Komisi C DRPD Sintang Laksanakan Raker  Bersama BPBD

Komisi C DRPD Sintang Laksanakan Raker Bersama BPBD




Dilaksanakan rapat kerja bersama antara DPRD Sintang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang. Rapat dipimpin oleh Senen Maryono, Wakil ketua komisi C DPRD beberapa hari yang lalu.

Pada rapat kerja tersebut membahas tentang pekerjaan BPBD tahun 2019 untuk dievaluasi bersama dan perencanaan kerja tahun 2020.

Didepan para peserta rapat Senen mengatakan bahwa untuk program dan kegiatan yang  berkenan dengan antisipasi dapat dilakukan lebih sering serta lokus dan fokusnya harus jelas.

"Jika diperlukan kami bisa memberikan rekomendasi terkait kegiatan - kegiatan di BPBD", kata Senen.

Diketahui pada tahun 2019 BPBD Sintang banyak menangani bencana, yakni seperti kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta banjir. "Ada 3 hal pokok dalam tugas BPBD yakni, kegiatan pra bencana, pada saat bencana, dan pasca bencana. Pokok-pokok pekerjaan tersebut terbagi dalam sejumlah kegiatan sepanjang tahun", ujarnya.

Senen menyampaikan bahwa DPRD adalah sebagai mitra BPBD. Ia berharap kedua belah pihak ini bisa saling menjaga komunikasi, supaya selalu siap siaga.

 "Sehingga apabila nanti terjadi bencana yang tidak di inginkan, kita bisa mengerahkan segala daya untuk menanggulanginya bersama - sama", pungkasnya.

Sementara itu Bernhard Saragih selaku Kepala BPBD Sintang mengungkapkan  bahwa pihaknya telah merencanakan sebanyak 19 kegiatan yang pelaksanaannya akan dilakukan  pada tahun 2020 ini. Termasuk penanggulan juga ada didalamnya, apabila nanti terjadi bencana asap akibat Karhutla.

"Program kerja tahun 2020 ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya ada 12 kegiatan" kata Saragih.

Pihak BPBD mulai melakukan pemantauan dan penginfomasian potensi bencana di Sintang. Setelah itu menyiapkan tim dan posko tanggap darurat saat terjadi bencana.

"Pada pasca bencana kita akan melakukan proses kajian kebutuhan pasca bencana dan identifikasi kerusakan,  hingga ke rehabilitasi sarana publik paska bencana terjadi", tutupnya.

Thanks for reading Komisi C DRPD Sintang Laksanakan Raker Bersama BPBD | Labels: sintang
0 Komentar untuk " Komisi C DRPD Sintang Laksanakan Raker Bersama BPBD"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.