Kalahkan Ketapang, Sintang Juarai Kejuaraan Bridge Tahun 2022 Piala Rektor Untan

Kalahkan Ketapang, Sintang Juarai Kejuaraan Bridge Tahun 2022 Piala Rektor Untan

 


Kejuaraan Bridge Terbuka ke-22 Piala Rektor dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak resmi ditutup pada Minggu 24 Juli 2022 di Aula Fakultas Teknik Untan Pontianak.

Hasilnya, Tim Bridge Kabupaten Sintang berhasil menjadi juara pada kejuaraan tersebut. Kabar bahagia tersebut disampaikan oleh Momon Herwanto Ketua Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Kabupaten Sintang usai acara penutupan kejuaraan.

“Tim Porprov Cabang Olahraga Bridge Kabupaten Sintang berhasil menjuarai ajang tahunan bergensi Kejuaraan Bridge Terbuka ke-22 Piala Rektor dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak yang berlangsung selama 3 hari yakni tanggal 22-24 Juli tahun 2022 di Pontianak” beber Momon Herwanto

“di penyisihan dengan menggunakan sistem swiss di babak terakhir memastikan lolos ke semifinal setelah mengalahkan tim bridge Kota Pontianak dengan kemenangan 14 IMP” cerita Momon Herwanto

“kemudian, di babak semifinal tim bridge Kabupaten Sintang bertemu Kota Singkawang dan berhasil menang dengan selisih 7 IMP. Sedangkan partai final tim Kabupaten Sintang berhasil mengalahkan tim tangguh Kabupaten Ketapang dengan 21 IMP”terang Momon Herwanto

"Saya berharap tim bridge Kabupaten Sintang dapat mempertahankan apa yang telah diraih pada kejuaraan ini.  Sehingga nantinya pada  Porprov bulan November 2022 mendatang dapat menyumbangkan mendali emas untuk Kabupaten Sintang” harap Momon Herwanto

“lawan yang akan dihadapi pada Porprov pada November 2022 nanti sebenarnya sama dengan yang dihadapi pada kejuaraan ini. Dan kami juga akan terus mempersiapkan atlet Bridge Kabupaten Sintang dalam rangka menghadapi Porprov nanti. Kita senang dengan kemenangan ini, tetapi juga tidak boleh terlena dengan kemenangan ini. Kita akan terus mengasah kemampuan atlit Bridge Kabupaten Sintang” terang Momon Herwanto

Momon Herwanto Ketua Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Kabupaten Sintang menceritakan pada Kejuaraan Bridge Terbuka ke-22 Piala Rektor dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak tersebut, semua kabupaten kota di Kalimantan Barat ikut serta dan menurunkan atlit terbaik mereka.

“kejuaraan bridge ini diikuti 14 kabupaten kota di Kalbar. Kami berterima kasih kepada pihak Universitas Tanjungpura Pontianak yang sudah menyelenggarakan kejuaraan ini. Sehingga atlit kita bisa mengasah kemampuan mereka sebelum nanti pada November 2022 mendatang siap mengikuti Porprov Kalimantan Barat” tambah Momon Herwanto

“kami pengurus GABSI Kabupaten Sintang menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh atlit Bridge Kabupaten Sintang yang sudah bekerja keras mengikuti kejuaraan ini sehingga bisa juara pertama. Dan terima kasih atas dukungan banyak pihak kepada kami selama mengikuti kejuaraan tersebut” ucap Momon Herwanto

 

Dua Rumah Warga Mensiku Terbakar, Camat Sintang Salurkan Bantuan

Dua Rumah Warga Mensiku Terbakar, Camat Sintang Salurkan Bantuan

 


Camat Sintang Tatang Supriyatna menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Kelurahan Kapuas Kiri Hulu Kecamatan Sintang pada Minggu, 24 Juli 2022.

Camat Sintang Tatang Supriyatna membeberkan bahwa pada Sabtu, 23 Juli 2022 jam 16. 30 WIB terjadi musibah kebakaran yang menimpa dua unit rumah di Jalan Raya Mensiku. “saya menerima kabar soal musibah kebakaran ini. Lokasi musibah kebakaran rumah ini ada di Jalan Mensiku Jaya Rt.08/Rw.02 Kelurahan Kapuas Kiri Hulu. Ada dua rumah yang terbakar. Satu rumah hangus terbakar mencapai 100 persen dengan jumlah penghuni 5 orang yang terdiri dari 3 dewasa dan 2 anak-anak. Sedangkan yang satu rumah lagi hangus terbakar mencapai 70 persen dengan jumlah penghuni adalah 4 orang yang terdiri dari 2 dewasa dan 2 anak-anak” terang Tatang Supriyatna

“untuk korban jiwa tidak ada. Hanya ada kerugian harta benda saja. Mendengar musibah ini, kami berkoordinasi dan menyerahkan bantuan untuk meringankan beban korban kebakaran. Bantuan yqng diberikan merupakan logistik lumbung sosial yang ada di Kecamatan Sintang” terang  Tatang Supriyatna

“logistik yang ada di lumbung sosial Kecamatan Sintang yang kami alokasikan untuk membantu korban kebakaran di Mensiku ini berupa beras, makanan siap saji, terpal, selimut, kelambu, paket sandang, perlengkapan dapur, perlengkapan makan dan perlengkapan bayi. Semoga keluarga korban diberikan kekuatan dan ketabahan. Dan harapan kami, bantuan ini bisa meringankan beban korban kebakaran” tambah Tatang Supriyatna

“kami juga dari Pemerintah Kecamatan Sintang langsung memproses administrasi usulan agar korban kebakaran ini bisa  mendapatkan bantuan rehabilitasi rumah melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang. semogalah ada respon nantinya, sehingga bisa membantu keluarga korban membangun kembali rumah mereka” tambah Tatang Supriyatna

 

Sekda Sintang Jenguk Bupati Sintang Usai Operasi di Rumah Sakit Santo Antonius

Sekda Sintang Jenguk Bupati Sintang Usai Operasi di Rumah Sakit Santo Antonius



Bupati Sintang, dr. H. Jarot. Winarno, M. Med. PH saat ini menjalani perawatan pemulihan di Ruang Paviliun Maria 2 Lt 4 RS Santo Antonius Pontianak sejak beberapa hari lalu pasca musibah yang terjadi yakni terpeleset di kamar mandi di kediaman pribadinya di Kota Pontianak pada Jumat sore kemarin yang menyebabkan tulang kepala paha kanannya patah.

