Syarief Yasser Arafat Presentasi Kesiapan Sintang Sebagai Tuan Rumah MTQ Kalbar Kepada Gubernur

Syarief Yasser Arafat Presentasi Kesiapan Sintang Sebagai Tuan Rumah MTQ Kalbar Kepada Gubernur

 


Gubernur  Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH. M. Hum mendengarkan ekspose kesiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Ke XXIX Tahun 2021 Tingkat Provisi Kalimantan Barat di Kabupaten Sintang di Aula Masjid Mujahidin Pontianak pada Rabu, 29 September 2021.

Ekspose dilakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat bersama jajaran Pemkab Sintang lainnya. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang menyampaikan paparan kesiapan Kabupaten Sintang sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Ke XXIX Tahun 2021 Tingkat Provisi Kalimantan Barat. Paparan yang disiapkan oleh jajaran panitia lokal Kabupaten Sintang berbentuk video yang menjelaskan kesiapan 8 venue perlombaan, tempat penginapan dan berbagai aspek lainya. Usai ekspose yang dilakukan dalam bentuk video tersebut, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji memberikan tanggapannya.

“kita juga melakukan launching logo dan maskot MTQ ke 29 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Saya juga ingin memastikan bahwa pelaksanaan MTQ nanti di Sintang harus memperhatikan protokol kesehatan. Pengalaman MTQ di Sekadau kemarin, masih ada beberapa yang perlu dilakukan evaluasi. Penginapan tidak boleh terlalu banyak, sehingga kafilah boleh saja berada di Sintang tetapi berada di beberapa titik. Yang dikumpulkan secara virtual di arena utama. Sehingga semaraknya bisa dirasakan oleh masyarakat Sintang” terang H. Sutarmidji

“masih ada waktu untuk melakukan persiapan. Saya berharap ada di arena lomba ada yang bisa dijadikan icon, seperti STQ Nasional yang  dilaksanakan di Kalimantan Barat, sampai sekarang tempat lombanya masih ada dalam bentuk mimbar tilawah yang berbentuk tanjak di pinggir sungai Kapuas dan bola dunia di tugu khatulistiwa. Aula tilawah yang berbentuk tanjak itu malah bertahan sekitar setahun lebih. Jangan begitu selesai MTQ, selesai juga semua fasilitas yang disiapkan panitia” terang H. Sutarmidji

“manajemen di Sintang harus bisa memperhatikan itu. Saya berharap peserta yang usia 12 tahun keatas sudah di vaksin semua. Masih bisa dua kali vaksin kalau menggunakan vaksin sinovac. Vaksin sekarang sudah banyak. Kita selalu mendapatkan kirim banyak vaksin dari pemerintah pusat. Saat ini vaksin di kirim langsung oleh Kementerian Kesehatan ke kabupaten kota, bukan melalui provinsi lagi. Aplikasi saat memantau seluruh vaksin di Indonesia. Pergerakan vaksin setiap hari terpantau melalui aplikasi. Vaksin di kabupaten kota saat ini masih 15 ribuan dosis” terang H. Sutarmidji

“seluruh peserta MTQ harus segera di vaksin. Sinovac masih bisa dua kali. Tempat penginapan kafilah harus menjadi perhatian kabupaten kota sebagai peserta dan oleh Sintang selaku tuan rumah. Kalau tempat penginapan tidak mencukupi dan dari sisi protokol kesehatan tidak memadai, lebih bagus kabupaten kota yang bersangkutan berusaha agar bisa layak. Siapkan masker yang standar, meskipun panitia sudah menyiapkan. Untuk masyarakat juga harus diperhatikan soal masker ini” terang H. Sutarmidji

“mereka yang sudah mengikuti lomba dan masih mengikuti lomba yang lain, bisa melalukan swab PCR. Panitia harus menyiapkan kalau peserta dinyatakan positif berdasarkan hasil swab PCR, soal isolasi dimana nantinya. Kalau bergejala bisa langsung ke rumah sakit, tetapi kalau tidak bergejala itu yang dipikirkan. Saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan antigen, peserta tidak boleh tes antigen. Perginya harus tes swab PCR, dua hari sebelum tiba di tempat´ terang H. Sutarmidji

“kalau pelaksanaannya satu minggu, maka setelah 4 hari berada di Sintang, dia harus dilakukan tes swab PCR kembali. Lebih cepat kita mengetahui seseorang positif, lebih mudah menanganinya. Semua kontingen siapkan vitamin untuk peserta dan panitia. Vitamin C, D dan E harus disiapkan, saya rasa kabupaten kota ada stok. Itu  yang perlu diperhatikan, sehingga MTQ Kalimantan Barat di Kabupaten Sintang bisa berjalan sukses dan lancar” terang H. Sutarmidji

 

Dampingi Lasarus Hadiri Kegiatan Padat Karya, Ini Kata Plh Bupati Sintang

Dampingi Lasarus Hadiri Kegiatan Padat Karya, Ini Kata Plh Bupati Sintang

 


Pelaksana harian (Plh) Bupati Sintang, yang juga Sekda Kab. Sintang, Yosepha Hasnah, mendamping Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus dan Direktur Angkutan Udara Kemenhub RI, Maria Kristi Endah Murni, menghadiri kegiatan Padat Karya tahun 2021 di UPBU Kelas II Tebelian Sintang, di Gerbang Masuk Bandar Udara kelas II Tebelian Sintang, Sabtu pagi, 25 September 2021.

Kepala Kantor UPBU Tebelian, Patah Atabri, menjelaskan, kegiatan yang kali kedua dilaksanakan di Bandar Udara Tebelian, Kab. Sintang ini merupakan dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat melalui kegiatan pendukung program Padat Karya. Dimana diikuti oleh warga Desa Kunyai, Manter dan Sungai Ukoi, di Kecamatan Sungai Tebelian serta masyarakat Sintang pada umumnya.

"Kegiatan padat karya ini diikuti oleh kurang lebih 350 orang, pembersihan fasilitas isi darat seluas 9,5 hektar dan perbaikan jalan di lingkungan bandar udara kelas II Tebelian Sintang"jelas Patah.

"Pelaksananya menggunakan anggaran APBN diva kantor UPBU kelas II Tebelian Sintang tahun 2021"tambahnya.

Plh Bupati Sintang, yang juga Sekda Kab. Sintang, Yosepha Hasnah, Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang sangat mendukung, mengapresiasi dan menyambut baik serta menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Padat Karya di UPBU Kelas II Tebelian ini.

