Di Pimpin Bupati Sintang, Jajaran Pemkab Sintang Berembuk Cara dan Strategi Cegah Stunting

Di Pimpin Bupati Sintang, Jajaran Pemkab Sintang Berembuk Cara dan Strategi Cegah Stunting

 


Jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang berkumpul di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Kamis, 28 April 2022. Ada Kepala Dinas, Badan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang Ny Maria Magdalena, 14 Camat, 14 Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, 15 Kepala Desa Lokus Penanganan Stunting Tahun 2022, dan 20 Kepala Puskesmas Se Kabupaten Sintang. Mereka berkumpul untuk diskusi dan berembuk tentang strategi dan cara mencegah stunting di Kabupaten Sintang.

Rembuk stunting tahun 2022 tersebut dibuka oleh Bupati Sintang H. Jarot Winarno. Dihadiri Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah dan anggota tim lainnya.

Bupati Sintang H. Jarot Winarno menjelaskan bahwa stunting adalah gangguan pertumbuhan tubuh dan otak anak yang disebabkan kurangnya asupan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan atau sejak dalam kandungan hingga anak usia 2 tahun

“hasil survey pada tahun 2018 angka stunting di Kabupaten Sintang mencapai 41 persen. Kita terus bekerja keras mencegah stunting ini yang kita kenal dengan katai dan pendek. Mulai 2018 juga kita mulai melakukan aksi pencegahan stunting. Hingga kini, angka stunting masih tinggi di Kabupaten Sintang. Stunting disebabkan oleh kecukupan pangan dan gizi, sanitasi lingkungan dan fasilitas kesehatan” terang Bupati Sintang.

“kita perlu melakukan intervensi untuk mencegah stunting. Camat dan kepala desa perlu bekerja keras membantu mencegah. ADD bisa dialokasikan untuk program pencegahan stunting. Kita juga terus mendorong desa untuk mendorong warganya membuat WC  di setiap rumah sehingga kemudian bisa deklarasi ODF” tambah Bupati Sintang.

“kita perlu berembuk dan duduk bersama untuk mencari terobosan baru untuk mencegah stunting ini. OPD, Camat dan Kepala Desa silakan membuat program untuk membantu mencegah stunting. Semua bekerja dan saling membantu” terang Bupati Sintang

Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Maryadi menjelaskan bahwa rembuk stunting bertujuan menyusun rencana program dan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencegah dan menurunkan stunting di Kabupaten Sintang. “kita juga ingin membangun komitmen bersama seluruh elemen yang terlibat dalam penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Sintang. Supaya kita sama-sama bergerak, kompak dan saling mendukung dalam upaya pencegahan stunting” terang Maryadi

 

Sebelum Libur, Jajaran Pemkab Sintang Lakukan Rapat Terakhir Persiapan Harjad Sintang

Sebelum Libur, Jajaran Pemkab Sintang Lakukan Rapat Terakhir Persiapan Harjad Sintang

 


Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Syarief Yasser Arafat memimpin rapat terakhir Panitia Pelaksana Hari Jadi Kota Sintang yang ke 660 Tahun 2022 di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Rabu, 27 April 2022.

Hadir pada rapat terakhir tersebut, jajaran Panitia Pelaksana Hari Jadi Kota Sintang yang ke 660 Tahun 2022, Ketua MABM Sintang H. Ade Kartawijaya, Ketua Forum Ketemenggungan Sintang yang juga Ketua FKUB Sintang Andreas Calon, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Sintang P. Chunoi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J dan Asisten Administrasi Umum Igor Nugroho.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Syarief Yasser Arafat menjelaskan bahwa sesuai arahan Bupati Sintang dan Sekda Sintang, Pemkab Sintang lebih fokus pada empat kegiatan utama saja untuk disiapkan sebaikmungkin.

“itu semua karena keterbatasan dana dan sedikitnya waktu persiapan karena adanya libur panjang. Jajaran Pemkab Sintang itu, mulai Jumat, 29 April 2022 sampai 8 Mei 2022 libur. Jadi persiapan sangat pendek” terang Syarief Yasser Arafat

“adapun kegiatan yang disiapkan sebaikmungkin dan segera adalah upacara Hari Jadi Kota Sintang di Halaman Kantor Bupati Sintang jam 08.00, kemudian dilanjutkan dengan soft opening Museum Pusaka Ningrat di Keraton Sintang, ritual umpan benua, ziarah ke makam Pendiri Kota Sintang Djoebair Irawan, lalu ke Pendopo Bupati Sintang untuk makan saprahan. Itu kegiatan yang kita siapkan secepatmungkin. Kegiatan lain, waktunya kita geser saja” tambah Syarief Yasser Arafat

Bernie Danu Brata dari Kesultanan Sintang menjelaskan rombongan Bupati Sintang setibanya di Keraton Sintang akan melepas umpan benua baru melakukan soft opening Museum Pusaka Ningrat di depan pintu museum. “setelah itu, baru masuk ke dalam museum untuk melihat koleksi yang ada. Barulah bergerak ke makam Pendiri Kota Sintang Djoebair Irawan untuk ziarah. Saat ziarah nanti, ada tabur bunga. Jadi waktunya sudah kami siapkan secepat mungkin, sehingga tidak akan mengganggu waktu untuk makan saprahan” terang Bernie Danu Brata.

Andreas Calon Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama menyarankan kepada Pemkab Sintang untuk mengundang semua suku yang ada di Kabupaten Sintang saat pelaksanaan upacara pada Selasa, 10 Mei 2022 nanti.

“inikan pestanya masyarakat Kabupaten Sintang yang terdiri dari berbagai suku. Saya mencatat ada 19 suku yang ada di Kabupaten Sintang. Dan itu semua ada paguyubannya. Jadi mudah dihubungi. Datanya ada di Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Sintang” terang Andreas Calon.

Igor Nugroho Asisten Administrasi Umum menjelaskan bahwa pihaknya sudah mendata ada 36 pedagang kaki lima yang selama ini jualan di jalan mulai dari depan Kantor Bupati Sintang sampai Pendopo Bupati Sintang.

“kita sudah data nama dan nomor handphone mereka. Ada 36 PKL, yang barang dagangan mereka akan kita borong dan diberikan secara gratis kepada masyarakat. Tetapi sebelum dilaksanakan program Sintang Berbagi, kami akan kumpulkan dulu mereka untuk diarahkan. Supaya nanti program Sintang Berbagi bisa berjalan lancar” beber Igor Nugroho

 

Satgas Pangan Sintang Gelar Sidak, Tim 2 Dipimpin Asisten II Sintang

Satgas Pangan Sintang Gelar Sidak, Tim 2 Dipimpin Asisten II Sintang

 


Menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional, pasar modern, agen-agen sembako dalam rangka untuk mengecek ketersediaan sembako, serta mengecek harga bahan barang makanan pokok.

Inspeksi mendadak oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dilakukan pada Senin, (25/4/2022), terbagi didalam dua tim inspeksi, untuk tim 2 Inspeksi mendadak (SIDAK) Pemkab Sintang dipimpin oleh Asiten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sintang dengan lokasi pasar sayur masuka, holiday Mart, agen telur Sumber Ayam, Agen sembako Inti Platinum, agen sembako SMS, SPBU Melawi Timur Pal 4, Alfamart tugu jam, Indomaret Lintas Melawi depan Asrama Haji, SPBU yang berada di jalan Lintas Melawi, dan SPBU di tugu beji Sintang.

Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang yang memimpin tim 2 Pemkab Sintang melakukan inspeksi mendadak dengan lokasi yang berbeda mengatakan bahwa dari beberapa tempat yang dilakukan pengecekan, ketersediaan bahan pokok cukup menyambut lebaran, “kita cek mulai dari daging, minyak goreng, bawang, beras, itu stok di kita cukup, untuk daging sapi dan daging sapi lokal stok juga juga tersedia, tak hanya itu, telur ayam juga kita cek, semuanya tersedia, sehingga kita berharap sampai hari idul fitri dan pasca idul fitri semua stok aman, dan tersedia”, kata Yustinus.

Yustinus memberikan instruksi kepada agen bahan pokok untuk menyediakan stok agar tidak terjadi kelangkaan bahan pokok menyambut idul fitri dan pasca idul fitri 2022, “Kita menginstruksikan kepada agen-agen supaya mereka menyediakan stok untuk kebutuhan sembako masyarakat, sehingga tidak ada kelangkaan-kelangkaan, dan mereka sudah mengantisipasi, tadi juga kita cek-cek ke Gudang stoknya  masih tersedia dan cukup”, terang Yustinus.

Selain bahan pokok, tim 2 inspeksi mendadak Pemerintah Kabupaten Sintang, Yustinus juga melakukan pengecekan ketersedian bahan bakar minyak dalam rangka melancarkan para pelaku perjalanan mudik, “kita cek ke beberapa SPBU di Sintang, kita lihat persediaan bahan bakar minyak, mengingat tahun ini masyarakat akan mengalami perjalanan mudik, sehingga kita cek agar para pemudik tidak mengalami kesulitan dalam permasalahan bahan bakar, apalagi ditambah kenaikan BBm akan berdampak, jadi kesimpulannya stok minyak ada, dan masyarakat bisa melakukan mudik kekampung halamannya”, tutup Yustinus.

Hadapi Lebaran, Satgas Pangan Gelar Sidak, Tim 1 Dipimpin Asisten I Sintang

Hadapi Lebaran, Satgas Pangan Gelar Sidak, Tim 1 Dipimpin Asisten I Sintang

 


Menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional, pasar modern, agen-agen sembako dalam rangka untuk mengecek ketersediaan sembako, serta mengecek harga bahan barang makanan pokok.

Inspeksi mendadak oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dilakukan pada Senin, (25/4/2022), terbagi didalam dua tim inspeksi, untuk tim 1 inspeksi mendadak (SIDAK) Pemkab Sintang dipimpin langsung oleh Asisten I bidang Pemerintahan Setda Sintang dengan lokasi Sidak yakni, Pasar Junjung Buih, Gudang Bulog, CV Arli, Golden Mart, Intan Market,

Asisten I bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Syarief Yasser Arafat, yang memimpin Tim 1 untuk melakukan sidak Pemerintah Kabupaten Sintang mengatakan bahwa dalam melakukan inspeksi mendadak dalam rangka menyambut hari raya idul fitri 1443 hijriah, sejumlah kebutuhan pokok, dari mulai stok aman, hingga harga mengalami sedikit kenaikan, “tadi kita sudah cek beberapa tempat, yang pertama kita ke pasar tradisional junjung buih Sintang, kita cek beberapa kebutuhan pokok, harga dan stok, untuk ayam potong dari sisi harga relatif stabil walaupun  ada sedikit kenaikan, tetapi tidak terlalu signifikan, begitu juga harga daging sapi sedikit mengalami kenaikan tetapi masih dalam batas wajar, sayu dan ikan, stoknya tersedia”, terang Yasser.

Selain mengecek di lokasi pasar sayur, tim 1 inspeksi mendadak yang dipimpin Asisten I juga mengecek ketersediaan beras, daging beku, dan gula di Gudang Bulog Sintang, “kita juga cek ke Gudang bulog SIntang, informasi yang saya dapatkan dari Kepala Bulog Sintang bahwa stok beras di Sintang masih aman 3 hingga 4 bulan kedepan, karena kita masih punya stok sekitar 500 ton yang tersedia, kemudian untuk daging beku masih tersisa 300 Kg, begitu juga dengan gula, tetapi dari pihak Bulog sendiri sudah mengajukan penambahan sebanyak 5 ton daging beku untuk menyambut hari raya idul fitri 2022 ini, dan mudah-mudahan  dalam waktu yang tidak lama hal itu cepat dikirim dari pusat”, ucapnya.

“Intinya adalah untuk ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Sintang dalam menyambut idul fitri 1443 relatif aman, dan harga-harga dibeberapa komoditas mengalami kenaikan tetapi masih dalam batas-batas wajar”, jelas Yasser.

Respon Keluhan Pelaksana Proyek Pembangunan Waterfront Sungai Durian, OPD Sintang Sepakat Akan Lakukan Penertiban

Respon Keluhan Pelaksana Proyek Pembangunan Waterfront Sungai Durian, OPD Sintang Sepakat Akan Lakukan Penertiban

 


Jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang turut hadir saat Firli selaku perwakilan Pelaksana Proyek Pembangunan Waterfront Sungai Durian di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Jumat, 22 April 2022.

Setelah mendengarkan keluhan dari Firly, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang memberikan tanggapannya.

Erwin Simanjuntak Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mendukung rencana operasi penertiban gabungan untuk menyelesaikan semua yang menghambat pembangunan waterfront.

“aturan ruko jelas. Kaki lima tidak boleh digunakan untuk jualan, tetapi untuk pejalan kaki. Dasar hukumnya jelas. Undang-undangnya ada. Termasuk kanopi, ada aturannya. Penertiban kanopi itu tidak perlu ada surat peringatan, langsung ditertibkan pun bisa. Soal tiang billboard samping Intan Market, izinnya sudah habis. Bisa dibongkar. Saya juga melihat bongkar muat yang dilakukan siang hari mengganggu pekerjaan dan membuat macet. Harusnya bongkar muat dilakukan malam hari” terang Erwin Simanjuntak

“yang harus diperhatikan, setelah waterfront selesai dibangun, jangan sampai PKL kembali jualan di tempat itu, semua harus bersih. Ke depan, kalau waterfront sudah jadi, dan sudah menjadi lokasi wisata. Ruko-ruko yang ada di situ, sebaiknya menjadi toko handicraft saja seperti waterfront di luar negeri” terang Erwin Simanjuntak

Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sintang Mulyadi menyarankan agar segera bentuk tim operasi penertiban bersama.

