Pacu Geliat Wisata Sintang, Bupati Sintang Minta Masyarakat Ikut Terlibat

Pacu Geliat Wisata Sintang, Bupati Sintang Minta Masyarakat Ikut Terlibat

 


 

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, menghadiri sekaligus membuka kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata di Kabupaten Sintang tahun 2022, yang dilaksanakan di Aula Hotel Cika, pada Senin, 27 Juni 2022.

Pada sambutanya Bupati menyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, pariwisata merupakan salah satu sektor utama ekonomi nasional. pariwisata mempunyai peranan penting dalam pembangunan fisik dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya. melalui pembangunan sektor pariwisata masyarakat lokal dapat terbantu secara langsung maupun tidak langsung dalam taraf perekonomiannya, begitu juga dengan dunia usaha yang akan semakin mengeliat dengan banyaknya wisatawan yang datang.

Untuk itu, dalam rangka menciptakan suasana pembangunan pariwisata yang kondusif dibutuhkan kesinergian antar aktor sosial yang ada. aktor sosial disini meliputi masyarakat, pemerintah dan swasta, dengan fungsi dan peran masing-masing, semua aktor sosial tersebut harus berjalan bersama untuk mencapai sinergisitas pembangunan pariwista yang lebih optimal.

Pariwisata merupakan industri yang kelangsungan hidupnya sangat ditentukan oleh baik buruknya lingkungan. tanpa lingkungan yang baik pariwisata tidak mungkin berkembang dengan baik. karena itu pengembangan pariwisata sudah seharusnya memperhatikan terjaganya mutu lingkungan, sebab dalam industri pariwisata lingkungan itulah yang menjadi nilai jual utama.

Melalui kegiatan bersih-bersih pantai ini sebagai salah satu upaya menciptakan sinergisitas peran serta dalam pengembangan kemitraan pariwisata. melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan pesisir barat sebagai daerah tujuan wisata yang bersih, indah dan nyaman serta sekaligus untuk mewujudkan misi pembangunan kebudayaan dan kepariwisataan kabupaten pesisir barat khususnya dalam meningkatkan peran serta antar aktor sosial agar terciptanya kebersamaan dalam melakukan gerakan pembangunan dan kerjasama yang sinergis, strategis dan harmonis.

Pada kesempatan ini tak lupa Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Dinas Pariwisata, dan masyarakat setempat sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Bupati Sintang mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Bidang Pariwisata. Menurutnya, keberadaan pariwisata daerah dapat mendongkrak daya beli masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan ekonomi lokal. “pariwisata dapat menyedot wisatawan dari luar. Dalam hal ini, masyarakat pelaku UMKM dapat menjual produk khas Sintang sebagai daya tarik wisatawan untuk membeli oleh-oleh,” paparnya.

Ditambahkan beliau katakan bahwa pada masa pandemi ini geliat ekonomi harus tetap jalan dengan memperhatikan protokol kesehatan. “Tujuan akhir dari pariwisata adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Maka dari itu, siap-siap produk UMKM dibuat semenarik mungkin,” pungkasnya. Hendrika Kadis Porapar mengatakan bahwa desa wisata merupakan bentuk pengembangan ekonomi lokal yang dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. “Dengan peran serta masyarakat, diharapkan dapat lebih mengembangkan potensi wisata daerahnya sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal,” ujarnya.

Thanks for reading Pacu Geliat Wisata Sintang, Bupati Sintang Minta Masyarakat Ikut Terlibat | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Pacu Geliat Wisata Sintang, Bupati Sintang Minta Masyarakat Ikut Terlibat"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.