"Karena kita tahu dengan kehadiran bandara tebelian telah berdampak sangat baik bagi peningkatan pendapatan masyarakat"kata Yosepha.

Namun, lanjut dia, karena adanya pandemi menyebabkan penurunan aktivitas di Bandara Tebelian, sehingga menyebabkan pula penururunan kegiatan ekonomi masyarakat yang terkait secara langsung dengan aktivitas dan operasional Bandara Tebelian. "Kami sangat sependapat bahwa program padat karya merupakan salah satu kunci untuk memulihkan daya beli masyarakat sekaligus mengungkit ekonomi di tingkat daerah selama masa pendemi saat ini"ujar Yosepha.

Oleh sebab itu, kata dia, program-program yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi harus memberi prioritas pada pembukaan lapangan kerja melalui padat karya tersebut, karana kalangan masyarakat berpenghasilan rendah merupakan kelompok yang paling terdampak akibat covid-19. "Semoga kegiatan yang di laksanakan ini memberi dampak positif bagi peningkatan pendapatan masyarakat khususnya masyarakat yang ada di sekitar UPBU kelas II Tebelian Sintang, sehingga dapat menggerakan dan menggeliat kembali perekonomian di wilayah ini"harap Yosepha.

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, menjelaskan, bahwa kegiatan padat karya ini tujuan utamanya adalah bagaimana penggunaan APBN untuk menstimulus kondisi ekonomi yang ada di tengah masyarakat akibat dari pandemi covid-19.

"Kita sudah berjalan tahun yang kedua, saya sudah dua kali ikut di sini, pada tahun lalu juga saya hadir diacara yang sama dan kita tentu berharap dengan peran kita semua covid-19 ini segera berlalu, tadi saya tanya bu plh bupati menyampaikan sintang sekarang ada pada level 2, mudah-mudahan sebentar lagi turun ke level 1"kata Lasarus.

Melalui kegiatan padat karya ini, Lasarus pun mengajak masyarakat setempat khususnya untuk menjaga keberadaan Bandara Tebelian. "Kan lumayan ni ada bandara tiap tahun kita ada kegiatan, di tempat lain nda ada, hanya di tiga desa yang kebagian, karena tiga desa inilah yang ada di sekitar bandara"ujar Lasarus.

Selain itu juga pesan Lasarus kepasa Kepala Kantor UPBU Tebelian, kalau ada pekerjaan di kawasan Bandara Tebelian agar melibatkan tenaga kerja lokal, secara khusus masyarakat sekitar bandara.

"Saya titip, kepada Kepala Kantor UPBU Kelas II Tebelian Sintang kalau ada pekerjaan yang memang bisa dikerjakan oleh orang lokal di sini, tolong jangan bawa tenaga kerja dari luar, Pak. Tolong. Saya berharap kalau memang kualifikasinya masuk. Supaya mereka juga merasa memiliki, dan turut menjaga bandara ini," pesan Lasarus.

"Sementara memang tidak ada penerbangan, karena kondisi covid-19 ini masih cukup tinggi, karena wajib pcr, belum lagi beli tiket pesawat, maka banyak maskapai yang penumpangnya masih sangat terbatas. Semoga kondisi ini cepat berlalu sehingga bisa hidup normal kembali"tambah Lasarus.

Lasarus berpesan, karena masih dalam masa pandemi covid-19, maka semua harus mematuhi protokol kesehatan baik itu di kampung maupun di kota. "Saya berpesan walaupun di kampung tetap menerapkan protokol kesehatan"pesan Lasarus.

"Beberapa waktu lalu saya mendapat informasi, dan sempat koordinasi juga dengan kepala dinas kesehatan sintang, kebetulan di kampung saya itu beberapa waktu yang lalu hampir semua orang tidak bisa mencium, nah berartikan ini dah masuk didesa-desa ini. Ada kebiasan orang di desa itu jarang memakai masker ya, jaga protokol kesehatan, tujuannya adalah agar pandemi ini cepat berlalu"kata Lasarus.

Hadir juga pada kegiatan ini, Unsur Forkopimda Kab. Sintang, sejumlah Unsur Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Sintang, Kepala Kantor UPBU Tebelian, Patah Atabri, unsur Forkopimcam Tebelian, masyarakat yang turut serta dalam kegiatan padat karya dan tamu undangan lainnya.

Uskup Sintang Ajak Umat Katolik Dukung Pelaksanaan MTQ Kalbar di Sintang

Uskup Sintang Ajak Umat Katolik Dukung Pelaksanaan MTQ Kalbar di Sintang

 


Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Provisi XXIX Tahun 2021 Kalimantan Barat akan dilaksanakan di Kabupaten Sintang pada 23-28 November 2021 mendatang. Menanggapi hal tersebut, Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap menyampaikan dukunganya terhadap penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Provisi XXIX Tahun 2021 Kalimantan Barat tersebut.

“saya selaku Uskup Sintang siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan MTQ ke 29 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Sintang. Saya ingin penyelenggaraan MTQ nanti sukses dan lancar” terang Uskup Sintang  Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap.

“saya menghimbau kepada seluruh umat Katolik di Kabupaten Sintang untuk memberikan dukungan penyelenggaraan MTQ yang ke 29 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sintang agar nanti berhasil dengan baik. Dan sukses sebagai tuan rumah tentunya. MTQ ini merupakan kegiatan pemerintah, maka sudah selayaknya umat Katolik bisa membantu even besar ini” terang Uskup Sintang  Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap

“umat Katolik silakan membantu dimana bisa dan kapan saja selama MTQ berlangsung nanti. Umat Katolik sebagai anggota masyarakat Kabupaten Sintang bisa bersama-sama dengan umat Muslim dan umat beragama yang lain untuk mensukseskan MTQ nanti. Kita harus bahu membahu, sehingga apa yang sudah dirancang oleh pemerintah bersama panitia, bisa dilaksanakan dengan baik dan Kabupaten Sintang bisa menjadi tuan rumah yang baik” ajak Uskup Sintang  Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap

“dengan kerjasama yang baik, maka kita semua bisa memperoleh hasil dari MTQ nanti yakni kebersamaan, semangat persaudaraan yang kuat dan terlihat dalam keikutsertaan umat Katolik mensukseskan MTQ ke 29 ini. itu harapan saya terhadap umat Katolik terkait penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Sintang. Semoga dengan berkat bantuan Tuhan, kita dapat melaksanakan peran penting ini dalam kebersamaan dengan umat Muslim yang melaksanakan kegiatan” tambah Uskup Sintang  Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap 

Pemkab Sintang Klarifikasi Isu Penarikan Mobil Dinas Wabup Sintang

Pemkab Sintang Klarifikasi Isu Penarikan Mobil Dinas Wabup Sintang

 


 

Akhir-akhir ini beredar di aplikasi perpesanan Whatsapp yang membicarakan tanggkapan layar atau screenshot status akun media sosial instagram pribadi Wakil Bupati Sintang Periode 2016-2021 Drs. Askiman, MM yang menyebutkan bahwa Bagian Umum akan menarik fasilitas jabatan Wakil Bupati Sintang periode 2021-2026 almarhum Sudiyanto, SH.