“saya sarankan pelaksana pembangunan membuat pagar penutup saat mengerjakan secara bertahap. Kita mencontohkan pembangunan pedestrian di Jalan Ahmad Yani Pontianak. Itu kan ditutup supaya pengerjaannya lancar. Tiang pengaman untuk pedestrian yang sudah selesai agar segera dipasang supaya motor tidak bisa masuk” saran Mulyadi

“aturannya, dari dinding ruko sampai ke jalan itu milik umum. IMB dan izin usaha itu mengatur, kanopi hanya boleh 2,5 meter dan dibuat menggantung atau tanpa tiang” tambah Mulyadi

Siti Musrikah Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja mendukung kalau akan dilakukan operasi penertiban dengan membawa aturan yang mereka langgar. “kita harus jelaskan pelanggaran dari sisi IMB dan sisi izin usaha. Soal PKL, saya sarankan digeser ke terminal Sungai Durian dengan penentuan jam operasional” terang Siti Musrikah

Mursalin Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum juga sepakat untuk segera dilakukan penertiban semua yang menghambat pekerjaan pembangunan waterfront.

“ruko itu ada IMB dan izin usaha. Itu semua ada aturannya. Saya mendorong agar penertiban tidak hanya pada lokasi pembangunan waterfront saja, banyak juga pelanggaran di tempat lain perlu ditindak. Pemerintah pusat sudah mau mengalokasikan anggaran untuk menata daerah kita, tetapi kita di daerah tidak mampu menertibkan sebagai bentuk dukungan.  Ini tersisa 6 bulan, saya berharap bisa selesai tepat waktu. Jangan sampai terlambat” terang Mursalin.

 

Pemkab Sintang dan Pelaksana Proyek Pembangunan Waterfront Gelar Rapat Bahas Hambatan, Dipimpin Asisten I Sintang

Pemkab Sintang dan Pelaksana Proyek Pembangunan Waterfront Gelar Rapat Bahas Hambatan, Dipimpin Asisten I Sintang

 


Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syarief Yasser Arafat memimpin rapat membahas keluhan pelaksana proyek  Pembangunan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan Sungai Durian berupa Waterfront di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Jumat, 22 April 2022.

Hadir pada rapat tersebut perwakilan pelaksana Proyek Pembangunan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan Sungai Durian beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syarief Yasser Arafat menyampaikan bahwa Pemkab Sintang sudah melakukan sosialisasi tentang pembangunan waterfront kepada warga yang berada di lokasi pembangunan waterfront.

“bahkan untuk PKL, ruko dan lanting di Jalan Brigjen Katamso sudah mendapatkan surat peringatan sebanyak 3 kali. Maka kita akan melakukan operasi gabungan untuk penertiban di seluruh lokasi pembangunan waterfront” terang Syarief Yasser Arafat.

“perintah pimpinan, kita akan memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan waterfront ini dengan mengambil langkah yang diperlukan. Apa pun yang menghambat pembangunan waterfront harus kita selesaikan. Karena ada hambatan ini, kita sempat menghadirkan pengacara negara yakni pihak Kejaksaan Tinggi Kalbar” terang Syarief Yasser Arafat

“saya minta Satuan Polisi Pamong Praja membuat surat tugas untuk melakukan operasi gabungan penertiban terhadap semua yang menghambat pembangunan waterfront. Saya juga minta dibuat pengumuman dilarang berjualan di area tertentu dan dipasang disana. PKL dan lanting tidak boleh kembali ke lokasi semula ketika waterfront sudah selesai dibangun” tegas terang Syarief Yasser Arafat

Firli pelaksana Pembangunan Waterfront Sungai Durian menjelaskan kendala yang dihadapi oleh para pekerja seperti adanya tiang billboard di samping Intan Market, adanya pemilik ruko yang memarkirkan kendaraan di pedestrian yang selesai dibangun dikhawatirkan merusak batu alam, pemilik usaha yang masih tidak mau membongkar kanopi dan meletakan barang dagangan di lokasi pekerjaan.

“di beberapa titik sudah pada tahap pemasangan batu alam. Tinggal pemasangan tiang supaya kendaraan tidak naik ke pedestrian. Pengerjaan waterfront akan selesai pada Oktober 2022 sesuai kontrak yang ada. Lalu waterfront di depan Kantor Bupati Sintang ditunda karena tebing sungai belum kokoh dikhawatirkan kalau diteruskan akan merusak pedestrian yang dibangun sehingga  dananya digeser ke Sungai Durian dengan menambahkan ruas pedestrian” beber Firli

Wakili Bupati Sintang, Asisten II Hadiri Peresmian Kantor CU Bima di Nanga Tempunak

Wakili Bupati Sintang, Asisten II Hadiri Peresmian Kantor CU Bima di Nanga Tempunak

 


Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus J menghadiri peresmian Gedung Kantor Credit Union (CU) Bima Cabang Tempunak, yang dilaksanakan di Kantor Cabang Kopdit Bima Tempunak, Dusun Fajar, Desa Tempunak Kapuas, Kecamatan Tempunak Kabupaten Sintang pada Kamis, 21 April 2022.

Dalam sambutan Bupati Sintang yang dibacakan oleh Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus J memberikan ucapan selamat atas diresmikannya Gedung kantor cabang CU BIMA di Tempunak, “atas nama pemerintah kabupaten sintang, saya ucapkan selamat atas diresmikannya gedung kantor cabang tempunak, mudah-mudahan diresmikannya kantor ini, dapat memberikan tambahan semangat bagi pimpinan serta staf kopdit bima cabang tempunak, untuk berkarya setiap hari”, ucap Yustinus.

Menurut Yustinus, bahwa dengan telah memiliki gedung sendiri tentunya koperasi bima cabang tempunak akan dapat mengoptimalkan usaha perkoperasiannya sesuai dengan azas koperasi , “dimana harus meningkatkan kesejahteraan anggotanya, selain itu diharapkan kepada seluruh anggota koperasi bima dapat lebih memanfaatkan keberadaan koperasi ini, sehingga koperasi ini dapat lebih maju dan lebih baik dari yang sebelumnya, berdirinya koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya, masyarakat, serta turut membantu tatanan perekonomian nasional, koperasi diharapkan untuk dapat berperan aktif dalam menaikkan taraf hidup masyarakat”, ujarnya.

Lanjut Asisten II dalam sambutan Bupati Sintang menyatakan bahwa dengan berdirinya gedung kantor CU Bima Cabang Tempunak ini semakin menguatkan pertumbuhan koperasi yang sehat dan bermutu di daerah ini “koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat, merupakan salah satu pilar ekonomi dan senantiasa mendapat perhatian serius dari pemerintah. Dan salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan di lakukan melalui program-program pemberdayaan ekonomi kerakyatan, diantaranya melalui pemberdayaan koperasi. melalui koperasi ini, diharapkan akan mendukung upaya pencapaian misi pemerintah baik di pusat maupun daerah”, sambungnya.

Asisten berpesan kedepannya koperasi Bima harus memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan menghadapi berbagai tantangan serta semakin maju berkembang dengan baik, “saya berpesan agar koperasi bima harus memberikontribusi bagi pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja serta peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. koperasi harus bisa menghadapi tantangan di masyarakat, bisa menjamin pemerataan ekonomi dan mewujudkan keadilan sosial, saya juga berharap, mudah-mudahan kopdit bima semakin jaya, berkembang, serta mampu membangkitkan perekonomian masyarakat kembali, utamanya bagi masyarakat di sekitar tempunak”, pesan Asisten.

