Rumah Adat Melayu Tepak Sirih, Icon Budaya di Sintang

Rumah Adat Melayu Tepak Sirih, Icon Budaya di Sintang


Rumah Adat Melayu "Tepak Sirih" Sintang menjadi salah satu ikon Kota Sintang beralamatkan di Jalan YC Oevang Oeray, Baning Kota, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. 

Letaknya berada di pusat kota Kabupaten Sintang, dan berada di sekitar Kompleks Stadion Baning Sintang atau Kantor CU Keling Kumang.

Saat ini, bangunan Rumah Adat Melayu Tepak Sirih sedang dilakukan tahap finishing. 

Seperti diketahui tepak sirih adalah tempat untuk menyimpan bahan-bahan yang digunakan untuk tradisi makan sirih yang terbuat dari kuningan atau tembaga, dari kaleng atau perak, dari kayu, bahkan juga ada tepak dibalut dengan emas.

Baca: Masyarakat Tak Perlu Khawatir, Bulog Jamin Stok Rastra di Melawi dan Sintang Aman Sampai April

Baca: KPU Sintang Ajukan Penambahan Kekurangan Kotak Suara, 7000 Sudah Selesai Dirakit


Bangunan Rumah Adat Melayu Tepak Sirih ini berbentuk panggung, seperti rumah adat Melayu pada tradisional.

Dominasi warna kuning dan hijau serta ukiran ornamen Melayu semakin memperindah bangunan dari berbagai sisi.

Keberadaan rumah adat ini sering digunakan dalam berbagai kegiatan, umumnya yang berkaitan dengan kegiatan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Sintang maupun kegiatan pemerintah Daerah Kabupaten Sintang.

Ruang dalam yang cukup luas dengan lantai dan dinding kayu memang sangat cocok digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti peringatan hari ulang tahun Kabupaten Sintang, nonton bareng, kegiatan pertemuan, dan makan saprahan. (*)


Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Rumah Adat Melayu Tepak Sirih, Icon Budaya di Sintang, https://pontianak.tribunnews.com/2019/02/17/rumah-adat-melayu-tepak-sirih-icon-budaya-di-sintang.
Penulis: Wahidin
Editor: Marpina Sindika Wulandari

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.