Pasca tindakan operasi pada Senin pagi, 25 Juli 2022, sejumlah pejabat Provinsi Kalbar dan koleganya membesuk Bupati Sintang di Ruang Paviliun Maria 2 Lt 4 RS Antonius Pontianak. Seperti Kajati Kalbar Dr. Masyhudi, SH.MH, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, SH. M.Hum dan rombongan, Wakil Bendahara DPD PDIP Kalbar Yohanes Rumpak, S.Pd. MM dan Istri.

Sebelumnya juga sejumlah pejabat Kabupaten Sintang seperti Sekda Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, Ketua DPRD Kab. Sintang Florensius Ronny dan rombongan serta sejumlah kepala OPD & koleganya juga membesuk untuk memberikan semangat kepada Bupati Sintang.

"Terkait kondisi kesehatan Pak Bupati (Jarot Winarno) tadi pagi bapak sudah operasi di Rumah Sakit Antonius. Kondisi beliau tadi sudah mulai sadar jam 11.00 WIB," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, Senin 25 Juli 2022.

Menurut Yosepha, Bupati Sintang, Jarot Winarno jatuh di kamar mandi pada hari Jumat, 22 Juli 2022 sekitar pukul 13.00 WIB di Pontianak. Akibatnya kaki tanan tulang paha retak.

"Bapak Jumat siang dari Sintang ke Pontianak naik pesawat. Kemudian sekitar jam 1 beliau ke kamar mandi, kemudian terjatuh di kamar mandi di Pontianak. Kondisi tersebut menyebabkan kaki kanan tulang paha retak, bahkan retaknya agak parah. Sehingga hari Sabtu beliau dibawa ke rumah sakit, karena kondisi beliau agak kesakitan, namanya juga retak," ujarnya.

"Dari situ baru tahu bahwa retaknya itu setelah bapak masuk rumah sakit, setelah di rontgen di Rumah Sakit Antonius dipastikan tulang paha sebelah kanan retak, dan perlu operasi. Dan hari ini beliau baru bisa operasi, dan langsung ditangani oleh Dokter Gede," ungkap Yosepha.

Yosepha memastikan, kondisi umum bupati sintang baik dan dalam masa pemulihan pasca operasi.

"Kondisi baik secara umum, hanya sekarang sedang dalam masa pemulihan. Menurut info, 3 hari kedepan bapak sudah bisa keluar. Mudah mudahan tidak ada halangan yang bisa menghambat kesehatan beliau," kata Yosepha.

Kondisi Bupati Sintang saat ini semakin membaik hanya saja perlu istirahat beberapa hari kedepan untuk pemulihan.

Mohon doa untuk Bupati Sintang agar segera pulih dan beraktivitas seperti biasanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengungkapkan Bupati Sintang, Jarot Winarno menjalani operasi pada bagian kepala tulang paha di Rumah Sakit Antonius di Pontianak, pada Senin 25 Juli 2022.

Tulang paha atas bagian kaki kanan Bupati Sintang tersebut patah akibat terjatuh di kamar mandi pada Jumat lalu.

"Tadi mulai operasi sekitar jam 7.30 wib, selesai jam 09.00 wib. Beliau itu mengalami patah tulang paha, kanan bagian atas. Kalau istilah kita itu bagian kepala tulang paha. Bagian itu yang parah kemudian diganti dengan kepala yang sintetis, terbuat dari besi khusus," ungkap Sinto.

Pasca operasi, kondisi umum Jarot stabil, dan masih dilakukan observasi pemulihan di rumah sakit Antonius.

"Mudah-mudahan dalam 3 hari lagi, pak bupati sudah bisa keluar dan besok beliau sudah bisa berjalan. Kondisi beliau aman, bagus, semuanya stabil. Sekarang dalam observasi pemulihan setelah operasi. Beliau juga tidak dibius umum, tapi biusnya di bagian pinggang ke bawah," ujar Sinto.

Menurut Sinto, penyembuhan sementara aktivitas Jarot masih menggunakan alat bantu kalau berjalan, seperti kursi roda.

"Karena masih belum bisa dipaksa, tapi itu hanya untuk berjalan. Tapi kalau untuk kegiatan lain yang tidak berjalan atau berdiri lama ya beliau tetap seperti biasa. Info dari dokter spesialis bedah tulang, 3 hari saja beliau sudah bisa jalan, tapi dengan alat bantu, untuk membiasakan diri paling 1 bulan sudah bisa lah," jelasnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno menjalani perawatan intensif di RSU St Antonius di Pontianak, sejak Sabtu 24 Juli 2022.

Hingga saat ini, Jarot masih dalam proses pemulihan pasca operasi pada bagian tulang paha yang retak akibat terjatuh di kamar mandi.

Tindakan operasi dilakukan pada Senin, sekitar pukul 07.30 WIB, sampai dengan pukul 09.00 WIB di Rumah Sakit Antonis.

 



 

Kades, Asen. Desa Tanjung Perada Sukses Laksanakan Gawai Dayak Ke - III Tahun 2022

Kades, Asen. Desa Tanjung Perada Sukses Laksanakan Gawai Dayak Ke - III Tahun 2022

 


Guna melestarikan adat, budaya, dan tradisi suku dayak yang sudah turun temurun dari nenek moyang pada jaman dahulu maka dari itu dilaksanakannya lah Gawai Adat Dayak Desa Tanjung Perada Dusun Peninjau yang ke - lll, sabtu (23/07/2022).


