Wabup Sintang Buka Sosialisasi 3 Perda Provinsi Kalbar di Balai Praja

Wabup Sintang Buka Sosialisasi 3 Perda Provinsi Kalbar di Balai Praja



Wakil Bupati Sintang, Askiman, membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah atau PERDA Provinsi Kalimantan Barat tahun 2019, yang dilaksanakan di Balai Praja, Kantor Bupati Sintang, jalan Pangeran Muda, Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, pada Selasa, (28/01/2020).
Adapun Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat yang dibahas ada tiga perda, yakni pertama, Perda nomor. 7 Tahun 2019 yang mengatur tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat, kedua PERDA nomor. 8 Tahun 2019 yang mengatur tentang Pengelolaan Kehutanan, dan PERDA Nomor. 9 tahun 2019 yang mengatur tentang pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batu Bara.
Dalam kegiatan tersebut, turut hadir pula,jajaran Forkopimda Sintang, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Asisten bidang Pemerintahan, Asisen bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, dan juga seluruh jajaran OPD serta para pejabat eselon 3 yang hadir dalam kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat.
Wakil Bupati Sintang, Askiman mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tiga Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Kalbar ini sangat penting, “kenapa penting, karena ini merupakan PERDA baru yang telah ditetapkan, sehingga Pemkab Sintang harus mengetahui secara utuh apa isi dan tujuan daripada PERDA ini”, kata Askiman.
Menurut Askiman, walaupun PERDA ini merupakan konsideran dan kewenangan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, diharapkan Pemkab Sintang dapat mengetahui tugas-tugasnya, “aturan ini walaupun menjadi kewenangan Pemprov dan Pemerintah Pusat, tetapi daerah perlu mengetahui apa saja tugas-tugasnya, paling tidak seperti tugas administratif, rekomendasi, yang berkaitan degnan monitoring, pengendalian, pengawasan, dan tanggungjawab di wilayah Kabupaten Sintang”, tambahnya.
Selain Pemerintah, sambung Askiman, dengan adanya PERDA baru ini selain Pemerintah, masyarakat juga perlu mengetahui adanya PERDA ini, “yang kedua, kita perlu seluruh masyarakat untuk mengetahui ketentuan dan aturan yang ditetapkan, sehingga didalam penerapan dan pelaksanaannya tidak adalagi yang bingung bahkan jangan sampai ada masyarakat yang tidak mengetahui aturan ini”, ujarnya.
“termasuk juga para pelaku usaha yang berada di bidang kehutanan, lingkungan, dan pertambangan agar dapat mematuhi ketentuan PERDA baru ini, agar kedepannya perjalanan, pelaksanaan, rangkaian kegiatan tugas dan tanggung jawab mereka dibidang usahanya masing-masing, dapat berjalan dengan baik apabila mematuhi dan menjalani usaha sesuai dengan ketiga PERDA Pemerintah Provinsi Kalbar tersebut maka akan berjalan degnan baik”, pesan Askiman.
Secara terpisah, menurut Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, yang juga Wakil Komisi IV membidangi Pertambangan, Lingkungan Hidup dan Infrastruktur, Yohanes Rumpak menjelaskan bahwa tiga PERDA ini sangat penting untuk mendorong perekonomian di Kalbar, “ini sangat baik, karena untuk mendorong tumbuhnya pusat perekonomian baru dan tumbuhnya ekonomi kreatif, terutama pada PERDA kehutanan”, kata Yohanes.
Yohanes menambahkan bahwa fungsi dari ketiga PERDA itu saling berkaitan, “pertama untuk PERDA kehutanan, masyarakat diberikan kesempatan untuk mengelola hutan secara terbuka lebar, tinggal didorong masyarakatnya untuk menetapkan hutan adat maupun hutan desa, kedua, PERDA lingkungan hidup dimana rencana pengelola dan perlindungan lingkungan hidup agar bisa dikelola dengan baik agar tidak terjadi kerusakan lingkungan, ketiga PERDA tentang pertambangan, didalamnya mengatur bahwa pertambangan yang sembarangan maka akan menimbulkan kerusakan lingkungan maka dari itu perlu adanya PERDA tentang pertambangan, dengan demikian, ketiga PERDA tersebut saling berkaitan”, ujarnya.

Percepat Serapan Anggaran 2020, Pemkab Sintang Tancap Gas Lelang Proyek Lebih Awal

Percepat Serapan Anggaran 2020, Pemkab Sintang Tancap Gas Lelang Proyek Lebih Awal



Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM didampingi Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si melakukan launching lelang perdana kegiatan/paket pekerjaan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2020 di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Selasa, 28 Januari 2020. Launching lelang perdana tersebut untuk tiga paket pekerjaan tersebut disaksikan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.
Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM menyampaikan bahwa Pemkab Sintang sudah mulai melakukan pelelangan tiga kegiatan proyek di Kabupaten Sintang dalam rangka percepatan pelaksanaan rangkaian kegiatan yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sintang tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020. “semoga proses ini bisa berjalan dengan baik. Tim di Unit Layanan Pengadaan serta pihak lain dapat bekerja dengan professional dan berkerja sebaik-baiknya. Proses lelang ini harus mengikuti dengan aturan, persyaratan dan ketentuan yang ada. Dilaksanakan dengan baik dan benar. Diumumkan  dan dilaksanakan secara terbuka. Semua pihak yang memenuhi syarat tentu mendapatkan kesempatan yang sama dalam rangkaian pelelangan semua kegiatan proyek tahun 2020, sesuai aturan dan jadwal serta waktu kerja yang sudah disepakati.
“ada tiga paket pekerjaan yang kita launching hari ini adalah belanja jasa kebersihan sekretariat DPRD Kabupaten Sintang dengan nilai 544b juta, penyediaan jasa cleaning service dengan nilai 314 juta, pembangunan kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sintang tahap kedua sebesar 1,4 milyar. Itulah tiga paket pekerjaan yang akan kami lelang perdana hari ini” terang Wakil Bupati Sintang
Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah usai pelaksanaan launching tiga paker pekerjaan menjelaskan bahwa launching ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pengadaan barang dan jasa di Lingkugan Pemerintah Kabupaten Sintang. “dengan launching ini diharapkan seluruh OPD yang ada kegiatan pengadaan barang dan jasa yang memenuhi batas standard pelelangan agar segera melaksanakan proses pelelangan, dan kemdian tentu, saya berharap semua kegiatan segera dapat dilaksanakan supaya dapat menggairahkan perekonomian masyarakat. Saya tahu bahwa rata-rata OPD saat ini sedang melakukan entry Sirup dan untuk tahun 2020.  Kita menargetkan semua kegiatan harus selesai dilelang selambat-lambatnya  akhir bulan April 2020” terang Yosepha Hasnah.

