Dalam Jumpa Pers, Sekda Sintang Beberkan Informasi Wabup Sintang Wafat di Jakarta

Dalam Jumpa Pers, Sekda Sintang Beberkan Informasi Wabup Sintang Wafat di Jakarta

 


Duka mendalam dirasakan masyarakat Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto tutup usia di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, di Jakarta, Sabtu 18 September 2021, pukul 11.00 wib, karena sakit kanker hati. Duka yang sama dirasakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah. Yosepha, tidak hanya kehilangan sosok pemimpin, tapi juga sahabat baiknya. Menurut Yosepha, almarhum dirujuk ke RSCM di Jakarta sejak tanggal 8 September 2021.

"Tanggal 9 September menjalani pemeriksaan di poly rawat jalan RSCM di jakarta, kemudian beberapa hari kemudian tanggal 12 september beliau mausk rumah sakit dan rawat inap," ungkap Yosepha, Sabtu 18 September 2021.

 Almarhum Wabup Sintang Sudiyanto Didiagnosa Sakit Kanker Hati, Awalnya Dicurigai Prostat. Pada tanggal 12 September, dokter RSCM berencana akan mengambil tindakan RFA (Abliasi Radiofrequency). Namun batal. Pada 14 September karena kondisi Yosef Sudiyanto mengalami perdarahan memanjang, tindakan RFA ditunda sampai tanggal 16 september.

"Tanggal 16 September Bapak Yosef Sudiyanto mengalami demam dan sesak nafas, sehingga tindakan RFA ditunda kembali. Karena kondisi melemah dan saturasi oksigen Bapak Yosef Sudiyanto menurun, pada Tanggal 17 September malam beliau dipindahkan ke ruang ICU," jelas Yosepha.

Jumat, siang sekitar pukul 10.58, kondisi Sudiyanto memburuk, kritis. Tepat pukul 11.00 wib, dokter menyatakan meninggal dunia. Jenazah almarhum rencananya diberangkatkan besok pagi Jam 06.00 wib, Minggu tanggal 19 september dari Jakarta menuju Pontianak dan langsung dibawa ke Sintang.

Jenazah almarhum Yosef Sudiyanto akan disemayamkan di Rumah Jabatan Wakil Bupati Sintang Jalan Pahlawan kelurahan Tanjung Puri. Rencana pemakaman almarhum Yosef Sudiyanto masih menunggu keputusan keluarga besar almarhum.

"Saat ini sedang pengurusan jenazah untuk dibawa ke pontianak. Hari ini sudah tidak terkejar lagi karena untuk kargo sudah tertuup. Rencana besok berangkat kemungkinan pesawat lion air jam 6 pagi. Diperkirakan besok paling cepat tiba jam 3 sore di Sintang. Mengenai kapan dan di mana dimakamkan kita belum tahu, kita masih ada rembuk keluarga nanti kita akan sampaikan lagi setibanya di pontianak," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengungkapkan almarhum Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto didiagnosa oleh dokter menderita penyakit Hepatocellular Carcinoma. Beliau didiagnosa oleh dokter menderita Hepatocellular Carcinoma atau bahasa umumnya kita sebut sebagai kanker hati," ungkap Sinto, Sabtu 18 September 2021.

Sinto mengungkapkan, semula penyakit yang diderita almarhum dicurigai prostat, karena mengeluhkan kesulitan buang air kecil saat masih berada di Kabupaten Sintang. Sudiyanto lalu dirujuk ke RS Antonius di Pontianak, setelah sempat menjalani perawatan di RSUD Ade M Djoen Sintang.

"Almarhum itu sakit awalnya di sintang. Awalnya hanya kita curigai karena porstat, karena kesulitan untuk buang air kecil. Kemudian sempat dirawat dua hari di rumah sakit Ade M. Doen, kemudian dirujuk ke Antonius. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter ahli, dianjurkan berobat ke RSCM di Jakarta. Di sana beliau didiagnosa menderita kanker hati," ujar Sinto.

Rencana tindakan medis berupa pembuangan sel kanker 3 kali batal. Kondisi Sudiyanto terus menurun. Setengah jam sebelum dinyatakan meninggal dunia, Sudiyanto sempat kritis dan dirawat di ICU. "Kondisi beliau memburuk. Diperkirakan oleh karena penyebaran sel kanker sampai ke paru, yang menyebabkan beliau drop, sesak nafas. Sehingga rencananya akan akan diambil tindakan untuk membuang sel kankernya batal, sampai 3 kali. Tuhan berkehendak lain. Beliau drop masuk ke ICU, dan dinyatakan meninggal dunia," kata Sinto

Thanks for reading Dalam Jumpa Pers, Sekda Sintang Beberkan Informasi Wabup Sintang Wafat di Jakarta | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Dalam Jumpa Pers, Sekda Sintang Beberkan Informasi Wabup Sintang Wafat di Jakarta"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.