Asisten Administrasi Umum Sintang Buka Kegiatan Peninjauan Kembali RTRW Sintang

Asisten Administrasi Umum Sintang Buka Kegiatan Peninjauan Kembali RTRW Sintang

 


Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Igor Nugroho, dalam hal ini mewakili Bupati Sintang membuka pelaksanaan kegiatan sosialisasi peninjauan kembali dan revisi rencana tata ruang wilayah Kabupaten Sintang, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel My Home Sintang, pada Kamis, 21 April 2022.

Dalam sambutan Bupati Sintang yang dibacakan oleh Asisten III, Igor Nugroho mengatakan bahwa Kabupaten Sintang terus berupaya meningkatkan kapasitas  dan meneguhkan komitmen  pemerintah daerah dalam penguatan tata kelola lingkungan pada aspek perencanaan dan usaha-usaha mencapai target pembangunan, “upaya penguatan tata kelola lingkungan yang dilakukan USAID SEGAR ini selaras dengan tujuan pembangunan kabupaten sintang yang menekankan pada keseimbangan antara prioritas pengelolaan keanekaragaman hayati, penggunaan lahan secara berkelanjutan, dan tetap menjaga target pembangunan ekonomi yang inklusif”, kata Igor.

Menurut Igor pelaksanaan sosialisasi kegiatan peninjauan kembali dan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sintang sangat perlu dan mendesak mengingat kebutuhan peninjauan ulang setiap waktu lima tahun dan adanya perubahan lingkungan strategis yang terjadi, “RTRW Kabupaten Sintang sebelumnya ditetapkan pada tahun 2015 dan telah memasuki masanya untuk ditinjau Kembali, peninjauan ini dilakukan untuk menjaga relevansi atau kesesuaian  antara RTRW dengan kebutuhan pembangunan, pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang. selain itu peninjauan kembali juga dimaksudkan agar aspek-aspek sosial, ekonomi dan lingkungan dalam pelaksanaan program-program pembangunan wilayah di Kabupaten Sintang tetap terjaga.”, ujarnya.

Masih kata Igor, bahwa konsultasi publik kegiatan penyusunan KLHS RDTR perkotaan kelam dimaksudkan sebagai upaya mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam Pembangunan Kawasan Perkotaan Kelam di Kabupaten Sintang kedalam Kebijakan, Rencana, Dan Program (KRP), “pembuatan simtaru diproyeksi menjadi sistem informasi dan komunikasi penataan ruang dengan platform berbasis windows, android dan ios. portal tersebut berfungsi untuk publikasi informasi perencanaan, pelayanan, dan komunikasi pengawasan”, ucapnya.  

“saya mohon kepada seluruh peserta dapat menyampaikan aspirasi dan masukan dari beragam pemangku kepentingan yang terlibat dalam acara ini sehingga akan menjadi kontribusi berharga bagi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di kabupaten sintang. saya berharap  rangkaian acara kegiatan ini menjadi tonggak upaya perbaikan tata kelola lahan dan lingkungan berbasis kewilayahan yang berkelanjutan di kabupaten sintang dalam mewujudkan komitmen sebagai kabupaten lestari, saya mengharapkan seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar serta bermanfaat bagi kita semua”, pesan Igor.

Bupati dan PHBI Sintang Gelar Buka Puasa Bersama, Bagikan Santunan Untuk 101 Yatim Piatu

Bupati dan PHBI Sintang Gelar Buka Puasa Bersama, Bagikan Santunan Untuk 101 Yatim Piatu

 


Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, menggelar silaturahmi dan buka puasa bersama dengan Bupati Sintang, Jarot Winarno di pendopo bupati, Selasa sore kemarin.

Silaturahmi dan buka bersama PHBI dan Bupati Sintang sekaligus menyerahkan santunan pada 101 anak yatim piatu dari lima panti asuhan di Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan ramadhan merupakan bulan berbagi untuk sesama manusia. Jarot bersyukur, selama bulan ramadhan kabupaten sintang aman dan tertib.

"Ramadhan ini aman, alhamdulillah. Kita bersyukur di masjid, majelis, semuanya tertib. Saya harapkan sampai idul fitri nanti tertib," harap Jarot.

Bupati Sintang, Jarot Winarno menyambut baik rencana tersebut. Jarot pun langsung menyampaikan permintaan izin ke Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian agar mengizinkan dan membantu pengamanan.

"Kita izin untuk menyelenggarakan takbir keliling, dengan prrotokol kesehatan dan dikawal oleh anggota beliau pada malam takbir," ujar Jarot

Ketua PHBI Kabupaten Sintang, Abdurrani mengatakan silaturahmi dan buka bersama dengan bupati dan anak yatim satu dari sekian agenda PHBI selama bulan ramadhan. "Agenda PHBI tahun ini ada safari ramadhan di Tertung dan di Kedabang," ujarnya. "Semoga segala amal ibadah kita diterima dan mendapatkan berkah serta pahala dari Allah SWT."

Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, berencana menggelar takbir keliling pada malam Hari Raya Idul Fitri.

Hal itu disampaikan oleh Ketua PHBI Kabupaten Sintang, Abdurrani saat silaturahmi dan buka bersama dengan bupati dan anak yatim. Selain takbir keliling, PHBI juga akan menggelar Salat Id berjamaah di lapangan Kodim 1205/Sintang.

"Satu syawal kami gelar takbiran keliling, kami juga melaksanakan salat id di lapangan kodim," ujar Abdurrani.

Menurut Abdurrani, sudah dua tahun PHBI tidak menggelar takbir keliling lantaran pandemi corona.

Tahun ini, kata dia, pandemi cenderung menurun, sehingga PHBI berniat menggelar takbir keliling.

"PHBI selama 2 tahun tidak melaksanakan kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi. Sehingga tahun ini kita lihat perkembangan covid melandai, kita berencana untuk memeriahkan bulan ramadhan dengan agenda yang telah kita susun bersama," ungkap Abdurrani.

Silaturahmi dan buka bersama diisi dengan Tausiah Ramadhan oleh Ustadz Rochandy. Dalam tausiahnya, dia menekankan pentingnya bersyukur pada bulan ramadhan.

"Jika umat islam pandai bersyukur di bulan ramadhan maka allah akan tambah nikmat pada kita, sebaliknya kalau tidak pandai bersyukur momentum ramadhan tidak dipergunakan untuk keataaan, maka azab sangat pedih," kata Rochandy

 

Wakili Bupati Sintang Pada Rakorlinesk Persiapan Operasi Ketupat Kapuas 2022, Ini Kata Yustinus J Asisten II Setda Sintang

Wakili Bupati Sintang Pada Rakorlinesk Persiapan Operasi Ketupat Kapuas 2022, Ini Kata Yustinus J Asisten II Setda Sintang

 


Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J menghadiri Rapat Koordinas Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1443 Hijriah pada Rabu, 20 April 2022 di Aula Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat Polres Sintang.

Rakorlinsek dipimpin langsung oleh Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian, SIK, M, Sc dan dihadiri oleh Anggota Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang,  Pimpinan Instansi Vertikal di Kabupaten Sintang, dan Organisasi Kemasyarakatan.

Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian menjelaskan bahwa Rakorlinsek dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Kapuas 2022 di wilayah hukum Polres Sintang.

“perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah ini agak berbeda dengan Idul Fitri dua tahun sebelumnya yang mana ada pembatasan yang sangat ketat. Tahun ini kita sudah diperbolehkan oleh pemerintah untuk merayakan Idul Fitri dengan kelonggaran yang ada. Kami berharap mudik sehat,  aman covid-19 dan tertib tanpa ada gangguan” terang Kapolres Sintang.

“gangguan keamanan harus kita antisipasi bersama-sama. Dalam operasi Ketupat Kapuas 2022 ini akan melibatkan banyak unsur dan fokus pada kemanusiaan. Kami akan melibatkan semua elemen, termasuk tokoh adat dan tokoh agama. Informasinya, tiket dan hotel sudah penuh disaat liburan. Artinya akan terjadi lonjakan jumlah warga yang akan liburan” tambah Kapolres Sintang

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J menyampaikan  jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang memberikan dukungan penuh terhadap rencana operasi ketupat Kapuas 2022 untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri di Kabupaten Sintang

“kami setuju, bahwa warga harus mudik sehat, mudik aman. Saya mengajak semua elemen untuk memberikan dukungan atas rencana pengamanan lebaran tahun 2022 ini. Kita harus melindungi warga kita yang akan mudik lebaran dengan terus mendorong program vaksin sampai dosis ketiga” terang Yustinus J

“OPD di lingkungan Pemkab Sintang yang terkait agar memberikan dukungan terhadap operasi ketupat Kapuas 2022 ini seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan yang lainnya.   Saya berharap lebaran tahun ini bisa aman, tertib, lancar dan sehat. Sudah dua tahun kita dilarang mudik, dan tahun ini diperbolehkan dengan syarat sehat dan aman” tambah Yustinus J

“saya mengajak tokoh adat, tokoh agama juga memberikan dukungan kepada saudara-saudari yang muslim untuk bisa menjalankan ibadah puasa sampai pada lebaran nanti. Kami juga sudah mengarahkan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang untuk bisa mendorong investor perkebunan untuk memperbaiki jalan-jalan rusak yang akan dijadikan jalur mudik lebaran di pedesaan, supaya paling tidak fungsional” tambah Yustinus J

“dalam hal keamanan rumah warga yang akan ditinggal mudik liburan dan lebaran, menurut saya tidak bisa hanya diserahkan hanya kepada pihak kepolisian, tetapi peranan camat, kepala desa, lurah, RT dan RW juga penting untuk mengawasi rumah warga yang kosong ditinggal mudik. Sehingga warga yang mudik juga merasa aman dan tenang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong” terang Yustinus J

 

Pemkab Sintang dan PT Kusuma Jaya Agro Jalin Kerjasama Pengolahan Sampah

Pemkab Sintang dan PT Kusuma Jaya Agro Jalin Kerjasama Pengolahan Sampah

 


Pemerintah Kab. Sintang bersama PT. Kusuma Jaya Agro melakukan penandatanganan MoU terkait pengolahan sampah menjadi bahan bakar Batu Bara untuk PLTU Sui Ringin, di Pendopo Bupati Sintang, Selasa, 19 April 2022.

Penandatangan MoU tersebut langsung di lakukan oleh Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH dan Direktur PT Kusuma Jaya Agro, Raden Hidayatullah Kusuma Dilaga.

Di jelaskan Direktur PT. Kusuma Jaya Agro, bahwa pengolahan sampah menjadi bahan bakar baru bara ini bukan cuma retorika belaka, namun kata dia, mesinnya sudah jadi, tinggal di bawa ke Sintang. Sintang dinilai tepat menjadi lumbung energi terbarukan ramah lingkungan. Bahkan di Indonesia, Sintang menjadi yang pertama.

Bupati Sintang pun sangat menyambut baik dan mendukung kerjasama pengolahan sampah dengan PT. Kusuma Jaya Agro. Karena menurutnya, kerjasama ini menjadi solusi tepat dalam menyelesaikan persoalan sampah di Kabupaten Sintang. Terlebih memang harga batu bara sangat mahal.

Turut hadir mendampingi Bupati, yakni Kadis LH Kab. Sintang, Asisten II Setda Sintang dan unsur OPD terkait.

Bupati Sintang, Jarot Winarno baru saja menandatangai perjanjian kerjasama dengan PT Kusuma Jaya Agro. Kerjasama ini dalam bentuk pengolahan sampah, limbah perkebunan dan pertanian diolah dengan teknologi terbarukan sebagai subtitusi sebagian bahan bakar batu bara di PLTU Sungai Ringin.

Persoalan sampah di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, nampaknya akan terselesaikan. Bupati Sintang, Jarot Winarno baru saja menandatangai perjanjian kerjasama dengan PT Kusuma Jaya Agro.

Kerjasama itu dalam bentuk pengolahan sampah, limbah perkebunan dan pertanian diolah dengan teknologi terbarukan sebagai subtitusi sebagian bahan bakar batu bara di PLTU Sungai Ringin.

PT Kusuma Jaya Agro akan membangun pabrik pengolahan sampah menjadi energi ramah lingkungan di Sungai Ringin. Targetnya, 100 ton sampah perhari.

Hasil produksi lewat Co-firing disuplay sebagai bagian bahan bakar pembagkit listrik 3x7 MW di PLTU Sungai Ringin.

“Ini bukan cuma retorika. Mesin sudah jadi, tinggal kita bawa,” kata Raden Hidayatullah Kusuma Dilaga, Direktur PT Kusuma Jaya Agro dalam paparannya kepada Bupati Sintang, Jarot Winarno, Selasa 19 April 2022.

Sintang dinilai Raden tepat menjadi lumbung energi terbarukan ramah lingkungan. Bahkan, di Indonesia kata dia, Sintang menjadi yang pertama.

“Kita tahu sampah menjadi persoalan besar, bukan Cuma di sintang, tapi juga di kota besar, ini menjadi salah satu solusi menjadi tekknologi terkini, dan ini pertama kali di indonesia yang akan diterapkan di kabupapten sintang," ujarnya.

"Di bantar gebang belum kita. Daerah lain belum. Hanya ada uji coba di bogor, Cuma 5 ton per hari. Tapi kita akan 100 ton perhari untuk kabupaten sintang. Saya lihat potensi besar sekali di kabupaten sintang untuk energi terbarukan,” bebernya. 

Kabupaten Sintang juga dinilai Raden lokasi yang tepat, apalagi sudah ada PLTU 3x7 MW di Sungai Ringin. Pertimbangan lainnya, jarak antara PLTU dan juga Tempat Pembuangan Sampah (TPA) tidak terlampa jauh, sehingga tidak mengkhawatirkan soal biaya pengangkutan sampah.

 “Kita akan memanfaatkan sampah rumah tangga maupun sampah kebun dari ranting pohon kayu yang tidak terpakai maupun bekas makanan bisa kita olah dengan teknologi yang tepat bisa dungkana untuk bahan bakar pembangkit 3x7 mega watt di kabupaten sintang bekerjasama dengan PLN grup," ujarnya

"Sintang kota yang sangat tepat. Sudah ada pembagkit listrik di sungai ringin 3x7 MW, dan kedepan sebagai energi baru terbarukan sehingga kedepan tidak lagi menggunakan energi batu bara sehingga menjadi ramah lingkungan," ujarnya

 

"Kami sudah survey melihat potensi sampah sampai ke sungai ringin dan TPA, dan kita lihat ini kota paling enak kami kerja, karena TPA dan pembangkit tidak jauh. Kita akan mendirikan pabriknya di sungai ringin,” ungkap Raden.