Sementara Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah Kabupateb Sintang Helmi menyampaikan bahwa lelang perdana hari ini bisa dilakukan untuk tiga paket proyek saja yang memang secara administrasi sudah siap dan hasil pekerjaan sangat dibutuhkan oleh OPD. “selanjutnya, kami berpesan kepada semua OPD, untuk terus mempersiapkan administrasi lelang. Dan segera disampaikan kepada Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang sesuai mekanisme yang sudah ada. Kami menargetkan seluruh paket proyek tahun anggaran 2020, sudah selesai lelang pada April 2020. Selesai itu, lelang sudah ditutup. Dengan demikian seluruh pekerjaan fisik bisa selesai tepat waktu dengan kualitas pekerjaan yang baik. Waktu bekerja bagi perusahaan yang memenangi lelang bisa lebih lama sehingga harapan kami hasil pekerjaan juga baik dan masyarakat bisa menikmati hasil pekerjaan yang berkualitas” terang Helmi.


Pemkab Sintang Peringati HUT Pemprop Kalbar Ke 63 Dengan Gelar Apel

Pemkab Sintang Peringati HUT Pemprop Kalbar Ke 63 Dengan Gelar Apel



Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM memimpin pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke-63 tahun 2020 tingkat Kabupaten Sintang, di Halaman Kantor Bupati Sintang, Selasa (28/1/2020) pagi.
Upacara ini turut di hadiri sejumlah Angggota DPRD Provinsi Kalbar, unsur Forkopimda Kab. Sintang, Sekretaris Daerah Kab. Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, unsur OPD Kab. Sintang, pelajar dan tamu udangan lainnya.
Dalam sambutanya, yang di bacakan Wakil Bupati Sintang Akiman, Gubernur Kalbar mengatakan pelaksanaan upacara ini, sekaligus pula menjadi sebuah momen untuk mengenang dan mengingat kembali segala usaha dan pengorbanan yang telah diberikan oleh para pejuang dan pemimpin bangsa serta daerah ini, yang telah berkontribusi besar terhadap terbentuk serta terlaksananya pembangunan di provinsi kalimantan barat. Kemudian lanjutnya, sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yaitu “terwujudnya kesejahteraan masyarakat kalimantan barat melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan perbaikan tata kelola pemerintahan”, maka pada peringatan ke-63tahun pemerintah provinsi Kalimantan Barat, diangkat tema “tingkatkan kualitas pelayanan publik, bangun kebersamaan dalam keberagaman, wujudkan kalimantan barat sejahtera”.
“tingkatkan kualitas pelayanan publik mengandung makna sebuah perintah agar setiap unsur penyelenggara pemerintahan di provinsi kalimantan barat termasuk para stakeholder-nya hingga pemerintah kabupaten/kota, untuk dapat lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakatnya. prinsip ataupun pola kerja dan pelayanan yang bersifat biasa harus segera ditinggalkan, dan diganti dengan pola-pola kerja yang inovatif dan resposif, serta mampu memaksimalkan setiap peluang perkembangan teknologi dan informasi untuk meningkatkan kinerja individu maupun kinerja organisasi, serta mampu menciptakan lompatan-lompatan kemajuan yang lebih baik”jelasnya.
Selanjutnya, pada kalimat bangun kebersamaan dalam keberagaman, menggambarkan tentang kehangatan dan keharmonisan masyarakat kalimantan barat yang diberi karunia heterogenitas dengan beragam latar belakang etnis maupun agama, harus senantiasa dijaga dan dipelihara di tengah semakin derasnya ancaman disintergrasi. Sedangkan pada kalimat terakhir tema, menggambarkan tentang cita-cita yang menjadi harapan dan tujuan dari pembangunan di kalimantan barat, yakni terwujudnya masyarakat kalimantan barat yang sejahtera, adil dan merata.
“salah satu fokus utama pembangunan kalimantan barat yang telah dituangkan di dalam RPJMD tahun 2019-2023 adalah peningkatan indeks pembangunan manusia dan peningkatan infrastruktur”jelasnya lagi.
Terkait itu, lanjutnya, beberapa capaian pembangunan yang telah diraih pemerintah provinsi Kalimantan Barat diantaranya, peningkatan jumlah desa mandiri yang ada di Kalimantan Barat, dari semula hanya satu desa mandiri, saat ini telah ada sebanyak 87 desa mandiri. Pada sektor pendidikan, melalui program pembiayaan beasiswa pendidikan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah menerapkan bebas biaya pada jenjang pendidikan SMU/SMK Negeri, serta menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang dapat mendukung kualitas pendidikan masyarakat Kalimantan Barat. Selanjutnya, pada sektor ketenagakerjaan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berupaya untuk meningkatkan profesionalisme dan skill sumber daya manusia/pencari kerja agar mampu bersaing dalam masuk ke pasar kerja, pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan pekerja dengan upah yang dibayar sesuai skill-nya melalui pembangunan pusat sertifikasi.
“Begitu juga pada sektor transportasi, telah dilakukan peningkatan infrastruktur jalan dan membuka akses pada daerah-daerah sulit terjangkau. Dan juga dari sektor kesehatan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga telah berkomitmen untuk terus memperbaiki dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat. sementara dari sektor lingkungan hidup, terus diupayakan peningkatan kualitas lingkungan hidup khususnya peningkatan kesiagaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan asap yang masih menjadi perhatian semua pihak”terangnya.
Selanjutnya, di bacakan Askiman, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2020 ini juga telah merencanakan beberapa target pembangunan, diantaranya melanjutkan dan mendukung pemekaran Provinsi Kapuas Raya sebagai bagian dari upaya untuk semakin mempercepat proses pembangunan di seluruh wilayah Kalimantan Barat. Karena dengan luas wilayah yang berada pada nomor empat terbesar di wilayah indonesia, maka hampir mustahil Kalimantan Barat dapat mengejar ketertinggalan pembangunan dari daerah lainnya tanpa pemekaran wilayah.
“selama kurun waktu 63 tahun, berbagai prestasi dan capaian yang telah kita raih, jangan sampai membuat kita terlena dan berhenti untuk berinovasi. namun, sebaliknya harus dapat menjadi motivasi untuk terus berkarya demi kemajuan kalimantan barat yang semakin baik”lanjutnya lagi.
Gubenur Kalbar menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga sangat menyadari bahwa dalam melaksanakan pembangunan tidak akan bisa dilaksanakan sendiri, namun memerlukan partisipasi aktif dari berbagai pihak dan komponen masyarakat Kalimantan Barat termasuk pihak legislatif. Oleh karena itu, dalam momen ini pula saya ingin mengajak semua elemen masyarakat di kalimantan barat termasuk pemerintah kabupaten dan kota, untuk bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dapat saling bahu membahu membangun Kalimantan Barat Agar lebih maju lagi.

