Bupati Sintang Resmikan Bumdesma Desa Merahau Kecamatan Kayan Hulu

Bupati Sintang Resmikan Bumdesma Desa Merahau Kecamatan Kayan Hulu

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH meresmikan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) dan Launcing Alat Berat di Desa Merahau Permai, Kecamatan Kayan Hulu, Senin, 16 Mei 2022.

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian & Perkebunan Kab. Sintang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kab. Sintang, Camat & Unsur Forkopimcam Kayan Hulu, sejumlah Kepala Desa yang ada di Kecamatan Kayan Hulu Hulu, masyarakat setempat, dan tamu undangan lainnya.

Pendirian Bumdesma ini sudah melalui perjalan atau mekanisme yang cukup panjang yakni digagas sejak tahun 2020 lalu dan baru berjalan tahun 2022 ini.

Dimana 31 desa yang ada di Kecamatan Kayan Hulu berkontribusi atau bekerjasama dalam membangun Bumdesma Lestari. 31 desa ini juga menjadi pemilik modal, dengan masing-masing desa menyertakan 200 juta perdesanya.

Unit usaha yang di jalankan Bumdes ini yaitu penyewaan alat berat, yang di fungsikan untuk mendukung atau penyongsong penyelesaian permasalahan infrastruktur yang ada di kecamatan kayan hulu, sehingga kedepan bisa menjadi akses pengembangan ekonomi masyarakat ketika daerah tidak terisolir lagi. Untuk alat berat Bumdesma Lestari ini ialah jenis Excavator PC 135 Brain Komatsu, sementara Bulldozernya masih dalam proses indent, diperkirakan akan tiba pada juni 2022 nanti, untuk alat lain akan bertahab pengadaannya melihat kondisi keuangan yang ada.

“Saya berharap kepada bapak camat untuk melakukan pembinaan supaya Bumdesma ini bertahan dan berkembang. Pemda Sintang sangat mendukung sekali karena ini akan menjadi contoh baik. Saya berpesan untuk mengelola Bumdesma ini secara baik dan professional. Semoga infrastruktur di Kayan Hulu semakin baik dengan hadirnya Bumdesma yang secara khusus mengelola alat berat” pesan Bupati Sintang

Bupati Sintang menegaskan jika bumdes desa ini bisa sukses, maka kedepan desa-desa lain tidak perlu studi banding sampai keluar daerah. Karena yang didekat dan dalam kota sudah ada Bumdes yang sangat maju.

"Saya berbahagia bisa melaunching alat berat dan berdiri bundesma ini. Saya harap bundesma ini bisa menjadi contoh bagi yang lain untuk maju bersama membangun kecamtan dan desanya," kata Jarot, Senin kemarin.

Menurut Jarot, tujuan didirikannya Bumdesma ini jelas, yaitu membuka isolasi daera. Diakui Jarot, pemerinyah sudah berupaya membuka akses transportasi darat di daerah kayan hulu, namun tidak bisa maksimal.

"Tapi tentu tidak maksimal, kita harap dengan adanya bumdesma ini persoalan jalan dan jembatan bisa selesai lewat bumdesma," harapnya.

Selain itu, kehadiran Bumdesma juga dapat dimanfaatkan untuk membuka lahan untuk pengembangan komoditas pertanian dan perkebunan. Jarot menyarankan supaya masyarakat tidak hanya berfokus pada karet dan sawit, tapi juga komoditas lainnya seperti teh, kopi, dan lainnya.

"Saya harap nanti selain ada sawit, ada juga pinang. Jangan hanya sawit dan karet, ada juga tanaman lain, kopi robusta Sintang sangat terkenal, kopi ansok bagus semuanya. Jadi tolong berkembang. Saya harap bundesma ini bisa mendorong ekonomi desa," harap Jarot.

Jarot mengingatkan agar pengurus Bumdesa dapat mengelola managemen dengan baik dan transparan. Para pendamping desa juga diminta untuk membantu pendampingan dan pengawasan.

"Saya harap managemen keungan dipastikan transparan. Jadi diatur managemen yang bagus, saya rasa itu yang penting managemen itu musti bagus dan pendamping desa aktif mendampingi bundesma. Keuntungan bundesma kembali ke desa, keuntungan koperasi ke anggota. Ini bisa membangun desa yang maish terioslasi. Managemen harus hati-hati. Ini tidak mudah. Melounching itu mudah, merawat mahal, dan mengatur pembagiannya susah. Hati-hati semuanya. Saya berharap kayan bulu semakin maju," pesan Jarot



Thanks for reading Bupati Sintang Resmikan Bumdesma Desa Merahau Kecamatan Kayan Hulu | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Bupati Sintang Resmikan Bumdesma Desa Merahau Kecamatan Kayan Hulu"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.