Screenshot status instagram askiman_sintang tersebut beredar dan menjadi perbincangan publik sehingga jajaran Pemkab Sintang memandang perlu melakukan klarifikasi dan memberikan penjelasan kepada masyarakat Kabupaten Sintang.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat mewakili Pemkab Sintang menjelaskan fakta yang sebenarnya terjadi.

“sampai sekarang belum ada arahan untuk menarik fasilitas yang ada di almarhum Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, SH” tegas Syarief Yasser Arafat

“Yang terjadi adalah miskomunikasi, karena memang ada staf Bagian Umum yang menanyakan kunci mobil KB 1520 E yang merupakan keluaran 2007 dan dipakai sebagai kendaraan operasional PKK Kabupaten Sintang. Mobil itu ada di parkiran Langkau Kita Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang.  Mengapa ditanyakan kuncinya, karena mau dipanaskan dan diganti ban karena sudah dua bulanan tidak dihidupkan dan sudah berdebu. Itu yang terjadi, tidak ada maksud menarik kendaraan PKK tersebut” tegas Syarief Yasser Arafat

“Pemerintah Kabupaten Sintang sangat menghormati dan menghargai jasa-jasa beliau dalam pengabdian di Kabupaten Sintang. Tidaklah mungkin Pemkab Sintang sampai tega menarik fasilitas secepat ini. kita ini masih dalam keadaan berduka” tambah Syarief Yasser Arafat

“yang terjadi kemarin adalah staf Bagian Umum menelpon supir PKK Kabupaten Sintang atas nama Rio. Dan ternyata Rio sedang berada di Pontianak. Rio ini mengarahkan agar Staf Bagian Umum menanyakan ke Agus yang sedang berada di Kabupaten Sintang.  Rio ini memberikan nomor Agus, lalu ditelpon oleh Staf Bagian Umum” terang Syarief Yasser Arafat.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat meminta masyarakat untuk tidak memperpanjang persoalan ini karena hanya miskomunikasi saja. “informasi ini jangan diperpanjang lagi. Karena kita sedang berduka” terang Syarief Yasser Arafat.

Di Pendopo Bupati Sintang, Yosepha Hasnah Lantik Dua Pejabat Eselon 2

Di Pendopo Bupati Sintang, Yosepha Hasnah Lantik Dua Pejabat Eselon 2

 


Pelaksana Harian Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si melantik dua Pejabat Tinggi Pratama di Pendopo Bupati Sintang pada Kamis, 23 September 2021. Kedua Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik adalah Agus Jam, S. Sos, M. Si sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang, jabatan sebelumnya Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang dan Dra. Ardatin yang dilantik sebagai Inspektur Kabupaten Sintang dengan jabatan sebelumnya Sekretaris Inspektur Kabupaten Sintang.

Pelantikan Agus Jam, S. Sos, M. Si sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 821.22-1385 Tahun 2021. Sedangkan pelantikan Dra. Ardatin yang dilantik sebagai Inspektur Kabupaten Sintang dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sintang Nomor 821.2/1097/KEP-BKPSDM/2021.

Pelaksana Harian Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si dalam sambutanya menyampaikan walaupun saat ini suasana duka masih menyelimuti kita dikarenakan kepergian Bapak Wakil Bupati yang kita kasihi, dan pada kesempatan ini saya juga mengajak kita selalu mendoakan Bapak Bupati kita yang saat ini juga masih menjalani pengobatan dan pemulihan dari sakitnya, supaya beliau cepat sehat dan memimpin Kabupaten Sintang kembali.

Yosepha Hasnah menjelaskan untuk pelantikan pada hari ini adalah pelantikan lanjutan dari enam jabatan yang di lelang yang didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 821.22-1385 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Selaku Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang, Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 821/4580/BJ Hal Persetujuan Melakukan Pengangkatan Dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Inspektur Kabupaten Sintang, Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-1736/KASN/05/2021 perihal Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka JPT Pratama Di Lingkungan Kabupaten Sintang, Surat Gubernur Kalimantan Barat Nomor 821/1421/BKD-B Hal Tanggapan Koordinasi Penetapan Inspektur Kabupaten Sintang.

“perlu diketahui untuk pelantikan pada hari ini tidak dilakukan oleh PPK (bupati) dikarenakan Bapak Bupati Sintang berdasarkan surat Gubernur Kalimantan Barat Nomor 100/3268/Pem-b sedang menjalani izin cuti berhalangan sementara dikarenakan sakit dan perawatan.  Untuk itu pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama pada hari ini dilimpahkan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang juga saat ini sebagai Plh. Bupati Sintang berdasarkan Surat Gubernur Kalimantan Barat Nomor: 131.61/3285/Pem-b tanggal 20 September 2021 hal Penugasan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Daerah” terang Yosepha Hasnah

“pendelegasian tugas dan wewenang pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang juga saat ini sebagai Plh. Bupati Sintang didasarkan pada pasal 138 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil serta Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 tahun 2017 tentang Tata Cara Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional, Dan Jabatan Pimpinan Tinggi, dimana disebutkan “PPK dapat menunjuk pejabat lain dilingkungannya untuk mengambil sumpah/janji jabatan” terang Yosepha Hasnah

“terkait hal tersebut Bapak Bupati telah memberikan tugas dan wewenang kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang berdasarkan Surat Nomor 821.2/3988/BKPSDM-B untuk melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Inspektur Kabupaten Sintang dan Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang” tambah Yosepha Hasnah

“perlu saudara-saudari ketahui bahwa Jabatan Pimpinan Tinggi mempunyai fungsi memimpin, memotivasi dan menjadi tauladan bagi setiap pegawai pada organisasi saudara, karena itu hendaknya saudara mempunyai kemauan yang kuat, memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan. Dengan demikian saya harapkan saudara-saudari dapat menjadi motor penggerak-organisasi yang saudara pimpin. Tentunya harus didukung penuh oleh bawahan, karena itu bangun koordinasi dan pupuk kerjasama yang baik dengan bawahan di lingkungan OPD saudara-saudari, sehingga tugas dan amanah organisasi dapat berjalan dengan lancar dan sukses dengan harapan akan lebih baik dimasa yang akan datang” terang Plh Bupati Sintang