Nahdatul Ulama Sintang Rayakan Harlah Ke 94 di Telaga Dua, Bupati Sintang Hadir

Nahdatul Ulama Sintang Rayakan Harlah Ke 94 di Telaga Dua, Bupati Sintang Hadir



Ribuan umat muslim Kecamatan Binjai Hulu  hari ini  Senin,27/01/2020  pagi memadati halaman Pondok Pesantren Assalafiyyah Miftahul Huda di desa Telaga Dua mengikuti Tabligh Akbar, dalam rangka  Milad Pondok Pesantren Assalafiyyah Miftahul Huda  ke.9  dan Harlah NU  yang ke -94 bersama KH. Anwar Zahid dari Bojonegoro Jawa Timur, dan  juga dihadiri secara langsung Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH, didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir . Murjani  yang juga ikut mendengar tausiyah tersebut.
Dalam kata sambutannya Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH mengatakan, bahwa pada saat perjalanan  perjalanan ke  desa telaga Satu hingga menuju desa Telaga Dua Kecamatan Binjai Hulu ini ada  sebanyak  lima titik kondisi jalannya rusak cukup parah, sehingga menyempatkan diri menunjau langsung kelokasi dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang Murjani, dan dalam beberapa hari ini akan segera melakukan perbaikan.
“kegiatan tabligh akbar yang dilaksanakan ini mengajarkan umat Islam yang rahmatan lilallamin, jadi misalnya saya ini jadi umaroh sekarang ini, tugas saya selain membangun negeri Sintang ini juga , sebagai represtasi umat muslim harus menunjukan,  sehingga saya  langsung menghubungi kepala desa Telaga Satu dan  kepala desa Telaga Dua untuk bersama-sama menuinjau langsung kelokasi jalan yang rusak cukup parah, dan dalam beberapa hari ini akan segera diperbaiki dinas PU  Kabupaten Sintang” jelas Jarot Winarno
Selain itu,   Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH juga menjelaskan, bahwa pihaknnya  baru-baru ini juga bersama Kepala Dinas PU Propinsi dan Anggota DPRD Kalbar juga melakukan peninjauan sarana infrastruktur menuju binjai hilir namun mengalami macet karena kondisi jalan, dan pada Tahun 2020 ini rencana akan melanjutkan  pembangunan sampai batas aspal hingga simpang Julian itu  dianggarkan sekitar dua puluh Sembilan miliyar rupiah, dan sebentar lagi akan dilelang.
Dikesempatan tersebut  Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH juga  memberikan Pemahaman kepada masyarakat tentang pola hidup sehta dan  bagaimana proses  menjaga kesehatan dan  gizi  ibu hamil , agar anaknnya setelah dilahirkan  tidak mengalami stunting atau pendek akibat kekurangan gizi.
Tabligh Akbar, dalam rangka  Milad Pondok Pesantren Assalafiyyah Miftahul Huda  ke.9  dan Harlah NU  yang ke -94 bersama KH. Anwar Zahid dari Bojonegoro Jawa Timur, dihalaman Pondok Pesantren Assalafiyyah Miftahul Huda di desa Telaga Dua yang dihjadiri Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH, serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang Murjani,  juga turut hadir  Dewan Suro Pimpinan Cabang NU Kabupaten Sintang Serta para Pengurus, Para Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren, Para Alim Ulama, Tokoh Agama, serta sekitar tiga ribu ribuan umat muslim yang ada di Kecamatan Binjai Hulu

Hadiri Perayaan Natal Oikumene, Ini Yang Disampaikan Wabup Sintang

Hadiri Perayaan Natal Oikumene, Ini Yang Disampaikan Wabup Sintang



Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM menghadiri perayaan Natal Oikumene Umat Kristiani Kabupaten Sintang Tahun 2019 di Gedung Pancasila pada Selasa, 28 Januari 2020. Tema perayaan Natal Oikumene Umat Kristiani Kabupaten Sintang Tahun 2019 sama dengan tema perayaan Natal PGI-KWI yakni Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang. Hadir dalam perayaan Natal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang Ny Rosinta Askiman, Bupati Sintang masa bakti2005-2015 Drs. Milton Crosby, M. Si, Anggota DPRD Sintang Melkianus, Ketua Panitia Natal Oikumene Martin Nandung dan seluruh jajaran panitia, Pastor, Suster, Pendeta dan ratusan umat Katolik Paroki Kristus Raja Katedral Sintang, Paroki Maria Ratu Semesta Alam Sungai Durian, dan Jemaat dari berbagai denominasi gereja di Kota Sintang.
Wakil Bupati Sintang menyampaikan bahwa menyayangi orang lain harus tanpa syarat dan penuh dengan kepentingan. Hiduplah saling membantu, saling bekerjasama tanpa pamrih satu dengan yang lain. Tuhan mengajari kita untuk saling mengasihi. Jadilah menjadi pribadi yang luar biasa, dengan meneladani Tuhan Yesus Kristus. Mari kita sama-sama melakukan intropseksi diri, menjadi orang Kristen yang sesungguhnya. Sehingga kita bisa hidup ditengah masyarakat dan diterima oleh masyarakat lain sehingga tercipta suasana Kabupaten Sintang yang damai sejahtera” terang Wabup Sintang.
momen perayaan natal ini harus menjadi suatu momentum yang baik bagi seluruh umat. ajaran agama yang mengajarkan kebaikan, dapat kita laksanakan untuk membangun bangsa dan negara indonesia. atas nama pemerintah daerah, saya mengapresiasi kegiatan ini, karena sesuai dengan visi pembangunan tahun 2016-2021 yaitu mewujudkan masyarakat sintang yang religius. dari visi ini, akan dilakukan berbagai upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama di kabupaten sintang sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang bermoral, beretika, berbudaya dan beradab” terang Wabup Sintang.
pesan natal 2019 adalah pesan persahabatan yang membawa kita kembali kepada sejarah bersama bangsa indonesia, cita-cita bersamanya dan perjuangan bersama bagi kemanusiaan, bagi indonesia yang bermartabat. damai yang diciptakan juga dapat membantu roda pemerintahan agar bisa berjalan dengan baik. saya berharap gereja dapat ikut menciptakan rasa persahabatan antara sesama masyarakat. akhirnya, saya mengharapkan seluruh umat kristiani kabupaten sintang mampu mewujudkan tema natal 2019 ini dengan menyebarkan damai dan kasih kepada sesama dan jadilah sahabat bagi semua orang” ajak Wabup Sintang
Martin Nandung Ketua Panitia Perayaan Natal Oikumene Umat Kristiani Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk menyatukan derap langkah umat kristiani di Kabupaten Sintang. “setelah seluruh umat kristiani merayakan Natal di gereja masing-masing, malam ini kita bersama-sama di sini untuk saling bertemu dan bersilaturahmi.
Pdt Henri Luther, M. Th dalam kotbahnya menyampaikan bahwa semua orang saya ajak untuk menjadi sahabat bagi semua orang. “umur kita sangat terbatas. Mari kita hitung hari hari itu untuk kita menjadi bijaksana. Menjadi sahabat bagi semua orang adalah kesempatan dari Tuhan. Hidup sebagai sahabat. Yesus Kristus datang kepada kita ciptaan Nya juga sebagai sahabat manusia. Kita bukan hanya hamba, tetapi Tuhan menyebut kita ini sahabat Tuhan. Perintah Tuhan adalah saling mengasihi seperti aku mengasihi kamu. Kita harus menajdi sahabat Kristus, barulah bisa kita menjadi sahabat orang lain. Kita bisa menjadi sahabat orang lain kalau kita juga bersahabat dengan Tuhan. Natal ini akan berarti bagi kita yakni ajakan untuk menjadi sahabat bagi banyak orang. Bangun terus persahabatan itu mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat luas” ajak Pdt Henri Luther, M. Th

Dalam pelaksanaan perayaan Natal oikumene tersebut, ada uga Dr Hendrika, M. Si yang membacakan pesan Natal Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), penampilan paduan suara Pesparani kategori Anak dan Dewasa, tarian oleh sanggar Bujang Beji, lagu dari Tonia Araceli, kesaksian dari GKII Shalom, doa umat oleh Pastor Herman Yosef, Pr dan votum oleh Pdt Akila Danud, S. Th.




