Hasil Uji Swab, 2 Warga Sintang Positif Corona, Bupati Sintang Umumkan Langsung

Hasil Uji Swab, 2 Warga Sintang Positif Corona, Bupati Sintang Umumkan Langsung



Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH mengumumkan perkembangan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Sintang melalui press release resmi Pemkab Sintang bersama awak media di Pendopo Bupati Sintang, Rabu (29/4/2020) malam.
Dalam Press Release tersebut Bupati menyampaikan bahwa dua warga Kab. Sintang terkonfirmasi positif Covid-19  berdasarkan uji Swab tenggorokan melalui polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan di Rumah Sakit Universitas Tanjung Pura Pontianak.
Jarot Winarno menjelaskan bahwa konfirmasi positif Covid-19 pertama seorang perempuan berusia 27 tahun, berasal dari Teluk Menyurai, Kecamatan Sintang. Dimana pasien tersebut terlibat langsung dalam penanganan Covid-19 atau mendedikasikan dirinya merawat pasien dalam pengawasan (PDP) 02 dari Kab.  Sanggau yang positif covid-19, bertugas sebagai cleaning service di ruang isolasi khusus RSUD Rujukan Ade M Djoen Sintang. Yang bersangkutan kontak pertama dengan PDP 02 pada 24 Maret 2020. Kemudian 3 April 2020 di lakukan rapid test terhadap yang bersangkutan hasilnya nonreaktif.  Kemudian pada 13 april 2020 kembali yang bersangkutan di rapid test, hasilnya samar antara reaktif dan nonreaktif.
"16 april kita swab, kemudian kita kirim ke pontianak, dan hari ini hasilnya keluar, yang bersangkutan dinyatakan terkorfimasi positif covid-19. Sebelum hasil swab keluar, yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri di rumahnya"terang Jarot.
Jarot mengungkapkan bahwa yang bersangkutan hidupnya sangat sederhana, yang tinggal bersama anak dan orangtuanya di rumah kayu dan merupakan tulang punggung keluarga.
"Malam ini kita langsung masukan ke ruang isolasi mandiri di RSUD Rujukan Ade M. Sintang, tempat luas, aman, sesua dengan standar, dia dirawat disana, kita kan suport secara moril dan materil dan pendamping terapi dari dokter specialis paru. Keluarga dan tetangga juga akan kita rapid test"kata Jarot.
Kemudian konfirmasi positif kedua, lanjut Jarot, yakni seorang pria berusia 30 tahun, warga Kelurahan Menyumbung Tengah, Kecamatan Sintang, yang memiliki riwayat kontak erat dengan PDP 04 yang meninggal dunia pada 19 Maret lalu merupakan ayah kandung yang bersangkutan. Sementara Untuk swab PDP 04 sampai saat ini hasil labnya belum keluar.
"Malam ini juga akan kita tempatkan di ruang isolasi mandiri di ruang Isolasi Mandiri RSUD Rujukan Ade M Djoen Sintang, karena swabnya positif covid-19, dan kita terapi sampai betul-betul sembuh, yang bersangkutan juga perlu suport dari kita semua sampai sembuh, perlu pemahaman kepada pihak keluarga dan yang bersangkutan. Akan dilakukan pendamping dan terapi dari dokter specialis paru"jelas Jarot.
Untuk itulah melalui kesemptan tersebut juga, Jarot mengajak masyarakat untuk tidak memberikan stigma negatif baik kepada pasien yang terkonfirmasi positif covid-19, maunpun kepada keluarga pasien serta lingkungan sekitar tempat tinggalnya. "Yang harus di lakukan ialah memberikan support baik moril dan maupun materil, agar semuanya cepat sembuh"pesan Jarot.

Jarot menambahkan hasil swab kedua pasien tersebut sudah di ketahui sejak kamis pagi (29/4/2020), tapi sesuai protokolnya yang mengumumkan pertama adalah harus juru bicara gugus tugas covid-19 nasional, setelah itu barulah gubernur selaku ketua gugus tugas provinsi, kemudian barulah di Kabupaten boleh mengumumkan melalui ketua gugus tugas covid-19 Kabupaten yakni Bupati.

Thanks for reading Hasil Uji Swab, 2 Warga Sintang Positif Corona, Bupati Sintang Umumkan Langsung | Labels: sintang
0 Komentar untuk "Hasil Uji Swab, 2 Warga Sintang Positif Corona, Bupati Sintang Umumkan Langsung"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.