Di Dalam Animasi Tersimpan Pelajaran Positif

Di Dalam Animasi Tersimpan Pelajaran Positif

 



28 Oktober juga merupakan peringatan Hari Animasi Internasional atau International Animation Day (IAD). Hari Animasi Internasional kembali diperingati pada Jumat (28/10/2022). Peringatan tersebut berawal dari pertunjukan gambar bergerak pertama di Paris pada 130 tahun silam.


"Selamat memperingati hari Animasi Internasional atau International Animation Day (IAD). Semoga animasi semakin berkembang dan bisa memberikan manfaat positif," kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Agrianus, jumat (28/10/2022).


Anggota DPR politisi partai Golkar, Agrianus menilai dan mengatakan bahwa Animasi tentunya sangat bermanfaat sekali. Selain untuk hiburan animasi juga bisa memberikan kita pelajaran. 


"Contoh animasi inikan seperti film - film kartun, Tom And Jerry, Doraemon, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah selain membuat tertawa dan bahagia di dalamnya juga kan ada tertuang berbagai pelajaran yang positif jika kita pelajari secara baik dan mendalam," terang Agrianus.


Lantas, bagaimana sejarah Hari Animasi Internasional? ASIFA (Association Internationale du Film d'Animation), Asosiasi Film Animasi Internasional mulai menetepkan Hari Animasi Internasional atau IAD pada tahun 2002.


Adapun tujuan peringatan Hari Animasi Internasional adalah untuk mengingat diakuinya sebagai pertunjukan publik pertama dari gambar bergerak yang diproyeksikan di Teater Optique Emile Reynaud, Paris, pada 28 Oktober 1892.


Untuk diketahui, ASIFA didirikan pada tahun 1960 di Annecy, Prancis, sebagai asosiasi seniman animasi individu. Kini, ASIFA telah berkembang menjadi jaringan internasional dari banyak cabang ASIFA lokal.


ASIFA juga mengembangkan identitas lokal dan berbagai kegiatan khusus mereka sendiri. Cabang-cabang ASIFA 'lokal' itu mengirimkan perwakilan mereka ke Dewan ASIFA, yang bertugas memilih sejumlah posisi kunci dalam asosiasi tersebut.


Selama ini ASIFA menyebut dirinya mengkoordinasi dan membantu mempromosikan perayaan Hari Animasi Internasional di seluruh dunia. Asosiasi ini juga memiliki misi menempatkan seni animasi sebagai pusat perhatian dalam perayaan animasi global.


Dalam beberapa tahun terakhir, peristiwa unik ini telah diperingati di lebih dari 50 negara, di setiap benua di dunia. Hari Peringatan Animasi Internasional ini dibuat untuk merayakan dan mengapresiasi gambar statis yang bergerak sebagai seni kreatif dan industri yang dinamis.


Pada tahun 2002, Asosiasi Film Animasi Internasional (Association Internationale du Film d'Animation) membuat hari ini untuk memperingati hari ketika animasi pertama kali muncul di depan umum.

Thanks for reading Di Dalam Animasi Tersimpan Pelajaran Positif | Labels: parlemen, sintang
0 Komentar untuk "Di Dalam Animasi Tersimpan Pelajaran Positif"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.