Kegiatan Padat Karya di Bandara Tebelian Libatkan 450 Warga, Ini Kata Bupati Sintang

Kegiatan Padat Karya di Bandara Tebelian Libatkan 450 Warga, Ini Kata Bupati Sintang

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri kegiatan Padat Karya Kementrian Perhubungan di Bandara Tebelian, Kec. Sungai Tebelian, Selasa pagi, 14 Juni 2022.

Turut hadir Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, S. Sos. M. Si, Direktur Angkutan Udara pada Kementrian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni, SH. MH, Kepala Kantor UPBU kelas II Tebelian Sintang, Patah Atabri, S.S iT.MM, Unsur Forkopimda Kab. Sintang, unsur OPD di Lingkungan Pemkab Sintang, Unsur Forkopimcam Tebelian dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan padat karya ini melibatkan sebanyak 450 warga empat desa di sekitaran Bandara Tebelian Sintang, dengan tujuan untuk membantu pemulihan ekonomi warga terdampak pandemi.

Bupati Sintang, Jarot Winarno menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementrian Perhubungan atas program padat karya yang diselenggarakan di Bandara Tebelian, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Program padat karya Kementrian Perhubungan ini sudah ketiga kalinya digelar sejak Pandemi Covid-19. Selain untuk mengajak partisipasi masyarakat, sekaligus membantu pemulihan ekonomi warga terdampak pandemi.

"Ini kali ketiga kegiatan padat karya selama pandemi Covid-19 di tempat ini. Saya berharap dapat membantu masyarakat," kata Jarot, 14 Juni 2022.

Menurut Jarot, kasus aktif Covid-19 memang menurun. Namun, status pandemi belum berakhir. Terlebih, baru-baru ini kembali muncul virus varian baru.

"Pandemi memang sudah berkurang, tapi saya ingatkan hati-hati, sekarang ada varian B-5 dan B-4, kasusnya bisa meningkat lagi, jadi tetap menggunakan proktokol kesehatan," pesan Jarot.

Jarot berharap, program padat karya dapat terus berkelanjutan. Bahkan, bila perlu bisa digelar setiap 3 bulan sekali.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada dirjen perhubungan udara, dan pemerintah atas porgram ini. Semoga sering-sering, kalau bisa 3 bulan sekali agar masyarakat terbantu. Terima kasih kepada ketua komisi v, Lasarus yang mengusulkan program ini di sintang. Kami merasa terbantu dengan program ini. Kepada masyarakat sekitar bandara tolong manfaatkan program ini, semoga bisa membantu ekonomi," ujar Jarot.

Sebanyak 450 warga empat desa di sekitaran Bandara Tebelian Sintang, Kalimantan Barat, dilibatkan dalam program padat karya. Ratusan masyarakat tersebut berpartisipasi membersihkan dan memperbaiki drainase jalan masuk bandara seluas 9,5 hektare yang berada di Kecamatan Sungai Tebelian, Selasa 14 Juni 2022.

Program padat karya Kementrian Perhubungan ini sudah ketiga kalinya digelar sejak Pandemi Covid-19. Selain untuk mengajak partisipasi masyarakat, sekaligus membantu pemulihan ekonomi warga terdampak pandemi.

 

"Program padat karya ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Peserta yang ikut berasal dari empat desa, seperti sungai ukoi, kunyai, ransi dangkan dan mantir, totalnya 450 orang," kata Kepala kantor UPBU kelas II Tebelian Sintang, Patah Atabri.

Kegiatan padat karya antara lain pembersihan rumput jalan masuk bandara dan perbaikan drainase bandara di area sisi darat.

"Semoga melalui kegiatan ini dapat membantu perekonomian masyarakar," harap Patah.

Direktur Angkutan Udara pada Kementrian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni menambahkan kegiatan padat karya ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

"Direktorat jendral perbubungan udara ingin berperan serta dalam melaksnakam kegiatan pemanfaatan dana pemeliharaan fasilitas bandara dan kegiatan perawatan di bandar ayang dilaksanakan melalui skema bantuan langsung dengan melibatkan masyarakat," ujar Maria.

Menurut Maria, program padat karya memiliki fungsi yang luas yaitu mengurangi beban ekonomi masyarakat yang terdampak pamdemi, program ini juga sejalan dengan instruksi pemerimtah antara lain menciptakan lapangan kerja di desa, meningkatkan keterampilan, juga membantu pemulihan ekonomi masyarakat.

"Tahun ini targetnya 29 provinsi 147 desa, diharapkan menyerap 6.629 orang tenaga kerja di seluruh indonesia. Sampai saat ini, telah terealisasi di 16 provinsi 57 kanbpaten dan menyerap 1.400 tenaga kerja. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian direktoral jendral perhubungan udara terhadap masyarakay lokal sebagai penerima manfaat langsung. Selain untuk percepatan ekonomi masyarakat, juga upaya dalam meningkatkan pemberdayan masyarakat lokal," ujar Maria

 

 

Thanks for reading Kegiatan Padat Karya di Bandara Tebelian Libatkan 450 Warga, Ini Kata Bupati Sintang | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Kegiatan Padat Karya di Bandara Tebelian Libatkan 450 Warga, Ini Kata Bupati Sintang"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.