Buka Konpiwil Ikatan Pelajar Muhammadyah Kalbar, Bupati Sintang Dorong Kaum Muda Siap Hadapi Tantangan

Buka Konpiwil Ikatan Pelajar Muhammadyah Kalbar, Bupati Sintang Dorong Kaum Muda Siap Hadapi Tantangan



Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri acara pembukaan Konferensi Pimpinan Wilayah (Konpiwil) Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kalimantan Barat yang mengusung tema "Membangun Peradaban Wujud Eksistensi Gerakan Pelajar", di Aula Pendopo Bupati Sintang, Sabtu (25/1/2020) pagi, yang di buka langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Barat Dr. H. Pabali Musa, M. Ag.
Turut hadir unsur OPD Kab. Sintang, perwakilan unsur Forkopimda Kab. Sintang, Ketua KONI Kab. Sintang Muhammad Chomain Wahap dan tamu undangan lainnya.
Di hadapan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kalbar, yang merupakan generasi millenial, Jarot Winarno menyampaikan bahwa generasi muda saat ini tengah hidup dalam dua medium yang akan mendorong anak muda untuk lebih maju tetapi juga penuh dengan cabaran dan cobaan. Yang pertama itu dimana generasi saat ini hidup di era merdeka belajar dan era kampus merdeka yang di perkenalkan oleh Menteri Pendidikan RI yang dari kaum millenial.
"dimana kebebasan untuk belajar, mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, motorik kalian di berikan kebebasan-sebebasnya. Ini era baru yang kalian miliki, kalian hidup di situ, kalian berenang disitu"jelas Jarot.
Yang kedua, jelas Jarot yakni medium era destruksi teknologi, dimana gangguan difusi dalam arti positif adalah perubahan fundamental yang mempengaruhi gaya hidup, pola pendidikan, pola pekerjaan dan pola pemerintahan. Namun dalam artian negatif, destruksi teknologi membuat anak muda/kaum millenial itu asyik dengan hubungan emosional langsung.
"surve millenial terbaru, anak-anak hanya menyiapkan waktunya 20% untuk kontak emosional dengan orang tua, keluarga bahkan dengan temannya. 80% kontaknya melalui gadget, dimana gadget memberikan segalanya, gadget itu benda mati tidak punya emosi, terasa nanti kalau kalian sudah sakit baru nyari emak, bapak, lalu minta buatkan bubur"terang Jarot.
Masih lanjut Jarot, berenang dalam dua medium tersebut diatas, ada dua gunung yang mesti di daki dimana puncak keemasan yang namanya kegemilangan Indonesia yang di ramalkan pada saat itu tepat satu abad Indonesia Merdeka, Indonesia akan masuk dalam tiga besar negara terbesar di dunia yang di sebut Indonesia Emas 2045, itupun kalau tantangan-tantangan itu bisa di lalui.
"Pada saat itu kalian yang hadir ini memasuki usia emas atau golden age, ada yang sudah jadi pejabat, pengusaha dan sebagainya"ujar Jarot.
Oleh karena itulah, lanjut Jarot, Ikatan Pelajar Muhammadiyah ini merupakan kader gerakan Muhammadiyah di masa mendatang. Dimana harus memiliki semangat membaca dan belajar yang tak kunjung padam, semangat untuk memperbaharui literasi di berbagai bidang kehidupan. Kemudian akhlakul karimah atau akhlak yang baik atau terpuji.
"Nah itulah yang menjaga kalian generasi penerus untuk menggapai pendakian tertinggi yang kelak menjadi pemimpin yang soleh, berakhlak mulia"pungkas Jarot.
Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Barat Pabali Musa, yang hadir langsung membuka acara Konpiwil IPM Kalbar ini menyampaikan bahwa melalui tema yang diangkat ini, kenapa anak muda terutama pelajar itu harus bergerak, karena kata salah satu tokoh dunia  yakni Herbert M. Keizer, "hidup adalah bergerak, berhenti berarti mati" seperti itulah ungkapan singkatnya.

"Kalau pelajar tidak melakukan pergerakan terutama dalam bentuk organisasi, maka akan tertinggal atau di tinggalkan, itu saja kemungkinannya kalau tidak terus bergerak"kata Pabali.
Untuk itulah dirinya mengucapkan terima kasih kepada IPM yang telah melakukan pergerakan untuk selalu menjadi yang terdepan. Kemudian jelas Pabali, mewujudkan peradaban itu penting dalam sebuah eksistensi melalui pergerakan pelajar ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sintang yang telah menjadi tuan rumah dan mempasilitasi Konpiwil IPM Kalbar ini.

Bersama Warga Tionghoa, Jarot Rayakan Tahun Baru Imlek di Masuka

Bersama Warga Tionghoa, Jarot Rayakan Tahun Baru Imlek di Masuka



Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri acara perayaan Imlek 2571 di Klenteng Kuan Ti, Kelurahan Masuka, Kec. Sintang, Jumat (24/1/2020) malam.
Turut hadir juga Dandim 1205/Sintang Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Drs. Saripudin, MM, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Ir. Arbudin M. Si, Kapolsek Sintang AKP. Harjanto, SH.MH, Danramil Sintang Kapten Inf. Slamet Ariyanto, dan Tokoh Tionghoa  Sintang Apo Uban.
Dalam sambutannya Jarot Winarno mengatakan dirinya bangga bisa hadir dan memberikan apresiasi acara perayaan imlek di klenteng Kuan Ti masuka yang di kemas secara sederhana atas inisiatif dan dilaksanakan secara gotong royong ini namun meriah.
"saya senang dan bangga acara ini di kemas begitu sederhana. Acara ini tidak ada ketua panitianya, hanya di koordinir seacara gotong royong, lalu mampu juga memeriahkan malam imlek ini, luar biasa ramainya"ucap Jarot.
Jarot juga memberikan apresiasi bahwa kegiatan ini tidak hanya di hadiri oleh masyarakat tionghoa saja, namun juga di hadiri atau di saksikan oleh masyarakat dari berbagai kalangan suku dan agama yang ada di Kota Sintang ini. "alhamdulillah semua berlebur menjadi satu pada acara ini, inilah wujud kebersamaan berbagai suku dan agama yang ada di Kabupaten Sintang ini, yang telah bersatu padu membuat kabupaten ini menjadi besar seperti sekarang ini"kata Jarot.
Jarot pun menyampaikan bahwa tahun baru imlek 2571 atau 2020 ini adalah di sebut tahun tikus logam. Jadi kalau tikus logam ini kata Jarot kita harus hidup lebih berhati-hati  karena bisanya banyak yang bersiasat-siasat misalnya hati-hati terhadap investasi bodong, hoax dan sebagainya.
"Imlek tahun ini hujan juga tadi sebelum acara, jadi hujannya hujan berkah. Dalam masyarakat tionghoa itukan ada sio, jadi setiap sio itu ada yang bisa membawa keberuntungan dan juga hal lainnya. Jadi, saya doakan semuanya hidup dalam keberuntungan dan di lancarkan semua rejekinya dan kebaikan di berbagai bidang kehidupan lainya"tutup Jarot.