“saya juga berpesan kepada saudara-saudari agar senantiasa menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan pimpinan (bupati, wakil bupati dan sekretaris daerah) dan dengan pimpinan OPD lainnya.  Perlu diingat bahwa jabatan yang diberikan kepada saudara sekalian merupakan sebuah amanah yang harus disyukuri dan hendaknya dapat dijaga dan diimbangi dengan kejujuran, keiklasan, tanggung jawab serta_ prestasi dalam bekerja untuk itu saya minta kepada saudara untuk segera lakukan penyesuaian diri dengan jabatan dan lingkungan kerja saudara, dan membuat langkah-langkah strategis sesuai dengan tugas-tugas pokok dan fungsi jabatan saudara sebagai Inspektur Kabupaten Sintang dan saudara sebagai Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang” tambah Yosepha Hasnah

“sebelum mengakhiri sambutan ini, kembali lagi saya ingatkan kepada seluruh pejabat yang hadir pada saat ini agar senantiasa menunjukkan dedikasi, loyalitas dan kinerja yang tinggi, mengingat seluruh pejabat, khususnya yang menduduki jabatan pimpinan tinggi (eselon 2) akan senantiasa dievaluasi kinerjanya secara berkala, sebagaimana ketentuan yang berlaku dalam “sistem merit” dan berdasarkan hasil evaluasi tersebut PPK berhak untuk memutasikan, memperpanjang, menurunkan jenjang eselon dan bahkan menon jobkan saudara dari jabatan” tambah Yosepha Hasnah

“selanjutnya menyikapi kondisi saat ini, dimana wabah pandemi covid-19 masih belum hilang di Indonesia dan secara khusus di Kabupaten Sintang, saya harapkan kedisiplinan dan kepatuhan mengikuti protokol kesehatan tetap harus kita laksanakan. “mari samakan cara pandang kita, maksimalkan rasa empati untuk bisa menyelesaikan persoalan pandemi covid-19 ini,”. Saya ingatkan kepada semua pimpinan organisasi perangkat daerah agar dalam kondisi saat ini pelayanan publik harus tetap berjalan secara efektif. Dan dalam kesempatan baik ini saya ingin berpesan kepada suami maupun_ istri para pejabat semuanya, agar bersedia mendampingi dan mendukung istri dan atau suami dalam tugas jabatannya. ingatlah bahwa suksesnya seseorang pasti karena peran keluarga yang selalu mendukungnya” terang Yosepha Hasnah

“secara khusus saya ingatkan kepada para istri pejabat semuanya agar berperan aktif dalam kegiatan dharma wanita persatuan baik yang masuk dalam kepengurusan maupun anggota, agar tujuan untuk mengembangkan/membina dharma wanita persatuan menjadi istri pegawai negeri sipil yang profesional dan berkualitas dalam mencapai program kerja dharma wanita baik pada OPD sauadar maupun di lingkup kabupaten dapat tercapai dengan lebih baik kedepannya” terang Yosepha Hasnah

Di Balai Praja, Plh Bupati Sintang Buka Tata Cara Pendirian Rumah Ibadah

Di Balai Praja, Plh Bupati Sintang Buka Tata Cara Pendirian Rumah Ibadah

 


Pelaksana Harian Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si Membuka Kegiatan Sosialisasi Peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006, Nomor 8 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama Dan Pendirian Rumah Ibadah di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Rabu, 22 September 2021.

Pada Pembukaan kegiatan Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, Dan Pendirian Rumah Ibadah, PLH Bupati Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menyampaikan bahwa salah satu kata kunci dari visi pembangunan Daerah di Kabupaten Sintang untuk lima tahun kedepan adalah masyarakat Kabupaten Sintang yang rukun.

"kondisi masyarakat yang rukun merupakan salah satu modal dasar yang sangat penting bagi kita semua untuk terus melanjutkan pembangunan daerah yang lebih baik dimasa yang akan datang" kata Yosepha Hasnah.

"Kami yakin dan percaya bahwa kita semua, yaitu pemerintah dah seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Sintang memiliki harapan, keinginan, serta komitmen yang sama, yakni mewujudkan Kabupaten Sintang yang aman, damai, dan harmonis" ucapnya.

Kemudian, Dra. Yosepha Hasnah, M. Si juga menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi kali ini merupakan wadah bagi kita semua untuk bersilaturahmi, berdiskusi, serta saling memberikan sumbang saran dalam menciptakan situasi maupun kondisi Kabupaten Sintang Damai.

"Terhitung beberapa bulan kedepan Kabupaten Sintang akan menjadi tuan rumah MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an) tingkat Provinsi Kalimantan Barat ke-XXIX, saya berharap agar kita semua dan masyarakat Kabupaten Sintang pada umumnya selalu dalam keadaan aman dan damai" jelasnya.

Hadir pada sosialisasi tersebut Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernad Musak, Dandim 1205 Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, Kejaksaan Negeri Sintang, pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Sintang, Kementerian Agama Kabupaten Sintang, Tokoh Agama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Forkopimcam Tempunak, Pemerintahan Desa Balai Harapan, Lurah, Ormas Keagamaan, FKUB Kabupaten Sintang, MUI, Pengurus Gereja, Tokoh Masyarakat, serta para ASN.

Di Pemakaman Katolik Teluk Menyurai, Jenazah Wabup Sintang Dimakamkan

Di Pemakaman Katolik Teluk Menyurai, Jenazah Wabup Sintang Dimakamkan

 


Ratusan Pelayat menghantar Wakil Bupati Sintang, almarhum Sudiyanto ke peristirahatan terakhirnya usai dilaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan mulai dari Misa Reqeium di Gereja Katolik Maria Ratu Semesta Alam Sungai Durian, jenazah di bawa ke Langkau Kita Rumah Dinas Jabatan Wakil Bupati Sintang beberapa saat, kemudian upacara penyerahan dari pihak keluarga kepada Pemkab Sintang dan pelepasan jenazah di Halaman Kantor Bupati Sintang, selanjutnya di bawa ke pemakaman.

Prosesi pemakaman jenazah almarhum Wakil Bupati Sintang di pimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang, yang juga Sekda Kab. Sintang, Yosepha Hasnah di pemakaman Katolik, Menyurai, Kecamatan Sintang, Senin 20 September 2021 siang.