Bupati Sintang, Jarot Winarno sangat menyambut baik kerjasama pengolahan sampah dengan PT Kusuma Jaya Agro. Menurutnya, kerjasama ini menjadi solusi tepat dalam menyelesaikan persoalan sampah di Kabupaten Sintang.

“Kami semua sangat mendukung. Kita tahu batu bara harganya mahal dan akan bergati dengan sumber daya lainnya. Ini solusi yang tepat, sangat baik. Kita tunggu kegiatannya,” kata Jarot

 

HIPMI dan PT Sugi Graha Indah Serahkan Beasiswa, Bupati Sintang Hadir

HIPMI dan PT Sugi Graha Indah Serahkan Beasiswa, Bupati Sintang Hadir

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med.PH menghadiri acara penyerahan Investasi Tanah dan Beasiswa Pendidikan kepada Siswa/Siswi MAN 1 Sintang, yang merupakan program kerjasama PT. Sugi Graha Indah (SGI) & HIPMI Peduli (BPC HIPMI Sintang), di Masjid Komplek MAN 1 Sintang, Senin, 18 April 2022.

Ada empat pelajar berprestasi MAN 1 Sintang yang mendapatkan sebidang tanah dan 10 pelajar mendapatkan beasiswa tunai kerjasama PT. Sugi Graha Indah & HIPMI Peduli (BPC HIPMI Sintang) pada acara tersebut.

Bupati Sintang pun memberikan apresiasi apa yang di lakukan oleh BPC HIPMI Sintang & PT. SGI, karena hal tersebut menurutnya sangat bermanfaat guna memberikan motivasi kepada para palajar agar kelak bisa menyiapkan masa depan hidup diri mereka sebaik-baiknya.

Empat siswa berprestasi Madarasah Aliyah Negeri (MAN) Sintang mendapatkan bantuan beasiswa sebidang tanah dari Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC-HIPMI) Kabupaten Sintang.

Selain empat siswa berprestasi, HIPMI Peduli yang bekerjasama dengan PT Sugi Graha Indah tersebut juga menyalurkan beasiswa dalam bentuk uang tunai untuk biaya pendidikan kepada 10 siswa kurang mampu.

"Ini tahun ketiga program HIPMI peduli pendidikan dalam bentuk pemberian beasiswa uang tunah tanah kavling kepada pelajar berprestasi," kata Ketua BPC HIPMI Sintang, Imam Asrori, Senin 8 April 2022.

Tujuan program HIPMI Peduli selain untuk memberikan motivasi sekaligus untuk melatih pelajar tentang pentingnya berinvestasi.

"Tujuannya kegiatan ini kita berharap akan menjadi motivasi bagi para siswa untuk lebih giat lagi belajar, kemudian memotivasi kepada siswa lain yang pada kesempatan ini belum mendapatkan. Dan semoga nantinya bermanfaat baik untuk biaya sekolah mereka maupun dalam bentuk investasi tanah," kata Imam.

Menurut Imam, bantuan sebidang tanah diperbolehkan dijual atau untuk investasi masa depan untuk biaya pendidikan. "Bebas. Investasi tanah penting untuk masa depan mereka. Misalnya sudah lulus sekolah mereka mau daftar kuliah bisa dijual atau justru tidak mereka jual, sampai dengan misalkan mereka banguh rumag juga boleh," ujarnya.

Penyerahan investasi tanah dan beasiswa pendidikan dihadiri langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno di Masjid komplek MAN 1 Sintang.

"Garapnya sekaligus kita melatih siswa bagaimana pentingnya berinvestasi, menabung dalam proprerti akan lebih menguntungkan daripada kita menabung uang di bank. Target kita beasiswa pendidikan, ya memang nanti dipergunakan untuk pendidikan terutama saat kuliah. Kami berharap bisa berbuat lebih, kalau bisa setiap tahun meningkat, mohon doanya," harap Imam.

Tahun ini, ada empat pelajar berprestasi MAN 1 Sintang, yang mendapatkan sebidang tanah melalui program HIPMI Peduli Pendidikan. Selain itu, ada pula beasiswa tunai kepada 10 pelajar.

Direktur PT Sugi Graha Indah, Sugiyanto menyatakan pihaknya berkomitmen untuk membantu agar mutu dan kualitas pendidikan di sintang bertambah lebih bagus, baik, dan kuat.

"Inilah generasi yang harus kita bantu, baik berupa uang tunai maupun lahan investasi," katanya, Senin 18 April 2022.

Sugi memandang, biaya pendidikan kedepan akan naik. Dengan investasi sebidang tanah jangka panjang diharapkan dapat membantu pelajar melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

"Kedepan biaya pendidikan kita juga tidak murah, maka kita berikan investasi jangka panjang ini, agar teman-teman di kemudian hari dapat melanjutkan studi mereka investasinya bisa dimanfaatkan. Mungkin jenjang kuliah, atau bidang usaha lainnya setelah lulus sekolah kedepan bisa membantu mereka," ujar Sugi.

HIPMI Peduli memasuki tahun ketiga, Sugi berkomitmen bantuan investasi tanah diagendakan setiap tahun diadakan.

"Kami berkomitmen ini agenda tahunan, jadinya ini pasti kita laksanakan setiap tahun. Tahun berikutnya kita sudah punya rencana nanti kita infokan, dan insha allah kalaupun rejeki lebih banyak, kita akan berikan lebih banyak bantuan beasiswa investasi tanahnya, dan mudah mudahan investasi tunainya juga lebih banyak. Saya berharap siapapun yang mau berbagi, ayo berbagi. Jadi untuk berbagi tidak harus kaya, apapun itu bisa sama-sama," jelas Sugi

 

Sekda Sintang Hadiri Peringatan Hari Kartini 2022

Sekda Sintang Hadiri Peringatan Hari Kartini 2022

 


Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, menghadiri peringatan hari Kartini ke-144 di Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang, yang dilaksanakan pada Kamis, (21/4/2022).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah mengatakan bahwa peringatan hari kartini mempunyai makna tersendiri dalam kehidupan berbangsa, bernegara, khususnya bagi kaum perempuan di Indonesia, “Raden Ajeng Kartini telah menginspirasi banyak Wanita sekaligus memberi api semangat bagi Wanita Indonesia untuk semakin maju, beliau adalah sosok modern yuang berasal dari masalalu sehingga pantas dikenang dan dijadikan suri tauladan oleh perempuan Indonesia, dan semua itu bermakna apabila kita mampu merefleksikan semangat Kartini dalam kehidupan sehari-hari”, kata Yosepha.

Saat ini, sambung Sekda bahwa upaya-upaya untuk mewujudkan kiprah dan peran Wanita masih dihadapkan dengan tantangan yang cukup berat, “kita masih menghadapi kesenjangan akses, partisipasi, control, dan manfaat khususnya yang di alami oleh kaum perempuan, seperti di tahun 2020 kita dihadapkan dengan pandemi covid-19, dan masih banyak lagi persoalan kompleks didalam dunia perempuan saat ini yang dimana diperlukan sumbangsih dari kita baik dalam bentuk pemikiran maupun Tindakan nyata”, ucap Sekda.

