Sekda Sintang Buka Sosialisasi PUG di Langkau Kita

Sekda Sintang Buka Sosialisasi PUG di Langkau Kita

 


 

Sekda Kab. Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M. Si membuka kegiatan Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) yang di laksanakan oleh Dinas KBP3A Kab. Sintang, di Langkau Kita, Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang, Selasa, 28 Juni 2022.

Hadir pada pembukaan acara ini selaku Narasumber yakni Kepala Bappeda Kab. Sintang Kartiyus, SH. M. Si, Ketua TP PKK Kab. Sintang Maria Magdalena, SH dan Kepala DKBP3A Kab. Sintang Drs. Maryadi, M. Si. Hadir sebagai peserta yakni seluruh organisasi wanita yang ada di Kab. Sintang.

Yosepha Hasnah menyampaikan pengarusutamaan gender (PUG) merupakan strategi untuk mengintegrasi prespektif gender dalam pembangunan yang dimulai dari proses prencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pemantauan dan evaluasi seluruh kegiatan program pembangunan.

“PUG ini ditujukan untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan yaitu pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh masyarakat baik laki – laki maupun perempuan,” tutur Yosepha Hasnah saat membuka sosialisasi PUG di Langkau Kita.

Menurut Yosepha Hasnah, kesetaraan gender dapat dicapai dengan mengurangi kesenjangan antara kaum laki-laki dan perempuan dalam mengakses dan mengontrol sumber daya, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan proses pembangunan serta mendapat manfaat dari kebijkan program pembangunan.

“Dalam lingkup Pemkab Sintang sendiri, pemerintah telah memberikan kesempatan yang sama baik laki- laki maupun pria untuk berkarir di tempat kerja masing-masing,” ujar Yosepha Hasnah

Dirinya mengharapkan melalui sosialisasi PUG akan menghasilkan pemahaman bahwa kesenjangan gender dapat dihapus ataupun dikurangi.

“Sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman bersama bahwa kesetaraan sudah harus benar-benar diimplementasikan dengan baik khususnya di lingkup pemerintahan, namun tetap berpedoman pada undang- undang yang berlaku,” terangnya.

“Nantinya para peserta mampu menyusun kebijakan program kegiatan anggaran yang lebih baik dan dapat memberikan serta membentuk Focal Point dan kelompok kerja PUG sebagaimana diamanatkan dalam Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional, dengan memiliki landasan kerja dalam pelaksanaannya,” jelasnya

 

Lebih lanjut Sekda Sintang mengharapkan, bahwa peserta yang hadir dapat memberikan kontribusi dalam setiap rangkaian kegiatannya. “Masukan dari para peserta mengenai isu gender tidak menjadi salah arti kedepannya, sehingga diperlukan sosialisasi supaya tidak berbenturan dengan kebudayaan dan sebagainya,” pungkas Yosepha Hasnah

Sosialisasi PUG yang berlangsung satu hari diikuti oleh perwakilan stakeholder lingkup Kabupaten Sintang.

Thanks for reading Sekda Sintang Buka Sosialisasi PUG di Langkau Kita | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Sekda Sintang Buka Sosialisasi PUG di Langkau Kita"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.