Buka Konser Natal, Bupati Sintang Pastikan Dijadikan Agenda Rutin Pemkab Sintang

Buka Konser Natal, Bupati Sintang Pastikan Dijadikan Agenda Rutin Pemkab Sintang



Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar Konser Natal dan Pembagian Hadiah Lomba Pohon Terang Pemerintah Kabupaten Sintang tahun 2019, di Indoor Apang Semangai, Sabtu (25/1/2020) malam. Kegiatan ini langsung di hadiri Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH dan Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM.
Turut hadir juga unsur Forkopimda Kab. Sintang, unsur OPD Kab. Sintang, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Sintang yang juga Anggota DPRD Kab. Sintang Rosinta Askiman, tokoh agama, tokoh masyarakat dan umat Kristiani yang memadati tempat acara serta tamu undangan lainnya.
Acara ini pun berlangsung meriah karena di isi berbagai hiburan seperti alunan lagu-lagu pujian dari artis rohani Ibu Kota yakni Rahel Mutiara dan Maria Calista serta berbagai tampilan drama yang telah di siapkan oleh panitia kegiatan.
Bupati Sintang Jarot Winarno dalam sambutannya mengatakan konser natal ini merupakan kegiatan untuk menutup seluruh rangkaian safari natal Pemkab Sintang tahun 2019 yang memang setiap tahun menjadi agenda rutin. Hal ini merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Sintang secara serius untuk mencapai visi Kabupaten Sintang yang religius.
"Terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam safari natal pemkab sintang, Pak Wakil yang mengunjungi 12 tempat di pedalaman untuk berbagi sukacita natal, saya juga memimpin safari natal, begitu juga Ibu Sekda, Ketua DPRD dan lainnya yang turut serta pada safar natal tersebut. sehingga di tutup pada malam hari ini"ucap Jarot.
Jarot pun menyampaikan bahwa kita di Indonesia hidup dalam keberagamanan, sehingga Indonesia ini sangat indah. Pesan natal Persekutuan Gereja-gereja Indonesia dan Konfrensi Wali Gereja di gaungkan di seluruh penjuru tanah air yakni Hidup Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang.
"oleh karena itulah melalui pesan natal ini kita harus intropeksi diri, dan memang begitulah Indonesia sangat indah, semua hidup sebagai sahabat"kata Jarot.
Kemudian lanjutnya, bisa dibayangkan Indonesia ini memliki 17ribu lebih pulau-pulau, 1.340 suku bangsa, 740 lebih bahasa, tetap tetap hidup rukun dan damai selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Meskipun terkadang sedikit-sedikit ada selisih pendapat atau pertengkaran, tapi semuanya selesai dengan musyawarah rukun dan damai. 

"itu lah hikmah yang dapat kita petik melalui pesan konser natal ini, agar kita selalu menjaga kebersamaan dalam keberagaman karena dimana kita hidup sebagai keluarga dan rumah besar yang bernama Indonesia"tutup Jarot.
Hal yang sama pun di sampaikan Wakil Bupati Sintang Askiman, bahwa tema natal Hidup Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang, menggugah hati pikiran dan kenyataan dalam hidup agar damai suka cita selalu menghampiri dalam setiap langkah kehidupan agar bisa menjadi sahabat bagi semua orang.
"mari kita bersahabat bagi semua orang tanpa mengenal siapa dia, suku apa dia, agama apakah dia, semua harus di pandang sama seperti kita memandang diri kita sendiri, sama seperti kita mengasihi diri kita sendiri. Ampuni orang yang bersalah kepada kita sebagai syarat utama Tuhan mengampuni dosa kita, dan menjadikan kita sahabat yang sejati"kata Askiman.
Askiman pun mengajak agar hidup tidaklah membuka aib kesalahan orang lain, tetapi berilah solusi terbaik untuk mengubah hidup orang lain menjadi sahabat Tuhan dan jadilah pribadi yang bernilai.

Masjid Darussalam Dak Jaya Dibangun Swadaya, Bupati Sintang Bangga Saat Meresmikan Karena Megah

Masjid Darussalam Dak Jaya Dibangun Swadaya, Bupati Sintang Bangga Saat Meresmikan Karena Megah



Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH melakukan peresmian Masjid Darussalam Desa Dak Jaya, Kecamatan Binjai Hulu, Minggu (26/1/2020) pagi, yang di tandai dengan penandatangan Prasasti.
Dalam sambutannya Jarot Winarno menyampaikan apresiasi yang luarbiasa karena Masjdi yang di bangun melalui swadaya umat ini di bangun cukup megah sekali. "saya sudah ratusan baik itu peletakan batu pertama maupun presmian masjid-masjid di Kab. Sintang ini, mulai dari pedalaman jauh sekali,tapi belum pernah liat hampir seluruhnya swadaya masyarakat megah seperti ini"ungkap Jarot.
Selain itu, Jarot mengatakan bahwa Masjid bukan hanya tempat untuk beribadah saja, tapi juga untuk pergerakan umat guna menata ekonomi umat sehingga memberikan mafaat bagi masyarakat.
"Saya mendoakan agar semua masyarakat yang terlibat dalam pembangunan Darussalam ini, In shaa Allah, Allah Subhanahu wa ta'ala akan membuat rumah di surga kelak"ucap Jarot.
Namun yang tidak kalah pentingnya tambah Jarot bahwa apalah arti ketika Masjid di bangun dengan megah, namun tidak di makmurkan melalui ibadah sholat dan lainnya. Untuk itulah Jarot mengajak umat di Dak Jaya ini untuk selalu memakmurkan Masjid Darussalam yang megah ini.
Ustadz Ba'asir Hasbullah dalam tausiyahnya mengingatkan bahwa jangan hanya semangat untuk membangun Masjid yang megah saja, tapi bagaimana kita semangat juga untuk mengisi atau memakmurkan Masjid itu sendiri. "Jangan sampai saat tiba waktu shalat yang memakmurkan masjid hanya imam dan satu makmum saja. Besar, megah, kokoh kita punya masjid, tetapi semangat untuk mengisisnya dengan kegiatan Ibadah"pesan Ustadz Ba'asir.
Selain itu juga Ustadz berpesan, jadikan masjid untuk mendidik anak-anak sebagi generasi penerus, agar mereka mencintai masjid. "ingat, Masjid adalah central untuk mendidik umat dan generasi penerus, ajaklah anak-anak kita ke masjid"ucapnya.
Sementara itu panitia pembangunan Masjid Darussalam Dak Jaya, Supriyadi mengatakan Masjid ini di bangun atas swadaya dan melibatkan umat islam di Desa Dak Jaya, dan juga ada beberapa donatur yang membantu dalam pembangunnannya.
"Semua umat kita libatkan untuk pembangunan masjid ini, tidak hanya melalui sumbangan swadaya, tapi juga terkait hal lainnya sebagai contoh kita memberikan sumbangsih untuk makan tukang yang mengerjakan bergiliran per rumah warga yang ada di dak jaya ini"ungkap Supriyadi.
Kegiatan ini juga di rangkaikan dengan pengajian Selapanan Nahdlatul Ulama (NU) Kab. Sintang serta pengukuhan pengurus Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Binjai Hulu oleh Ketua pengurus BKMT Kab. Sintang.