Sekda menjelaskan bahwa peringatan hari Kartini tahun 2022 ini menjadikan momentum penting bagi seluruh kaum perempuan khususnya di Kabupaten Sintang untuk maju dan saling mendukung, “saya mengajak seluruh kaum perempuan di KAbupaten Sintang untuk terus bersinar, membangun, rasa percaya diri dan pantang menyerah dalam mewujudkan impian dan cita-cita, yang dimana sebagai perempuan suara kita amatlah berharga yang memberikan sentuhan mendalam dan intuisi tajam kita tidak terkalahkan, terlebih dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi para perempuan masa kini”, jelasnya.

Masih kata Sekda Sintang bahwa sejak tahun 2016 yang lalu, Sekda Sintang mengajak seluruh ASN perempuan dilingkungan Pemkab Sintang untuk menggunakan kebaya nasional pada setiap perayaan hari kartini, “hal ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk penghormatan, penghargaan dan apresiasi kita semua kepada Raden Ajeng Kartini yang telah memperjuangkan agar  perempuan Indonesia menjadi berwawasan, mandiri dan penuh karya”, tambah Sekda.

Sekda berpesan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk menjadikan momentum peringatan Hari Kartini 2022 sebagai peningkatan kinerja dan disiplin dalam melaksanakan tugas, “saya minta kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sintang untuk meningkatkan kinerja dan disiplin dalam melaksanakan tugas sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 5 tahun 2014, tentang Aparatur Sipil Negara, telah menegaskan tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam mengembangkan karirnya selaku ASN, saya yakin dan percaya bahwa kaum perempuan mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik”, pesan Yosepha.

Pimpinan Baznas Sintang Periode 2022-2027 Dilantik Oleh Bupati Sintang

Pimpinan Baznas Sintang Periode 2022-2027 Dilantik Oleh Bupati Sintang

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, melantik Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sintang periode 2022-2027, yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang, pada Selasa, 19 April 2022.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si, Asisten I bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat, S.Sos, M.Si, Asisten 2 bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yustinus, J., S.Pd, M.A.P , Asisten 3 bidang Adminstrasi Umum, Drs. Igor Nugroho, M.Si, jajaran Forkopimda, dan para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang serta tamu undangan lainnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno, melantik Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sintang periode 2022-2027, yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang, pada Selasa, (19/4/2022).

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, jajaran Forkopimda, para Asisten dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang serta tamu undangan lainnya. 

Pada sambutan Bupati Sintang yang dibacakan oleh Asisten I bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Syarief Yasser Arafat menyampaikan ucapan selamat kepada para pimpinan BAZNAS yang telah dilantik oleh Bupati Sintang, “atas nama Pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sintang saya ucapkan selamat dan sukses kepada para pimpinan BAZNAS Kabupaten Sintang periode 2022-2027 yang dimana proses pelantikan telah melalui berbagai tahapan yang dimulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi, penetapan hasil seleksi, pengajuan rekomendasi kepada BAZNAS pusat sampai dengan terbitnya rekomendasi dari BAZNAS, setelah itu diterbitkan surat rekomendasi pertimbangan BAZNAS pusat maka Bupati Sintang berhak melantik pimpinan BAZNAS Kabupaten Sintang periode 2022-2027”, ucap Yasser.

Menurut Yasser bahwa Presiden Republik Indonesia telah mencanangkan Gerakan cinta zakat yang mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan zakat, infak dan sedekah dan memastikan penyalurannya tepat sasaran, “Gerakan cinta zakat ini sejalan dengan program pemerintah yang memiliki kinerja besar, kerja yang sangat besar untuk mengentaskan kemiskinan, menangani musibah dan bencana, serta menuntaskan program-program berkelanjutan”, kata Yasser dalam sambutan Bupati Sintang.

Asisten I berharap kepada para pimpinan BAZNAS Kabupaten Sintang yang telah dilantik kiranya untuk terus meningkatkan pemberian pelayanan zakat yang bermutu kepada masyarakat, “tetaplah bersemangat dan bekerjasama dengan seluruh pihak untuk membangun Gerakan cinta zakat di Sintang, dan saya juga berharap BAZNAS Sintang dapat bertransformasi dengan luar biasa, lakukanlah terobosan yang baru untuk 5 tahun kedepan, terutama terobosan dalam bidang digital, terus berinovasi dalam memberikan pelayanan zakat, sehingga dapat meningkatkan manfaaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan syariat Islam, Amanah kemanfaatan. Keadilan, kepastian hukum, terintegrasi, dan akuntabilitas”, harap Yasser.

“saya mengimbau kepada seluruh pimpinan OPD, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD di Kabupaten Sintang agar mendukung BAZNAS sebagai lembagag pemerintah non-struktural dibawah presiden, yakni dengan cara mewajibkan semua ASN atau pegawai yang beragama Islam untuk menyetor 2,5 persen zakat profesi ke BAZNAS Kabupaten Sintang, yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat dan juga untuk bantuan sosial keumatan lainnya di Kabupaten Sintang”, imbau Yasser.

 

Sekda Sintang Pimpin Rapat Persiapan Hari Jadi Kota Sintang Ke 660, Ini Hasilnya

Sekda Sintang Pimpin Rapat Persiapan Hari Jadi Kota Sintang Ke 660, Ini Hasilnya

 


Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si memimpin jalanya Rapat Persiapan Penyelenggaraan Peringatan Hari Jadi Kota Sintang Yang Ke 660 Tahun 2022 di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Selasa, 19 April 2022. 

Yosepha Hasnah menjelaskan bahwa peringatan Hari Jadi Kota Sintang yang ke 660 Tahun 2020 harus disiapkan dengan baik supaya nanti bisa berjalan dengan lancar.

“kita akan melaksanakan upacara di Halaman Kantor Bupati Sintang pada Selasa, 10 Mei 2022 nanti. Artinya setelah Idul Fitri. Sehingga kita sekalian melaksanakan halal bi halal yang melibatkan semua suku dan agama yang ada di Kabupaten Sintang. Nanti para tokoh semua suku dan agama akan menjadi peserta upacara dan sekalian silaturahmi” beber Yosepah Hasnah

“saat ini kasus covid-19 semakin menurun, tetapi kita diberikan beban agar meningkatkan capaian vaksinasi. Soal pakaian saat upacara, kita harus sepakat untuk semua peserta upacara dan panitia wajib menggunakan pakaian adat daerah yang ada di Indonesia” terang Yosepha Hasnah

“tapi saya minta, jangan gunakan pakaian adat yang asal-asalan. Harus yang benar. Di daerah lain, mereka total dalam penggunaan pakaian adat daerah ini. Seluruh ASN, pegawai BUMN, BUMD, Perbankan dan Lembaga Keuangan semuanya wajib memakai Pakaian Adat daerah pada Selasa, 10 Mei 2022 saat bekerja” terang Yosepha Hasnah

Ketua Majelis Adat dan Budaya Melayu Kabupaten Sintang H. Ade Kartawijaya menyampaikan bahwa saprahan memang sebaiknya di Pendopo Bupati Sintang saja dan mendukung lokasi pelaksanaan upacara di  Halaman Kantor Bupati Sintang.

