Bahas Rencana Kegiatan di Serawai Ambalau, Bupati Sintang Zoom Meeting Dengan Mapala UI

Bahas Rencana Kegiatan di Serawai Ambalau, Bupati Sintang Zoom Meeting Dengan Mapala UI

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH mengikuti Konfrensi Pers Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia melalui Zoom Meeting, di Pendopo Bupati Sintang, Selasa, 2 Agustus 2022.

Pada zoom meeting tersebut Bupati di dampingi Kadis LH Kab. Sintang, Kabid Pengembangan Perkebunan Distanbun Kab. Sintang dan perwakilan dari Mapala UI.

Konpers melalui zoom meeting tersebut membahas terkait rencana Mapala UI yang akan melaksana kegiatan di Kabupaten Sintang yakni di Kecamatan Serawai dan Ambalau beberapa hari mendatang. Bupati Sintang yang memang alumni Fakultas Kedokteran UI era 80an ini sangat mendukung kegiatan yang akan di laksanakan, terlebih memang pada masa kuliah di UI, Bupati Sintang saat itu juga merupakan Anggota Mapala UI.

Mapala UI merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat universitas yang berdiri sejak 12 Desember 1964. Mapala UI merupakan wadah bagi mahasiswa Universitas Indonesia untuk berkegiatan di alam bebas, berkontribusi bagi masyarakat, serta peduli terhadap pelestarian lingkungan. Mapala UI berdiri di Bukit Ciampea, Bogor. Nama yang digunakan waktu itu adalah Mapala Prajnaparamita.

Nilai Dasar dari Mapala Ui adalah memupuk patriotisme yang sehat di kalangan anggotanya. Diyakini oleh para pendiri bahwa sifat ini bisa dicapai hanya dengan hidup di tengah alam dan di antara masyarakat kebanyakan.  Mendidik anggotanya baik mental maupun fisik. Mencapai semangat gotong-royong dan kesadaran sosial.

Keanggotaan Mapala UI adalah Mapala Aktif (M). Berstatus mahasiswa UI, dan memiliki hak suara untuk dipilih dan memilih saat pemilihan Ketua Umum. M Luar-Biasa (ML). Berstatus alumni atau sudah tidak menjalankan jenjang akademik di UI. Memiliki hak berpendapat, namun tidak berhak dipilih maupun memilih saat pemilihan ketua umum. Mapala Kehormatan (MK). Bukan mahasiswa ataupun alumni UI, namun karena jasa, sumbangan, dan perhatiannya yang besar terhadap organisasi Mapala UI, dilantik menjadi anggota tetap. Keputusan untuk melantik diambil dalam Rapat Umum Anggota.

 

Janji Anggota Mapala UI adalah Demi kehormatanku sebagai Bangsa Indonesia, warga Universitas Indonesia, aku berjanji: Untuk selalu berbakti dan menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Bangsa, dan Tanah Air, serta umat manusia pada umumnya dan almamater Universitas Indonesia.  Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat. Menepati kewajiban-kewajibanku sebagai anggota Mapala UI dan warga Universitas Indonesia.

Setiap tahun, Mapala UI mengadakan perjalanan alam bebas dalam bentuk ekspedisi. Ekspedisi merupakan program kegiatan Mapala UI yang diadakan dalam bentuk jelajah alam bebas di berbagai wilayah di Indonesia. Selain untuk menorehkan prestasi dalam pencapaian olahraga alam bebas, ekspedisi juga diadakan sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui ekspedisi alam bebas, Mapala UI dapat berkontribusi langsung kepada Indonesia melalui berbagai kegiatan pengabdian masyarakat di daerah-daerah terpencil yang dilewati saat ekspedisi.

Thanks for reading Bahas Rencana Kegiatan di Serawai Ambalau, Bupati Sintang Zoom Meeting Dengan Mapala UI | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Bahas Rencana Kegiatan di Serawai Ambalau, Bupati Sintang Zoom Meeting Dengan Mapala UI"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.