Pelangi Indah Karena Banyak Warna, Bupati Sintang Ajak Jaga Persatuan Supaya Sintang Tetap Indah

Pelangi Indah Karena Banyak Warna, Bupati Sintang Ajak Jaga Persatuan Supaya Sintang Tetap Indah



Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menghadiri acara perayaan Natal Oikumene Sub Suku Undau Kecamatan Kayan Hulu dan Kecamatan Kayan Hiliri di GKII Pintu Elok Merahau, Desa Merahau Permai, Kecamatan Kayan Hulu, Minggu (26/1/2020) sore.
Turut hadir Anggota DPRD Kab. Sintang Santosa, unsur Forkopimcam Kayan Hulu, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya, melalui moment natal Oikumene ini, Jarot Winarno mengajak masyarakat di Desa Merahau Permai ini untuk selalu menjaga persatuan dan persatuan, seperti atau ibarat warna pelangi yang beragam. Bahwa keberagaman dan perbedaan itu suatu keindahan.
"karena kalau pelangi warnanya cuman merah saja nda bagus, warna kuning saja juga nda bagus, waran biru saja juga nda bagus. Makanya warna pelangi itu beragam barulah dia bagus"kata Jarot.
Jarot pun menyampaikan bahwa hidup di Indonesia ini patut di syukuri meskipun memliki 17ribu lebih pulau-pulau, 1.340 suku bangsa, 740 lebih bahasa namun sampai hari ini bahkan sampai kapanpun Indenesia tetap bersatu dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika. "coba lihat di daerah/negara lain di dunia ini, ada yang sama warna kulit, bahkan agamanya sama, bahkan sukunya juga sama, pecah menjadi berbagai negara bahkan ada yang sedang bertikai hingga saat ini"terang Jarot.
Untuk itulah Jarot mengingatkan kembali pesan atau tema natal yakni hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang. Melalui tema tersebut persatuan dan kesatuan dalam kebergaman itu tetap harus terjaga, sehingga rasa persahabatan dalam keberagaman itu menjadi modal saling hidup berdampingan satu dengan yang lainnya.
Anggota DPRD Kab. Sintang Santosa juga mengajak hal sama yanki agar masyarakat secara khusus di Desa Merahau Permai ini selalu menjaga persatuan dan kesatuan terlebih di Merahau ini juga hidup keberagaman dan jika ada permasalah yang terjadi selesaikan dengan musyawarah mupakat yang merupakan jari diri bangsa Indonesia.
"Saya selaku perwakilan masyarakat yang pastinya selaku bersedia dan selalu ada menerima keluhan atau apapun itu yang ingin di sampaikan masyarakat, karena itu juga merupakan tanggung jawab kami selaku perwakilan rakyat"ucap Santosa.
Ketua Panitia kegiatan Oikumene Natal Sub Suku Undah Romundus mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sintang yang hadir langsung pada acara ini, sehingga bisa langsung bertemu dan melihat langsung kondisi masyarakat di Desa Merahau ini secara khusus.
"Kami yang hadir di sini sub suku undah dari berbagai desa yang ada di kayan hulu dan kayan hilir, kebetulan tahun ini gereja kami menjadi tuan rumah. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga silaturrahmi kami sesama sub suku undah yang memang jarang bertemu, moment natal oikumene inilah kesempatannya"ungkap Romundus.

Di Pengkadan Baru, Bupati Sintang Launching Teh Borneo

Di Pengkadan Baru, Bupati Sintang Launching Teh Borneo



Bupati Sintang Hadir pada acara Launching Teh Borneo Desa Pengkadan Baru kecamatan Dedai, yang di laksanakan di kantot desa pengkadan baru,pada hari kamis 23 januari 2020,
Turut hadir pada kegiatan itu,unsur OPD kabupaten Sintang,Ketua DPRD kabupaten Sintang, pengurus Yayasan Solidaridad,pengurus Keling kumang Grup, Forkopimcam dedai,serta perangkat desa pengkadan baru,
Bupati dalam sambutan nya, Teh merupakan komoditi yang sangat di minati semua orang, baik tua maupun muda, sebab teh bisa masuk di semua kalangan masyarakat,
Dulu teh hanya bisa hidup di pegunungan tinggi hanya bisa di tanam dataran tinggi seperti pulau sumatra dan jawa barat, yang banyak kabutnya dan di cuaca yang dingin sekarang kita coba kembangkan di pulau kalimantan dan ternyata teh bisa di tanamam di dataran rendah seperti pulau kalimantan ini, seperti di sintang,
Kita sudah buktikan, kita coba tanam Teh di sepulut kecamatan sepauk ternyata bisa tumbuh dan masuk katagori bagus dan ternyata bisa tumbuh dalam waktubyang lebih singkat,bahkan tanaman teh di sepulut bisa di panen dalam usia 3 tahun
Sejauh ini Kita hanya mikir Ekonomi yang extraktif saja mengekploitasi sumber daya alam seperti karet dan sawit saja, kenapa tidak kita kembangkan Ekonomi yang lebih kreatif, yang macam - macam bentuk nya, seperti teh, kakau dan daun sengkubag, sehingga kita lebih kreatif
Karena teh yang di kembangkan ini berbasis Kelompok Tani,sehinga pengelolaannya lebih baik lagi "sudah terbukti bahwa hari ini kita Launching Teh Borneo dari desa pengkadan baru"
"Mari kita kembangkan,kita launching Teh Borneo ini, dari desa pengakan baru kita memulainya, kita bikin Demplot pembibitan teh yang lebih besar lagi, kita perluas kebun kita sehingga Kalimantan Barat penghasil Teh Borneo terbaik"
Ketua yayasan solidaridat ibu Delima, menyampaikan peluncuran Teh Borneo ini di mulai dari Kabupaten Sintang Desa Pengakadan ini,semoga apa yang kita mulai hari ini dapat kita kembangkan,di tanam dan di produksi lebih luas lagi
Kita dari Yayasan Solidaridat dan Keling Kumang Grup siap mambantu mengembangkan produksi teh dari daerah Sintang,walau di bilang dataran rendah hanya 28 ribu km dari permukaan laut.kita Optimis bahwa Teh bisa kita kembangkan dari Kabupaten Sintang ini,
Kegiatan seperti ini kita harapkan dapat merubah perekonomian bagi masyarakat yang kurang memadai serta kita buat peralihan dari pertanian yang monoton,menjadi pertanian yang berbasis kelompok tani, imbuh Delima"
kita punya pemikiran produksi teh dapat pindah ke pulau kalimantan barat,bahkan  Bisa tersebar di seluruh pulau kalimantan lain nya.