Tidak hanya suku dayak dan orang katolik/ kristen saja namun Gawai juga dihadiri dari berbagai masyarakat yang berbeda agama serta suku. Namun tetap bersatu dan kompak untuk mendukung serta memeriahkan Gawai Desa Tanjung Perada Dusun Peninjau.


Saat di wawancara media ini, Kepala Desa Tanjung Perada, Asen mengatakan bahwa tahun 2022 ini Desa Tanjung Perada Dusun Peninjau Kecamatan Tempunak melaksanakan Gawai Dayak Ke - lll yang berjalan aman, lancar, dan sukses. Dirinya juga berharap dan berusaha agar Gawai Dayak bisa menjadi agenda rutin yang harus dilaksanakan setiap tahunnya.


"Gawai Dayak adalah suatu adat, tradisi, dan budaya yang turun-temurun dari jaman dahulu sudah dilaksanakan. Tujuannya ialah untuk bersyukur atas hasil panen serta untuk menjaga dan melestarikan adat, istiadat tradisi dan budaya, khususnya Suku Dayak," kata Asen.


Tidak lupa juga Kepala Desa mengucapkan terimakasih kepada semua masyarakat, pemerintah dan semua pihak yang telah hadir, mendukung dan mensukseskan gawai dayak Desa Tanjung Perada. 


"Selamat Gawai Dayak yang ke - lll masyarakat Desa Tanjung Perada Dusun Peninjau. Semoga dengan diadakan gawai ini bisa semakin mempersatukan kita. Serta menyadarkan kita betapa pentingnya gawai dayak ini untuk mempertahankan dan melestarikan adat, tradisi, serta budaya kita sebagai orang dayak. Karna dalam pelaksanaan gawai dayak ini banyak momen yang kita lewati bersama, yakni salah satunya kita bergandengan tangan bergotong - royong demi kesuksesan pelaksanaan gawai dayak ini," jelas Asen.


Asen berharap pada gawai dayak tahun berikutnya bisa dilaksanakan lagi dan bisa berjalan dengan sukses. Serta ia juga berharap masyarakat dan pemerintah bisa terus mendukung pelestarian adat, tradisi, dan budaya melalui Gawai Dayak.


"Saya sangat memberikan apresiasi baik sekali untuk masyarakat Desa Tanjung Perada ini, dimana masyarakat sangat antusias sekali dalam pelaksanaan gawai ini. Baik itu dari persiapan dan bahkan sampai kegiatan gawai selesai. Sungguh luar biasa semangat dan dukungan masyarakat untuk mensukseskan gawai ini. Ditambah lagi ada hiburan malam, jadi semakin ramai, meriah dan sukses pelaksanaan gawai tahun ini," ujarnya.


Tambah Kades lagi, "saya memohon maaf kepada masyarakat Desa Tanjung Perada Dusun Peninjau apabila dalam pelaksanaan gawai Dayak ini masih ada kekurangan dan kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja, sekali lagi saya meminta maaf. Terimakasih banyak untuk semua yang terlibat dalam pelaksanaan gawai ini," tutupnya. (BK)




Nekodimus Apresiasi Dan Ucapkan Selamat Gawai Dayak Ke - lll Desa Tanjung Perada

Nekodimus Apresiasi Dan Ucapkan Selamat Gawai Dayak Ke - lll Desa Tanjung Perada



Gawai Dayak adalah kegiatan untuk mempertahankan adat, tradisi, dan budaya orang dayak yang telah dilaksanakan turun -temurun dari jaman nenek moyang. Gawai Dayak juga sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen padi dan semua nikmat yang telah Tuhan berikan.


"Selamat Gawai Dayak yang ke - lll untuk masyarakat Desa Tanjung Perada Dusun Peninjau. Kita berharap bahwa gawai ini bisa menjadi alat pemersatu, kemudian bisa untuk mengangkat, melestarikan, mengembangkan adat, tradisi, dan budaya daerah kita. Khususnya masyarakat adat dayak. Gawai ini juga bertujuan mempersatukan kebersamaan rasa gotong - royong masyarakat kita," kata Nekodimus, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang saat di wawancarai, sabtu (23/07/2022).


Kita bisa melihat, hari ini masyarakat dari berbagai suku, agama, dan desa hadir disini, ini menunjukkan sebuah kebersamaan bahwa gawai ini mampu menyatukan kita semua, bukan hanya masyarakat dayak. Tapi juga bisa menyatukan masyarakat non dayak dan non katolik/ Kristen untuk hadir dan bersatu disini. Artinya menjadikan gawai ini sebagai ajang budaya yang mempersatukan masyarakat.


"Kedepannya kita berharap bahwa acara gawai ini terus dilaksanakan setiap tahunnya. Kemudian gawai ini bisa terus di tingkatkan, dikembangkan, dilestarikan dalam rangka pembinaan budaya - budaya lokal dan pada akhirnya menjadi budaya nasional," harapnya.


Nekodimus menilai bahwa gawai di Desa Tanjung Perada pada tahun ini luar biasa meriah, meskipun baru di laksanakan tiga kali ke tahun ini, tapi luar biasa meriah. Artinya bahwa disini masyarakat sangat antusias dan mendukung pelaksanaan gawai ini dengan kekompakan masyarakat Desa Tanjung Perada yang sangat luar biasa. 


"Jadi kebersamaan dan kekompakan ini harus kita pertahankan, tingkatkan, dan terus - menerus kita kembangkan. Sebab rasa kebersamaan dan persaudaraan inilah yang penting dalam kita hidup bermasyarakat, tegasnya.


Tidak hanya mengadiri acara inti saja, namun ditengah padatnya kegiatan dan kesibukan, Nekodimus masih menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah - rumah warga yang melaksanakan gawai di Desa Tanjung Perada Dusun Peninjau. Sehingga dia beserta rombongan akhirnya pulang malam ke Sintang menggunakan jalur air, yakni naik sped boad.


