Pemkab Sintang Lakukan Ini Untuk Atasi Maraknya PMK Pada Hewan Ternak

Pemkab Sintang Lakukan Ini Untuk Atasi Maraknya PMK Pada Hewan Ternak

 


Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, mewaspadai masuknya virus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternak yang sudah terkonfirmasi masuk ke Kalimantan Barat sejak 13 Mei 2022. Dalam waktu dekat, pedagang dan peternak akan dikumpulkan untuk membahas persoalan virus yang mulai merebak di Kalimantan Barat.

“Saat ini belum ditemukan kasus PMK di Sintang. Tapi kita perlu jaga-jaga, siapa tahu nanti masuk Sintang. Apalagi di beberapa kabupaten di Kalbar sudah ada tanda-tanda positif,” kata Widodo, Medik Veteriner pada Bidang Peternakan di Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar mengonfirmasi ada 14 hewan ternak di Kalbar positif PMK dan 193 suspect.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Widodo dan tim akan melakukan penelusuran sebagai langkah awal pencegahan masuknya penyakit PMK masuk sintang.

 “Kita perlu penelusuran di sintang, siapa tahu ada ternak yang dibawa ke sintang. Kemarin menjelang lebaran kita juga banyak ternak yang masuk dari Kalteng, maupun kabupaten lain. Untuk lebaran idul fitri 293 ekor dipotong, siapa tau ada yang dari luar makanya kita akan lakukan penelusuran. Kita akan datangi para pemotong, sekiranya ada ambil ternak dari Pontianak, mempawah, biar tahu kejelasnnya, apakah ada tanda-tanda penyakit PMK, kalau ndak alhamdulillah, bagiamanpun itu tugas kita laksanakan sebelum ditemukan kasusnya. Sebelum mewabah sudah ada antisipasi, penyakit ini secara teori tidak ada obatnya, tapi salah satunya dengan vaksinasi, sementara dari pusat belum ada vaksin dikirim ke kabupaten,” ungkap Widodo.

Menurut Widodo, penyakit PMK menyerang hewan ternak seperti sapi, kambing, dan juga babi. Langkah antisipasi harus segera dilakukan, supaya ketika ditemukan ada satu kasus maka dapat segera diambil langkah pengendalian.

“Makanya kita lakukan penelusuran, kumpulkan para pedagang dan peternak dalam waktu dekat. Kita imbau jangan sampai dalam waktu dekat ambil ternak dari luar, kita jaga-jaga jangan masukan ternak dulu dari luar, kalau positif kita harus ada pelarangan ternak masuk, harus dijaga jangan sampai menyebar tempat kita,” jelasnya.

 

 

Thanks for reading Pemkab Sintang Lakukan Ini Untuk Atasi Maraknya PMK Pada Hewan Ternak | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Pemkab Sintang Lakukan Ini Untuk Atasi Maraknya PMK Pada Hewan Ternak"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.