Kunjungi Desa Ensaid Panjang, Bupati Sintang Resmikan Gedung Sentral IKM

Kunjungi Desa Ensaid Panjang, Bupati Sintang Resmikan Gedung Sentral IKM

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri Deklarasi Open Defecation Free (ODF) dan sekaligus  meresmikan Gedung Sentral Industri Kecil Menengah (IKM) Desa Ensaid Panjang Kecamatan Kelam Permai, Selasa, 12 Juli 2022.

Bupati Sintang menjelaskan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

“mari kita jaga kebersihan lingkungan kita agar tetap selalu sehat,” ajak Bupati.

Kadis Perindagkop dan UKM Kabupaten Sintang Arbudin menjelaskan bahwa gedung ini akan dijadikan sentra tenun ikat di Kecamatan Kelam Permai.

“ini untuk pembinaan, produksi dan penjualan tenun ikat di Desa Ensaid Panjang. Masih akan pekerjaan lagi untuk jalan masuk, timbunan halaman, parkir dan pagar keliling belum ada anggarannya. Nanti kita akan melakukan koordinasi dengan teman-teman di DPRD Kabupaten Sintang agar bisa dianggarkan tahun depan untuk halaman, parkir dan pagar” terang Arbudin

“menurut saya, perlu segera dilanjutkan segera mungkin. Kalau bisa APBD Perubahan Tahun 2022 atau 2023. Agar bisa difungsikan dengan maksimal gedung ini. saya berharap gedung ini bisa menjadi salah satu titik objek wisata kita” tambah Arbudin

Sementara itu Camat Kelam Permai Kusmara Amijaya mengatakan dari tujuh belas Desa di Kecamatan kelam Permai, sudah ada tiga Desa yang sudah deklarasi ODF, Desa Sungai Pukat, Sungai maram dan Desa Ensaid Panjang.

“harapan saya masyarakat yang sudah deklarasi ODF ini dapat mempertahankan stop buang air besar sembarangan, hal ini berdampak terhadap kebersihan lingkungan,” kata  Kusmara Amijaya.

Sedangkan keberadaan Sentra Industri Kecil Menengah  di Desa Ensaid Panjang kata Kusmara akan difungsikan oleh para penenun, produksi dan pemasaran tenun ikat di rumah betang lama akan dipindahkan ke gedung yang baru sebagai upaya mempermudah pemasaran tenun ikat oleh pengrajin tenun ikat di Desa Ensaid Panjang

Thanks for reading Kunjungi Desa Ensaid Panjang, Bupati Sintang Resmikan Gedung Sentral IKM | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Kunjungi Desa Ensaid Panjang, Bupati Sintang Resmikan Gedung Sentral IKM"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.