Politisi Partai Hanura, Nekodimus berharap agar masyarakat harus terus melestarikan adat dan budaya sebagai orang dayak. Dirinya mengunkapkan tentu dalam pelaksanaannya tidak hanya bisa dilakukan oleh masyarakat sendiri, tapi juga harus di dukung mulai dari pemerintah Desa, Kecamatan, dan Kabupaten, juga harus terus mendukung dan memberikan pembinaan. 


"Sehingga adat, tradisi, dan budaya ini bisa terus dilestarikan dan berkembang. Hal ini harus terus kita dorong dan kita motivasi agar masyarakat bisa tetap semangat mempertahakan, melestarikan, dan mengembangkan adat tradisi, dan budaya Dayak," ujarnya.


Sebagai wakil rakyat, Nekodimus tentunya sangat mendukung kegiatan pelaksanaan Gawai Dayak dan mengapresiasi dengan baik atas telah dilaksanakan gawai Dayak. (BK)



SDM PKH Sintang dan Landak Gelar Outbond Bersama, Dibuka Staf Ahli Bupati Sintang

SDM PKH Sintang dan Landak Gelar Outbond Bersama, Dibuka Staf Ahli Bupati Sintang

 


Bupati Sintang yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Dan Sumber Daya Manusia Ulidal Muchtar menghadiri kegiatan pembukaan rekonsiliasi dan outbound tenaga Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan Kabupaten Sintang, bersama dengan Family Gathering Dinas Sosial dan Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan Kabupaten Landak di Sintang, yang dilaksanakan di Hall Room Hotel Sakura Sintang, pada Jumat, 22 Juli 2022.

Bupati Sintang yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Dan Sumber Daya Manusia Ulidal Muchtar menyampaikan selamat datang kepada tenaga SDM PKH Kabupaten Landak di Kabupaten Sintang.

acara ini tentu adalah salah satu cara untuk membangun koordinasi yang harmonis antar instansi serta memadukan langkah gerak dan sinergi program dengan semua instansi terkait pelaksanaan Program Keluarga Harapan” terang Ulidal Muchtar

melalui kegiatan ini, saya mengimbau kepada seluruh tenaga SDM PKH bahwa pendamping PKH merupakan aktor penting dalam menyukseskan PKH. Beberapa kegiatan pokok tersebut adalah kunci utama dalam pelaksanaan PKH menuju suksesnya pendamping” terang  Ulidal Muchtar

sebagaimana kita ketahui bahwa pendamping PKH merupakan ujung tombak pelaksanaan program dengan mengemban kode etik “SIP” yaitu santun, integritas, dan profesional” tambah Ulidal Muchtar

saya berharap melalui program PKH yang merupakan tanggung jawab kita bersama dapat menjawab target penurunan angka kemiskinan. Keberhasilan pelaksanaan program keluarga harapan, salah satunya ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang bertugas memberikan pendampingan dan pelayanan dalam pelaksanaan PKH” tambah Ulidal Muchtar

keberadaan pendamping menjadi sangat penting sebagai social worker untuk merubah mental dan perilaku penerima manfaat dari yang semula merasa miskin atau tidak mampu dan mempunyai ketergantungan pada bantuan pemerintah menjadi merasa mampu dan bisa mandiri dan sejahtera” tambah Ulidal Muchtar

pendamping harus mampu menjalankan peran dan fungsi sebagai fasilitator, mediator dan motivator bagi penerima manfaat dalam memulihkan fungsi sosial mereka, dari yang semula kurang berdaya menjadi lebih berdaya. Pendampingan dan pelayanan sangat diperlukan bagi keluarga penerima manfaat PKH guna percepatan pencapaian tujuan program pengentasan kemiskinan” tutup Ulidal Muchtar

Staf Ahli Bupati Sintang Berikan Pengarahan Saat Pelaksanaan Raker GOW Sintang

Staf Ahli Bupati Sintang Berikan Pengarahan Saat Pelaksanaan Raker GOW Sintang

 


Bupati Sintang yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ulidal Muchtar, S.Sos, M.Si, menghadiri kegiatan rapat kerja Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sintang masa bhakti 2021-2024, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pertemuan Cafe Dhea Sintang pada Rabu, 20 Juli 2022.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ulidal Muchtar menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang mengapresiasi kegiatan Raker Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Sintang.

mudah-mudahan rapat kerja ini dapat berjalan dinamis dan menghasilkan simpulan-simpulan strategis yang dapat menjadi acuan bagi penyusunan program pemberdayaan perempuan di Kabupaten Sintang” terang Ulidal Muchtar

demikian pula program kerja yang akan disusun nantinya agar selaras dan sinkron dengan program pemerintah daerah sehingga sinergitas antara pemerintah daerah dan organisasi wanita dapat terwujud. Peran utama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) sebagai mitra pemerintah adalah sebagai wadah koordinasi dan konsolidasi berbagat organisasi perempuan/wanita dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas dalam pemberdayaan masyarakat” terang Ulidal Muchtar

saya berharap GOW sebagai wadah yang menghimpun organisasi wanita di Kabupaten Sintang lebih eksis dan konsisten dalam memperjuangkan aspirasi dari setiap organisasi wanita dan mampu mengembangkan potensi wanita, mewujudkan wanita-wanita tangguh yang berhasil guna dan berdaya saing” harap Ulidal Muchtar

 GOW harus tetap eksis, karenanya pemantapan organisasi dalam memperkenalkan indentitas diri harus terus dilakukan dan dipertegas dan diletak pada aras paling tinggi, tanpa harus melupakan kodratnya sebagai wanita” terang Ulidal Muchtar

jalankan tugas dengan baik, serta laksanakan pula peran pokok sebagai perempuan yang tangguh dan berdaya saing dan berhasil guna, sehingga akan tercipta pula wanita-wanita yang hebat, maju, adil, sejahtera, berakhlak dan berbudaya dalam tatanan wanita madani ditengah-tengah arus globalisasi, modernis dan revolusi saat ini” tutup Ulidal Muchtar

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sintang Hj. Radini Puryani mengatakan program kerja yang disusun meliputi kegiatan Sosial, Ekonomi, Kesehatan, Organisasi ini mengagendakan kegiatan perlombaan yang melibatkan anak-anak, remaja  dan kaum Ibu di Kabupaten Sintang.

