Bupati Sintang Hadiri Upacara Hari Berkabung Daerah Tahun 2022

Bupati Sintang Hadiri Upacara Hari Berkabung Daerah Tahun 2022

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH bersama Sekda Kab. Sintang, Dra. Yosepah Hasnah, M. Si menghadiri/mengikuti Upacara Peringatan Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022 di Kabupaten Sintang, di Halaman Kantor Bupati Sintang, Selasa, 28 Juni 2022.

Bertindak selaku Inspektur Ucapara yakni Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf. Kukuh Suharwiyono.

Upacara peringatan Hari Berkabung Daerah ini merupakan untuk mengenang peristiwa Tragedi Mandor Berdarah 78 tahun silam. Selain itu, salah satu wujud peringatan tersebut juga ialah pengibaran bendera setengah tiang.

Hadir pada upacara ini yakni, unsur Forkopimda Kab. Sintang, para Asisten Setda Sintang dan Staf Ahli Bupati Sintang, unsur Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Sintang, ASN di lingkungan Pemkab Sintang, TNI/Polri, Mahasiswa dan tamu undangan lainnya.

Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022 yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Sintang, Selasa (28/06/2022).

Dalam amanat Gubernur Kalimantan Barat yang dibacakan oleh Irup, disampaikan bahwa Hari Berkabung Daerah ini sebagai ungkapan rasa hormat dan penghargaan kepada para pejuang yang telah gugur dalam peristiwa pembunuhan massal para tokoh masyarakat, para pemuka dan cendekiawan Kalimantan Barat oleh penjajah Jepang secara keji yang terjadi di Mandor, Kabupaten Landak pada tanggal 28 Juni 1944.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim membacakan sambutan Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, SH.,M.Hum pada upacara tersebut.

Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa upacara hari berkabung ini merupakan satu cara untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat, khususnya generasi muda akan perjuangan masyarakat Kalimantan Barat melawan kekejaman penjajah, khususnya pada masa penjajahan Jepang.

“Upacara berkabung daerah, yang kita laksanakan hari ini sejalan dengan ungkapan para pendahulu kita yang sering dikenal dengan ungkapan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa sudah sepantasnya kita sebagai generasi penerus cita-cita bangsa, patut bersyukur bisa menikmati alam kemerdekaan yang telah rasakan bersama saat ini.

 

“Semangat dan nilai kepahlawanan yang ditujukan oleh para pendahulu kita hendaknya dapat kita hayati dan menjadi inspirasi yang kemudian memacu dan memicu bagi kita dalam mengisi kemerdekaan ini,” tukasnya.

Adapun sebagai tema peringatan Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat tahun ini yaitu “Lanjutkan perjuanganku generasi penerus untuk membangun bangsa.”

Thanks for reading Bupati Sintang Hadiri Upacara Hari Berkabung Daerah Tahun 2022 | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Bupati Sintang Hadiri Upacara Hari Berkabung Daerah Tahun 2022"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.