Almarhum Sudiyanto meninggal dunia pada Sabtu 18 September 2021 pukul 11. 00 Wib di RSCM Jakarta karena sakit.

Dalam sambutannya, Yosepha Hasanah mengatatkan Pemerintah Kabupaten Sintang menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian Wakil Bupati Sintang di panggil pulang oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk selama-lamanya.

"Pemerintah Kabupaten Sintang telah kehilangan sosok yang sangat di cintai dan di hormati, beliau di kenal sebagai figur yang sederhana, pekerja keras, disiplin dan merakyat"kata Yosepha.

Yosepha mengungkapkan, kepergian almarhum sangat mengejutkan tidak hanya masyarat tapi juga Pemkab Sintang. Karena beberapa hari sebelumnya almarhum masih sempat berkomunikasi dengan beberapa pejabat di Lingkungan Pemkab Sintang. "Saat itu kami optimis untuk kesembuhan almarhum, namun Tuhan berkehendak lain, beliau di panggil kembali oleh Tuhan Yang Maha Kuasa sang pemilik kehidupan"ucap Yosepha.

Yosepha tak dapat membendung air matanya saat mengenang sosok teman masa kecilnya itu. Dengan penuh haru dan sedih, Yosepha mengungkapkan almarhum merupakan sosok jiwa pekerja yang memiliki loyalitas dan dedikasi yang tinggi dalam mengabdikan dirinya bagi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Dalam setiap pelaksanaan tugas dan jabatan yang diamanahkan sepanjang karir almarhum, baik sebagai aparatur sipil negara maupun selaku Wakil Bupati Sintang, selalu di warnai canda dan tawa, tidak pernah sedikitpun mengeluh"kenang Yosepha.

Ada pernyataan yang sangat menyentuh dalam beberapa kesempatan selalu di sampaikan oleh almarhum dan juga Bupati Sintang, Jarot Winarno, kata Yosepha, yakni bahwa akan mewakafkan sisa-sisa hidup untuk kerja membangun Kabupaten Sintang. "Pernyataan itu sangat menyentuh dan mengharukan kami semua, karena betapa mulianya cita-cita almarhum"ujar Yosepha.

Untuk itulah atas nama Pemerintah Kab. Sintang, Yosepha menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga almarhum yang telah mempersembahkan seorang putra terbaik bagi masyarakat dan daerah Kabupaten Sintang melalui pengabdian yang tiada henti hingga akhir hayatnya. "Tapak-tapak karya almarhum telah terukir nyata, jasa-jasa beliau tentunya akan selalu dikenang oleh kami semua, oleh seluruh komponen masyarakat dan pemerintah kabupaten sintang"ujar Yosepha.

Yosepha pun mendoakan Istri almarhum dan kedua putra almarhum maupun seluruh keluarga yang di tinggalkan dapat kiranya di berikan oleh Tuhan keikhlasan, kekuatan dan ketabahan dalam melepas kepergian almarhum untuk selama-lamanya.

"Kepada ibu maria magdalena, kami berharap agar tali kekeluargaan antara ibu dan seluruh jajaran pemerintah kabupaten sintang yang terjalin selama ini kiranya akan tetap terus dapat di pelihara di masa datang"kata Yosepha.

"Ibu adalah tetap merupakan keluarga besar pemerintah kabupaten sintang walapun bapak yosep sudiyanto sudah mendahului kita"ucap Yosepha.

Tak lupa pula Yosepha menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalbar  dan seluruh unsur atau pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu-satu, karena telah memberikan dukungan moril maupun materil kepada almarhum dan keluarga almarhum.

"Saya mengajak kita semua yang hadir untuk dapat membuka pintu maaf atas kesalahan, kealpaan, kehilafan almarhum semasa hidup baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja"kata Yosepha.

"Selamat jalan bapak Yosep Sudiyanto, semoga bapak mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa" tutup Yosepha.

Sementara itu, perwakilan keluarga almarhum Wakil Bupati Sintang, Firmus Tikun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sintang, para pelayat dan seluruh pihak yang telah menghantarkan almarhum ke peristirahatan yang terkahir. "Sekali lagi terima kasih atas dukungan dan semangat untuk kami keluarga besar almarhum, mohon doa untuk almarhum semoga perjalanannya menuju Sang Pencipta di mudahkan jalanya. Dan kita semua bisa melanjutkan karyanya, semasa bersama kita, bersama Pemerintahan Kabupaten Sintang ini, belum banyak hal yang beliau lakukan, namun kita yakin dan percaya niat baik dari almarhum sungguh-sungguh bisa di teruskan"kata Firmus.

"Mohon maaf jika selama dalam pelayanan kami, dalam hal pelayanan almarhum bersama kita, kami mohon maaf jika ada kesalahan yang di lakukan selama ini"tutup Firmus.

Hadir pada pemakaman tersebut Ketua DPRD Kab. Sintang, Florensius Ronny, Wakil Ketua DPRD Kab. Sintang Jeffray Edward dan Heri Jambri, serta sejumlah anggota DPRD Kab. Sintang, Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan, keluarga besar almarhum Wakil Bupati Sintang, dan para pelayat yang hadir langsung pada pemakaman tersebut.

Sekda Sintang Ditugaskan Gubernur Kalbar Sebagai Plh Bupati Sintang

Sekda Sintang Ditugaskan Gubernur Kalbar Sebagai Plh Bupati Sintang

 


Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, SH. M. Hum sejak Senin, 20 September 2021 secara resmi sudah menugaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si sebagai Pelaksana Harian Bupati Sintang.

Gubernur Kalimantan Barat melalui Surat Nomor: 131.61/3285/Pem-B tertanggal 20 September 2021 sudah menugaskan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang. Surat penugasan tersebut dikeluarkan setelah Gubernur Kalbar  mendapatkan informasi bahwa Wakil Bupati Sintang atas nama Sdr. Sudiyanto, SH. meninggal dunia di RSCM Jakarta pada tanggal 18 September 2021.