“Rapat kerja mengusung tema Optimalisasi Peran GOW Kabupaten Sintang untuk Mewujudkan Perempuan yang Berkualitas, Maju dan Mandiri, diharapkan mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang,” kata Hj. Radini Puryani.

Selimin Ketua Panitia Gawai Dayak 2022, Beberkan 8 Jenis Perlombaan Yang Akan Digelar

Selimin Ketua Panitia Gawai Dayak 2022, Beberkan 8 Jenis Perlombaan Yang Akan Digelar

 


Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang sudah memutuskan untuk melaksanakan Pekan Gawai Dayak Tingkat Kabupaten Sintang Tahun 2022 pada 29-31 Juli 2022 di Betang Jerora Satu. Selain memutuskan hari pelaksanan Pekan Gawai Dayak, DAD Kabupaten Sintang juga sudah membentuk kepanitiaan. Selimin, SE, M. Si  Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian Pembangunan dan Keuangan dipercaya menjadi Ketua Panitia Pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2022.

Selimin menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan rapat-rapat persiapan beberapa kali untuk mensukseskan kegiatan tahunan tersebut.

“kami sudah melaksanakan rapat untuk mempersiapkan pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Tingkat Kabupaten Sintang Tahun 2022. Hasilnya, kami sudah putuskan akan melaksanakan 8 jenis perlombaan yakni Lomba Menyumpit, Mengukir Perisai, Kuntau atau pencak silat tradisional,  Gasing, Fashion Show khusus anak-anak, Bujang Dara Gawai, Sape dan lomba memasak makanan khas Dayak” beber Selimin

“soal peserta, kita tidak mengkhususkan untuk utusan dari 14 kecamatan yang ada. Tetapi bebas dalam artian pesertanya adalah individu orang Dayak yang mau ikut lomba. Kalau masyarakat secara pribadi mau ikut lomba, silakan mendaftar ke Sekretariat Panitia Pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2022 di Betang Jerora Satu” terang Selimin.

“tadi, kami panitia juga sudah melaporkan rencana dan kesiapan panitia Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2022 kepada Bapak Bupati Sintang” tambah Selimin.

Selimin menambahkan, pembukaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2022 akan dilaksanakan pada Jumat, 29 Juli 2022 pagi dengan diawali dengan ritual adat terlebih dahulu.

“usai ritual adat, baru dilaksanakan seremonial pembukaan oleh Bupati Sintang. Rencananya ada pawai juga siangnya. Sepanjang hari Sabtu, 30 Juli 2022 akan dilaksanakan seluruh lomba. Kalau belum selesai lombanya, akan dilanjutkan hari Minggu, 31 Juli 2022 hingga sore. Sehingga malamnya bisa langsung ditutup” beber Selimin.

 

 

Di Paripurna DPRD Sintang, Bupati Sintang Serahkan 2 Cawabup

Di Paripurna DPRD Sintang, Bupati Sintang Serahkan 2 Cawabup

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, menghadiri rapat paripurna ke-8 masa persidangan II tahun 2022 DPRD Kabupaten Sintang dalam rangka penyerahan calon Wakil Bupati Pengganti masa jabatan 2021-2026, yang dilaksanakan di Ruang Sidang DPRD Sintang, pada Rabu, 20 Juli 2022.

Pada rapat paripurna tersebut, Bupati Sintang menyerahkan berkas administrasi calon Wakil Bupati Pengganti periode 2021-2026, serta melakukan penandatanganan berita acara antara Bupati Sintang dan Ketua DPRD terkait penyerahan dua orang calon beserta berkas administarasi calon Wakil Bupati Pengganti periode 2021-2026.

Bupati Sintang dihadapan Anggota DPRD Sintang, Forkopimda dan masyarakat yang memang hadir di Ruang Sidang DPRD Sintang menyampaikan bahwa sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku harus menyampaikan 2 nama pengganti Wakil Bupati Sintang.

“dan hari ini saya, Bupati Sintang menyampaikan secara resmi usulan 2 (dua) orang calon Wakil Bupati Sintang sebagai pengganti almarhum Bapak Sudiyanto, SH. untuk dilakukan pemilihan oleh DPRD Kabupaten Sintang sesuai ketentuan yang berlaku” terang Bupati Sintang

kedua orang Calon Wakil Bupati Sintang yang saya usulkan  berdasarkan  rekomendasi  dari  pengurus pusat dan kesepakatan dari partai politik pengusung yang tergabung dalam koalisi adil bersatu melalui surat nomor: 003/KAB-A/II/22 TANGGAL 15 JULI 2022, yaitu : Bapak Melkianus, S.Sos dan Bapak Hardoyo, SE” terang Bupati Sintang

saya minta, dua calon Wakil Bupati Sintang untuk maju kedepan biar kita semua dapat melihat dan mengenalnya” pinta Bupati Sintang kepada Melkianus dan Hardoyo.

Pak Melkianus dan Pak Hardoyo adalah sahabat sekaligus saudara saya, muda, energik dan berpengalaman, saya yakin mereka dapat bekerjasama dan membantu saya dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Sintang ini. Oleh karena itu, melalui kesempatan yang berbahagia ini, saya menyerahkan proses pemilihan Wakil Bupati Sintang ini sepenuhnya kepada DPRD Kabupaten Sintang. Saya berharap dapat segera terpilih dan segera dilantik menjadi Wakil Bupati Sintang” tutup Wakil Bupati Sintang.

Kurniawan Kadis Kominfo Sintang Sampaikan Harapanya Terhadal Media Gathering 2022

Kurniawan Kadis Kominfo Sintang Sampaikan Harapanya Terhadal Media Gathering 2022

 


Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang menyelenggarakan Media Gathering Tahun 2022 di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Rabu, 20 Juli 2022. Sebanyak 50 jurnalis lokal dan regional hadir mengikuti Media Gathering dan menghadirkan 3 orang narasumber.