Ribuan Warga Sepauk Hadiri Malam Tahun Baru Imlek 2571 di Nanga Sepauk

Ribuan Warga Sepauk Hadiri Malam Tahun Baru Imlek 2571 di Nanga Sepauk



Bupati Sintang  yang diwakili Oleh Kepala Badan Perbatasan Andon, SH.MH menghadiri perayaan tahun Baru Imlek yang ke - 2571 yang diselenggarakan oleh Yayasan Gotong Royong Kecamatan Sepauk dengan Tema "Keberagaman Mempersatukaan" yang di Lapangan Basket Sepauk Desa Tanjung Ria Kecamatan Sepauk pada Jum'at malam 24 Januari 2020. Hadir juga pada acara tersebut Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, S.IK,M,H beserta jajaran, Camat Sepauk dan forkopimcam Sepauk, serta tamu undagan lain.
Antusias warga Tionghoa kecamatan sepauk menyambut kedatangan tamu Undagan di suguhi dengan tarian barogsai serta pengalungan bunga serta di iringi riuh tepuk tangan atas kedatangan pejabat yang mewakili Bupati Sintang dan Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariyadi,
Kepala Badan Perbatasan Andon,SH.MH mambacakan sambutan Bupati Sintang, Moment perayaan tahun baru imlek ini bukan hanya milik warga Tionghoa saja,namun telah menjadi milik seluruh masyarakat di Indonesia,ini menunjukan bangsa kita benar - benar menjunjung tingi nilai-nilai kebersamaan dan keberagaman juga meneguhkan semangat Bhineka Tungal Ika juga memberi ruang pada bagi Etnis Tionghoa.
keberadaan masyarakat Tionghoa di Sintang  dapat hidup berdampingan dengan suku etnis lain nya, ini mengambarkan rasa kebersamaan dan keberagaman yang kokoh dengan saling menghormati dan mampu menerima perbedaan yang ada sesuai dengan tema perayaan imlek yang di usung pada tahun ini.
Kepala badan perbatasan Andon,juga mengajak seluruh warga Tionghoa dapat berperan aktif dalam keberhasilan Program pemerintah melalui berbagai aktifitas guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah Kabupaten Sintang guna menjadikan salah satu Kabupaten terbaik yang ada di indonesia.
Saya, atas nama Buapati Sintang serta pemerintah Kabupaten Sintang sangat mengapresiasi kegiatan ini yang mengangkat kebhinekaan yang dapat mempererat hubungan kerukunan antar umat beragama khususnya di Kabupaten Sintang ini.
Pada kesempatan yang sama kapolres Sintang AKBP Adhe Hariyadi juga berpesan kepada seluruh warga sepauk, ini lah wujud nyata kita menjaga keberagaman dan kebersamaan saling toleransi hormat menghormati sesama suku dan etnis yang ada di Kabupaten Sintang,khusunya di kecamatan sepauk ini,
sebab Sintang ini beragam, suku dan etnis dengan momentum imlek ini mari kita menjaga kerukunan umat,kita jaga konplik sosial,kita jaga ketertiban umum kita jaga lingkungan kita sehingga tercapailah kedamaian yang bisa mempererat persatuan kita dalam membangun daerah kita.
Camat Sepauk Drs, Chinghan juga meyampikan saya selaku camat Kecamatan Sepauk merasa banga akan keberadaan etnis Tionghoa karena perayaan Imlek seperti ini setiap tahun di gelar ini menunjukan bahwa keberadaan etnis tionghoa diterima di tengah-tengah masyarakat sepauk yang mayoritas muslim dan dayak.dengan moment imlek ini mari kita sebagai warga sepauk merepleksi diri dengan harapan - harapan baru untuk mencapai keberhasilan baru untuk membangun kecamatan sepauk ini lebih maju.

Sertijab Camat Ketungau Hilir, Asisten Pemerintahan Berikan Motivasi Kepada Camat Yang Baru

Sertijab Camat Ketungau Hilir, Asisten Pemerintahan Berikan Motivasi Kepada Camat Yang Baru



Asisten bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten SIntang, Sy. Yasser Arafat memimpin langsung jalannya serah terima jabatan Camat Ketungau Hilir antara Camat periode 2013-2020 Lunsa Balu kepada Camat baru, Simin, yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Ketungau Hilir, Kabupaten Sintang, pada Senin, (20/01/2020).
Pada kegiatan tersebut dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima jabatan camat yang disaksikan langsung oleh ASisten bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang serta penyerahan memo dari Camat lama kepada Camat yang baru.
Asisten bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabuapaten Sintang, Sy. Yasser Arafat mengatakan bahwa camat Ketungau Hilir ini sebelum dilantik menjadi Camat dahulunya sebagai Sekretaris Kecamatan Ketungau Tengah, “pak Simin ini sebelumnya ialah Sekcam KEtungau Tengah, kemudian dilantik oleh pak Bupati menjadi Camat Ketungau Hilir, tentunya dibidang Pemerintah khususnya Pemerintahan Kecamatan, pak Simin ini tidak asing lagi dalam hal memimpin sebagai tugas seorang camat sudah biasa dilakukan pada saat menjadi Sekcam dulu”, kata Yasser.
Tugas seorang camat, sambung Yasser, tidaklah mudah, karena harus selalu membina dan mendamping desa yang berada diwilayah kerja Kecamatan Ketungau Hilir ini, “tugas camat tidaklah mudah, untuk di Ketungau Hilir ini ada puluhan desa, dengan jarak yang agak jauh, sehingga tugas-tugas yang akan dilaksanakan tidaklah mudah, akan tetapi, dengan pengalaman yang sudah lebih baik, saya yakin pak Simin mampu melaksanakan tugas dengan baik”, ucapnya.
Menurut Yasser, jabatan administrator camat ini merupakan jabatan yang istimewa, “kenapa saya bilang istimewa, karena akan terbit aturan baru yakni perampingan jabatan, untuk jabatan eselon 3 & 4 akan dihapuskan, tetapi untuk Camat itu eselon 3 sehingga tidak dihapuskan, sebab camat merupakan kepala wilayah di suatu kecamatan, bersyukur, bisa menjadi camat, kalau kami di Kabupaten saat ini berdebar-debar menunggu keputusan terbitnya aturan perampingan jabatan tersebut”, ujarnya.
Tak lupa pula, Asisten selalu mengingatkan kepada seluruh Camat yang baru dilantik oleh Bupati Sintang pada awal Januari 2020 silam untuk bekerja dengan baik dan selalu berkomunikasi, “saya minta kepada camat yang baru untuk dapat bekerja dengan baik dan maksimal, karena tahun ini merupakan tahun percepatan, kemudian, segera bergerak, segera lakukan konsolidasi baik didalam maupun diluar tetap diwilayah kerjanya masing-masing, serta buka ruang komunikasi seluas-luasnya untuk seluruh komponen masyarakat yang ada diwilayah Kecamatan Ketungau Hilir ini”, pesannya.
Sementara itu, Camat Ketungau Hilir periode 2013-2020, Lunsa Balu, menjelaskan perjalanannya sebagai camat yang memimpin KEcamatan KEtungau Hilir ini, “7 tahun sudah saya memimpin Kecamatan Ketungau Hilir ini, saya merupakan Camat yang ke-13, banyak sekali cerita panjang yang dilalui bersama masyarakat dan perangkat kecamatan serta para Kepala Desa di wilayah Ketungau Hilir ini, tentunya ini menjadi kenangan karena saya dilantik sebagai Camat Kelam Permai”, jelasnya.
Lunsa Balu menerima apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dalam hal pelantikan, “kegiatan pelantikan, mutasi merupakan hal yang lumrah dan biasa dilakukan oleh Pemerintah, tentunya kemana saya ditugaskan disitu saya akan melaksanakan tugas dengan baik”, ucapnya.