Pada surat tersebut dijelaskan bahwa berdasarkan Pasal 65 ayat (6) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah ditegasken bahwa Apebils Kepala Daerah sedang menjaiani masa tahanan atau berhalangan sementara dan tidak ada Wakil Kepala Daerah, sekretaris daerah melaksanakan tugas sehari-hari kepaia daerah. Memperhatikan Surat Gubemur Nomor 100/3268/PemB tanggal 16 September 2021 hal izin Cut Berhalangan Sementara Bupati Sintang dikarenakan sakit dan perawatan.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, guna menjamin kelencaran penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Sintang, agar Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang bertugas selaku Pelaksana Hanan (Plh) Bupati Sintang sesuai ketentuan perundang-undangan. Surat tersebut ditembuskan ke Menteri Dalam Negeri up. Dirjen Otonomi Daerah, Bupati Sintang, Ketua DPRD Sintang, dan Inspektur Provinsi Kalbar.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si sejak Senin, 20 September 2021 sudah mulai menjalankan tugas sebagai Pelaksana Harian Bupati Sintang dengan menjadi Inspektur Upacara Pemakaman Jenazah Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, SH di Pemakaman Katolik Teluk Menyurai.

Dan pada Selasa, 21 September 2021,  Yosepha Hasnah sebagai Plh Bupati Sintang menghadiri Rapat Paripurna Ke-5 Masa Persidangan II Tahun 2021 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Sintang serta memberikan Jawaban Pemerintah atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Nota Keuangan dan Raperda Perubahan APBD Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2021.

DPRD Sintang Gelar Rapat Paripurna, Yosepha Hasnah Bacakan Jawaban Pemerintah

DPRD Sintang Gelar Rapat Paripurna, Yosepha Hasnah Bacakan Jawaban Pemerintah

 


Pelaksana Harian Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menghadiri Rapat Paripurna Ke-5 Masa Persidangan II Tahun 2021 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Sintang pada Selasa, 21 September 2021.

Rapat Paripurna Ke-5 Masa Persidangan II Tahun 2021 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang tersebut, Pelaksana Harian Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menyampaikan Jawaban Pemerintah atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Nota Keuangan dan Raperda Perubahan APBD Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2021.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Sintang Florensius Ronny, A. Md didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang Heri Jambri, SH, MH. Hadir dalam rapat paripurna tersebut 27 anggota DPRD Sintang, Anggota Forkopimda, Rektor Unka Sintang, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang beserta tamu undangan lainnya.

Pelaksana Harian Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si mengawali pidatonya dengan mengajak semua yang hadir untuk mengirimkan do’a kepada Wakil Bupati Sintang Bapak Sudiyanto, SH. yang telah meninggalkan kita semua pada hari Sabtu 18 September 2021 dan telah dikebumikan di Sintang pada hari Senin tanggal 20 September 2021.

seiring dengan do’a tersebut, mari kita bersama untuk terus melanjutkan cita-cita luhur beliau membangun Kabupaten Sintang yang lebih baik, maju dan sejahtera” terang Yosepha Hasnah

terima kasih saya sampaikan kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sintang yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan jawaban, tanggapan, dan penjelasan pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Sintang terhadap nota keuangan dan Raperda tentang perubahan APBD kabupaten sintang tahun anggaran 2021” terang Yosepha Hasnah

ucapan terima kasih juga kami haturkan kepada fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Sintang yang telah memberikan saran, masukan dan pertanyaan sebagai komunikasi awal dalam pembahasan raperda tersebut” ucap Yosepha Hasnah. Selanjutnya secara panjang lebar, Yosepha Hasnah menyampaikan jawaban, tanggapan, dan penjelasan pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Sintang.

          Ketua DPRD Kabupaten Sintang Florensius Ronny, A. Md saat membukan rapat paripurna menyampaikan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, SH.

“perkenankan saya atas nama pimpinan dan seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Wakil Bupati Sintang, Bapak Sudiyanto, SH pada hari sabtu, 18 september 2021 di jakarta karena sakit. kiranya almarhum mendapatkan tempat yang layak disisi tuhan dan seluruh keluarga besar diberikan kekuatan dan ketabahan, serta penghiburan dari Tuhan. Mari kita yang hadir saat ini, untuk berdiri dan mendoakan arwah Wakil Bupati Sintang sesuai agama kita masing-masing” ajak  Florensius Ronny dan semua anggota DPRD Sintang serta seluruh undangan berdiri, menundukan kepala sejenak.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang Florensius Ronny, A. Md menyampaikan ucapan terima kasih kepada Plh Bupati Sintang yang sudah memberikan jawaban/tanggapannya terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Sintang.

“terhadap jawaban/tanggapan Bupati tersebut, saya atas nama pimpinan berharap, agar fraksi-fraksi dapat menela’ah dan mengkaji kembali materi yang telah disampaikan melalui pembahasan materi, yang dilakukan oleh badan anggaran bersama-sama tim anggaran pemerintah daerah dan jajarannya dalam rapat-rapat kerja, untuk dijadikan sebagai bahan masukan yang konstruktif menjadi muatan laporan hasil pembahasan oleh badan anggaran yang akan disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Sintang pada 30 September 2021 mendatang” terang Florensius Ronny

Di Gereja Katolik MRSA Sungai Durian, 21 Pastor Pimpin Misa Requiem Wabup Sintang

Di Gereja Katolik MRSA Sungai Durian, 21 Pastor Pimpin Misa Requiem Wabup Sintang

 


Vikaris Jenderal Keuskupan Sintang RD Leonardus Miau memimpin Misa Requiem Almarhum Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, SH di Gereja Katolik Maria Ratu Semesta Alam Sungai Durian pada Senin, 20 September 2021. RD Leonardus Miau didampingi 20 orang imam yang ada di Keuskupan Sintang.

Pada misa requiem yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut, hadir Ibu Maria Magdalena, kedua putra almarhum, keluarga besar, suster,  Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J, Kepala OPD, jajaran Pemkab Sintang, umat Katolik Paroki MRSA Sungai Durian dan umat Katolik Paroki Kristus Raja Katedral Sintang.

Vikaris Jenderal Keuskupan Sintang RD Leonardus Miau dalam kotbahnya menyampaikan bahwa dalam peristiwa ini kita merasakan kesedihan dan duka yang mendalam, akan tetapi kita juga percaya Tuhan memiliki rencana lain.