Kurniawan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang menjelaskan Indonesia sudah memasuki tatanan masyarakat yang informatif dimana semua orang berusaha mengakses informasi secepat, sebanyak dan seakurat mungkin.

“maka peran media massa menjadi sangat penting dengan menginformasi dan mengedukasi masyarakat dan melakukan kontrol sosial melalui pemberitaan. Peranan media massa semakin signifikan. Media massa menjadi kekuatan keempat demokrasi. Media massa menjadi penyeimbang dalam demokrasi” terang Kurniawan

“media massa sebagai filter terhadap isu yang ada di masyarakat. Media massa bisa menggiring isu yang akan dibahas. Pemkab Sintang ingin bersinergi dengan media massa dalam rangka mengkomunikasikan pesan dari pemerintah. Media gathering ini tahun ketiga yang sudah dilaksanakan Diskominfo. Kami ingin temu media ini bisa dilaksanakan setiap tahun” terang Kurniawan

“hari ini kami ingin pemberitaan oleh media massa bisa relevan dengan cita-cita bangsa dan visi misi Bupati Sintang. Maka kami ingin ada optimalisasi peranan media massa dalam pembangunan di Kabupaten Sintang. saya berharap, media massa bisa mendorong dan memproduksi pemberitaan yang bisa Kabupaten Sintang semakin maju dengan berbagai potensinya. Kami berterima kasih atas kehadiran awak media yang sudah hadir. Ini bagian kemitraan kita. Media gathering ini juga ajang silaturahmi kita” terang Kurniawan.

Sementara Syukur Saleh Ketua Panitia Media Gathering yang juga Kepala Bidang Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa perlunya pemerintah kabupaten sintang menjalin hubungan baik dengan media massa sebagai sebuah organisasi dan para jurnalis secara pribadi.

“bagi kami, dengan para jurnalis ini, silaturahmi dijaga dan diperkuat dan komunikasi terus disambung. karena media massa dan jurnalis merupakan mitra dekat kami.  kami juga menyadari bahwa ada beberapa isu yang sebaiknya kami sampaikan kepada media massa dan jurnalis. ada tiga isu yang ingin kami sinergikan dengan para jurnalis dalam menghadapi perkembangan ke depannya, yang nantinya akan disampaikan oleh tiga orang narasumber. kami berharap, kita bisa sama-sama belajar dan menambah wawasan” terang Syukur Saleh

“media gathering ini dimaksudkan sebagai wadah komunikasi, silaturahmi dan kemitraan antara pemerintah dengan media massa serta jurnalis dalam membangun kesamaan persepsi tentang isu-isu terkini yang ada di Kabupaten Sintang. Media gathering mengambil tema “optimaliasi peran media massa dalam pembangunan Kabupaten Sintang” tambah Syukur Saleh

Media Gathering 2022 Digelar Diskominfo, Dibuka Staf Ahli Bupati Sintang

Media Gathering 2022 Digelar Diskominfo, Dibuka Staf Ahli Bupati Sintang

 


Bupati Sintang yang diwakili oleh Selimin, SE, M. Si  Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian Pembangunan dan Keuangan memberikan pengarahan pada kegiatan Media Gathering di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Rabu, 20 Juli 2022.

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang tersebut, dihadapan para jurnalis lokal dan regional, Selimin menyampaikan bahwa kita sudah hidup di era digitalisasi, suatu jaman dimana pemanfaatkan teknologi interet begitu masif dan dominan. 

di Indoensia, tercatat 73 persen orang Indonesia sudah terhubung dengan internet. bahkan ada 63 perses orang indonesia memanfaatkan media sosial dalam menjalankan komuniaksi sosialnya saat ini” terang Selimin Staf Ahli Bupati Sintang

hal ini membawa dampak yang sangat serius karena masih ada pekerjaan rumah kita bersama untuk meningkatkan literasi digital termasuk di kabupaten sintang. konten negatif masih bermunculan, kejahatan di ruang digital terus meningkat, penyebaran hoax juga meluas, paham radikalisme dan intoleransi masih ada di ruang digital dan sebagainya” tambah Selimin

pada tanggal 20 Mei 2021, Bapak Presiden Joko Widodo melaunching program literasi digital nasional. Tujuan akhirnya yaitu Indonesia makin cakap digital. Cakap digital itu bukan hanya memahami pengunanaan teknologi digital secara baik, tetapi mampu menafaatkanya untuk lebih produktif, inovatif dan berdaya saing tinggi dalam seluruh aspek kehidupan” terang Selimin

maka dari itu, saya mengajak seluruh pelaku pembangunan daerah, khususnya para awak media massa di Kabupaten Sintang, untuk dapat mendukung suksesnya program literasi digital nasional. Media massa sebagai pelaku yang melaksanakan fungsi edukasi kepada masyarakat, diharapkan dapat memberikan informasi dan berita yang positif, mendidik dan bermanfaat kepada masyarakat. media massa harus terlibat aktif mengedukasi masyarakat untuk semakin cakap digital, seperti dapat memilah dan memilih kontek konten yang negatif di internet dan media sosial. para insan media massa juga harus selalu mencegah dan menimalisir penyebaran berita dan informasi bohong di tengah masyarakat Kabupaten Sintang” terang Selimin

selain itu, saya juga berharap peran nyata awak media massa semakin memperkuat peran kontrol sosial, yaitu menyediakan ruang atau waktu untuk membangun kesadaran masyarakat berpartisipasi dalam mengawasi penyelenggaraan  pembangunan daerah. hal ini sangat penting dalam upaya kita membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di Kabupaten Sintang” tambah Selimin

saya sangat menyambut baik kegiatan media gathering pada hari ini. semoga silaturahmi dan sinergi antara pemerintah daerah dengan para awak media massa semakin kuat dan bermanfaat. saya minta dinas komunikasi dan infpormatika kabupaten sintang dapat menfasilitasi sinergi dan kerjasama pemda dengan awak media massa di Kabupaten Sintang” tutup Selimin

Diskominfo Sintang Ajukan Raperda Keterbukaan Informasi Publik

Diskominfo Sintang Ajukan Raperda Keterbukaan Informasi Publik

 


Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang mulai menyusun Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sintang tentang Keterbukaan Informasi Publik. Langkah pertama adalah dengan melakukan Rapat Persiapan Pembahasan Perda Keterbukaan Informasi Publik di Ruang Command Center Kantor Bupati Sintang pada Selasa, 19 Juli 2022.

