PUPR Bantu Dana 40 Milyar, Bupati Sintang Setujui Untuk Bangun 3 Waterfront

PUPR Bantu Dana 40 Milyar, Bupati Sintang Setujui Untuk Bangun 3 Waterfront

 


Pemerintah Kabupaten Sintang, mendapatkan suntikan dana dari pemerintah pusat.

Dana tersebut diperuntukan untuk membangun tiga waterfront city di kawasan Saka Tiga, pertemuan antara sungai melawi dan kapuas.

“Ada 3 waterfront yang akan dibangun. Pertama di sungai durian, depan kantor bupati sintang dan depan keraton Al-Mukarramah,” kata Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Pembangunan tiga waterfront dilakukan secara bertahap, dimulai tahun 2021 sampai dengan 2024.

 “Timelinenya, tahun ini mengerjakan sungai durian dan depan kantor bupati. Tahun 2022 melanjutkan sungai durian. Tahun 2023 melanjutkan kantor bupati dan tahun 2024, bangun depan keraton,” beber Jarot.

Pembangunan waterfront khusus di Sungai Durian, tidak hanya terfokus di bantaran sungai, atau jalan Brigjen Katamso saja.

Beberapa ruas jalan lain, seperti jalan DI.Panjaitan, Kolonel Sugiyono juga akan dibenahi.

“Sungai durian kita mulai dari jalan Kolonel sugiyono, dibuat tugu nanti ada tulisannya kawasan waterfront sungai durian. Tepian sungai jalan katamso dibuat waterfront dibenahi bahu jalannya ruang kendaran disiapkan, kemudian dibuat blok bongkar muat,” kata Jarot.

Menurut Jarot, waterfront kota sintang harus dibuat, selain untuk penataan kawasan kumuh, juga untuk aspek wisata dan budaya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sintang, Kartiyus mengungkapkan pembangunan waterfront di kawasan Saka Tiga mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 40 miliar dari Dirjen Cipta Karya. Tahun ini, pengerjaan proyek pembangunan waterfront tersebut akan dilelang dan dikerjakan.

"Sekarang tahap perencaanan teknis, pembangunan segera terwujud. Mudah- mudahan Januari mulai lelang, kita kan segera membangun waterfront city," kata Kartiyus.

Pembangunan tiga waterfront dilakukan secara bertahap, dimulai tahun 2021 sampai dengan 2024. Timelinenya, tahun ini mengerjakan sungai durian dan depan kantor bupati.

Tahun 2022 melanjutkan sungai durian dan Tahun 2023 melanjutkan kantor bupati dan tahun 2024, bangun depan keraton.

"Mulai tahun 2021, baru dua lokasi, di sungai durian kurang lebih 1 kilo di tebing sungai, sampai ke jalan panjaitan, beberpaa hektare akan kita tata, jadi waterfront yang indah. Tahun ini kita dapat dana kurang lebih hampir 40 miliar. Selain di sungai durian akan kita tata depan kantor bupati. Nanti tahun 2022 masih melanjutkan sungai durian, 2024 baru pembangun depan keraton. Dibangun tiga sesi, saka tiga akan saling terhubung, konsepnya indah sekali," beber Kartiyus.

Dana sebesar Rp 40 miliar tersebut kata Kartiyus besar sekali.

Oleh sebab itu, pembangunannya harus dipercepat. "Saya yakin jadi, bayangkan satu tahun anggaran 40 miliar harus habis. Januari mulai lelang, supaya bekerjanya lama. Karena proyek ini besar ndak gampang, ndak mungkin 1-2 bulan, paling tidak 8 bulan. Sintang akan punya ikon sendiri kota kita," katanya.

 

 

 

Thanks for reading PUPR Bantu Dana 40 Milyar, Bupati Sintang Setujui Untuk Bangun 3 Waterfront | Labels: sintang
0 Komentar untuk "PUPR Bantu Dana 40 Milyar, Bupati Sintang Setujui Untuk Bangun 3 Waterfront"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.