Jalan Raya Sintang - Pontianak Digenangi Air.

Jalan Raya Sintang - Pontianak Digenangi Air.



Jalan Raya Sintang - Pontianak Digenangi Air


 Setelah beberapa bulan lalu mengalami musim kemarau panjang yang mengakibatkan kekeringan, kini mulai pembalasan di bulan Desember.


Cuaca yang tidak lagi bersahabat di bulan Desember menurunkan hujan  deras yang tidak tentu memandang waktu. Entah itu pagi hari, siang, sore, malam, dan bahkan subuh.


Hujan deras mengakibatkan satu titik ruas jalan raya Sintang - Pontianak digenangi air. Tepatnya di Dusun mengkurai Desa Lengkenat Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang.


Jalan yang terendam banjir adalah jalan tikungan turunan. Pertengahan antara Dusun Mengkurai dengan Manis Raya. Tidak jauh dari jembatan besar Sungai Sepulut, jika kita dari Sintang ke arah Pontianak.


Air yang menggenangi jalan raya tersebut adalah luapan dari  rawa kecil disebelah kiri yang berdekatan dengan jalan. Jika kita menuju ke arah pontianak.


Tidak adanya jalur irigasi untuk pembuangan air dan tak mampu menampung air hujan, sehingga air rawa pun meluap dan merendam jalan raya.


lebih dari separuh lebar jalan yang terendam air. Diperkirakan di sisi jalan terdalam ketinggian air mencapai 50 Cm.


Sebagai satu - satunya jalan penghubung antar Kabupaten  hal ini tentunya sangat mengganggu aktifitas dan membahayakan penggunaan jalan. Apalagi jalan ini sangat ramai dilalui. Ratusan bahkan ribuan motor dan mobil lewat setiap harinya.


"Inikan jalan penghubung antar kabupaten, jadi pengguna yang melewatinya pun sangat ramai setiap hari. Kalau sudah memasuki musim hujan pasti akan banjir seperti ini. Otomatis ini  akan sangat mengganggu pengguna jalan. Bahkan ini sangat berbahaya sekali, jika dilewati pada malam hari. Apalagi untuk orang yang jarang melewatinya. Tentunya ini bisa menyebabkan kecelakaan", kata Diman seorang warga Desa Lengkenat senin, (02/12/19).


Diman menambahkan,  pada saat air yang menggenangi jalan ini sudah kering, jalannya pun rusak, berlobang karna sering terendam banjir. Sehingga ini sangat membahayakan sekali tidak jarang orang kecelakaan disini. Apalagi disini jalannya tikungan agak menurun.


"Untuk itu saya sebagai pengguna jalan sangat berharap dari pihak terkait untuk memperhatikan ruas jalan yang menghubungkan beberapa kabupaten ini. Karna ini jalan satu - satunya, jika hal ini disepelekan aktifitas pengguna jalan akan terganggu, jika musim hujan sudah tiba. Tidak menutup kemungkinaan juga hal ini dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal sehingga adanya korban jiwa", pungkasnya.


"Sekali lagi saya mohon perhatian kepada pihak terkait agar memperhatikan jalan ini. Sehingga masalah ini bisa segera diatasi, terimakasih", tutupnya.

Thanks for reading Jalan Raya Sintang - Pontianak Digenangi Air. | Labels: sintang
0 Komentar untuk " Jalan Raya Sintang - Pontianak Digenangi Air. "

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.