Pada rapat yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Igor Nugroho tersebut, diungkapkan bahwa Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008.
“artinya, undang-undang ini sudah lama. Sudah ada sejak 2008 yang lalu. Kita sudah ada Peraturan Bupati Sintang tentang Keterbukaan Informasi Publik. Namun, kita terus didorong untuk meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik dari Perbup menjadi Perda” terang Igor Nugroho

“keterbukaan merupakan sebuah keniscayaan. Saya sangat mendukung penyusunan raperda ini. sebenarnya selama ini, Sintang sudah menjalankan prinsip keterbukaan. PPID Pembantu di semua OPD sudah aktif dan sudah memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat” terang Igor Nugroho

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang Kurniawan menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan diskusi panjang soal penyusunan Perda Keterbukaan Informasi Publik. “kami sudah berkoordinasi dengan semua PPID Pembantu dan pihak Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat. Intinya dalam keterbukan informasi ini ada kejelasan regulasi dan regulasi yang paling tinggi di daerah adalah Perda” terang Kurniawan

“di beberapa daerah di Indonesia, sudah ada yang membuat Perda Keterbukaan Informasi Publik. Saat ini, kami sudah menyusun Raperda KIP dengan 15 BAB dan 55 Pasal. Dan memang belum masuk dalam Prolegda 2022. Perda ini sesuai dengan visi dan misi Pemkab Sintang yang ingin mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih” beber Kurniawan.

“kami sudah menyusun alasan filosofis, sosiologis dan yuridis dari adanya perda ini. Kami juga sudah menyusun manfaat dari adanya perda yang sangat besar bagi Kabupaten Sintang. Dan apa saja yang diatur dalam perda ini nanti.  Perda ini merupakan turunan dari isi Deklarasi HAM PBB, UUD 1945 Pasal 28F, Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dan Undang-Undang Pelayanan Publik” terang Kurniawan

“ada 9 prinsip yang ada dalam raperda ini yakni partisipasi, penegakan hukum, transparansi, daya tanggap, keadilan, efektif dan efisiensi, akuntabilitas, visi strategis dan berorientasi pada konsensus. Transparansi adalah keterbukaan atas semua tindakan dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Salah satu karakteristik good governance adalah tranparansi keterbukaan mencakup aktivitas yang menyangkut kepentingan publik, dari proses pengambilan keputusan, penggunaan dana-dana publik dan sebagainya” beber Kurniawan

“ide dasar mengenai Keterbukaan Informasi adalah tentang Kebebasan, khususnya kebebasan berekspresi dan informasi. Kebebasan dalam hal ini adalah keterbukaan. Tujuan utama membentuk peraturan perundang-undangan tentang Kebebasan Memperoleh Informasi Publik adalah untuk menjamin masyarakat mengakses informasi yang dimiliki oleh Negara” tambah Kurniawan

Aleksander Perancang Peraturan Perundang-Undangan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang menjelaskan pihaknya belum menerima draf Raperda Keterbukaan Informasi Publik. “soal waktu yang susah. Karena idealnya, pengajuan Raperda diajukan untuk dimasukan ke dalam Prolega di akhir tahun. Meskipun pernah terjadi masuknya raperda di pertengahan tahun. Tetapi kami mendukung raperda ini. Yang perlu dipikirkan juga adalah naskah akademiknya. Karena keberadaan naskah akademik ini masih menimbulkan banyak tafsir” terang Aleksander

 

Setwan Sintang Terima Berkas Usulan 2 Nama Cawabup Dari Asisten I Sintang

Setwan Sintang Terima Berkas Usulan 2 Nama Cawabup Dari Asisten I Sintang

 


Bupati Sintang Jarot Winarno mengutus Assisten 1 Yaser Arafat dan Kabag Tapem Setda Sintang Supriyanto menyerahkan surat dan kelengkapan berkas administrasi dua nama calon wakil bupati Sintang ke DPRD Sintang untuk diproses lebih lanjut.

Diruangan Sekretaris DPRD, Yaser Arafat mengatakan pihaknya hari ini sesuai dengan ketetapan ketentuan perundang-undangan yang berlaku Bupati Sintang menugaskan dirinya dan Kabag Tapem untuk menyerahkan berkas administrasi dua nama calon wakil bupati Sintang, kepada DPRD dalam hal ini diterima oleh Sekwan.

“Kami beserta kepala bagian tata pemerintahan Setda Sintang diutus bapak Bupati, untuk menyampaikan surat secara resmi kepada pimpinan DPRD Sintang melalui Sekretaris Dewan tentang dua nama calon wakil bupati yang beberapa waktu lalu berkas administrasinya sudah diterima oleh bapak bupati dari koalisi partai pengusung.”katanya pada Senin,(18/7/2022).

“Hari ini sesuai aturan yang berlaku bupati menyerahkan berkas administrasi pencalonan kepada pimpinan DPRD melalui Sekretaris DPRD, sekiranya dapat memproses lebih lanjut pemilihan wakil bupati sintang dari dua nama yang disampaikan oleh bapak bupati,” ujarnya.

Selanjutnya nanti prosesnya tentu di DPRD Sintang,hal tersebut tentu ada aturan main yang sudah ditentukan oleh DPRD sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku .

“Nah setelah itu proses akan berjalan dan kita masih menunggu , pak bupati meminta agar proses ini bisa lebih cepat , hari ini secara resmi kami ditugaskan bupati dengan kabag tapem menyerahkan surat dari bupati beserta kelengkapan-kelengkapan berkas nanti juga akan diperiksa dan diteliti oleh tim yang sudah dibentuk oleh DPRD kabupaten Sintang,” ulasnya.

