Masyarakat Belum Melihat Program - Program Sosial Di Tingkat Kabupaten

Masyarakat Belum Melihat Program - Program Sosial Di Tingkat Kabupaten



Untuk mengevaluasi kegiatan hibah tahun 2019 dan memutakhirkan data rencana kerja bidang sosial masyarakat di Sintang pada tahun 2020,  DPRD Kabupaten Sintang menggelar rapat bersama Dinas Sosial Sintang dan Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang.

Rapat dipimpin oleh wakil ketua Komisi C DPRD Sintang, Senen Maryono. Bertempat di ruang rapat Komisi C Lantai III Gedung DPRD Sintang, Kamis lalu.

Pada kesempatan rapat tersebut Senen Maryono mengatakan bahwa pihak DPRD ingin mengetahui bagaimana  proses perkembangan pembentukan peraturan bupati mengenai dana hibah dan program nasional yang ada yang di Sintang. Proses evaluasi dan pemutahiran data mengenai rencana kerja untuk tahun ini, penting untuk kita semua karna kita perlu memperhatikan waktu yang terus berjalan. Supaya dana tersebut dapat segera tersalurkan dengan baik bagi para pengguna hibah.

Lanjutnya, selain itu kita juga perlu memantau program-program sosial yang dicanangkan oleh pusat, seperti Program Keluarga Harapan (PKH). "Akan kita cek apa saja yang menjadi kendalanya. Akan kita diskusikan mengenai alternatif solusi seperti apa yang akan dilakukan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar", kata Senen.

Ia menyampaikan bahwa program - program sosial di tingkat kabupaten cukup banyak, namun masih belum terlihat di masyarakat. Sehingga pihaknya menginginkan informasi rinci mengenai sejumlah program sosial pemerintah pusat khususnya yang dikerjakan selama tahun 2019 dan tahun 2020.

Senen mengungkapkan ada banyak  sekali kegiatan sosial dari pemerintah pusat, namun penyaluran bantuan masih belum tersalurkan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya penyampaian informasi dan kurangnya tenaga kerja sosial masyarakat.

"Maka dari itu lewat diskusi ini kita akan menghitung kebutuhan yang diperlukan di dinas sosial, sehingga kita bisa memikirkan bentuk bantuan seperti apa yang bisa diberikan", ujarnya.

Sementara itu kepala Dinas Sosial Setina mengatakan bahwa kendala terbesar yang di alami pihaknya adalah tentang bagaimana tata cara berkoordinasi dalam bentuk sosialisasi. Agar masyarkaat nantinya  bisa mengetahui bahwa ada banyak sekali  program pemerintah yang dikerjakan oleh Dinas Sosial.

"Tujuan utama Dinas Sosial yang saya pimpin ini adalah  untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Dengan memberdayakan segala potensi sosial yang ada, serta mengurangi pemerlu kesejahteraan sosial, orang tidak mampu, orang terlantar, dan korban kekerasan sosial", kata Setina.

Masih kata Setina, sayangnya hingga saat ini kita masih menggunakan data tahun 2015, sebagai dasar penerima program sosial. Pada akhir tahun lalu pihaknya mulai untuk melakukan perubahan data, pada data terpadu Kesejahteraan Sosial. Namun dinas sosial terhambat oleh minimnya dana operasional.

“Kita belum ada Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Saya berharap nantinya di tiap - tiap desa akan ada 1 oranglah PSM,  supaya apapun yang berkaitan denga hal-hal sosial serta kegiatan sosial dapat ter-cover dengan baik dan berjalan lancar seperti yang kita inginkan", pungkasnya.


Thanks for reading Masyarakat Belum Melihat Program - Program Sosial Di Tingkat Kabupaten | Labels: sintang
0 Komentar untuk " Masyarakat Belum Melihat Program - Program Sosial Di Tingkat Kabupaten"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.