“kita harus memahami peristiwa ini bahwa kehidupan pada saatnya akan diambil oleh Tuhan. kita diingatkan kembali akan peranan hidup kita di dunia. Dalam keimanan, kita harus melihat kematian dengan sukacita karena penderitaan telah berakhir dan karena beliau meninggal sebagai Wakil Bupati Sintang” terang RD Leonardus Miau

“almarhum pernah bilang sama saya, bahwa beliau akan mengisi sisa hidup beliau untuk melayani masyarakat dan gereja. ini sudah dibuktikan sampai akhir hidup beliau, konsisten menjadi pelayan masyarakat dan gereja. maka kita harus percaya, kematian beliau secara fisik bukan akhir segalanya, melainkan awal kehidupan abadi. Kita boleh bersukacita karena ini, beliau menjadi pelayan yang baik, dan arwah beliau berada di kerajaan surga. Terus kirim doa doa untuk beliau sebagai bentuk keimanan kita. Sebagai manusia, beliau bukan orang yang sempurna, tetapi dengan doa kita, Tuhan akan mengampuni beliau.” tambah RD Leonardus Miau

Firmus Tikun Perwakilan Keluarga Almarhum Wabup Sintang Ajak Semua Ikhlas

Firmus Tikun Perwakilan Keluarga Almarhum Wabup Sintang Ajak Semua Ikhlas

 


Pastor Paroki Maria Ratu Semesta Alam Romo Agustinus Xaverius Bahang, Pr dalam sambutanya menyampaikan bahwa bangunan gereja Katolik Paroki Maria Ratu Semesta Alam bisa berdiri karena berkat perjuangan almarhum Yosep Sudiyanto. “kehadiran beliau bagi paroki ini luar biasa. Perhatian beliau bersama tokoh lain sangat besar bagi berdirinya gereja ini. beliau sebenarnya sudah berjuang agar paroki ini memiliki tanah untuk pemakaman. Bahkan tanahnya sudah ada berkat perjuangan beliau. Ada banyak rencana yang akan beliau laksanakan. Terima kasih sudah menjadi bagian dari paroki ini. beliau sudah menunjukan teladan bagi kami” terang Romo Agustinus Xaverius Bahang, Pr

Bapak Yosep Sudiyanto, inilah misa terakhir bapak ditempat ini. selamat jalan dan sampai jumpa. Doakan kami, dan kami juga akan mendoakan bapak. Terima kasih kepada semua pastor yang cepat menanggapi undangan ini sehingga bisa hadir 21 imam untuk memimpin misa ini. Terima kasih atas kehadiran Bapak Yosep Sudiyanto karena jasa beliau gereja Katolik Maria Ratu Semesta Alam bisa berdiri saat beliau sebagai Ketua DPP” terang Romo Agustinus Xaverius Bahang, Pr

Firmus Tikun perwakilan keluarga Almarhum Wakil Bupati Sintang menyampaikan bahwa cepat atau lambat, setiap manusia pasti akan sampai pada kematian, tidak ada yang kekal di dunia ini. “terima kasih kepada Pemprov Kalbar, Pemkab Sintang dan semua donatur yang sudah membantu dengan caranya masing-masing mulai pengobatan sampai proses pemulangan jenazah ke Sintang. Terima kasih atas ucapan belasungkawa yang sudah disampaikan kepada kami. Sebagai manusia biasa, Yosep Sudiyanto tentu memiliki kesalahan, salah kata dan tingkah laku yang kurang berkenan, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Kini dia sudah pulang ke rumah Bapa di surge” terang Firmus Tikun

“mari kita lepas beliau dengan tulus iklas, memaafkan kesalahan beliau. Kepada seluruh keluarga besar, kita harus lapang dada, hati yang iklas, sabar dan teguh hati. Saya ingat lagu kesukaan almarhum yang berjudul Hidup Ini Adalah Kesempatan. Tuhan sudah memberikan kesempatan kepada beliau untuk berkarya  dan mewakafkan sisa hidupnya untuk masyarakat Kabupaten Sintang dan mendampingi Pak Jarot meskipun hanya beberapa bulan, namun kita yakin karya beliau bisa diterukan oleh siapapun pengganti beliau nanti” tambah Firmus Tikun

 

Di Halaman Kantor Bupati Sintang, Pemkab Sintang Gelar Upacara Penerimaan Jenazah Wabup Sintang

Di Halaman Kantor Bupati Sintang, Pemkab Sintang Gelar Upacara Penerimaan Jenazah Wabup Sintang

 


 

Wiro Pranata perwakilan keluarga almarhum Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, SH menyerahkan jenazah kepada Pemerintah Kabupaten Sintang dengan sebuah upacara di Halaman Kantor Bupati Sintang pada Senin, 20 September 2021.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Pemerintah Kabupaten Sintang adalah Yustinus J Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang

Wiro Pranata perwakilan pihak keluarga almarhum menyampaikan pada hari ini Senin tanggal 20 September 9021 atas nama keluarga Almarhum Sudiyanto, SH kami serahkan jenazah Almarhum kepada Pemerintah Kabupaten Sintang untuk selanjutnya mohon diadakan Upacara Pemberangkatan secara kedinasan.

“Kepada Pemerintah Kabupaten Sintang, kami atas nama keluarga Almarhum mengucapkan terima kasih yang setulusnya atas segala yang telah dilakukan. Demikian kami sampaikan, sekian dan terima kasih” ucap Wiro Pranata

Sementara sebagai Inspektur Upacara mewakili Pemerintah Kabupaten Sintang adalah Yustinus J Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang menyampaikan pada hari Ini Senin tanggal 20 September 2021 telah kehilangan salah satu putera terbaik bangsa yang bernama Sudiyanto, SH, yang telah mengabdikan diri kepada bangsa dan negara sebagai Wakil Bupati Sintang periode tahun 2021-2026 pada Pemerintah Kabupaten Sintang.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang, Saya menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa Almarhum selama mengabdikan diri di Pemerintah Kabupaten Sintang. Semoga Almarhum diampuni segala dosa-dosanya, diterima segala amal bhaktinya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan keteguhan Iman dan kekuatan agar dapat melanjutkan cita-citanya amin”ucap Yustinus J

Berikut daftar riwayat hidup Sudiyanto, SH yang lahir di Entajak pada 10 Juni 1961 dari orangtua bernama Yohanes Beda dan Maria Panta. Riwayat jabatan diangkat dalam jabatan sebagai kepala sub bagian tata usaha pada dinas PKT Kabupaten Sintang. Camat Sepauk pada 12 Maret 2001, Asisten Administrasi dan Umum Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Melawi Tahun 2009. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Melawi Tahun 2010. Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja Dan ‘Transmigrasi Kabupaten Melawi Tahun 2010. Asisten Ekonomi dan Kesra Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Melawi Tahun 2013. Kepala Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Melawi Tahun 2014. Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Melawi Tahun 2016. Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang 25 Januari 2017. Pada akhir hayatnya Almarhum Menjabat Wakil Bupati Sintang Terpilih Periode 2021-2026.

Riwayat keluarga almarhum meninggalkan seorang istri bernama Maria Magdalena, SH dengan 2 (dua) orang anak, yang masing bernama  Agust Sulendra, ST, dan Yohanes Leo Sandiawan, S.Ars.