Sementara Sekretaris DPRD Sintang Marchues Afen menyatakan bahwa tepat pukul 15.50 wib telah hadir di ruang Sekretariat DPRD Sintang Assisten 1 didampingi Kabag Tata Pemerintahan Setda Sintang menyampaikan berkas administrasi dua nama calon wakil bupati Sintang pengganti masa jabatan tahun 2021-2026.

“Kita ketahui bersama bapak wakil bupati kita Yosep Sudianto telah meninggal beberapa tahun lalu dan sekarang diserahkan penggantinya oleh bapak bupati sintang melalui sekretariat DPRD, dan saat ini sudah kita terima selanjutnya saya selaku sekretaris DPRD Sintang akan menyerahkan berkas ini kepada pimpinan , agar disampaikan ke Badan Musyawarah (Banmus) DPRD dan Banmuslah nanti yang memutuskan kapan paripurna penyerahan ini secara resmi akan dilaksanakan , undangan sudah kami buat tinggal nunggu tanda tangan pak ketua DPRD,” ujarnya.

Disebutkanya bahwa Banmus juga akan digelar besok pada Selasa, 19 Juli 2022 pukul 9.00 wib.

Selanjutnya tinggal banmus yang menentukan kapan proses pemilihan cawabup akan dilakukan dan ini merupakan hak dan kewajiban DPRD kabupaten Sintang.

“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada bapak assisten 1 dan kabag Tapem Setda Sintang yang telah menyampaikan berkas ini saya didampingi Kabag Persidangan dan akan kami sampaikan kepada pimpinan dewan agar ditindaklanjuti selanjutnya untuk memilih satu diantara dua ini untuk menjadi Wakil Bupati Sintang,” pungkas Afen.

Di SMPN 4 Sintang, Bupati Sintang Hadiri Penanaman Serentak Se Kalimantan Barat

Di SMPN 4 Sintang, Bupati Sintang Hadiri Penanaman Serentak Se Kalimantan Barat

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, melakukan penanaman pohon serentak se-Kalimantan Barat, dalam rangka gerakan penanaman pohon untuk Kalimantan Barat teduh, Hijau dan Lestari guna pemulihan Hutan dan lahan sebagai Upaya Mendukung Folu Net Sink 2030, penanaman pohon ini dilaksanakan di Halaman SMPN 4 Sintang, pada Selasa, 19 Juli 2022.

Kegiatan dilaksanakan secara dalam jaringan (online) maupun luar jaringan (offline) yang diawali dengan dialog interaktif melalui video conference bersama Gubernur Kalimantan Barat dengan seluruh Kepala daerah Kabupaten / Kota se-Kalimantan Barat.

Dalam rangka pemulihan hutan dan lahan sebagai upaya mendukung Folu Net Sink 2030, Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Barat mencanangkan gerakan menanam pohon serentak untuk Kalbar teduh, hijau, dan lestari.

Folu Net Sink 2030 merupakan sebuah kondisi yang ingin dicapai melalui penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan dimana tingkat serapan sama atau lebih tinggi dari tingkat emisi. Maka dari itu, upaya untuk mencapainya dengan alokasi lahan yang selektif dan terkontrol untuk pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan yang adil dan merata bagi masyarakat Indonesia.

Kegiatan yang diselenggarakan secara hibrid tersebut dihadiri Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi, S.E., M.M., Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, S.H., seluruh Bupati/Wali Kota di Kalbar, serta seluruh Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Terkait gerakan menanam pohon serentak, Gubernur mengajak masyarakat untuk mendukung Folu Net Sink Tahun 2030 yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka menanam pohon sebanyak-banyaknya di sekolah maupun di luar sekolah.

"Sejak beberapa waktu yang lalu, saya ingin mengupayakan agar sekolah-sekolah menjadi hijau dan ditanami pepohonan. Di Kalbar ada sekitar 7.000 sekolah (SD, SMP, dan SMA). Kalau masing-masing sekolah ditanami 100 pohon, 10 sekolah sudah 70.000 pohon, dan kalau 100 sekolah sudah mencapai 700.000 pohon," ajak Gubernur di SMAN 11 Pontianak, Selasa (19/7/2022).

Pohon-pohon yang ditanam di sekolah dapat dirawat oleh siswa-siswi di sekolah tersebut sebagai upaya pembelajaran dalam pengenalan serta menjaga kelestarian alam.

"Nanti anak-anak atau murid yang menjaga dan merawat tanaman. Sehingga, mereka peduli terhadap kelestarian hutan maupun hal lain yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Itulah yang menjadi tujuan kita," jelas H. Sutarmidji.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat diharapkan dapat menyiapkan bibit dalam Pencanangan Gerakan Penanaman Pohon untuk mendukung Program Folu Net Sink Tahun 2030.

"Saya minta Dinas LHK Prov Kalbar beserta CSR perusahaan untuk menyiapkan bibitnya. Tapi, untuk lingkungan sekolah dan lingkungan kantor, saya lebih senang pohon yang produktif, seperti buah-buahan serta tanaman bebas seperti matoa, manggis. Sedangkan kalau lahan umum bisa petai atau jenis lainya," tutur Gubernur saat memberikan sambutan kepada seluruh Bupati/Wali Kota di Kalbar melalui video conference.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalbar, Ir. Adi Yani, M.H., mengatakan pencanangan penanaman ini dilakukan serentak di seluruh Kalbar berdasarkan arahan Gubernur untuk mulai menanam sejak dini.

"Hal ini dilakukan mulai dari murid sekolah, baik itu tingkat SD, SMP, dan SMA. Melalui kegiatan ini diharapkan Kalbar menjadi teduh hijau dan lestari yang seiring dengan program pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu Folu Net Sink Tahun 2030 yang ditanam bersamaan sebanyak 65.000 tanaman dari 6.400 sekolah di Kalbar pada hari ini," tutup Adi Yani

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.