Buka Sosialisasi Pembentukan TPKAD, Ini Kata Bupati Sintang

Buka Sosialisasi Pembentukan TPKAD, Ini Kata Bupati Sintang

 


 

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus J, S.Pd, M.A.P, dalam hal ini mewakili Bupati Sintang membuka kegiatan Sosialisasi tentang Pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), yang dilaksanakan di Balai Praja, Kantor Bupati Sintang, pada Kamis 16 Juni 2022.

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) merupakan forum koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan untuk percepatan akses keuangan di daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam upaya pembentukan TPAKD Kota Banjar, Pemerintah Kota Banjar menggelar Sosialisasi Literasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah dan Rencana Pembentukan TPAKD Kabupaten Sintang.

Dalam arahannya, Asisten II Sintang menuturkan, pembentukan TPAKD pertama kali diinisiasi oleh Presiden RI pada Tahun 2016, yang ditindaklanjuti dengan Radiogram Mendagri Nomor T-900/634/Keuda, tanggal 19 Februari 2016. Seiring perkembangan waktu, Mendgari dalam Rakornas TPAKD Tahun 2020 menghimbau kepada Kepala Daerah agar dapat meningkatkan komitmen dan sinergi dalam implementasi program, menyegerakan pembentukan TPAKD, memperkuat sinergi khususnya melalui TPAKD dan TPID serta mendukung implementasi berbagai program TPAKD.

“Dalam rangka mendukung percepatan target inklusi keuangan nasional, maka pembentukan TPAKD secara masif sangat diperlukan. Pembentukan TPAKD tersebut tentunya membutuhkan perencanaan yang baik dan efektif serta mempertimbangkan segala aspek, seperti mekanisme dan langkah-langkah yang diperlukan. Maka dari kegiatan sosialisasi ini saya berharap dapat memberikan tambahan literasi tentang mekanisme dalam pembentukan TPAKD di Kota Banjar,” jelas Asisten II Sintang

salah satu ukuran kesejahteraan masyarakat yang cukup komprehensif adalah indeks pembangunan manusia, yaitu indeks komposit yang mencakup tiga aspek utama pembangunan manusia seperti kesehatan berupa harapan hidup, pendidikan dan ekonomi yang menjadi standar hidup layak” tambah Asisten II Sintang

 

"Inklusi keuangan yang diukur melalui ketersediaan dan pemanfaatan berbagai produk dan layanan keuangan formal akan membuka peluang ekonomi dan secara tidak langsung membuka peluang yang lainnya seperti aspek pendidik dan ekonomi " ujar Asisten II Sintang

Asisten II Sintang menambahkan, salah satu inisiatif untuk mendorong percepatan akses keuangan daerah adalah melalui pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Dikatakannya, TPAKD dibentuk sebagai forum koordinasi strategis bagi pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan dalam mengupayakan percepatan hasil keuangan didaerah, mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan mendukung kemandirian daerah.

Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalbar, Maulana Yasin mengatakan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dibentuk sebagai bentuk sinergi OJK dan segenap pemangku kepentingan di daerah mendorong perluasan akses keuangan di daerah sehingga mendukung pengembangan potensi sektor unggulan dan prioritas di daerah.

“Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam memperoleh akses pembiayaan dan permodalan. Selain itu, dengan mendayagunakan digitalisasi dapat menjangkau masyarakat di berbagai pelosok daerah dengan mudah, cepat, dan transparan” Ungkap Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalbar, Maulana Yasin

Menurutnya upaya dalam rangka penyediaan akses keuangan, OJK terus mendorong pengembangan ekosistem digital akses produk dan layanan jasa keuangan sehingga mempermudah dan meningkatkan daya jangkaunya ke pelosok daerah.

TPAKD merupakan forum koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan yang memiliki tujuan meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah. TPAKD merupakan perwujudan dari keinginan pemerintah untuk dapat hadir dalam merespon kebutuhan rakyat, terutama dalam membuka akses keuangan.

 

Thanks for reading Buka Sosialisasi Pembentukan TPKAD, Ini Kata Bupati Sintang | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Buka Sosialisasi Pembentukan TPKAD, Ini Kata Bupati Sintang"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.