Dukung Kemitraan Koperasi dan Perusahaan Sawit, Bupati Sintang Teken Akad Kredit

Dukung Kemitraan Koperasi dan Perusahaan Sawit, Bupati Sintang Teken Akad Kredit

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri kegiatan Penandatangan Akad Kredit antara Koperasi Bui Nasi dengan PT. Kencana Alam Permai (KAP), Kamis, 14 Juli 2022.

Penandatangan akad kredit tersebut langsung di lakukan oleh pihak PT. KAP dengan pihak Koperasi Bui Nasi dan juga ditandatangani oleh Bupati Sintang.

Dalam sambutannya, Bupati H. Jarot Winarno menyampaikan apresiasinya terhadap Koperasi Raja Swa dan KAP yang telah menginisiasi model kemitraan sawit mandiri, dan menjadi contoh bagi pola kemitraan sawit di Kabupaten Sintang.

"Konsep kemitraan antara koperasi dan perusahaan perkebunan sawit ini menjadi contoh yang baik dan agar makin berkembang di masa memdatang, dengan terus meningkatkan luasan kemitraannya karena pola kemitraan mandiri Koperasi Raja Swa ini yang terbaik," ujarnya

Bupati Sintang menyampaikan bahwa bahwa kemitraan antara perusahaan sawit dengan masyarakat sudah menjadi sorotan bukan saja di Kalimantan Barat saja, sebab diketahui sawit dari Indonesia sanggat susah dijual di luar negeri dengan berbagai alasan.

"Sehingga sekarang dapat memperoleh dari hasil hasil sawit yang selama ini dikelola melalui kemitraan koperasi dengan pihak perusahaan. Kita dapat menghitung sisa hasil usaha dengan transparansi dan keterbukaan," jelasnya.

Menurutnya bahwa koperasi adalah milik anggota, sementara pengurus hanya sebagai pengelola dan mengurus anggota. Oleh karena itu, kekuasaan tertinggi dari koperasi adalah Rapat Anggota Tahunan.

Lanjutnya bahwa dari 316 koperasi yang ada di Sintang, hanya 274 yang aktif dan kemungkinan besar 42 koperasi lagi tidak aktif dan akan segera di non-aktifkan mengginggat tidak pernah melakukan kegiatan rapat anggota tahunan.

PT Kencana Alam Permai (KAP), anak perugsahaan PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSN Group), memang sudah bermitra dengan Koperasi Bui Nasi.

PT Kencana Alam Permai (KAP sudah beberapa kali merealisasikan Bagi Hasil pengelolaan kebun kemitraan sawit mandiri untuk periode Maret 2020 - Desember 2020 kepada koperasi dengan nilai kemitraan mencapai Rp 346 juta. Penyerahan dana bagi hasil tersebut diserahkan secara simbolik kepada Koperasi SWA, bertepatan dengan pembukaan Rapat Anggota Tahunan Koperasi Raja Swa Tahun Buku 2020 yang berlangsung pada hari Senin tanggal 29 Maret 2021 bertempat di Balai Ruai Desa Bangun.

 

Thanks for reading Dukung Kemitraan Koperasi dan Perusahaan Sawit, Bupati Sintang Teken Akad Kredit | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Dukung Kemitraan Koperasi dan Perusahaan Sawit, Bupati Sintang Teken Akad Kredit"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.