari perwakilan OPD saya harapkan dapat berkontribusi dengan baik sehingga kegiatan FGD ini dapat menghasilkan masukan-masukan yang bermanfaat bagi pembangunan Kabupaten Sintang terutama dalam penyelenggaraan promosi investasi penanaman modal” tambah Selimin

”semoga kegiatan FGD ini dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan dokumen strategi promosi penanaman modal Kabupaten Sintang yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembangunan Kabupaten Sintang ke depan” tutup Selimin

 

Buka Seminar Kepemudaan di GOR Apang Semangai, Selimin Staf Ahli Bupati Sintang Ajak Pemuda Lakukan Ini

Buka Seminar Kepemudaan di GOR Apang Semangai, Selimin Staf Ahli Bupati Sintang Ajak Pemuda Lakukan Ini

 


Bupati Sintang yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian Pembangunan dan Keuangan Selimin, SE, M. Si membuka pelaksanaan Seminar Kepemudaan di Indoor Apang Semangai pada Senin, 24 Oktober 2022.

Seminar diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Sintang untuk memperingati Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022. Seminar dihadiri pelajar, mahasiswa dan kalangan pemuda di Kabupaten Sintang.

Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian Pembangunan dan Keuangan Selimin, SE menyampaikan bahwa eksistensi, kemampuan, kiprah, dan peran pemuda sangat menentukan masa depan bangsa.

“wajah Indonesia di masa depan sebagian tergambar pada potret para pemuda masa kini. Eksistensi Indonesia masa depan sangat tergantung pada kekuatan  kolektif pundak para pemuda untuk memanggulnya. Itulah posisi strategis pemuda dalam arus sejarah bangsa” terang Selimin

jelas sekali bahwa eksistensi pemuda tidak hadir pada ruang yang kosong. Kiprah dan peran pemuda adalah produk interaksi dengan realitas dan tantangan faktual yang dihadapi masyarakatnya. Karena itu, pemuda harus melawan jeratan mitos-mitos kebesaran, bahwa perannya selalu penting, tinggi dan berada di puncak-puncak kejadian penting sejarah perjalanan bangsa” tambah Selimin

pemuda harus secara sadar keluar dari sosok mitologis itu. Sejarah memang penting. Bangga kepada masa silam adalah sesuatu yang seharusnya dan menjadi bagian dari rasa hormat kepada para pendahulu. Tetapi yang lebih penting adalah melanjutkan sejarah dengan pahatan-pahatan sejarah baru yang lebih baik dan mengesankan. Para pemuda harus  menjadi sosok historis yang mau dan mampu menjadi aktor perputaran kemajuan bangsa, guna melanjutkan etape-etape perjalanan bangsa yang telah dirintis oleh para pendahulu” tambah Selimin

“tema peringatan hari sumpah pemuda tahun 2022 yaitu “bersatu bangun bangsa”. serta “membangun  mentalitas pemuda sebagai kader masa depan”, maka tentu kita perlu membekali diri secara cukup untuk mampu tampil sebagai sosok pemuda Indonesia masa kini. Yakni menjadi generasi yang berkomitmen kepada rakyat, bangsa, dan negara. Komitmen itu dilandasi oleh idealisme, cita-cita, dan militansi untuk menjadi anak-anak bangsa yang terbaik dan berfaedah bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat” tambah Selimin

“kaum muda juga menjadi generasi yang berkompeten. Tantangan dunia baru yang penuh dengan kompetisi hanya bisa dijawab dengan kompetensi, kemampuan dan kesanggupan untuk mendapatkan peran berdasarkan prestasi dan karya nyata. bukan bersandar dan bergantung kepada para senior dan orang tua. Kaum muda hendaknya menjadi generasi yang tetap menjunjung tinggi pluralisme. Para pemuda bukan saja tetap menyadari dan menghormati realitas keIndonesiaan yang majemuk tetapi bahkan makin sanggup untuk hidup dalam damai, harmoni, serta penuh dengan kerjasama dan kebersamaan. semangat bhinneka tunggal ika tetap dipegang teguh sebagai panduan dalam pergaulan nasional” pesan Selimin

“saya juga minta kaum muda untuk menjadi generasi yang optimis. Para pemuda bukan saja perlu konsisten dengan orientasi dan berpandangan jauh ke depan, tetapi juga memegang teguh optimisme. Pesimisme adalah halangan mentalitas bagi kemajuan bangsa, dan bahkan bisa menjadi beban. Dengan optimisme, sebagian masalah sudah terjawab. Sebaliknya, dengan pesimisme, peluang sebaik apapun tidak akan dapat didayagunakan” pesan Selimin

