Bersama Dandim dan Kadis Arpusda, Bupati Sintang Launching Perpustakaan Apung

Bersama Dandim dan Kadis Arpusda, Bupati Sintang Launching Perpustakaan Apung

 


Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH melaunching perpustakaan apung di batas negeri yang diinisiasi oleh Kodim 1205/Sintang bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, Rabu 20 Januari 2021. Perahu berisi buku ini nantinya akan beroperasi di Nanga Merakai, Kecamatan Ketungau Tengah.

Pada kesempatan itu, Jarot merasa berbahagian dengan adanya inisiatif Kodim 1205/Stg dengan membaut perpustakaan apung.

Menurutnya, keberadaan perpustakaan yang akan oprasional di Nanga Merakai, tersebut akan mendekatkan buku terhadap masyarakat, khusus pelajar. Apalagi, di Kecamatan Ketungau Tengah terdata banyak sekali SMA, SMK dan SD.

 “Hari ini kita berbahagia melaunching program yang menjadi inisiatif kodim. Namanya, perpustakaan apung di batas negeri," ujarnya.

"Ini adalah, untuk melayani minat baca di pedalaman yang ada di kecamatan ketungau tengah. Nanti lebih banyak oprasional di merakai. Kita tahu di sana SMA ada, SMK, SD dan sangat banyak,” kata Jarot.

Jarot juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kolaborasi  Kodim dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang. Dia berharap, perpustakaan apung dapat meningkatkan literasi masyarakat, khususnya di wilayah perbatasan.

“Jadi akan terlayani minat baca mereka, dengan perpustakaan apung ini,” tukasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, Iwan Setiadi mengapreiasi inisiasi Kodim 1205/Sintang yang telah bersinergi dan kerjasama dalam hal peningkatakan literasi masyarakat di Kecamatan Ketungau Tengah, dengan dibuatnya perpustakaan terapung.

“Kami mengucapkan apreasisi kepada kodim, bahwa kita telah melakukan sinergi dan kerjasama selama ini melalui agenda ini, baik di sintang mapun di kecamatan lain," ujarnya.

"Kali ini inisiatif membuat perpustakaan apung, kita alokasikan untuk di Kecamatan Ketungau Tengah, dan sekitarnya. Ini sudah berjalan, sehingga upaya otimasi layanan perpustakaan ini sangat terbantu dengan adanya akses tersebut,” kata Iwan.

Menurut Iwan, Adanya perpustakaan terapung ini, maka layanan perpustakaan pada masyarakat lebih dekat lagi.

Kedepan, pihaknya akan terus meningkatkan kerjasama dengan Kodim Sintang mapun stakeholder lainnya untuk meningkatkan literasi masayarakat.

“Selama ini sudah jalan dengan kerjasma melalui layanan yang dilakukan para babinsa di koramil. Kami sangat mendukung program tersebut,” katanya.

Selain mensuplay buku buku bacaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, juga membantu pembinaan, administrasi dan tenaga pustakawan.

 

“Jenis buku yang ada antara lain buku tentang cerita anak, pengetahuan pertanian, kebutuhan lain seperti buku cerita artikel yang tentunya sangat berguna di masyarakat pedesaan," ujarnya.

"Kita harapkan perpustakaan bisa melayani sampai tingkat perbatasan. Kedepan kita akan kerjasma dengan desa melalui peprustakan desa. Kita berharap kedepan akan mengoptimalisasi layanan perpusatakan sehingga layanan akan semakin baik, khususnya pemberian pemahaman literasi,” jelasnya

 

Thanks for reading Bersama Dandim dan Kadis Arpusda, Bupati Sintang Launching Perpustakaan Apung | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Bersama Dandim dan Kadis Arpusda, Bupati Sintang Launching Perpustakaan Apung"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.