“tema Hari Jadi Kota Sintang yang ke 660 Tahun 2022 ini adalah BANGSA yang merupakan kepanjangan dari Membangun Kebersamaan Dalam Perbedaan. Semnagat kebersamaan ini harus terus kita pupuk untuk bisa membangun Kota Sintang ini” terang H. Ade Kartawijaya

“saya juga mendukung kalau pada Selasa 10 Mei 2022 nanti seluruh ASN untuk masuk kerja menggunakan pakaian daerah yang lengkap. Buat surat edaran dari Bupati Sintang. Sehingga saat warga yang mau mendapatkan pelayanan akan tahu bahwa 10 Mei itu hari jadi Kota Sintang” terang H. Ade Kartawijaya

Andreas Calon Ketua Forum Ketemenggungan Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa sejarah terbentuknya Kota Sintang ini seharusnya dipahami dengan baik oleh semua elemen masyarakat termasuk kalangan pelajar.

“sehingga menurut saya, kita perlu melibatkan para pelajar dalam merayakan Hari Jadi Kota Sintang ke 660 ini. Silakan dipilih, di acara mana kita akan melibatkan kalangan pelajar ini. Bagi saya, kalau para pelajar tahu sejarah berdirinya Kota Sintang ini, maka mereka akan mencintai daerahnya dan sejarahnya” beber Andreas Calon

“dengan mengetahui sejarah, mereka akan menghargai Kota Sintang. Dengan melibatkan mereka meskipun dengan terbatas. Saya melihat, di zaman sekarang ini, untuk kalangan pelajar, kurang dalam hal mempelajari sejarah lokal, maka perlu kita libatkan” tambah Andreas Calon

Kepala Bank Kalbar Cabang Sintang, Muhammad Rizwan menyampaikan Bank Kalbar siap memberikan dukungan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Sintang yang ke 660 Tahun 2022.

“saran saya, lebih baik laksanakan kegiatan yang lebih pada untuk membangun budaya sehingga keberadaan Sintang ini semakin diketahui oleh masyarakat luar Kalbar. Lakukan kegiatan yang bisa membangun budaya dan  pariwisata seperti lomba membuat video pendek dengan sekolah sekolah sebagai peserta” terang  Muhammad Rizwan

“sekarangkan membuat video seperti itu sudah tidak susah. Tidak harus memiliki peralatan yang baik. ambil video dengan handphone pun sudah bisa dan hasilnya bagus. Kita rangkul anak-anak sekolah yang saat ini sudah semakin kreatif. Nanti kami siap mendukung kalau ada lomba video pendek ini. Nanti hasilnya bisa kita posting di media sosial” terang Muhammad Rizwan

Bernie Danu Brata dari Kesultanan Sintang menyarankan agar setelah melaksanakan upacara memperingati Hari Jadi Kota Sintang yang ke 660 Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Sintang, kita sebaiknya menuju ke Keraton Sintang untuk meninjau Museum Pusaka Ningrat yang baru selesai dibangun.

“kami mau menunjukan Museum Pusaka Ningrat di dalam Keraton Sintang yang merupakan bantuan dari Pertamina. Anggap saja ini menjadi soft opening nya lah. Karena memang baru selesai dibangun. Nanti kita bisa melihat koleksi-koleksi yang ada di dalam Museum Pusaka Ningrat Keraton Sintang. Setelah meninjau Museum Pusaka Ningrat Keraton Sintang barulah ziarah ke makam Jubair I. Baru ke Pendopo Bupati Sintang untuk makan saprahan” terang Bernie Danu Brata

Buka Pesantren Ramadhan di Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Ulak Jaya, Ini Kata Bupati Sintang

Buka Pesantren Ramadhan di Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Ulak Jaya, Ini Kata Bupati Sintang

 


Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 H, di Masjid Miftahul Jannah, Ulak Jaya, Kec. Sintang, Minggu pagi, 17 April 2022, yang mengusung tema "Bersama Puak Melayu Membentuk Generasi Qur'ani yang Beriman, Bertaqwa, Intelektual dan Berahlaqul Karimah".

Pesantren Ramadan ini digelar oleh Puak Melayu yakni gabungan organisasi kemasyarakatan Melayu seperti Persatuan Orang Melayu (POM), Laskar Pemuda Melayu, pengurus Masjid Miftahul Janah dan Majelis Ta’lim Miftahul Jannah, yang dilaksanakan dari 18-20 April 2022 ini, diikuti oleh 200 peserta mulai dari Siswa/i tingkat SD, SMP dan SMA/sederajat.

Bupati Sintang pun memberikan apresiasi atas terselenggaranya pesantren ramadan yang dinilainya untuk mempertebal nilai iman dan takwa para generasi muda dan menghasilkan ilmu yang bermanfaat.

“saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya pesantren ramadhan ini. Kegiatan ini saya nilai mampu mempertebal nilai keimanan dan taqwa para generasi muda dan menambah ilmu agama. Semoga bermanfaat” terang Bupati Sintang

Kegiatan ini bertujuan supaya para siswa belajar agama secara memadai dalam waktu yang tidak terlalu lama. Pesantren Ramadhan juga sebagai sarana agar puasa siswa bukanlah puasa yang hampa, akan tetapi menjadi puasa yang bermakna dan berlimpah pahala. Siswa memperoleh banyak ilmu agama melalui kegiatan pesantren kilat di bulan Ramadhan. Agar pesantren kilat pada kegiatan Ramadhan ini bermakna, harus diperhatikan dalam mengelola dan mengemas strategi pembelajaran. Untuk itu, lebih baik sekolah melibatkan semua guru dalam pelaksanaan pesantren kilat.

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah dan bulan penuh pengampunan. Oleh karena itu, momentum tersebut harus dimanfaatkan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, salah satunya melalui pesantren kilat dibulan Ramadhan yang dilaksanakan oleh Puak Melayu Sintang

Pesantrean Ramadhan yang diadakan oleh Puak Melayu Sintang bertujuan untuk kembali mereview pelajaran - pelajaran yang sudah pernah diberikan oleh sekolah dan pesantren kali ini lebih kepada kegiatan ramadhan, agar anak- anak ini bisa memahami arti puasa yang baik dan benar dalam menjalankan ibadah-ibadah yang ada di bulan Ramadhan.

Adapun tujuan kita mengadakan pesantren selama satu minggu ini agar anak - anak  murid kita bisa menjalankan ibadah puasa dan menjalankan kegiatan Ramadhan didalamnya dengan baik dan benar yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Adapun materi yang dibahas didalam kegiatan Pesantren kilat Ramadhan selama satu minggu ini yaitu Sholat Dhuha, Muroja'ah, Asmaul Husna dan Do'a Pilihan, Ngaji Morning, Bab Wudhu, Tayamum, Istinja, Bab Sholat dan Bacaan Sholat, Bab Puasa, Bab zakat, infaq, Shodaqah, Bab Sholat Gerhana, Istisqa dan Tarawih.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.