Isak Tangis Sambut Kedatangan Jenazah Wabup Sintang di Kediaman Pribadi

Isak Tangis Sambut Kedatangan Jenazah Wabup Sintang di Kediaman Pribadi

 


Mobil ambulan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang yang membawa jenazah almarhum Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, SH dari Pontianak tiba di rumah duka kediaman pribadi di Mungguk Serantung Gang Efata pada Minggu, 19 September 2021 sekitar pukul 14.11 WIB, lebih cepat dari perkiraan sebelumnya karena lancarnya perjalanan dari Pontianak menuju Kabupaten Sintang. Kedatangan ambulan disambut isak tangis keluarga. Ibu Maria Magdalena tampak lemah sehingga harus dibopong oleh anggota keluarga dari mobil menuju rumah.

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sintang yang sudah siap, langsung membuka pintu ambulance dan mengangkat peti jenazah menuju ruang tamu kediaman pribadi almarhum. Didalam rumah juga sudah menunggu para suster, pengurus DPP Maria Ratu Semesta Alam, dan keluarga besar almarhum.

Turut juga menyambut kedatangan jenazah kedua putra almarhum. Hadir di rumah duka Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, para asisten, staf ahli Bupati Sintang, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Kepala Bagian, Kepala Bidang dan staf di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Peti jenazah dibuka oleh pihak keluarga, untuk memberikan kesempatan kepada para pelayat yang ingin melihat almarhum terakhir kalinya. Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, duduk diantara kedua putra almarhum, saat para kepala OPD, Kepala Bagian, Kepala Bidang, dan staf di Lingkungan Pemkab Sintang melayat. Di sepanjang Gang Efata, ratusan karangang bunga berjejer di kiri dan kanan gang.

Pihak keluarga bersama Dewan Pastoral Paroki Maria Ratu Semesta Alam Sungai Durian merencanakan malam ini pukul 19.00 WIB akan melaksanakan ibadat arwah yang akan dipimpin oleh RD. Siprianus Awan Botan. Sementara besok Senin, 20 September 2021, pukul 09.00 WIB, jenazah akan diberangkatkan dari rumah duka menuju Gereja Katolik Maria Ratu Semesta Alam untuk dilakukan Misa Requiem. 

Gubernur Kalbar Sambut Jenazah Wabup Sintang di  VIP Bandara Supadio

Gubernur Kalbar Sambut Jenazah Wabup Sintang di VIP Bandara Supadio

 


Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH di dampingi istri, dr. Hj. Fauziah Zaenal Ehsan, M. Med. PH dan Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, SH. M. Hum serta Wakil Gubernur Kalbar, H. Ria Norsan, M.M.,M.H menyambut kedatangan jenazah almarhum Yosep Sudiyanto, SH, Wakil Bupati Sintang, di Bandara Supadio, Kab. Kubu Raya, Minggu pagi, 19 September 2021.

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, SH. M. Hum menyampaikan rasa duka yang mendalam. “Kami atas nama pemerintah provinsi Kalimantan barat mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Wakil Bupati Sintang Bapak Yosep Sudiyanto. Saya kenal betul sama beliau. Ketika di SMA Santo Paulus beliau adalah adik kelas saya. Saya kelas 3 beliau kelas 2. Kemudian di Fakultas Hukum, kami satu angkatan tahun 1982” terang Gubernur Kalbar

“Dengan keluarga beliau saya juga kenal betul. Sekali lagi kami atas nama pemerintah provinsi Kalimantan barat mengucapkan duka cita mendalam. Kita doakan semoga beliau diterima di sisi Tuhan. Saya harap Pemda Sintang memberikan pelayanan mulai dari keberangkatan ke sintang hingga pemakaman” terang Gubernur Kalbar

“Beliau ini orang baik. Saya tahu betul. Beliau ini orangnya sabar, komunikatif, mudah dihubungi dan selalu cepat merespon. Terakhir saya komunikasi sama beliau ketika masalah di Sintang. Saya tidak tahu, waktu saya telfon itu beliau sedang di rumah sakit ternyata. Waktu itu masih segar-segar saja. Tapi kita kembalikan semuanya kepada Tuhan bahwa ini semua takdir. Dan saya secara resmi melepas jenazah almarhum pak Yosep Sudiyanto untuk prosesi pemakaman untuk dilakukan prosesi pemakaman oleh pemkab sintang dan keluarga” tambah Gubernur Kalbar.

Jenazah Wakil Bupati Sintang di berangkatkan dari Bandar Udara Soekarno Hatta Jakarta pukul 06.00 wib menggunakan pesawat maskapai Loin Air, tiba di Bandar Udara Supadio pada pukul 07. 45 wib. Dari Bandar Udara Supadio, jenazah dan rombongan penjembut beserta keluarga almarhum Wakil Bupati Sintang di lepas oleh Gubernur Kalbar untuk diberangkatkan menuju Kab. Sintang menggunakan jalur darat.

Tampak juga Anggota DPRD Provinsi Kalbar yakni Terry Ibrahim dan Usmandy, Ketua DPRD Kab. Sintang Florensius Roni, Wakil Ketua DPRD Kab. Sintang Heri Jambri, Kadiskes Provinsi Kalbar, unsur pejabat lainnya, keluarga almarhum Wakil Bupati Sintang dan sejumlah unsur pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Sintang.

Tampak Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH dan istri, dr. Hj. Fauziah Zaenal Ehsan, M. Med. PH, menenangkan Ny. Maria Magdalena, SH, istri Wakil Bupati Sintang, Almarhum Sudiyanto, SH, saat jenazah dan rombongan keluarga almarhum Wakil Bupati Sintang tiba di Bandar Udara Supadio, Kab. Kubu Raya, Minggu Pagi, 19 September 2021.

Ibu dua anak ini begitu sedih dan berduka atas kehilangan suami tercintanya untuk selama-lamanya. Ia sangat setia mendampingi almarhum Yosep Sudiyanto, SH hingga ajal menjemput suaminya tersebut. Mari kita doakan semoga keluarga Almarhum Wakil Bupati Sintang di beri kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi ujian terberat ini karena kehilangan orang yang paling mereka cintai, dan Almarhum Yosep Sudiyanto, SH, Wakil Bupati Sintang di tempatkan di tempat terbaik bersama orang kudus.🙏Wakil Bupati Sintang, Yosep Sudiyanto, SH meninggal dunia dI RSCM Jakarta pada Sabtu 18 September 2021 pukul 11. 00 wib karena sakit.

 

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.