Kemudian, Camat Ketungau Hilir yang baru, Simin berharap agar seluruh perangkat desa dan seluruh masyarakat Kecamatan Ketungau Hilir dapat menerimanya dengan baik dan dapat bekerjasama untuk membangun Kecamatan Ketungau Hilir, “saya berharap untuk terus memberikan dukungan, memberikan arahan, memberikan teguran jikalau saya salah dalam melaksanakan tugas, mari sama-sama kita bersinergi, bersatu, bersama-sama dalam membangun Kecamatan Ketungau Hilir ini, agar lebih baik dan maju kedepannya, tentu tanpa dukungan dari seluruh elemen, baik itu forkopimcam dan masyarakat saya tidak akan bisa bekerja untuk melaksanakan tugas sehari-hari”, harapnya.

Terjadi Mutasi, Jamhur Jabat Camat Ketungau Hulu, Ini Pesan Asisten Pemerintahan

Terjadi Mutasi, Jamhur Jabat Camat Ketungau Hulu, Ini Pesan Asisten Pemerintahan



Salah satu Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia yakni Kecamatan Ketungau Hulu, kini memiliki camat yang baru, dilantik langsung oleh Bupati Sintang sejak tanggal 7 Januari 2020 silam, pada Selasa, (21/01/2020) dilaksanakan kegiatan serah terima jabatan Camat Ketungau Hulu dari Pelaksana Tugas Camat Ketungau Hulu, Asmidi kepada Jamhur selaku camat Ketungau Hulu yang baru, dihadiri langsung oleh Asisten I bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat, dilaksanakan di Aula Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.
Turut hadir dalam kegiatan serah terima jabatan camat tersebut yakni Kasat Pol PP dan Damkar Sintang, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu Terpadu, Kepala Badan Pengelola Perbatasan Kabupaten Sintang.
Dalam arahannya, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat mengatakan bahwa Camat yang baru ini merupakan salah satu seorang ASN yang memiliki rekam jejak yang baik dalam dunia Pemerintahan, “pak Jamhur selaku camat baru ini merupakan alumni dari sekolah kedinasan, tentu hal-hal tentang pemerintahan beliau memahami betul, apalagi aslinya dari Paloh, Sambas yang merupakan kawasan perbatasan juga, tentu memimpin Ketungau Hulu ini sudah biasa baginya, sebelumnya juga pernah membantu saya di Tata Pemerintahan Setda Sintang dalam hal pemekaran Kabupaten Melawi, tidak perlu diragukan lagi”, katanya.
Yasser memberikan pesan kepada Camat Ketungau Hulu yang baru agar dapat melaksanakan tugas sebaik mungkin dan menjalankan amanah dari pimpinan di Kabupaten Sintang, “saya pesankan kepada pak Jamhur untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, kemudian segera bergerak, segera lakukan konsolidasi internal dan eksternal, buka komunikasi seluas-luasnya kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Ketungau Hulu ini”, pesannya.
Sementara itu, Pelaksana Tugas atau PLT. Camat Ketungau Hulu, Asmidi memberikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang ada di Kecamatan Ketungau Hulu selama ia bertugas, “saya memimpin Kecamatan Ketungau Hulu ini sebagai pelaksana tugas selama 2 tahun, tentunya selama saya disini, saya berterimakasih kepada semua pihak baik itu Kades, BPD, perangkat Kecamatan yang telah membantu pekerjaan saya selaku Pelaksana Tugas Camat Ketungau Hulu ini”, ucapnya.
Asmidi juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama ia menjadi camat, kurang fokus terhadap pekerjaan di Kecamatan Ketungau Hulu, “mohon maaf kepada semua pihak kalau selama ini saya belum maksimal dalam melaksanakan tugas disini, sebab saya hanya Pelaksana Tugas, sehingga tugas saya yang aslinya ada di Kabupaten Sintang yakni selaku Kepala Bagian PDT ESDA Setda Sintang, oleh karena itu saya harus berbagi badan kesana kemari, apalagi ditambah dengan jarak tempuh menuju Kecamatan Ketungau Hulu ini lumayan jauh, sehingga membutuhkan waktu yang sangat banyak”, tambahnya.

Kemudian, Camat Ketungau Hulu yang baru saja dilantik oleh Bupati Sintang pada awal Januari 2020 silam, Jamhur mengatakan bahwa seminggu setelah dilantik sebagai Camat Ketungau Hulu langsung melaksanakan tugas koordinasi, “seminggu setelah dilantik, saya mendapat tugas pertama selaku Camat Ketungau Hulu yakni koordinasi bersama Kepala Desa Sungai Seria terkait permasalahan pemortalan jalan oleh masyarakat terhadap salah satu perusahaan diwilayah tersebut, dan Alhamdulillah saat ini pemortalan sudah selesai dan aktivitas perusahaan sudah bisa berjalan dengan baik dan lancar kembali sehingga tidak ada yang gimana-gimana”, ucapnya.
Selaku camat Ketungau Hulu yang baru, Jamhur meminta kepada seluruh jajaran dari tingkat Desa yang ada diwilayah Kecamatan Ketungau Hulu dapat membantu pelaksanaan tugas Camat, “saya minta kita bekerjasama, mengkoordinir wilayah kerja kita, jika ada hal-hal permasalahan kecil yang ada di desa, segera koordinasikan dengan pihak kecamatan, segera informasikan, dengan hal tersebut saya juga meminta dukungan semua pihak yang ada diwilayah Kecamatan Ketungau Hulu ini”, tambahnya.
selaku Camat yang wilayah kerjanya berada di kawasan perbatasan, Jamhur, pria asal Paloh, Kabupaten Sambas tersebut memiliki suatu inovasi bagi Kecamatan Ketungau Hulu, “wacana saya kedepannya di tahun 2020 ini, saya berencana ingin melaksanakan pengibaran bendera sebanyak 20.020 buah disepanjang perbatasan wilayah Ketungau Hulu ini, semoga bisa terlaksana dengan baik”, harapnya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.