“kaum muda juga hendaknya menjadi generasi yang berakhlak dan religius. Para pemuda bukan saja dituntut untuk berkomitmen kepada bangsa, berkompetensi tinggi, berpendirian pluralis dan selalu dipandu dengan optimisme, tetapi juga membutuhkan bangunan akhlak pribadi yang baik dan berke-Tuhan-an” tutup Selimin

Ini Pengarahan Ny. Rita Cendanawangi Saat Pimpin Ratek Persiapan Pelantikan Dekranasda Sintang

Ini Pengarahan Ny. Rita Cendanawangi Saat Pimpin Ratek Persiapan Pelantikan Dekranasda Sintang

 


Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Sintang Ny. Rita Cendanawangi Melkianus memimpin jalanya rapat teknis persiapan pelantikan Ketua dan Pengurus Dekranasda Kabupaten Sintang Periode 2021-2026 di Langkau Kita pada Senin, 24 Oktober 2022.

Hadir pada rapat tersebut seluruh pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Sintang Periode 2021-2026.

Ny. Rita Cendanawangi Melkianus mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pengurus Dekranasda Kabupaten Sintang supaya kita bisa menjalankan tugas dan program yang sudah ada.

"saya ini seorang bidan. Jadi pengalaman dalam mengurus kerajinan di daerah masih kurang. Saya sangat mengharapkan bantuan, dukungan dan saran dari seluruh pengurus yang sudah ada dalam Surat Keputusan Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat" terang Ny. Rita Cendanawangi Melkianus

"soal pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten Sintang Periode 2021-2026. Kita memang sudah merencanakan pada Rabu, 26 Oktober 2022. Tetapi karena yang akan melantik adalah Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat yakni Ibu Lismaryani Sutarmidji. Maka kita menyesuaikan waktu pelantikan dengan waktu Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat " terang Ny. Rita Cendanawangi Melkianus

"kita terus melakukan komunikasi dengan Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat soal kapan pelantikan Dekranasda Kabupaten Sintang akan dilaksanakan. Yang penting kita di Dekranasda Kabupaten Sintang sudah melakukan persiapan dengan baik dan kita siap kapan pun waktu pelantikan akan dilaksanakan" tambah Ny. Rita Cendanawangi Melkianus

Sri Rosmawati Sekretaris Dekranasda Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa pihaknya tidak hanya melibatkan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang saja tetapi pihak swasta yang kami anggap mampu mendukung program dan kegiatan Dekranasda Kabupaten Sintang.

"kita juga sangat memerlukan dukungan dari para mitra Dekranasda Kabupaten Sintang dalam mengembangkan Kerajinan di Kabupaten Sintang. Mitra Dekranasda ini salah satunya adalah para pelaku usaha pada bidang kerajinan yang ada di Kabupaten Sintang" terang Sri Rosmawati.

"kita sudah menerima permintaan dari Ibu Lismaryani Sutarmidji yang akan melakukan kunjungan ke sentra penghasil kerajinan di Kabupaten Sintang. Dan kami sudah rencanakan akan membawa Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat ke Sentra Kerajinan Ensaid Panjang di Kecamatan Kelam Permai. Kita sudah berkoordinasi dengan Camat Kelam Permai, Kepala Desa Ensaid Panjang, tokoh masyarakat dan para pengrajin di  Ensaid Panjang" terang Sri Rosmawati

"kita akan kumpulkan pengrajin anyaman dan tenun di Sentra Kerajinan Ensaid Panjang. Kita juga rencanakan untuk membawa Ibu Lismaryani Sutarmidji dan rombongan ke Betang Ensaid Panjang" tutup Sri Rosmawati

Para rapat tersebut dibahas rencana roundown pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten Sintang oleh Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat Ny. Lismaryani Sutarmidji. Pelantikan akan dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang dan waktunya masih menunggu informasi dari Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat.

RRI Sintang Gelar Festival Pelajar Nusantara dan Bintang Radio Indonesia, Dibuka Wabup Sintang

RRI Sintang Gelar Festival Pelajar Nusantara dan Bintang Radio Indonesia, Dibuka Wabup Sintang

 


Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos, membuka kegiatan Festival Pelajar Nusantara dan Bintang Radio Indonesia tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Sintang, bertempat dihalaman RRI Sintang, Minggu, 23 Oktober 2022.

Pelaksanaan kegiatan Festival Pelajar Nasional dan Bintang Radio Indonesia diselenggarakan dari tanggal 23 Oktober 2022 sampai 25 Oktober 2022

Seusai membuka kegiatan Festival Pelajar Nusantara dan Bintang Radio Indonesia 2022, Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos, juga meninjau sejumlah stand-stand para pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut, dihalaman RRI Sintang.

Festival Pelajar Nusantara (FPN) Radio Republik Indonesia (RRI) Sintang resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sintang, Melkianus ditandai dengan pemukulan bass drum di halaman RRI Sintang, Minggu (23/10/2022).

