Bupati Sintang Terima 3 Unit Motor Roda Tiga Dari Anggota DPR RI

Bupati Sintang Terima 3 Unit Motor Roda Tiga Dari Anggota DPR RI

 


Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med.PH, menghadiri dan menyaksikan Penyerahan bantuan 3 unit motor angkutan sampah roda 3 kepada kelompok masyarakat untuk kegiatan Penanganan sampah dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan B dan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang diserahkan secara langsung Anggota DPR RI Komisi IV, Yessy melania, SE, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang, pada Kamis, 21 Juli 2022.

Bantuan motor sebanyak 3 unit angkutan sampah roda 3 tersebut secara simbolis diserah kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kapuas Kanan Hilir, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Akcaya, Dan untuk Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang sebagai operasional pengangkutan sampah.

Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno mendukung penuh program pengadaan motor sampah serta memberikan support dalam penanganan sampah di Sintang.

"Terimakasih untuk semua pihak yang memiliki kepedulian akan sampah dan lingkungan serta bahu membahu dalam mengatasi sampah," ucapnya.

Bupati Sintang juga berharap bantuan ini menjadi penyemangat untuk masyarakat penerima terus ikut bergerak menangani sampah

"Bantuan ini, dapat kiranya menjadi penyemangat bagi masyarakat penerima untuk terus ikut bergerak dan bekerja menangani sampah, serta terus peduli menjaga alam lingkungan yang lestari," pungkasnya.

Dalam sambutannya Yessy berharap bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya, dijaga, dirawat serta jangan sampai dipindahtangankan ke pihak lain oleh kelompok peduli sampah.

"Transportasi merupakan suatu hal yang penting dalam penanganan sampah perkotaan khususnya antar jemput sampah dilingkungan rumah warga "door to door". Manfaatkan untuk mewujudkan Sintang yang bersih, dan lestari dari sampah," tutur Yessy.

Ia juga mengajak masyarakat menjadikan wilayah Sintang yang lebih bersih lagi dan bergotong royong membantu Pemerintah untuk membersihkan dan memilah sampah sejak dari rumah tangga.

Sepeda Motor Sampah Yang Diserahkan Yessy Melania Kepada Kelompok Masyarakat Peduli Sampah Di Kabupaten Sintang

"Jika bukan kita yang peduli dan bergerak mau siapa lagi yang menjaga kebersihan kota sintang yang kita cintai bersama ini," ujarnya.

 Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sintang Provinsi Kalimantan Barat Edy Harmaini menyebutkan sampah di daerah tersebut mencapai 350 ton per hari, yang mampu ditangani hanya 122 ton dalam sehari atau ada 228 ton yang tidak tertangani.

"Rendahnya volume sampah yang bisa ditangani, terkendala dari kurangnya sarana dan prasarana dan kurangnya anggaran dari tahun ke tahun. Maka kami sangat senang dengan adanya bantuan 3 unit motor roda tiga ini dari anggota DPR RI Ibu Melania Yesy. Mudah-mudahan bisa membantu kami dalam mengurangi volume sampah yang tidak tertangani," kata Edy Harmanini

Disampaikannya, kesadaran masyarakat yang masih rendah dalam mengelola sampah juga menjadi kendala, sehingga perlu inovasi dari berbagai pihak.

Ia mengakui problem utama sebuah kota yang berkembang adalah sampah karena terkait dengan pengelolaannya.

Bahkan, peningkatan volume sampah berbanding lurus dengan peningkatan jumlah penduduk, aktivitas masyarakat dan kemudahan aksesibilitas masyarakat antar wilayah dan akselerasi pembangunan kawasan.

"Sebagaimana sebuah kota yang bergerak maju, volume sampah yang dihasilkan masyarakat meningkat cukup tajam dalam beberapa tahun terakhir," ucapnya.

 “Kepedulian Kelompok masyarakat selama ini, dalam pengelolaan sampah dan mengumpulkan sampah di wilayah desa dan beberapa wilayah di kabupaten Sintang patut untuk di apresiasi, sehingga kami dari dinas Lingkungan Hidup ikut peduli untuk memberikan bantuan sepeda motor roda 3 ini sebagai alat angkut sampah plastik.” Ungkap Kadis LH Sintang

ini merupakan wujud peran serta Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan pengelolaan sampah berbasis masyarakat dalam upaya untuk mengatasi permasalahan sampah, utamanya permasalahan sampah di wilayah perkotaan. Imbuhnya.

Thanks for reading Bupati Sintang Terima 3 Unit Motor Roda Tiga Dari Anggota DPR RI | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Bupati Sintang Terima 3 Unit Motor Roda Tiga Dari Anggota DPR RI "

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.