Anton. UNKA Paling Tidak Posisinya 5 Besar Di Kalbar

Anton. UNKA Paling Tidak Posisinya 5 Besar Di Kalbar



 " Kita disini memang meneruskan apa yang sudah dirintis oleh pendahulu - pendahulu saya. Dengan adanya perkembangan jaman sekarang  ini kita tentu selalu berupaya untuk meningkatkan semua yang ada disini, dimana era persaingan dunia kerja semakin lebih berat apalagi dijaman Revolusi Industri 4.0 ini. Maka  kita harus bisa menciptakan SDM yang handal, tangguh dan berkualitas disini", kata Rektor UNKA yang baru saja dilantik Dr. Antonius, saat diwawancarai senin (16/12/19).

Anton mengungkapkan bahwa Revolusi Industri 4.0 sungguh luar biasa. Sistem digitalisasi itu tentu berbasis IT sehingga kemampuan para mahasiswa perlu di tingkatkan, begitu juga dengan dosen. Ini jaman sudah tidak ada kompromi lagi, maka kita harus meningkatkan kualitas diri. Apalagi sekarang kita sudah diperkenalkan dengan sistem belajar jarak jauh. Namanya E- learning

"Untuk di UNKA sistem belajar jarak jauh mudah - mudahan bisa kita terapkan  tahun depan sehingga 40 % (persen) pertemuan mahasiswa tidak harus datang ke kampus. Itu tentu peningkatan IT harus kita prioritaskan. Kemudian di sisi lain kita juga meningkatkan penelitian sehingga kontribusi  para dosen terhadap masyarakat lewat riset - risetnya itu benar - benar bisa dirasakan masyarakat. Ini juga bisa meningkatkan daya saing bernilai jual tinggi, karna kalau lemah di penelitian riset,  lemah diperguruan tinggi itu sangat susah untuk bersaing", ungkap Anton.

Lanjutnya, kreatifitas mahasiswa juga akan terus kita tingkatkan sehingga target kita UNKA paling tidak posisinya 5 besar di Kalbar. Memang penelitian itu menjadi kunci. Kemudian pengabdian oleh para dosen untuk masyarakat itu dalam bentuk tindakan nyata sangat penting sehingga bisa membantu di kehidupan bermasyarakat.

Rektor  menjelaskan bahwa dari sisi pengajaran di UNKA tidak ada masalah, tetapi dari riset penelitian para dosen harus  bisa kompeten baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Karna kita dekat dengan kawasan konservasi seperti Putusibau dan Melawi. Sementara Sintang adalah sebagai Kabupaten yang akan menjadi Kabupaten Lestari. Maka dari itu UNKA harus mampu memberikan pemikiran kontribusi kepada pemerintah daerah, seperti apa pembangunan yang berkelanjutan untuk menuju Sintang lestari . UNKA harus mempunyai konsep yang bisa di aplikasikan, yang mampu diberikan dan diterapkan ke masyarakat. Sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa tercapai.

"Kita tentunya harus semakin berbenah, karna tata pengelolaan Universitas yang baik tentu menjadi proritas kita. UNKA harus punya Brand, Sehingga secara otomatis masyarakat akan mengenal Universitas kita. Terutama Kalbar, dan wilayah Timur Kalbar", ucapnya.

Dimasa kepemimpinannya Anton berharap agar mahasiswa akan lebih aktif, dan kreatif karna banyak sekali program Dikti yang bisa diambil oleh mahasiswa. Misalnya program kreatifitas mahasiswa, itu dikti punya pendanaan. Bahkan bisa sampai 12,5 juta. Nah kalau mereka bisa berkompetisi disitu, mereka bisa mendapatkannya lewat bimbingan para dosen.

"Dosen harus aktif di bagian Tri Dharma, serta mampu lebih kompeten untuk bersaing di bidang penelitian. Karna sekarang yang namanya literatur dan sebagainya, walaupun kita dipelosok itu tidak ada masalah. Karna literatur rata -rata online. Maka kita harus memperkuat basis IT kita. Jadi mahasiswa juga bisa belajar di perpustakaan - perputakaan online dan banyak sekali yang bisa dipelajari disitu. Tidak ada perbedaan untuk kita disini dan ditempat lain, seperti Jakarta atau sebagainya.  Karna semuanya sudah berkaitan dengan sistem online", pungkasnya.

Thanks for reading Anton. UNKA Paling Tidak Posisinya 5 Besar Di Kalbar | Labels: sintang
0 Komentar untuk " Anton. UNKA Paling Tidak Posisinya 5 Besar Di Kalbar"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.