Wakil Bupati Sintang, Melkianus memberikan apresiasi positif dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan FPN yang digelar RRI Sintang.

“Saya atas nama pemerintah daerah berharap kepada pelajar terus berkarya, tunjukan bahwa kita mampu memberikan yang terbaik kepada orang tua, bangsa dan negara. Mari kita junjung tinggi terus sportifitas. Besar harapan FPN RRI Sintang dapat dilaksanakan setiap tahun,” ungkap Melkianus.

Menurut Melkianus, ketika mau berusaha keras tidak ada yang mustahil dalam membangun Kabupaten Sintang. Keberagaman suku dan agama di Kabupaten Sintang merupakan berbagai unsur yang saling melengkapi dalam pembangunan, melalui sikap saling menghargai dan menghormati maka, keharmonisan di Kabupaten Sintang tetap dapat terjaga dengan baik.

“Mari kita tunjukan bahwa kita pelajar Kabupaten Sintang mampu berkompetisi dengan daerah lain,” ajak Melkianus.

Kepala Stasiun RRI Sintang, Agustini menyampaikan RRI peduli dengan semangat millenial. FPN adalah program nasional yang diselenggarakan RRI seluruh Indonesia rentang waktu 23 sampai dengan 28 Oktober 2022. Sedangkan FPN RRI Sintang diselenggarakan 23 sampai 25 Oktober 2022, diikuti 25 Sekolah, SMA/SMK N di Kabupaten Sintang dengan 92 penampilan dari 9 kategori.

“Dari 25 sekolah yang berpartisipasi, ada sembilan kategori penampilan yang diberikan di antaranya atraksi, kesenian, band indie, pidato, pameran UMKM karya siswa dan beberapa kreasi lainnya,” jelas Agustini.

 “Festival Pelajar ini dilaksanakan secara nasional, karena kita serentak seluruh RRI di wilayah Indonesia menyelenggarakan Festival Pelajar Nusantara 2022 yang yang melibatkan  pelajar-pelajar SMA, SMK sederajat baik negeri maupun swasta. Dari pelajar untuk pelajar, mengingat 2 tahun lebih ya kita dalam suasana pandemi covid 19, otomatis menjadi terkendala intensitasnya menjadi berkurang dan setelah ada informasi bahwa kita sudah boleh melakukan tatap muka kemudian kegiatan-kegiatan di luar dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelas Kepala RRI Sintang Dra.Agustini,M.Sos saat menyampaikan sambutannya

“Festival Pelajar Nusantara, Alhamdulillah untuk yang mengikuti secara zoom meeting kami ucapkan terima kasih termasuk sekolah-sekolah dari perbatasan kecamatan ketungau hulu, walupun jauh Alhamdulillah dapat hadir pada kegiatan ini. Kemudian pelajar-pelajar yang ada di Kapuas hulu dan yang ada di Melawi kami ucapkan terima kasih atas partisifasinya,”kata Agustini.

Dijelaskan Agustini, Sebagai korwil 9 Nusantara RRI Pontianak juga saat ini melakukan persiapan kegiatan Festival Pelajar Nusantara tahun 2022 yang melibatkan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar dan sekolah-sekolah di wilayah setempat.

“RRI itu Lembaga Penyiaran Publik rumah rakyat yang semua program-programnya diperuntukkan untuk publik, kalau kita sudah punya Programa 1 dan Programa 2, untuk Pro 2 itu buat remaja-remaja jadi kita sudah melakukan berbagai program untuk remaja. Termasuk program-program UMKM dan lain sebagainya juga kita laksanakan. Nah kenapa RRI melaksanakan Festival Pelajar Nusantara ini dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada pelajar-pelajar kita mengenai peluang dan juga untuk memfasilitasi mereka guna menampilkan kemampuan kreativitas dan inovasi-inovasi yang tentunya mereka temukan yang bersifat smart,”beber Agustini.

 “Masyarakat dapat mendengarkan Siaran RRI mendownload di play store Aplikasi RRI Play Go, terus ada teresterial radio, radio itu suaranya dapat mendunia dari Sintang dunia bisa dengar dan dilihat di Youtube RRI Sintang. Saya mencontohkan kemarin kami juga baru menyelenggarakan talk show cilik semuanya anak-anak yang mandu acara anak-anak. Alhamdulillah yang nonton itu udah hampir 900 jadi responnya bagus nah mudah-mudahan ini dukungan dari para pelajar,kepala sekolah dan guru pembimbing atau pendamping bisa memviralkan kemedsos.Nanti kami juga membentuk tim seperti apa semua timnya dari adik-adik pelajar,” terang Kepala RRI Sintang

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.